5 Manfaat Digital Marketing Bagi UMKM, Agar Siap Menyongsong Industri 5.0

     
maria-g-soemitro.com

5 Manfaat Digital Marketing Bagi UMKM, Agar Siap Menyongsong Industri 5.0

“Tahukah, jajanan apa yang paling disukai di tanah Pasundan?”

Bukan, bukan lotek, seblak, cilok dan lainnya, melainkan: mi bakso! Begitu sukanya warga Pasundan pada mi bakso, hingga setiap Lebaran bisa dipastikan penjualan kudapan gurih berkuah ini laris manis.

Ya di rumah mungkin ada ketupat dan lauk pauk, tapi mereka malah keluar rumah untuk jajan mi bakso. Uniknya lagi, penjual mi bakso yang terkenal enak umumnya berasal dari Jawa Tengah. Mereka menyengaja berjualan di hari Lebaran dan baru mudik paska Lebaran.

Tapi ..., kok pak Budi penjual bakso yang saya tulis di sini, mengeluh omzet mi bakso nya menurun  drastis?  Padahal konsumen tak berubah, malah mungkin bertambah banyak.

Dosen marketing sewaktu saya kuliah, Dr Hendarsatin, pernah bilang fenomena tersebut merupakan keniscayaan. Ceruk konsumen penyuka mi bakso sangat dalam dan besar, sehingga orang berlomba-lomba menjadi penjual mi bakso.

Akibatnya muncul persaingan, sehat dan tak sehat. Persaingan tak sehat seperti isu bakso daging tikus. Isu yang gak masuk akal, emangnya mudah menangkap tikus? Harus dalam jumlah banyak lho, karena bahan membuat bakso kan minimal 3-4 kg.

Baca juga:

Transformasi Digital, Senjata Perempuan UMKM Mengantar Anak ke Gerbang Sukses

UMi Jangan Sedih, Karena Badai Pasti Berlalu

Daftar Isi

  • UMKM, Saatnya Berpindah ke Digital Marketing
  • 5 Manfaat Digital Marketing
  • 2 Senjata untuk Pelaku Digital Marketing

Beruntung ada cara keluar dari persaingan tak sehat, yaitu mulai dengan menggunakan digital marketing. Cara ini juga bisa membantu penjual bakso keliling seperti Pak Budi agar naik kelas, agar tidak melulu berjualan keliling dari rumah ke rumah.

Pandemi Covid-19 bisa dilihat sebagai berkah, kedatangannya mempercepat proses perpindahan dari marketing konvensional ke marketing digital. PPKM dan PSBB memaksa penggemar jajanan untuk belanja via online.

5 Manfaat Digital Marketing

Paham digital marketing akan menguntungkan perekonomian Indonesia secara keseluruhan, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika  (Kemenkominfo), Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkopukm) merancang program pelatihan dan pendampingan bagi UMKM.

Sementara pelaku UMKM sendiri mendapat banyak manfaat, berikut 5 diantaranya:

   

maria-g-soemitro.com

Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan 

Dalam tulisan tentang Pak Budi, saya juga berkisah tentang penjual cuankie yang berhasil menjual ribuan bungkus. Padahal semula dia berjualan seperti Pak Budi, mendatangi pelanggan dari rumah ke rumah.

Bisa ditebak berapa jumlah mangkuk yang dijual melalui cara konvensional? Ya hanya sekitar 100-an mangkuk, maklum daya jangkaunya terbatas. Setelah mengemas cuankie dengan teknik vakum, serta berjualan via online, dia berhasil menjual ribuan bungkus. 

Bakso yang dikemas agar awet serta marketing online memungkinkan dia mengirim produk hingga ke luar kota.

    

maria-g-soemitro.com
sumber: freepik.com

Mempermudah Interaksi dengan Pembeli

“Pak Budi, lain kali bikin bakso isi mozzarella dong,” kata pelanggan yang mungkin didengar pak Budi tapi kemudian terlupakan. Maklum dia mendengar sambil melayani pelanggan.

Tidak demikian halnya dengan digital marketing. Setiap kritik dan saran konsumen akan tercatat sehingga bisa menjadi bahan evaluasi dalam meningkatkan mutu produk, pelayanan serta mengembangkan penjualan.

    

maria-g-soemitro.com
sumber: freepik.com

Mempermudah Analisa Penjualan

“Berapa mangkuk hasil penjualan mi bakso per hari nya Pak?”

Pak Budi tidak bisa menjawab , hanya bisa mengestimasi 100 mangkuk. Dihitung dari hasil penjualan per hari, kemudian dibagi harga mi bakso per mangkuk. Apabila hasil penjualan Rp 1.000.000, sedangkan harga per mangkuk Rp 10.000, maka didapat angka 100 mangkuk.

Tentunya gak akurat. Harga jual standar mi bakso memang Rp 10.000, tapi pelanggan sering minta ditambah bakso, atau malah tanpa bakso, sehingga harga per mangkuk bukan Rp 10.000 lagi.

Dengan memakai digital marketing semua hasil penjualan akan tercatat, berapa jumlah pembeli yang memesan mi bakso ukuran standar, berapa yang menambah bakso, berapa yang hanya memesan bakso, serta berapa yang memesan mi tanpa bakso.

Dari report yang diperoleh setiap bulannya, pelaku UMKM bisa menganalisa perilaku konsumen dan merancang rencana penjualan jangka pendek serta jangka panjang. Karena melalui internet diperoleh data yang mendukung seperti hobi, usia, lokasi, dan lainnya.

   

maria-g-soemitro.com
sumber: freepik.com

Menghemat Biaya Pemasaran

Berapa jumlah rupiah yang harus dikeluarkan untuk biaya iklan di televisi, surat kabar, radio serta cara pemasaran konvensional lainnya? Wow bisa milyaran rupiah. Jumlah yang sulit dijangkau pelaku UMKM.

Digital marketing mempermudah dan menghemat biaya pemasaran. Pelaku UMKM bisa menghubungi influencer pemilik akun media sosial yang mempunyai banyak followers/subscribers (Instagram, YouTube, Twitter, blog dan facebook) untuk memasarkan produknya. Pos biaya marketing untuk influencer jauh lebih kecil dibanding memakai cara konvensional.

Gak heran, banyak perusahaan besar seperti Unilever yang memasarkan produknya dengan bantuan influencer, namun tetap menggunakan media mainstream.

Dalam beberapa kesempatan saya juga membantu memasarkan produk UMKM secara gratis, bisa dilihat di sini, di sini dan di sini

   
maria-g-soemitro.com
sumber: freepik.com

Mempermudah Rencana Peningkatan Penjualan

Keuntungan bertambah menjadi impian semua pelaku usaha. Salah satu caranya dengan meningkatkan volume penjualan. Tapi bagaimana caranya? Takutnya nambah produk malah gak ada yang beli, kan ambyar?  

Dengan digital marketing, pelaku UMKM gak perlu galau seperti itu. Apabila produk dipasarkan melalui web, maka Google akan menyajikan jumlah calon pembeli di geografis tertentu berdasarkan apa yang mereka sukai, usia serta data lainnya.

Demikian juga dengan penjualan melaui media sosial seperti facebook, data calon pembeli akan tersaji,  sehingga pelaku usaha bisa melakukan ekspansi dengan mempertimbangkan/mengkalkulasi kemampuan yang dimiliki.

2 Senjata Ampuh untuk Pelaku Digital Marketing

Mau dong terjun ke pemasaran online, tapi bagaimana caranya?

Seperti yang telah disebut di atas, pemerintah tengah menggalakkan pembiayaan UMKM. Pelaku usaha yeng mempunyai agunan bisa menghubungi BRI, BNI, BTPN, Bank Mandiri, BCA, BTN, Bukopin dan Sinarmas Bank. Mereka merupakan lembaga keuangan yang diberi amanah menyalurkan KUR serta pendampingan jika diperlukan.

Jika belum punya agunan, bisa menghubungi Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) seperti PNM dan Pegadaian setempat. Selain mendapat tugas menyalurkan pembiayaan, LKBB memperoleh amanah pendampingan bagi pelaku usaha.

Selengkapnya bisa dibaca di sini: 

Kail Harapan untuk Pak Budi Sudarno, Penjual Bakso Keliling

Pembiayaan? Gak mau ah, takut gak bisa bayar.

Nah …nah…jangan salah, pelaku usaha meminjam untuk kegiatan produktif, bukan konsumtif. Uang yang dipinjam digunakan untuk membiayai kegiatan usaha jangka panjang dan pastinya ada skema cicilan yang mampu dipenuhi. Karena itulah pemerintah menyediakan pendamping yang akan memberi masukan.

Untuk kebutuhan digital marketing dibutuhkan 2 ‘senjata’ yaitu laptop dan printer. Laptop digunakan untuk membuat web, membuat sticker, merancang gambar kemasan dan aktivitas digital marketing lainnya.

Sedangkan printer diperlukan untuk membuat flyer yang akan dibagikan pada pelanggan. Flyer berisi daftar produk, spesifikasi, nomor yang dapat dihubungi untuk pemesanan barang serta akun media sosial.

Printer juga membantu mencetak kemasan serta stiker dengan biaya murah. Berita baiknya, printer bisa disewa, sehingga pelaku usaha cukup membeli tintanya.

Laptop seperti apa yang cocok untuk pelaku usaha?

Jangan salah beli, beragam laptop tersedia di pasaran, laptop HP 240 G8 misalnya didesain untuk pelajar yang tidak membutuhkan RAM serta ruang penyimpanan yang besar.

Pelaku usaha juga tidak membutuhkan laptop gaming seperti HP Pavilion Gaming Laptop 15 yang memiliki graphic card, kualitas layar serta prosesor mumpuni.

Pelaku usaha lebih memerlukan laptop bisnis seperti HP ProBook 440 G8 yang mempunyai  desain minimalis dan ringan. Jadi gak ribet dan gak sulit mengaplikasikannya.

    

maria-g-soemitro.com
sumber: hp.com

Spesifikasi laptop HP ProBook 440 G8:

Berbisnis berarti berpikir dengan otak yang cerdas. Karena itu HP ProBook 440 G8  menggunakan processor dari Intel Tiger Lake atau generasi ke-11, dengan 3 pilihan processor dari Intel, yakni Intel Core i3, Core i5 dan Core i7. Pilihan disesuakan kebutuhan serta budget penggunanya

Walau gaming bukan menjadi kebutuhan utama, tapi pelaku bisnis tetap memerlukan grapic card mumpuni untuk merancang, mengedit gambar saat pembuatan web, membuat stiker, desain kemasan, serta kegiatan bisnis lainnya.

Karena itu, disematkan 2 kartu grafis sekaligus pada laptop HP ProBook 440 G8 yaitu  Intel Iris Xe Graphics serta dedicated VGA Card dari NVIDIA GeForce MX450 2 GB DDR5. Sedangkan untuk mendukung kegiatan multitasking, RAM sebesar 16 GB serta penyimpanan SSD PCIe® NVMe™ M.2 sebesar 512 GB dibenamkan pada laptop ini.

Leluasa banget ya?

Bagaimana dengan layar? Nah, jika kaum pelajar membutuhkan layar 10 inci, dan 15 inci untuk pelaku gaming, maka pada laptop HP ProBook 440 G8 terpasang layar sebesar 14 inci dengan resolusi FHD 1920 x 1080 pixel.

Laptop HP ProBook 440 G8 juga menggunakan panel IPS serta tersedia fitur layar sentuh untuk memudahkan navigasi. Sementara akurasi warna standar dengan color gamut 45% NTSC dan tingkat kecerahan layarnya 250 nits membuat mata tetap nyaman walau harus berkutat lama di depan layar laptop.

Aktivitas bisnis membutuhkan perangkat yang ringkas. Laptop HP ProBook 440 G8 didesain dengan ukuran bezel tipis dengan perbandingan rasio layar ke bodi sebesar 87%. Kala harus bertemu client serta mobilitas lain, laptop HP ProBook 440 G8 mudah dibawa karena beratnya hanya 1,38 kilogram dengan dimensi 321 mm x 213 mm x 199 mm.

Printer bisa disewa, pelaku usaha cukup membeli tintanya, dan tinta yang direkomendasikan adalah tinta HP 678 Original Ink Advantage Cartridge S

   

maria-g-soemitro.com
sumber: hp.com

Spesifikasi HP 678 Original Ink Advantage Cartridge SET

Yang dimaksud cartridge adalah benda yang menempel pada printer dan berfungsi menampung tinta. Sewaktu printer beroperasi  tinta dialirkan ke head dan terjadilah proses cetak di kertas.

Beberapa keunggulan HP 678 Original Ink Advantage Cartridge SET (black dan colour)

  • Dapat memperpanjang umur print head
  • Hasil cetak tajam , jelas dan berkualitas
  • Memenuhi kriteria emisi lingkungan. Membantu menjaga kualitas udara dalam ruangan tempat bekerja.
  • Dirancang dengan mempetimbangkan kelestarian bumi. 70 % bahan terbuat dari daur ulang untuk mengurangi limbah.
  • Dirancang untuk keamanan karena printer dan data akan terlindungi.

Selanjutnya untuk mengetahui lebih lanjut tentang laptop HP ProBook 440 G8 dan HP 678 Original Ink Advantage Cartridge SET silakan menuju website Meora Prima Solusindo, ya.

Baca juga:

5 Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga di Era Digital

Berani Berubah! UMKM Siapkan Dirimu dengan 5 Tip Sukses


30 comments

  1. Mie bakso memang favorit sejuta umaatt.
    Daku pun hobi banget menelusuri Grab/GoFood utk berburu mie bakso yg ciamik.
    Dan setuju bgt klo digital marketing itu penting!
    Pegiat UMKM perlu mempersenjatai diri dgn laptop bisnis seperti HP ProBook 440 G8
    Spesifikasi cihuy, dgn desain minimalis dan ringan. Top!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meski makanannya tidak asing, maksudnya bakso itu udah semua tahu, tapi dengan digital marketing insyaallah penjualan akan semakin naik signifikan karena sasaran pasar lebih luas ya

      Delete
  2. era industri 5.0, memang mau tidak mau semuanya harus mengandalkan internet ya baik kebutuhan pribadi, bisnis, ataupun kebutuhan lainnya. Beradaptasi dengan teknologi dan internet adalah cara yang ampuh untuk mengembangkan bisnis di jaman ini.

    ReplyDelete
  3. Sedemikian banyak manfaat digital marketing sehingga membuat UMKM bisa tumbuh dan berkembang pesat di era ini. Apalagi jika didukung perangkat mumpuni seperti laptop dan printer dari HP yang memiliki spesifikasi pas buat pelaku usaha ini.
    Makin lancar dan mudah pasti...

    ReplyDelete
  4. Saya baca dari awal kaget, seorang tukang bakso bisa belajar digital marketing. Trus nyambung kepada laptop dan Printer HW yang super canggih . Lumayan tukang bakso bisa naik pangkat dengan digital marketing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Ina bacanya gak runut nih

      ada 2 kasus di atas, pak Budi, tukang bakso yang masih konvensional

      dan ada penjual cuankie yang udah terjun di dunia digital marketing

      tapi keduanya membutuhkan gadget (laptop dan printer) untuk mendukung aktivitas digital marketing

      Delete
    2. baca jangan loncat-loncat Mbak, saya menulis dimulai dari kasus, kemudian dibreakdown
      Nulis kasusnya pun gak asal, saya riset dan interview langsung di lapangan

      trus dirangkum agar bisa menyajikan tulisan gadget yang diaplikasikan ke sektor UMKM

      Delete
  5. Adanya digital marketting sangat membantu ya ambu bagi pelaku UMKM.Tapi terkadang banyak juga yang gaptek.Di tempatku ada yang jualan siomay enak banget.Siomay kampung tapi yaaa gitu si pak de-nya gaptek.Jadi lakunya hanya sekitaran lingkungan saja

    ReplyDelete
  6. HP ProBook 440 G8 dan perangkat printernya saling support untuk pelaku UMKM sepertinya, karena teknologi semakin berkembang mau tidak mau seyogyanya mengikuti

    ReplyDelete
  7. Ada banyak banget ya manfaat digital marketing untuk UMKM, salah satunya bikin jangkauan pelanggan jadi luas, sayang banget kalau masih ada UMKM yang belum mempergunakan digital marketing untuk memajukan usahanya :)

    Btw, laptop HP ini keren sih ya, sejujurnya laptop yang paling awet dan tahan banting yang pernah saya punya ya HP.
    Dan para pelaku UMKM wajib banget punya laptop ini, membantu banget soalnya :D

    ReplyDelete
  8. ikutan digital marketing kelihatan mahal tapi hasilnya luar biasa asal umkm mau belajar, sabar, konsisten dan pakai laptop HP.

    ReplyDelete
  9. Pemilik UMKM perlu banyak didukung oleh beragam komponen, beberapa diantaranya seperti SDM nya yang cakap dengan pemasaran, dan perangkat kerja yang apik. Jadi teknologi terkini memang harus disambut dengan kolaborasi

    ReplyDelete
  10. Bagaimanapun juga, setiap usaha harus mengikuti perkembangan dan kebutuhan jaman. Apalagi dalam situasi yang penuh keterbatasan kontak langsung dengan konsumen, memanfaatkan komunikasi, sales dan marketing digital tentunya menjadi solusi yang tepat. UMKM pun harus melek digital supaya usahanya tidak tergerus jaman.

    ReplyDelete
  11. Setuju nih sekarang semua pelaku usaha harus bersedia belajar digital marketing ya..karena persaingan mendapatkan pelanggan semakin sengit. Alat digital marketing yg utama ya perangkat elektronik seperti laptop HP ini karena bisa memasarkan usaha melalui ragam platform digital.

    ReplyDelete
  12. Adanya digital marketing memang banyak memberikan manfaat ini bagi para pelaku UMKM. Terlebih di masa pandemi begini. Memang pun di zaman saat ini semua-semua kebanyakan Uda mesti pakai internet. Biar lebih mudah sih yah. Begitu juga ke pedagang-pedagang mesti banyak belajar marketing biar usahanya maju.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar di masa pandemi ini memang apa-apa secara online yg membutuhkan internet, agar makin meluas bisnis yang dijalankan

      Delete
  13. Betul sekali, UMKM yang akan menjalankan usaha melalui memerlukan pembiayaan dan perlengkapan usaha. apakah semua UMKM mempunyai agunan untuk meminjam ya?

    ReplyDelete
  14. di zaman yang serba internet gini, digital marketing sangat bermanfaat yaa, Mba, tak terkecuali buat UMKM. Pelaku UMKM harus lebih terbuka nih untuk belajar dan pemerintah pun harus memberikan pendampingan dan pelatihan buat para pelaku UMKM agar mereka bisa memanfaatkan teknologi secara maksimal

    ReplyDelete
  15. di jaman sekarang emang perlu melek digital ya, apa-apa sudah serba online dan harus bisa mengikuti kemajuan jaman biar bisa berkembang, menurut saya semua dari profesi apapun butuh banget sih ilmu digital marketing

    ReplyDelete
  16. Saya dari dulu udah prediksi kalau ilmu digital marketing ini bakal berguna banget di masa depan, makanya sudah saya pelajari :)

    ReplyDelete
  17. Setuju ambu, pelaku bisnis UMKM akan mendapatkan banyak manfaat di atas kalau melakukan digital marketing. Dan butuh perangkat mumpuni juga seperti Laptop HP ProBook 440 G8, minimal yang core i3 juga udah kece itu buat digital marketing

    ReplyDelete
  18. Setuju banget ambu , pelaku bisnis UMKM itu akan banyak banget dapat manfaat jika melakukan digital marketing. dan tentunya harus ditunjang dengan perangkat yang mumpuni.

    namun terkadang sebagian pelaku umkm terkadang gaptek jadi susah meluaskan jangkauan target jualan nya.

    ReplyDelete
  19. UMKM emang harus bisa menguasai digital marketing ya Ambu
    Biar bisa bertahan dan siap menghadapi industri 5.0 ini

    ReplyDelete
  20. Paling suka deh sama orang yang kasih dukungan termasuk edukasi seperti ini untuk UMKM, biar pelaku UMKM lebih melek lagi sama Digital Marketing. Tapi emang sepakat Ambu, butuh pendukung seperti laptop utk kelancaran usaha mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, semoga para pelaku UMKM ini semakin bangkit ya bisa go internasional berkat digital marketing apalagi didukung sam aproduk yang oke kaya HP ini

      Delete
  21. Seri laptop dari HP ini memang banyak yang desainnya minimalis dan ringan. Makanya saya sendiri sampai sekarang masih betah pakai laptop HP untuk menunjang pekerjaan.

    ReplyDelete
  22. setuju, klo mau terus survive dan bersaing bisnis di jaman sekarang ya harus geser ke pasar online juga. Dan klo mau buka peluang di pasar online, gadget nya pun harus mendukung yaa biar kerjaan dan bisnisnya lancar

    ReplyDelete
  23. Jaman memang sudah digital jadi kita harus lebih maju lagi, apalagi yang punya UMKM memang sebaiknya jualan secara online karena gadget yang kita punya dapat membantu dalam pemasaran

    ReplyDelete
  24. Untuk bisa terus maju dan berinovasi, para pelaku UMKM memang perlu mulai masuk ranah digital.

    Paham digital marketing, mau belajar teknik digital marketing serta mau berinvestasi untuk alat perang digital marketing, seperti Laptop HP ProBook 440 G8 ini. Sebagai pendukung pelaku bisnis (UMKM) untuk merancang, mengedit gambar dalam pembuatan web, membuat stiker, desain kemasan, serta kegiatan bisnis lainnya.
    Semoga makin jaya UMKM Indonesia.
    Aamiin

    ReplyDelete
  25. Ini udah sering juga ya dibahas. UMKM jaman sekarang untuk maju memang harus belajar dan mempraktekkan digital marketing

    ReplyDelete