In Blossom, Kisah Cinta Putri dengan Raga yang Tertukar

  
maria-g-soemitro.com

In Blossom, Kisah Cinta Putri dengan Raga yang Tertukar

“Kalau sedang bete, saya nonton film action,” kata  Puthut EA. Kepala Suku Mojok ini sedang berbincang dengan Budi Irawanto Dosen Komunikasi UGM di channel YouTube mojokdotco. Keduanya pecandu film dan sedang berbincang tentang perkembangan sinema Indonesia.

He he he … ternyata beda orang, beda pula kebiasaaannya ya? Saya sih kalo lagi bete, lebih suka drama Cina yang dipenuhi actor/aktris ganteng dan cantik. Kostumnya cantik, melambai-lambai hingga bermeter-meter. Gak peduli tim kreatifnya ribet, yang penting mata penonton terpuaskan.

Ditambah cerita yang bagus (walau terkadang dipaksakan, dan terlalu banyak adegan “kebetulan”) dipoles CGI-nya yang memanjakan mata, hilang deh bete, berganti semangat baru untuk berkarya lagi. 

Namun tentu saja tidak bisa dipukul rata. Saya pernah berhenti menonton suatu drama Cina setelah beberapa episode. Ratingnya di Mydramalist lumayan (7,8, gak terlalu bagus, juga gak terlalu jelek). Actor/aktrisnya lumayan ganteng dan cantik sih, tapi saya baru perdana nontonnya.

Drama tersebut gak saya lanjutkan, karena plotnya berputar-putar gak jelas. Bikin kesel!

Beda halnya dengan drama Cina “In Blossom”. Pemeran utama perempuan, Ju Jingyi udah dua kali saya menonton dramanya (drama Cina “Legend of Yun Xi”, dan drama Cina  “The Blooms at Ruyi Pavilion”.

Ratingnya 8,4 di Mydramalist, Cukup tinggi, jadi harusnya gak mengecewakan.

Tandemnya, Liu Xue Yi pemeran antagonis dalam drama Cina “Destined” yang dapat rating 8,5 dari Mydramalist. Dilihat dari profile-nya, Liu Xue Yi lebih sering mendapat jatah support role dibanding pemeran utama. Padahal doi ganteng dan aktingnya prima, lho.

Gimana hasil kiprahnya dalam drama Cina “In Blossom”?

Yuk atuh kita kupas.

Baca juga

Legend of Yun Xi, Konflik Asmara Seorang Pakar Racun

Destined, Kala Mulan Menjadi Ibu Rumah Tangga

 

maria-g-soemitro.com

Ju Jing Yi sebagai  Yang Cai Wei / Shangguan Zhi

“Si jelek” begitu julukan penduduk Kota Heyang pada Yang Cai Wei, seorang gadis dengan bekas luka pada wajahnya. Bullyan bertambah massif dan kejam karena Yang Cai Wei dan gurunya bekerja sebagai pengangkut dan pengubur jenazah.

Tak ada yang tahu Yang Cai Wei sebetulnya anak bangsawan Yang, Menteri Peradilan yang tewas akibat pembunuhan kejam.  Berhasil  lolos dari tragedy, dengan luka di wajah Yang Cai Wei  mendatangi rumah sahabatnya, Pan Yue.

Malang, sang sahabat menolak kedatangannya. Beruntung Yang Cai Wei bertemu Guru Jiang, seorang petugas pemakaman yang juga ahli forensik. Berkat sang guru, Yang Cai Wei menjadi ahli forensik handal.

  
maria-g-soemitro.com

Liu Xue Yi sebagai  Pan Yue

Ada monster di setiap orang, kita bisa memilih

Mendidiknya menjadi binatang buas

Atau menerimanya, hidup harmonis berdampingan dengannya

Demikian kata Pan Yue kala Yang Cai Wei menyayangkan kematian seorang penjaja es, yang ternyata adalah Gu Shan, pembunuh yang muncul di setiap pesta lentera.

Terlahir sebagai anak tidak sah Pan Jin, seorang kepercayaan kaisar, Pan Yue sangat menonjol dengan kecerdasannya. Berulangkali Pan Yue  mendapat kepercayaan mengemban tugas dari kaisar.

Pan Yue juga sangat tampan. Banyak gadis mengidolakannya, termasuk putri kaisar. Namun Pan Yue sudah menyerahkan hatinya pada Yang Cai Wei, sahabat ciliknya, dan jodoh yang telah direstui kaisar.

  

maria-g-soemitro.com

Li Ge Yang sebagai  Zhuo Lan Jiang

Sebagai ketua 4 sekte yang menguasai Kota Heyang, Zhuo Lan Jiang merupakan pemimpin termuda. Dia mengemban tugas pasca kematian ayahnya dalam suatu kebakaran hebat.

Zhuo Lan Jiang memimpin sekte sekte Gedung Yinyu, sekte dengan jumlah anggota terbanyak dan terbanyak pula melakukan pelanggaran hukum seperti pembunuhan dan penjualan barang secara illegal. Sehingga musuh selalu mengancam nyawa Zhuo Lan Jiang.

Ancaman lain datang dari sekte Jinshui yang secara sporadis kerap menyerang Zhuo Lan Jiang.

Beruntung Zhuo Lan Jiang berkenalan dan akhirnya berteman dengan Yang Cai Wei, gadis buruk rupa dengan keprinadian menawan. Diam-diam Zhuo Lan Jiang mencintai gadis tersebut, dan merasa terpukul ketika mendengar Zhuo Lan Jiang mati di malam pernikahannya.

Kedatangan Pan Yue sebagai kepala pemerintah daerah Heyang yang baru, membuat Zhuo Lan Jiang gusar. Pan Yue berhasil mempersunting Zhuo Lan Jiang, tapi malah membuat gadis pujaannya mati. Dan kini, menurut isu yang berkembang Pan Yue menjadi calon suami putri kaisar.

  

maria-g-soemitro.com

Sinopsis In Blossom Chinese Drama (2024)

Sepuluh tahun silam, kaisar merestui perjodohan Yang Cai Wei dan Pan Yue. Keduanya anak tangan kanan kaisar yang bersahabat sejak kecil, saling dukung dan saling melengkapi.

Peristiwa tragis memisahkan sepasang merpati tersebut. keluarga Yang Cai Wei dibantai habis. Yang Cai Wei cilik berhasil melarikan diri dan menjadi murid Paman Jiang, seorang petugas pemakaman di Kota Heyang. 

Di kota ini, Yang Cai Wei dijauhi masyarakat setempat, tidak saja karena ada bekas luka di wajah yang membuatnya dijuluki “Si Jelek”, serta keseharian bergumul dengan mayat. Kondisi yang justru menguntungkan, tak ada yang tau dia anak Menteri Yang yang sedang diburu pengkhianat kaisar. 

Sepuluh tahun kemudian, Pan Yue berhasil menemukan Yang Cai Wei. Jabatannya yang tinggi sebagai Menteri Pengawas Kerajaan memungkinkan Pan Yue berulang kali membantu gadis pujaannya dan mengajaknya menikah.

Malang, di malam pernikahan Yang Cai Wei mati terbunuh. Jejaknya sebagai anak gadis Menteri Yang, terendus pembunuh yang sebelumnya telah menghabisi ayah dan ibu Yang Cai Wei.

Tak kuat menahan kesedihan, Pan Yue kembali ke ibu kota. Dia tak tahu bahwa yang tewas adalah Shangguan Zhi, perempuan kaya raya yang berwatak jahat, dan telah lama  terobsesi pada Pan Yue.

Pada malam sebelum pernikahan, Shangguan Zhi mendatangi Yang Cai Wei dan memaksanya bertukar raga. Sehingga yang mati adalah Shangguan Zhi dalam raga Yang Cai Wei.

Sementara Yang Cai Wei dalam raga Shangguan Zhi tak sadarkan diri selama sebulan. Dia siuman bertepatan dengan kedatangan Pan Yue kembali ke kota Heyang dengan tekad mencari pembunuh istrinya.

Tekad yang sama. Yang Cai Wei penasaran ingin mengetahui pembunuh raganya. Cara yang termudah adalah bekerja sama dengan Pan Yue, yang memiliki kekuasaan sebagai kepala pemerintahan daerah Heyang.

Tidak mudah. Pan Yue tidak menyukai kehadiran perempuan yang dikiranya adalah Shangguan Zhi. Selama ini obsesi Shangguan Zhi sangat mengganggu kedamaian Pan Yue. Namun, akhirnya Pan Yue terpaksa luluh. Dia harus menenggang rasa pada Shangguan Lan, kakak Shangguan Zhi yang juga sahabatnya.

Seiring waktu, perasaan Pan Yue menjadi tak karuan. Dia menyadari Shangguan Zhi bukanlah gadis menyebalkan yang selama ini dia kenal. Malah karakter dan tingkah laku Shangguan Zhi mirip Yang Cai Wei, almarhum istrinya.

Bahkan Shangguan Zhi memiliki keterampilan forensik seperti Yang Cai Wei. Suatu keahlian langka yang mustahil dimiliki perempuan kaya raya dan arogan seperti Shangguan Zhi.

maria-g-soemitro.com

Review In Blossom Chinese Drama (2024)

Dua alasan saya memutuskan menonton drama Cina “In Blossom”. Yang pertama penasaran dengan akting aktor ganteng Liu Xue Yi yang sebelumnya lebih sering dapat jatah sebagai support role. Dalam drama ini, doi berakting mulus sebagai  Pan Yue, pria bangsawan yang dingin tapi bucin pada kekasih hatinya Yang Cai Wei. Gaya cowok tsundere yang bikin penonton susah move on.

Alasan ke-2 adalah raihan rating 8,4 dari Mydramalist. Wow, apakah sebagus itu?

Kisah cintanya manis. Chemistry kedua pemeran utama,  Liu Xue Yi dan Ju Jing Yi patut diacungi jempol. Liu Xue Yi berhasil mengimbangi akting Ju Jing Yi yang sejak menjadi aktris cilik sudah malang melintang di depan layar kaca.

Namun yang bikin drama Cina “In Blossom” menarik adalah rangkaian kisah kasus pembunuhan berantai. Tentu saja disesuaikan dengan eranya. Seperti pembunuhan berantai dengan tujuan hidup abadi, pembunuhan berantai terhadap pelaku kekerasan, dan pembunuhan misterius lainnya.

Setiap kasus dicari motif, kesamaan serta fakta hasil otopsi. Sehingga penonton ikut exciting, terlebih ketika kedua tokoh yang diperankan Liu Xue Yi dan Ju Jing Yi salah prediksi. Korban yang mereka tolong ternyata pelaku pembunuhan. Bikin penonton deg-degan.

Tentu saja jangan berharap runutan adegan seperti drama bergenre thriller seperti drama Korea “Tunnel”. Kasus pembunuhan dalam drama Cina “In Blossom” dibuat “soft” dengan beberapa adegan yang terasa “maksa”.

Salah satunya ketika Pan Yue yang diperankan Liu Xue Yi bersusah payah menyelinap masuk ke ruang persembunyian tempat seorang gadis bernama Lu Ai Ge diborgol. Lha sesudah itu kok gampang banget, mirip sulap: Simsalabim tau-tau ada di luar!

Hehehe … begitulah drama. Kita menonton drama untuk mencari hiburan, bukan?

Baca juga

The Blooms at Ruyi Pavilion (2020), Tentang Putri yang Mencuri CD

Ini Perbedaan Drama Korea dengan Drama Cina



Profile

Drama: In Blossom

Native Title: 花间令

Also Known As: Hua Jian Ling , 花間令

Director: Zhong Qing

Screenwriter: Yu Hai Lin, Zhong Jing

Genres: Thriller, Historical, Romance, Fantasy

Country: China

Episodes: 32

Aired: Mar 15, 2024 - Apr 6, 2024

Aired On: Monday, Tuesday, Wednesday, Thursday, Friday

Original Network: Youku

Duration: 45 min.


5 comments

  1. Kok bisa malah si korban adalah pelakunya? Wuah berarti ada hal² yang diluar dugaan penonton ya Ambu, pantes aja ratingnya kece. Bisa disimak nih dramanya

    ReplyDelete
  2. saya belum pernah nih nonton dracin. pernah sesekali nonton drama asia lainnya selain drakor kayak drama Filipina, tapi kok kayaknya saya ngerasa kurang sreg ya, ga tau kenapa hehe. btw dracin in blossom ini bisa ditonton dimana ambu? mau intip ah siapa tau cocok

    ReplyDelete
  3. Sepertinya ibu mah ahli bahas drama china, sampai kalau lagi bete larinya ke drachin. Lah saya kalau bete, milih tidur. Hihihi ...
    Saat raga tertukar meski mendiami raga cewek yg tidak disukai suaminya, apa gak cerita kejadian yg sebenarnya kalau ia tuh istrinya cuma raga minjam cewek lain?
    Yah kalau semudah itu ya gak bakalan seru ya. Hehehe
    Namanya juga drama

    ReplyDelete
  4. Samaan teh kadang aku suka lihat dracin tapi kadang ya pemainnya sulit dibedakan hampir rata2 mirip semua. jadi penasaran juga mau lihat dracin In Blossom kalau genrenya kayak trailer kasus pembunuhan berantai bikin mau nonton terus pasti

    ReplyDelete
  5. Bener ambu kadang drama china ada yang muter-muter padahal awalnya seru. Wah ini kisah cinta putri raga tertukarnya menarik nih. Jadi pengen nonton. Buat stok drama libur lebaran

    ReplyDelete