Drama Korea Kiss Sixth Sense, Ending yang Menjengkelkan!

   
www.maria-g-soemitro.com

Drama Korea Kiss Sixth Sense, Ending yang Menjengkelkan!

Punya alasan tertentu saat memilih menonton drama Korea? 

Saya punya 3 alasan, yang pertama aktris dan aktornya. 

Han Ji-Won dan Choi Gang-Hee, contoh diantara begitu banyak aktris Korea yang saya suka aktingnya. Saking sukanya, saya sering menonton ulang atau mencari drama lama, jika mereka gak rilis drama terbaru.

Sedangkan aktor Korea, salah dua diantara begitu banyak actor favorit, adalah Lee Sun-Kyun dan Lee Je-Hoon. Hihihi Lee Je-Hoon mah disukai sejuta umat ya? Aktingnya menawan, dapat bonus ganteng.

Alasan kedua, temanya dan atau ide ceritanya. Tema kerajaan hampir selalu saya tonton, juga tema fashion, kuliner dan dunia medis. Masing-masing punya kelebihan. Tema kerajaan, fashion dan kuliner membuat mata terhibur. Sedangkan tema medis membuat otak bertambah ilmunya.

Dan yang ketiga adalah ratingnya. Jika tak ada informasi rating, jumlah penghargaan serta review yang bagus bisa jadi patokan.

Demikian kurang lebih patokan yang saya gunakan sebelum memutuskan menonton drama Korea: Kiss Sixth Sense. Saya suka Seo Ji-Hye. Saya suka aktingnya sebagai Sharon di drama Korea: The Black Knight, walau hanya menjadi support role.

Sesudah mendapat peran second lead di drama Korea: Crash Landing on You, seolah tak terbendung,  Seo Ji-Hye mendapat peran utama di drama Korea: Dinner Mate, drama Korea: Dr. Brain, dan kini sebagai Hong Ye-Sool dalam drama Korea: Kiss Sixth.

Gimana aktingnya? Yuk kita kupas:

Baca juga:

Suka Traveling? Wisata Madura Recommended Banget. lho!

5 Drama Korea Inspiratif Tentang Cinta di Usia Paruh Baya

Dinner Mate, Drama Bagus Rating Jeblok!

   
www.maria-g-soemitro.com

Seo Ji-Hye sebagai  Hong Ye-Sool

Tinggal berjauhan dari ibunya yang tinggal di Amerika Serikat, Hong Ye-Sool berkarir di perusahaan advertising Zeu.Ad, Korea Selatan. Dia ingin sukses seperti ayahnya yang terkenal di dunia periklanan.

Sial, Cha Min-Hu pimpinannya yang mendapat julukan “Dewa Cha”, sangat galak, dan selalu menuntut hasil kerja yang sempurna. Sehingga menjadi hal lumrah ketika Hong Ye-Sool begadang dan terpaksa tidur di kantor demi mengejar deadline.

Seo Ji-Hye tidak menyadari bahwa Cha Min Hu sebetulnya adalah temannya semasa kecil. Cha Min Hu tidak hanya mengetahui latar belakang Seo Ji-Hye sebagai putri perancang iklan yang hebat, dia juga diam-diam mencintai Seo Ji-Hye.

Cha Min Hu berlaku demikian keras agar Seo Ji-Hye bisa sukses seperti ayahnya. Kerja kerasnya tidak sia-sia, pelan tapi pasti Seo Ji-Hye berhasil menjadi ketua proyek termuda.

  

www.maria-g-soemitro.com
mirip kang Emil, hehehe 😁😁

Yoon Kye-Sang sebagai Cha Min-Hu 

Cha Min-Hu anak yatim piatu yang sewaktu kecil tinggal di panti asuhan. Suatu hari dia bertemu seorang anak perempuan yang menangis karena tersesat. Nama anak perempuan itu Hong Ye-Sool, keluarganya baru pindah ke wilayah tersebut dan masih bingung jalan pulang ke rumah.

Tak tega, Cha Min-Hu membantu Hong Ye-Sool mencari rumahnya, mendatangi rumah demi rumah, hingga Hong Ye-Sool bisa bertemu keluarganya. Kejadian yang membuat Cha Min-Hu bersahabat baik dengan Hong Ye-Sool, dan menjadi bagian keluarga Hong Ye-Sool.

Suatu tragedy tragis memisahkan keduanya, Hong Ye-Sool pindah ke Amerika Serikat bersama ibunya, meninggalkan Cha Min-Hu yang berharap bisa bertemu lagi dengan Hong Ye-Sool yang diam-diam dicintainya.

  

www.maria-g-soemitro.com
senyumannya bikin klepek-klepek 😀😀

Kim Ji-Suk sebagai Lee Pil-Yo

Lee Pil-Yo sutradara film yang menjadi kekasih Hong Ye-Sool. Dia bingung ketika tiba-tiba Hong Ye-Sool memintanya putus hubungan.

Berulangkali Lee Pil-Yo menanyakan penyebabnya.  Lee Pil-Yo yakin bisa mengubah keadaan jika kesalahan berada dipihaknya. Hingga tak sengaja Lee Pil-Yo mendengar penyebab Hong Ye Sool minta putus karena dia bisa melihat masa depan. Tidak ada gambaran Lee Pil-Yo di sana, yang ada malah teman perempuan mereka, Eun Jung.

Bingung dan merasa tak berdaya, Lee Pil Yo berangkat ke luar negeri. Dia membuat film yang mengisahkan percintaan mereka dan sukses.

Bertahun kemudian Lee Pil Yo kembali ke Hong Ye Sool ketika mendapat fakta bahwa gambaran masa depan Hong Ye Sool ternyata salah. Eun Jung menikah dan mempunyai anak dengan pria lain.

  

www.maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama Korea: Kiss Sixth Sense

Tujuh belas tahun silam, Cha Min-Hu kecil bersahabat dengan Hong Ye-Sool, anak perempuan yang selalu dilindungi dan melindunginya. Begitu akrab, hingga Cha Min-Hu selalu ikut dalam aktivitas harian keluarga Hong Ye-Sool, anak gadis yang diam-diam didaulat sebagai cinta pertamanya.

Kejadian tragis memisahkan Cha Min Hu dan Hong Ye-Sool. Kala itu, ayah Hong Ye-Sool ditemukan tewas tak bernyawa. Bersamaan dengan malapetaka yang menimpa Cha Min Hu dan Hong Ye-Sool yang hampir tenggelam di danau. Beruntung keduanya selamat, walau tak sadarkan diri berhari-hari.

Secara aneh, pasca kecelakaan, Hong Ye-Sool mendapat kemampuan baru, yaitu mampu melihat masa depan. Dia juga bisa melihat apa yang akan dialami seseorang ketika salah satu bagian tubuh orang tersebut, menyentuh bibir Hong Ye-Sool.

Cha Min Hu mendapat kemampuan yang berbeda. Dia bisa mendengar banyak suara, dan bisa mendeteksi suara dari kejauhan. Namun berbeda dengan Hong Ye Sool, tubuh Cha Min Hu akan lemas saat bibirnya beradu dengan bibir orang lain.

Tujuh belas tahun kemudian, secara tak terduga mereka dipertemukan dalam satu kantor, perusahaan advertising, Zeu.Ad. Cha Min Hu langsung mengenali Hong Ye Sool. Tidak demikian dengan Hong Ye Sool yang sedang kasmaran pada sutradara Lee Pil-Yo.

Dibawah bimbingan Cha Min Hu yang keras dan menuntut kesempurnaan, Hong Ye Sool berhasil menjadi ketua proyek termuda. Cha Min-Hu pulalah sosok yang menjadi tempatnya berkeluh kesah saat harus memutuskan hubungan dengan Lee Pil-Yo.

Hong Ye Sool memilih putus dengan Lee Pil Yo karena melihat sosok perempuan lain ketika mereka berciuman. Anehnya, Hong Ye Sool malah melihat dirinya sedang bergumul, berhubungan intim dengan Cha Min-Hu, kala tanpa sengaja bibir mereka bertemu.

Hong Ye Sool bingung, tak pernah terlintas dia akan menjadi kekasih Cha Min Hu, laki-laki galak yang selalu mencari kesalahan Hong Ye Sool. Cha Min Hu, laki-laki menyebalkan yang tak pernah bergaul dengan bawahan dan tak punya sisi romantis.

Merasa penasaran, akhirnya Hong Ye Sool mengaku pada Cha Min Hu tentang kemampuannya melihat masa depan, serta apa yang dilihatnya ketika bibir mereka bersentuhan. Hong Ye Sool juga mengajak Cha Min Hu membuktikan apa yang dilihatnya.

Cha Min Hu menolak, dia gak mau melakukan one night stand. Dia hanya mau melakukan hubungan badan dengan kekasihnya, untuk itu Cha Min Hu mengajak Hong Ye Sool untuk berkencan.

Tidak mudah bagi Hong Ye Sool untuk menjawab. Mantan pacarnya, Lee Pil Yo datang dan mengajak rujuk. Dia juga tidak yakin apakah dia mencintai Cha Min Hu, dan sebaliknya Cha Min Hu mencintainya.

Situasi tambah runyam kala Hong Ye Sool menyadari ada yang membayangi dan membuntuti kemana pun dia pergi.

  

www.maria-g-soemitro.com

Review Drama Korea: Kiss Sixth Sense

Apa yang paling gak disukai dari hubungan sepasang kekasih dan pasutri?

Menurut saya sih: pertengkaran! Duh sedih banget kalo harus bertengkar. Apalagi sampai bilang kata putus! Sangat gak enak ketika pacaran trus bolak balik putus nyambung. Putus lagi. Nyambung lagi. Mirip roller coaster. Sangat menyakitkan!

Dan anehnya demikianlah ending drama Korea: Kiss Sixth Sense!

Saya gak tau, apakah novelnya seperti itu? (drama ini dibuat berdasarkan novel "Kiss Six Sense” by Gatnyeo, published from March 6, 2019 to August 19, 2020 via Naver). Sehingga saya setuju banget dengan salah seorang reviewer yang bilang: “What the heck is the ending?”

Kacau banget. Padahal episode-episode awal lumayan lho. Bahkan sampai episode 10 masih bikin senyum. Salah satunya adegan Hong Ye-Sool berbisik ingin memeluk Cha Min Hu dari belakang. Dia juga ingin mencium Cha Min Hu. Berkat kemampuannya, tentu saja Cha Min Hu bisa mendengar walau ruangan mereka terpisah jauh. Akting keduanya bikin gemes.

Adegan menjadi tidak terkontrol di episode 11 dan 12 atau 2 episode akhir. Laki-laki psikopat pembunuh ayah Hong Ye-Sool muncul. Hong Ye-Sool juga dibuntuti, disekap dan diculik oleh si psikopat yang merasa Hong Ye-Sool adalah anaknya.

Namun yang paling menggelikan adalah tatkala Cha Min Hu ditikam pisau. Dihujam pisau sebanyak 5 kali dengan suara seperti itu biasanya pasti mati. Lha ini mah masih hidup. Yah namanya juga pemeran utama ya?

Saya menduga ada kemungkinan seharusnya drama Korea: Kiss Sixth Sense berjumlah 16 episode. Namun karena sesuatu hal harus dipadatkan menjadi 12 episode, sehingga alur kisah jadi gak karuan.

Beda banget dengan drama Korea “Chocolate” yang juga dibintangi actor Yoon Kye-Sang. Runut dan membuat penonton larut dalam kisah romantisnya.

Syukur gak semuanya parah. Chemistry actor Yoon Kye-Sang dan aktris Seo Ji-Hye patut diacungi jempol. Gak kalah deh dibanding acting Ha Ji-Won -Yoon Kye-Sang dalam drama Korea ‘Chocolate’.

   


Point berikutnya adalah soundtracknya. Saya sampai nyari di Spotify dan YouTube. Ternyata ada satu album dong, sehingga saya bisa menulis ini sambil dengerin lagunya. Saya sertakan di atas ya?

Dan yang terakhir, yang mungkin agak melenceng, setelah dilihat-lihat kok Kang Emil, nama panggilan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, kok mirip Yoon Kye-Sang ya? Atau Yoon Kye-Sang yang mirip Kang Emil?

Hahaha….

       

www.maria-g-soemitro.com
instagram.com/@ridwankamil

Baca Juga:

Punya Rencana Traveling? Cek Dulu Tips Travel Blogger Berikut!

Chocolate, Tontonan Rekomendasi Saat Pandemi Covid-19


Profile Drama Korea: Kiss Sixth Sense

    Drama: Kiss Sixth Sense

    Revised romanization: Kiss Sixth Sense

    Hangul: 키스 식스 센스

    Director: Nam Ki-Hoon

    Writer: Gatnyeo (web novel), Jeon Yoo-Ri

    Network: Disney+

    Episodes: 12

    Release Date: May 25, 2022 --

    Runtime:

    Language: Korean

    Country: South Korea

25 comments

  1. Semalam baru mau nonton nih film, karena sesuatu dan lain hal, hanya bisa menikmati deskripsi singkatnya. Lihat ulasan ini jadinya pas banget jadi makin punya gambaran tentang drakor yang satu ini

    ReplyDelete
  2. Waduuh..padahal Kiss Sixth Sense ini di awal bagus ga ada zonk..eh di akhir mulai membagongkan dan endingnya beneran 'WTH'. Sayang banget..apa mungkin adaptasi dari novelnya ada yang diubah sehingga ga pas atau gimana ya, kepo juga saya. Palaing kepo juga sama tingkat kemiripan Yoon Kye-Sang sama Pak RK, langsung klik link Youtubenya saya haha

    ReplyDelete
  3. Ya ampun ya ampuuuuun.. Ambu bikin aku berimajinasi, di malam yang sunyi ini huhuhu.. Kekasihku ada di mana yaaaaa. Tanggung jawab, Ambuuu!

    Dan astaga, ada RK segala haha.

    ReplyDelete
  4. Aku baru incip 2 eps, Ambu..
    Dan terhenti karena mau nonton Link, Eat, Love and Kill. Hehhee, tapi aku suka banget sama Yoon Kye Sang oppa. Soalnya pengantin baru, tapi masih berani akting "mesra" sama Seo Ji Hye.
    Kan jadi penasaran banget yaa..

    ReplyDelete
  5. Yah jadi letoy nih mau nonton drakor ini. Takut ikut-ikutan kecewa. Apalagi kalau endingnya melintir gak karuan begitu. BTW, saya jadi ketawa lihat foto terakhir. Kang Emil tuh ya kekinian banget. Ada aja kelucuan dan keunikan beliau. Yang sekarang saya sering lihat adalah video beliau bareng Arkana. Si balita ini juga lucu banget. Papanya juga suka iseng. Videonya diedit-edit jadi lucu hahaha

    ReplyDelete
  6. Aku sering ngelihat drama ini melintas di laman media sosial, tapi belum berniat untuk menontonnya, mikirnya 'ah, paling drama cinta-cintaan aja', hehehe. Membaca review ini jadi penasaran nonton drama Kiss Sixth sense.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya udah selesai nonton dramanya secara maraton, Ambu.
      Episode-episode terakhir memang terkesan agak2 gimana ya.
      Kalau saya ngeliah yang 'beranten' di dunia kerja agak lebay. Tapi secara keseluruhan, dramanya menghibur.

      Delete
  7. Psikopat dan ending yang ditunggu harapannya sejalan, berakhir berbeda...menarik dan binggung menyimpulkan

    ReplyDelete
  8. AKu udah nonton 5 eps ini ambu tapi belum kelar eheheh, aslinya makin seru tapi aku ngejar eve, insider, dan doctor lawyer yang udah pada kelar. Seru kalo thriller dan misteri

    ReplyDelete
  9. Enggak kuat deh sama gayanya kang emil hahaha..
    Aku dari keistimewaan yang dimiliki kedua pemeran utama usai kecelakaan di danau rasanya udah aneh jadi ya sudahlah...

    ReplyDelete
  10. Wah ini drama yang masuk list tontonan aku tapi belom sempet, soalnya katanya ada webtoon atau novel di naver ya? Kepo bangets!

    ReplyDelete
  11. Duh berasa deh gregetannya. Karena sebagian besar episodenya bagus ceritanya ya, Mbak. Giliran tinggal 2 episode lagi malah jadinya bikin gregetan. :D

    ReplyDelete
  12. Duh jadi gagal fokus liat kang Emil haha.. hmm, jadi nonton gak yaaa, tapi kalo awalnya tetep bikin senyum-senyum gemes, boleh juga nih, soal ending yang gimana gitu, ya udah skip aja

    ReplyDelete
  13. Saya awalnya nonton ini loh Ambu. Penasaran sih sampai beberapa episode terus belum. Dilanjutkan lagi nontonnya deh. Sampai eposisode 6 atau 7 nonton. Baru separuh episode emang. Btw endingnya ternyata engga bagus ya?

    ReplyDelete
  14. Yoon Kye-Sang yang mirip Kang Emil deh ambu, ha...ha...ha...kan si akang secara usia lebih senior ya. Nah aku setuju dalam sebuah relationship baik ber RT maupun sepasang kekasih ya pertengkaran. Pengennya sih tidak tarik urat ya. Apalagi kalau yang dihadapan kita bebel nah ini emosi bisa naik beberapa oktaf

    ReplyDelete
  15. Menurut daku Cha Min-Hu denga kaca hitamnya itu malah mirip sama Siwon Suju hihi. Malah tadi menganggapnya Siwon yang main, eh ternyata Yoon Kye-Sang

    ReplyDelete
  16. nonton drakor begini saoundtrack lagu sangat berpengaruh ya mbak, sampai-sampai nyari di yutub juga karena pas ya lagu dan bisa jadi penghibur suasanan hati. Kenyang ilmu baca ulasannya

    ReplyDelete
  17. Padahal di 10 episode-episode awal sudah asik banget ya Mbak. Eh tetiba masuklah plot yang "nempel" tak terduga. Berasa gemes banget pastinya. Fokus dan alur cerita jadi berantakan dengan ending yang tentunya bikin gemes.

    ReplyDelete
  18. Aku kok malah fokus ke pak ridwan ya mbak hahahaha btw aku kalau nonton drakor, itu yg pertama dilihat pemainnya, kalau pernah nonton dan bagus, biasanya aku nonton lagi

    ReplyDelete
  19. Hehe kurang lebih sama, aku nonton drakor tergantung aktor /aktris plus ide ceritanya. Buset deh Hong Ye-Sool bisa melihat masa depan. Wah cuma 12 episode aja nih, oke masukin list dulu ah. Penasaran

    ReplyDelete
  20. Angkat tangan dengan ceritanya yang belum terbiasa membaca ulasan k film. Selalu menarik dibaca.

    ReplyDelete
  21. Pas banget nonton our beloved summer nya udah tinggal 1 episode.. Next mau coba nonton Kiss Sixth Sense ini juga ah... Kira-kira saya bakal bertahan sampai episode terakhir nggak yaaa..

    ReplyDelete
  22. Sek ji hye makin lama makin mateng ektingnya. Dari rampan, don't dare dreams, crash landing on you, dinner mate pokonya dia one of my fav actress 🥰

    Kalo aku Nonton drakor kadang subjektif liat sapa yg main hahaha

    ReplyDelete
  23. Lama banget gak nonton drakor. Terakhir kapan ya? Zaman kapten yoo shi jin kalau gak salah. Tapi pas baca review nya ini, kok jadi penasaran sama akting bini nya akang hyun bin hehe

    ReplyDelete