Dinner Mate, Drama Bagus Rating Jeblok!

 

Dinner Mate, Drama Bagus Rating Jeblok!


Audrey Hepburn berjalan, seolah-olah dia menguasai dunia
Dia menatap toko perhiasan, mencicipi rotinya, menyesap kopinya
Dia makan sendirian sambil mengagumi keindahan perhiasan
Ini momen terindah,
saat pandangan, indra perasa dan kondisi mental seseorang
membentuk kombinasi terbaik


Prolog di atas merupakan pembuka Dinner Mate, drama Korea yang berkisah tentang Woo Do-Hee, perempuan cantik yang selalu bermimpi bisa mendapatkan dinner / makan malam sempurna. Apes, pacarnya selalu memaksakan kehendak. Woo Do Hee kerap makan dengan rasa/cara yang tidak dia sukai.

Urusan makan ternyata nggak sederhana.

Makanan bisa digunakan sebagai terapi. Contoh kasus depresi yang dapat disembuhkan makanan yang mengandung triptofan (sumber: independent.co.uk)

Sayapun baru tau nih.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa triptofan merupakan saalah satu bahan pembangun protein yang dapat ditemukan pada daging ikan, telur, kacang-kacangan, serta sumber protein lainnya

Selain protein, biji-bijian, buah dan sayuran yang kaya akan seng dan folat merupakan nutrisi penting mencegah turunnya gula darah yang bisa mengakibatkan rasa sedih.

Apa yang kita makan memengaruhi cara berpikir!


Demikian kata para ahli. Mereka menemukan adanya hubungan antara poros usus-otak dengan kesehatan usus, dan jutaan bakteri yang menyusun microbiome-nya. Hal tersebut berimplikasi pada kesehatan mental seseorang.

Food therapy atau terapi menggunakan makanan rupanya mengilhami Park Shi In pembuat webcomic "Jeonyeok Kati Deusilraeyo?" yang terbit  November 5, 2013 to December 2, 2014 via Daum Webtoon Company.

Webtoon tersebut kemudian dibuat drama berjudul “Dinner Mate”/ “Would You Like To Have Dinner Together”. Sayang, ratingnya tidak melejit seperti It’s Okay, Yo Not Be Okay yang mampu menggegerkan penduduk tweetland, padahal sama-sama berkisah mengenai kesehatan mental.

Pemeran utamanyapun nggak kaleng-kaleng: Song Seung-Heon dan Seo Ji-Hye! Pasangan yang mampu menunjukkan chemistry kuat, membuat keseluruhan drama terasa manis dan hangat.

Sehingga saya setuju pada comment @ricebowl di asianwiki.com yang bilang:
Do Not Believe The Ratings! This Drama Is So Good, Fun To Watch And Light. The type of romcom that you craving for! Also that lil CLOY references is so briliant. This is your must watch list. Thank god i found this amazing romcom drama.

Setuju, jangan percaya rating!

Baca juga: Woman of 9,9 Billion, Terbakar Uang Panas

 


 Song Seung-Heon sebagai Kim Hae-Kyung

Psikiater kondang yang tak mau diekspos, sehingga publik tak mengenal wajahnya. Sementara kepakarannya membuat media ingin mengundangnya sebagai narasumber, termasuk 2N BOX tempat Woo Do Hee bekerja.

Kim Hae-Kyung  dan Woo Do Hee sebetulnya telah saling mengenal dan sepakat untuk menjadi teman makan, tanpa harus membuka identitas masing-masing.

Kesalahpahaman membuat keduanya berbalas  email dengan kata-kata kasar.

Situasi menjadi rumit setelah saat mereka saling jatuh cinta. Kedok mereka terbuka. Disusul kembalinya kekasih lama mereka, cinta pertama Kim Hae-Kyung dan Woo Do-Hee.

Para cinta pertama yang memaksakan kehendak dengan caranya masing-masing.

 


 

Seo Ji-Hye sebagai Woo Do-Hee

Seorang produser acara yang tangguh. Acara yang yang diproduksinya selalu berhasil menyedot jutaan penonton.

Sayang, perjalanan asmaranya tak sesukses karirnya. Sesudah dicampakkan cinta pertama yang telah dijalinnya selama 6 tahun, Woo Do Hee diselingkuhi kekasih berikutnya, membuat Woo Do Hee trauma.

Karena itu dia menutup diri waktu pertama kali bertemu dengan Kim Hae-Kyung. Tapi justru berkat bantuan Kim Hae-Kyung, berkali- kali Woo Do Hee selamat dari dari  serangan Jung Jae-Hyeok, si cinta pertama.


 

Lee Ji-Hoon sebagai Jung Jae-Hyeok, cinta pertama Woo Do Hee.

Woo Do Hee mengalami gangguan mental akibat tidak diakui ayah kandungnya. Dia melakukan berbagai macam cara, agar ayahnya bangga.

Tiga tahun lalu, ulah kejinya membuat seorang psikiater senior menjadi korban. Dia harus melarikan diri ke Amerika Serikat dan memutus hubungan dengan Woo Do Hee hanya via  SMS.
Dia kembali ke Korea untuk mendapatkan cinta Woo Do Hee kembali.




Sinopsis Dinner Mate


“Pasangan yang makan bersama lebih bahagia dibanding pasangan yang seranjang”

Kalimat tersebut diucapkan psikiater Kim Hae-Kyung pada pasiennya.

Food therapy menjadi keahlian sang psikiater, walau untuk melakukannya dia harus ke luar kota/ke luar pulau. Salah satunya ke pulau Jeju.

Saat itulah dia berkenalan dengan Woo Do Hee, yang sedang merasa tertekan, paska mendapati kekasihnya selingkuh.


Makan malam bersama menjadi awal pertemanan mereka, berlanjut dengan makan malam berikutnya di Kota Seoul.


Mereka merasa klop. Woo Do Hee bisa makan sesuai keinginannya. Kim Hae-Kyung mempunyai teman makan.

Kim Hae-Kyung memiliki pengalaman pahit. Usia 10 tahun harus masak dan makan sendiri. Ayahnya sakit, sementara ibunya, seorang penulis terkenal, lebih mementingkan pekerjaan daripada keluarga. Keceriaan Kim Hae Kyung pulih setelah mengenal Woo Do Hee yang periang.

Sayang, badai berikutnya datang. Cinta pertama mereka datang untuk memaksakan kehendak.




Review Dinner Mate


Ibuku bilang, jika pacarmu selingkuh …
Potong ujung kemaluannya seperti memotong lobak!
Tapi lobak bisa digunakan untuk kulit pangsit
Sedangkan milikmu, ……. Tidak berguna!
Jadi,  …..  jaga baik-baik!


Ucapan Woo Do-Hee saat memergoki pacarnya selingkuh, bikin saya terbahak.

Biasanya perempuan akan ngamuk, nangis dan tak mampu berkata apa-apa saking marahnya.  Ini sih malah bikin mantannya KO, hahhaha …😁😁

Woo Do-Hee diperankan Seo Ji-Hye, aktris cantik yang telah lebih dulu menyapa penggemar drama Korea di Indonesia dalam Crash Landing On You sebagai Seo Dan, gadis yang dijodohkan dengan Captain Ri.

Aktingnya sebagai Woo Do Hee begitu natural, seolah naskah drama Dinner Mate memang dibuat untuk dia. Nggak heran, perempuan bertubuh jangkung ini diganjar penghargaan Icon Award pada 2020 (56th) BaekSang Arts Awards.


Chemistrynya dengan Song Seung-Heon juga patut diacungi jempol.  Begitu ngeblend, bikin penonton larut.

Selain kisah cinta pemeran utama, yang membuat Dinner Mate/ Would You Like To Have Dinner Together terasa makjleb adalah hubungan mereka dengan orang tua, khususnya dengan sang ibu.

Kim Hae-Kyung yang marah pada ibu yang meninggalkannya sejak kecil, harus kompromi dengan ibunya yang terserang kanker.
Woo Do Hee si anak tunggal terperangkap pada perasaan nano-nano terhadap sosok ibu. Dia menghindar saat sang ibu curhat, tentang ayahnya yang doyan selingkuh.

Woo Do Hee berharap ibunya tegas, daripada berlaku sebagai korban. Toh sebagai anak, Woo Do Hee selalu kembali.  Anak akan selalu membutuhkan ibunya. Untuk curhat, untuk teman bermain dan pembuat masakan kesukaan.

“Ibu adalah seorang pendosa” kata Kang Soon-Duk dalam It’s Okay, To Not Be Okay.
Maksudnya, jadi ibu itu serba susah. Maju kena, mundur kena.

Walau kedua drama berlatar pasien penyandang gangguan mental, rating drama “Dinner Mate” jauh di bawah  It’s Okay, To Not Be Okay yang berhasil meraih 2 digit.

Apakah disebabkan jam tayang yang tidak tepat? Atau pemain pria yang sudah terlalu tua?

Song Seung-Heon, pemeran Kim Hae Kyung terlahir tahun 1976, sedangkan Kim Soo Hyun pemeran Moon Kang-Tae dalam   It’s Okay, To Not Be Okay kelahiran tahun 1988. Jauh banget ya?

Namun mungkin Dinner Mate meluncur terlalu manis, ditambah adegan-adegan klise. Berbanding terbalik dengan It’s Okay, To Not Be Okay yang dipenuhi adegan kejutan, hitam dan putih secara ekstrim.

Mau nggak mau penonton membandingkan Song Seung Heon dengan Choi Si Won yang sama-sama pernah memerankan drama berlatar pertarungan kursi anggota DPR. “The Great Show” yang diperankan Song Seung Heon hanya mampu meraih 2-3 % rating. Sementara “My Fellow Citizen” yang diperankan Choi Si Won mendapat 6-7 %.

Persaingan drama Korea memang sangat ketat. Untuk menaklukannya ngga sekadar butuh skenario bagus dan akting aktor/aktris yang mumpuni, juga keberuntungan!

Baca juga:
The Great Show, Pengakuan Seorang Calon Anggota DPR
My Fellow Citizens, Suamiku Seorang Penipu

Profile Dinner Mate


(sumber: asiawiki.com)
Drama: Dinner Mate (English title) / Would You Like To Have Dinner Together (literal title)
Revised romanization: Jeonyeok Kati Deusilraeyo
Hangul: 저녁 같이 드실래요
Director: Ko Jae-Hyun
Writer: Park Shi-In (webcomic), Kim Joo
Network: MBC
Episodes: 32
Release Date: May 25 - July 14, 2020
Runtime: Monday & Tuesday 21:00 (35 minutes each / 2 episodes per day)
Language: Korean
Country: South Korea




12 comments

  1. Apapun yang berkaitan dengan kebutuhan dasar manusia seperti tema jatuh cinta - patah hati - dan kuliner selalu sukses (biasanya) tapi sayang, mungkin pengemasan Dinner Mate yang ringan but romantis ini gak wow banget...

    masih mending Sweet Munchies kali ya atau Jewel In The Palace, eh tapi ini pendapatku aja loh yaaa

    Aku malah lebih suka liatin Lee Ji-Hoon ajalah, salfok ama wajahnya yang lembut but manly

    ReplyDelete
  2. After CLOY, ini romcom yg super rekomen mb, dan aku blm move on terutama dari dengerin OST nya haha

    ReplyDelete
  3. DINNER MATE ini salah satu drakor yg aku tunggu2, pokoke aku tonton ongoing, dan sukaaakk ama pasangan psikiater dan produser acara YouTube (?) ini.
    SSH memang udah tuwir, tapi dese makin tua makin guanteeengg :D Mirip wine berkualitas prima!

    ReplyDelete
  4. Oh iyaaa, Soundtrack-nya daku sukaaaa banget!
    Easy listening, beneran drama maupun OST-nya super duper menghibur :D

    ReplyDelete
  5. Baru berkunjung ke blog ambu, ternyata update banget ambu.. reviewnya bikin penasaran nih, jadi pengen nonton juga

    ReplyDelete
  6. Oh bagus ya Mbak? Aq sempet nonton 1 episode tapi gak tak lanjutkan. Nanti tak lanjutkan aahh

    ReplyDelete
  7. Hahahaha ambuuu, aku kok pengen ngakak yaa pas bagian quote lobak itu lohhhhh, jadi penasaran deh aku pengen nonton ah ini, masukin daftar watch list drakor aku hihi

    ReplyDelete
  8. Aku ngakak baca kutipan pesan ibunya itu sekaligus ngilu juga 😂

    ReplyDelete
  9. Drama ini udah dari Juli ada di draft ku belum kelar2 aku tulis haha. Pas banget baca tulisan ini jadi teringat lagi. Moga segera luang waktu buat tulis.

    Iya bu, aku setuju drama ini bagus. Sebagai penggemar berat Song Seung Heon, drama ini wajib aku tonton. Dialah yang bikin aku jatuh cinta pada drakor, sejak drakor pertama yang aku tonton BLACK diperankan oleh dia. Sosok matang dan ganteng pisan, akting ga kaleng2. Yak, aku menyukai semua dramanya, termasuk Dinner Mate ini.

    Di drama ini aku melihat parodi Crash Landing on You, terhibur dan merasa komedi banget dengan adegan itu.

    trus, di drama ini ada pemeran asal Indonesia ya, Yeni Lim apa ya namanya, yang jadi pasien sang psikiater.

    Kusuka opening eps 1 itu, 2 pemeran Cloy main bareng, walau ternyata si cowok akhirnya tamat riwayat di eps 1 haha

    ReplyDelete
  10. Jujur aja, saya pribadi masih belum ngeh urusan rating gini. Wkwkwkw. Sampai sekarang, saya baru kelar nonton empat judul drama korea dan gak tahu masing-masing ratingnya itu berapa. hihihi..beneran cuma nonton~

    ReplyDelete
  11. Aku malah baru tau ada drama ini mba. yg diangkat dr webtoon skrg banyak banget sih ya, tp gak semuanya aku tonton. Belum ada waktu, hehehe

    ReplyDelete
  12. aduh ambu, langsung keinget dirumah gak punya meja makan, wkwk.. jadi makan dimana aja sama suami, kadang juga lesehan di bawah. Suka banget dagh sama Song Seung Heon, kudu nonton Dinner Mate juga dong ya

    ReplyDelete