Castaway Diva, Tentang Calon Diva dan Kasus KDRT

    
maria-g-soemitro.com

Castaway Diva, Tentang Calon Diva dan Kasus KDRT 

Bagaimana rasanya terdampar di pulau terpencil? Tak ada orang di sana. Hanya bisa berharap ada kapal atau pesawat terbang yang menemukan keberadaanya. Demikian ide film “Cast Away” yang rilis tahun 2000, diproduseri Tom Hanks dan diperankan oleh actor gaek yang kerap dapat penghargaan Oscar ini.

Idenya brilian ya? Modernisasi membuat kita berjarak dengan alam. Nah film “Cast Away” mengingatkan kita bahwa bisa kok membuat api, menangkap ikan, dan aktivitas lainnya, tanpa bantuan penemuan yang mengantarkan kita ke paradaban modern.

Kisah film “Cast Away” buatan Amerika ini rupanya mengilhami sineas Korea Selatan untuk membuat karya. Dan seperti umumnya drama Korea, banyak silang sengkarut kasus di dalamnya. Sehingga walau orang yang terdampar mulur jadi 15 tahun (Tom Hanks sebagai Chuck hanya 4 tahun), drama ini hanya menampilkan adegan Seo Mok-Ha (diperankan Park Eun-Bin) di pulau dalam 1-2 episode, selebihnya hanya kilas balik.

Plot twist ditujukan untuk memperkuat pesan kehidupan Seo Mok-Ha setelah kembali ke kehidupan normal, seperti:

Ki Ho, sewaktu masih di pulau, tahukah apa ketakutan terbesarku?

Taifun

Terutama taifun yang lama berdiam di lautan

Kalimat ini menjelaskan bahwa masalah yang terendap dan tidak segera diselesaikan, berpotensi menjadi bencana besar.

Baca juga:

Heartbeat, Kala Vampire Ingin Merasa Cinta

Oasis, Tentang Air Susu dibalas Air Tuba

 

maria-g-soemitro.com

Park Eun-Bin sebagai Seo Mok-Ha

Kau kurang dewasa, kurang sopan dan kurang berpikir

Kau juga kurang khawatir

Kurang murung, kurang cemas, dan alasan menangis

Kalimat yang diucapkan Jung Ki Ho kala merekam nyanyian Seo Mok-Ha, membuat remaja putri tersebut berpikir keras untuk menjiwai setiap lagunya

Dan Seo Mok-Ha berhasil. Rekaman nyanyiannya lolos proses penyaringan pertama yang dilakukan Yoon Ran-Joo, seorang diva ternama, pujaan Seo Mok-Ha. Seo Mok-Ha pun mendapat kesempatan debut.

Sayang kepergiannya ke Seoul tak mudah. Ayah Seo Mok-Ha seorang pelaku KDRT yang geram sewaktu mengetahui anak perempuannya melarikan diri. Sehingga tidak saja gagal mencapai Seoul, Seo Mok-Ha terdampar di pulau tak berpenghuni selama 15 tahun.

  

maria-g-soemitro.com

Kim Hyo-Jin sebagai Yoon Ran-Joo

Kau melampiaskan kemarahan pada orang yang salah

Kau merasa bersalah dan ingin minta maaf

Namun itu pun sulit

Lalu waktu berlalu, dan kau menyesalinya

Berulangkali dikecewakan, baik oleh produser dan talent yang dipercayainya, Yoon Ran-Joo menjadi mudah marah dan sulit mempercayai orang. Termasuk ketika tiba-tiba Seo Mok-Ha pergi dengan alasan tak ingin meneruskan niat menjadi penyanyi.

Yoon Ran-Joo penyanyi senior. Popularitasnya meredup saat kesehatan tenggorokannya terganggu. Walau dokter sudah menyatakan sembuh, dia tetap tak percaya diri.

  

maria-g-soemitro.com

Chae Jong-Hyeop sebagai Kang Bo-Geol/Jung Ki Ho

Jika ingin sesuatu segenap hati, keinginanmu akan terwujud

Dengan cara yang tak terduga

Kalimat penyemangat yang diucapkan Jung Ki Ho pada Seo Mok-Ha ternyata berasal dari ibunya. Sang ibu menyemangati anak-anaknya agar terus berjuang walau mengalami KDRT yang dilakukan ayah mereka.

Berayahkan seorang anggota kepolisian yang gemar menyiksa istri dan anaknya, Jung Ki Ho hanya bisa bertahan, menunggu isyarat ibunya yang telah lebih dulu melarikan diri, untuk bergabung.

Tak dinyana seorang anak perempuan menarik perhatiannya. Teman sekelas bernama Seo Mok-Ha tersebut sedang berjuang untuk menjadi penyanyi. Padahal dia juga mengalami KDRT seperti Jung Ki Ho.

  

maria-g-soemitro.com

Cha Hak-Yeon sebagai Kang Woo-Hak/Jung Chae Ho

Demi melindungi adiknya dari siksaan ayahnya, Jung Chae Ho pernah terluka hebat. Hingga harus dirawat di rumah sakit dalam waktu lama dan ketika pulih Jung Chae Ho mengalami amnesia. 

Jung Bong-Wan ayah Jung Chae Ho dan adiknya Jung Ki Ho, memang hobi melakukan KDRT. Profesinya sebagai anggota kepolisian membuatnya seolah memiliki “imunitas” terhadap kejahatan terhadap keluarganya.

Dengan sakitnya Jung Chae Ho dan pindah tugasnya Jung Bong-Wan ke Pulau Chunsam, ibu mereka mendapat jalan keluar untuk melarikan diri. Di lokasi baru, seorang pria yang baik hati memberi mereka nama baru, dan Jung Chae Ho pun berganti nama menjadi Kang Woo-Hak.

  

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama Korea Castaway Diva

Satu orang berbohong, karena ingin melindungi anak-anaknya

Dan satu lagi berbohong untuk menghukum mereka

Menurutmu, yang mana ayah asli mereka?

Demikian tanya Jaksa Lee Ji-Gwang sambil mengawasi mimik wajah dua pria di depannya. Keduanya mengaku sebagai kepala keluarga.

Pria pertama adalah Kang Sang-Doo, dia mengaku telah memalsukan identitas agar bisa menjadi kepala keluarga yang melindungi  Song Ha-Jung dan anak-anaknya dari KDRT yang dilakukan Jung Bong-Wan. Sehingga Jung Chae Ho mendapat identitas baru: Kang Woo-Hak, sedangkan Jung Ki Ho menjadi Kang Bo-Geol 

Sedangkan pria kedua, Jung Bong-Wan sebetulnya adalah suami sah Song Ha-Jung dan ayah dari Jung Chae Ho serta Jung Ki Ho. Namun dia menuntut, tidak saja Song Ha-Jung dan anak-anaknya kembali padanya. Dia juga minta mereka dihukum karena telah mencuri identitas. Jung Bong-Wan menambahkan laporan anak sulungnya telah melakukan penganiayaan dengan mencekiknya.

Hasilnya tentu bisa diduga. Jaksa memutus perkara berdasarkan kemanusiaan. 

Lima belas tahun silam, akibat KDRT, kaki Song Ha-Jung menjadi pincang dan anak sulung mereka amnesia akibat kepalanya dihantam kursi oleh Jung Bong-Wan.

Sewaktu anak sulungnya rawat inap inilah Song Ha-Jung membulatkan tekad untuk lari dari suaminya. Dia beruntung bertemu dengan seorang ASN yang nekad menggunakan identitas sebuah keluarga yang tiba-tiba menghilang.

Agar suaminya tak curiga, Song Ha-Jung menyuruh anak keduanya, Jung Ki Ho untuk sementara menemani ayahnya yang berprofesi sebagai anggota kepolisian pindah tugas ke Pulau Chunsam.

Di Pulau Chunsam, Jung Ki Ho tertarik pada Seo Mok-Ha, teman sekelasnya yang berambisi menjadi penyanyi. Anak perempuan tersebut sangat memuja penyanyi Yoon Ran-Joo. Dengan bantuan Jung Ki Ho, dia mengirim sampel lagunya dengan harapan bisa lolos proses penyaringan.

Tak disangka Seo Mok-Ha lolos. Sayang kepergian ke Seoul mudah. Ayah Seo Mok-Ha pelaku KDRT yang sama bengisnya dengan ayah Jung Ki Ho. Dia mengendus kepergian anak perempuannya.

Susah payah Jung Ki Ho berusaha menghalangi ayah Seo Mok-Ha, bahkan membiarkan tubuhnya menjadi objek pemukulan, ayah Seo Mok-Ha berhasil naik kapal yang bertolak menuju Seoul.

Seo Mok-Ha yang ketakutan nekad menjatuhkan diri dari kapal yang sedang melaju. Ayahnya yang hendak meraih anaknyan malah ikut jatuh ke laut. Nasib baik berpihak pada Seo Mok-Ha, dia terdampar di pulau tak berpenghuni, sementara ayahnya tewas.

Selama lima belas tahun Seo Mok-Ha harus hidup sendirian di pulau tersebut, hingga secara tak terduga, sekelompok pemuda yang sedang melakukan bersih-bersih pantai menemukannya.

Siapakah mereka?

  

maria-g-soemitro.com

Review Drama Korea Castaway Diva

Tiga kasus yang saling berkelindan, writernim Park Hye-Ryun berhasil menyusunnya dalam drama Korea “Castaway Diva” secara apik dan runut, termasuk plot twist-nya yang membuat drama ini mengasyikkan.

Yang pertama, kisah perjuangan Seo Mok-Ha dalam mengejar impian menjadi diva. Untuk itu dia terpaksa harus terdampar di pantai terpencil selama 15 tahun.

Yang kedua adalah kisah keluarga Jung Ki Ho yang menderita akibat KDRT yang dilakukan ayah mereka. Serta kisah penyanyi senior Yoon Ran-Joo di ujung senjanya.

Dari ke-3 kisah, terlihat kasus terdamparnya Seo Mok-Ha terasa dipaksain. Mungkin sebagai pembeda di tengah bersaingnya produksi drama serial di Korea Selatan.

Terdampar 15 tahun lho, lihat penampakan Seo Mok-Ha yang biasa saja, lebih mirip orang bangun tidur. Sementara disampingnya, Chuck dalam film “Cast Away” hanya terdampar selama 4 tahun saja.

  

maria-g-soemitro.com

Gak usah harus setengah bugil seperti Chuck deh, seenggaknya bisa nampak kotor dan compang camping. Andai pun ada paket berisi pakaian yang nyasar ke pulau terpencil tersebut, tetep gak mampu memenuhi kebutuhan selama 15 tahun.

Kritik berikutnya, kurangnya chemistry Park Eun-Bin yang berperan sebagai Seo Mok-Ha dengan Chae Jong-Hyeop sebagai Kang Bo-Geol aka Jung Ki Ho. Ketika keduanya melakukan adegan kisseu, kok gak ada gregetnya. Hanya sekadar daging ketemu daging.

Yang lainnya, just my opinion, sepanjang nonton drama Korea “Castaway Diva”, kok saya ngerasa lihat Woo Young-Woo ya? Itu lho, pengacara dengan autism spectrum disorder dalam drama Korea “Extraordinary Attorney Woo” 

Mungkin karena akting Park Eun-Bin sebagai Woo Young-Woo sangat kuat. Tapi sekali lagi ini cuma opini pribadi.

Selebihnya oke sih. Menonton racikan 3 kisah dalam drama yang hanya berdurasi 12 episode ini, cukup membuat penonton focus, takut ketinggalan ceritanya. Terlebih kisah KDRT yang dialami Song Ha-Jung dan anak-anaknya yang mengharu biru dan berakhir happy ending. 

Ucapan Jaksa Lee Ji-Gwang saya kutip dalam synopsis karena membawa pesan kuat:

Jangan menyerah, masih banyak orang baik di dunia ini!

Baca juga:

Extraordinary Attorney Woo, Keajaiban Seorang Penyandang Autism

My Perfect Stranger, Mencari Jejak Pembunuh di Masa Silam

Profile

    Drama: Castaway Diva (English title) / Diva of the Deserted Island (literal title)

    Revised romanization: Mooindoui Diva

    Hangul: 무인도의 디바

    Director: Oh Choong-Hwan

    Writer: Park Hye-Ryun

    Network: tvN

    Episodes: 12

    Release Date: October 28 - December 3, 2023

    Runtime: Sat. & Sun. 21:20

    Language: Korean

    Country: South Korea


7 comments

  1. Cast Away itu salah satu favoritku. Bahkan baru-baru ini ketika nonton Aquaman, Cast Away juga dibahas di sana, dijadikan bahan jokes :) Dan ya, jualan utama film Cast Away adalah akting dari Tom Hanks. Bahkan demi mendapatkan perubahan bentuk tubuh, syuting film Cast Away dijeda setahunan seingatku.

    Dengan ide yang sama, aku jadi penasaran sama Cast Away versi Korea ini. Apalagi yang main Park Eun-Bin yang aktingnya jempolan. Kalau Ambu bilang masih kebawa karakter Young Woo di serial ini, mungkin karena karekter itu kuat banget ya. Kayak Nicholas Saputra, orang akan liat dia sebagai Rangga :)

    Semoga nanti aku bisa nonton drama ini.

    ReplyDelete
  2. Hiihihi saya langsung ketawa. Orang yang terdampar 15 tahun kok masih seger buger dibanding yang terdampar 4 tahun. Terus diketemukan orang2 yang lagi bersihkan pantai. Laahh kok bisa? Mosok selama 15tahun gak ada yang connect dengan seorang perempuan yang terdampar di sana?

    ReplyDelete
  3. terdampar di pulau terpencil selama 15 tahun. agak menyeramkan kedengarannya. tapi bersama ayah yang suka KDRT juga nggak lebih baik sih. menarik deh. banyak pesan yang disampaikan film ini.

    ReplyDelete
  4. Aah, Ambu ga ngerasain chemistry-nya antara kedua lead yaa..
    Aku malah ngerasa chemistry-nya PAS, gak giung.
    Jadi Mok-ha tetep mengejar impiannya, sedangkan Bo-Geol mendukung sebisanya, gak kudu harus disamping Mok-ha.

    Aku suka banget chemistry yang "biasa" ini.
    Dan mmm, tau ga Ambu. Buat adegan kisseu-nya ini, aku tunggu-tunggu banget. Dan aku ulang teruusss nontonnya di eps 11.

    Suka banget sama senyuman keduanya yang akhirnya bisa terbebas dari belenggu masa lalu yang bisa jadi, kalau mereka gak gigih, gakkan bisa meraih masa depan.

    ReplyDelete
  5. Kadang suka kepikiran bagaimana di kita ini caranya bisa menggantikan identitas ya?
    Ya seperti dalam kisah film atau drama kan banyak diceritakan tuh
    Kalau di negara kita bisa, (apa emang bisa tapi terbatas untuk orang yang tertentu saja?) Mungkin bisa menghindari aksi kejahatan dan seperti aksi kdrt yang sangat memilukan...
    Tapi kalau di Indonesia itu dibolehkan, banyak yg akan menggunakan untuk kepentingan pribadi kayanya. Hehe...

    ReplyDelete
  6. Drama Korea ini lumayan banyak konfliknya ya mba.. tentang keluarga bahkan KDRT.
    Dimasukkan list tontonan dulu, buat Minggu depan hihihiii..
    Oya di Netflix tayang juga mba?

    ReplyDelete
  7. Idenya bagus ya, Ambu.

    Tapi memang sih, kebayang kalau 15 tahun terdampar di pulau nggak berpenghuni. Apa kulit mukanya nggak rusak? Pakaiannya nggak compang-camping bahkan cenderung nggak punya pakaian yang beneran pakaian? Trus bingung nggak sih untuk memulai komunikasi lagi sama manusia lainnya setelah hilang dari peradaban?

    Pendapat Ambu persis nih sama pendapatan beberapa temanku juga yang nonton drama korea Castyaway Diva. Tapi mereka memuji sih soal isu KDRT yang diangkat. Ngena soalnya.

    ReplyDelete