Tetap Cantik, Glowing dan Bugar Selama Berpuasa, Ini Tipsnya!

 
maria-g-soemitro.com
sumber:canva.com

Tetap Cantik, Glowing dan Bugar Selama Berpuasa, Ini Tipsnya!

“Berpuasa mengajarkan kita rendah hati selalu,” demikian lirik lagu Bimbo yang berjudul “Ada Anak Bertanya pada Bapaknya”. Lho, apa hubungannya dengan judul tulisan: Cantik dan Bugar Selama Puasa Ramadan?

Hehehe …. Di bulan Ramadan ini saya sedang work-out tipis-tipis sambil dengerin lagunya Bimbo, grup bersaudara pemilik suara emas yang hingga kini masih eksis. Bayangkan Sam Bimbo berusia 81 tahun, Acil (80 tahun) dan Jaka (76 tahun).

Beberapa kali bertemu dalam berbagai event, termasuk event lingkungan hidup (Acil) suara mereka tetap prima, menggelegar mengalahkan banyak penyanyi muda.

Apa rahasianya? Mereka menerapkan pola hidup sehat seperti gak pernah begadang, tidak merokok dan vegetarian. Untuk olah raga, Jaka memilih jalan pagi selama satu jam.

Baca juga:

Kuliner Pinggir Jalan, Antara Kelezatan dan Ancaman Penyakit Menular

Jangan Cemas, ini Cara Atasi Asam Lambung!

Daftar Isi

Tetap Bugar di Usia Senior, Apa Rahasia Bimbo

5 Tips Cantik, Glowing dan Bugar selama Berpuasa

  • Cukup Minum Air
  • Kurangi Makanan Berlemak
  • Kurangi Minuman Berkafein
  • Rawat Mata dan Kulit Wajah
  • Pola Makanan Sehat

Sebetulnya itu mah bukan rahasia ya? Bimbo bersaudara tidak begadang berarti cukup istirahat. Mereka juga tidak merokok karena faktanya merokok hanya menghirup gas beracun. Serta vegetarian yang berarti mengutamakan sayuran, buah dan protein hewani yang cocok dengan organ pencernaan manusia.

Ditambah olah raga pagi, minimal jalan pagi selama sejam, untuk menghidari sedentary lifestyle yang makin marak. Maklum, Indonesia kan masuk peringkat pertama sebagai negara dengan penduduk yang paling malas jalan kaki.

Kemajuan teknologi digital menambah kemalasan berjalan kaki. Bermunculan aplikasi layanan antar jemput transportasi, pelayanan food and beverage hingga pelayanan paket yang memanjakan. Semua bisa dikerjakan di rumah sehingga muncul kemalasan keluar rumah untuk menjalankan aktivitas.

Gak heran, selain muncul stress, wajah pun gak glowing lagi. Tubuh menurun kebugarannya. Terlebih di saat Ramadan yang bikin mager.

Tapi pastinya ada tips mudah agar tetap cantik glowing dan bugar di bulan Ramadan, bukan? Yuk kita kupas bareng!

5 Tips Cantik, Glowing dan Bugar selama Berpuasa

Cantik tuh sifatnya sangat subjektif, tergantung individu yang memandang. Beda halnya dengan glowing dan bugar. Glowing dihasilkan dari kulit yang sehat. Sedangkan bugar bisa diartikan sebagai kemampuan tubuh yang tidak mudah merasa lelah walaupun sudah melakukan berbagai aktivitas

Nah sesuai dengan konsep sehat dan bugar yang dilakukan Bimbo bersaudara,  selama berpuasa di bulan Ramadan bisa kita praktikkan 5 langkah berikut ini:

maria-g-soemitro.com
sumber: canva.com

Cukup Minum Air

Tubuh manusia terdiri dari 60 persen air, dan setiap sistemnya bergantung pada kecukupan air. Ketika asupan cairan berkurang, tubuh menyerap kelembapan di kulit untuk memenuhi cairan tubuh. Akibatnya, kulit menjadi lebih kering saat puasa. 

Perhatikan, cukup minum air tidak sama dengan banyak minum air. Kebutuhan asupan air minum per hari harus sesuai dengan berat badan. Berdasarkan website resmi Kementerian Kesehatan Indonesia, kebutuhan cairan dapat diketahui dengan menghitung berat badan dikali 30 ml

Namun untuk mempermudah, gak ada salahnya tetap mengacu pada standar global yaitu 2 liter per hari atau sekitar 8 gelas per hari. Selain air minum, kita bisa memilih makanan berbasis air, seperti sup dan buah-buahan.

maria-g-soemitro.com
sumber: canva.com

Kurangi Makanan Berlemak

Makanan seperti gorengan yang dalam prosesnya mengubah minyak menjadi lemak, sulit dicerna oleh tubuh. Gorengan juga hanya sedikit mengandung serat. Gak heran akibatnya jadi sembelit (konstipasi). Hal yang sangat mengganggu kala sedang berpuasa/

Selain itu, lemak trans meningkatkan “lemak jahat”, penyebab berbagai macam penyakit. Bahkan pada beberapa kasus, lemak jenuh pada gorengan mengakibatkan naiknya asam lambung dan memicu heartburn, yaitu sensasi perih dan panas pada perut bagian atas (dada).

Jangan lupa, gorengan menjadi penyebab kita mudah haus kala berpuasa.

maria-g-soemitro.com
sumber: canva.com

Kurangi Minuman Berkafein

Dengan pertimbangan supaya “tetap bugar saat berpuasa”,  dulu saya hanya mengonsumsi kopi di waktu sahur, gak makan makanan berat. Saya gak tahu bahwa minuman bersoda dan minuman berkafein membuat tubuh cepat mengalami dehidrasi.

Penjelasannya saya baca idi sini. Kopi mengandung bahan aktif bernama kafein yang menjadi stimulan alami penyebab tubuh memproduksi lebih banyak urin.

Secara terperinci dijelaskan bahwa kopi bersifat diuretic, sejenis zat yang meningkatkan aliran urin dengan mengeluarkan natrium dan klorida dari dalam tubuh. Kadar natrium dan klorida akan menarik kelebihan air di dalam tubuh, dan ikut dikeluarkan dalam bentuk urin.

Kafein membuat volume urin meningkat setelah kita minum kopi, dengan cara menghambat reabsorpsi natrium di dalam tubuh. Akibatnya buang air kecil jadi lebih banyak.

Kafein juga berpotensi mengiritasi kandung kemih yang membuatnya berkontraksi. Efek kontraksi di saluran kandung kemih mengirimkan sinyal ke otak bahwa kandung kemih sudah terlalu penuh. Akhirnya kontraksi tersebut memunculkan perasaan harus segera ke kamar kecil untuk buang air. 

Gak heran tatkala berpuasa, terlalu banyak minuman berkafein membuat tubuh cepat mengalami dehidrasi, sehingga tubuh tidak bugar, melainkan 4 L (lelah, letih, lemah dan loyo).

Hihihi pantesan, alih-alih segar saat berpuasa, kepala saya malah terasa berat banget di siang hari.

maria-g-soemitro.com
sumber:canva.com

Rawat Mata dan Kulit Wajah

Mata adalah jendela jiwa. Keindahan hati terlihat dari keindahan pancaran matanya. Karena itu dibutuhkan perhatian ekstra pada perawatan mata selama berpuasa di bulan Ramadan.

Berubahnya waktu tidur di bulan Ramadan kerap menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata. Jadi sesibuk apa pun, jangan lupa mengoleskan cream mata, secara berkala mengompres mata dengan kantong teh dan pastikan tidur cukup setiap harinya.

Untuk perawatan wajah, jangan lupa menggunakan pelembap setelah mandi dan setelah berwudu, karena kulit mudah kering selama berpuasa.

maria-g-soemitro.com
sumber: canva.com

Pola Makanan Sehat

Pola makanan sehat tidak hanya meliputi lima zat gizi dengan komposisi 50 persen buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat, lemak dan protein, juga menerapkan kebiasaan berikut:

  • Jangan lewatkan waktu sahur, karena tubuh membutuhkan nutrisi selama berpuasa.
  • Jangan langsung tidur setelah sahur. Bahkan hindari hanya sekadar berbaring di atas sofa. Ketika berbaring, otot yang menyambungkan kerongkongan dan lambung akan melemah, sehingga asam lambung naik ke kerongkongan.
  • Jangan makan berlebihan saat buka puasa. Makan berlebihan kala berbuka puasa berpotensi menyebabkan masalah pencernaan seperti diare, muntah-muntah, nyeri perut akut, dan radang perut. 
  • Tahan untuk mengonsumsi makanan /minuman tinggi gula. Karena berpotensi meningkatnya keinginan mengonsumsi lebih banyak gula. Akibatnya tubuh lebih mudah merasa lapar di sore hari sebelum waktunya berbuka. 

Menjadi cantik, glowing dan bugar sejatinya bukanlah rahasia besar. Semua orang tahu cara untuk meraihnya. Informasinya terserak dan dengan mudah diakses. Apakah kita mau menggunakan informasi tersebut untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari? Itu soal pilihan.

Namun yang pasti, manfaat cantik, glowing dan bugar kitalah yang menikmati, bukan orang lain. Sama halnya sewaktu kita menjalani ibadah puasa, kitalah yang mendapat berkahNya, bukan orang lain.


Baca juga:

Intermittent Fasting, Amankah untuk Anak-anak?

Food Combining Datang, GERD dan Asam Lambung ‘Ngacir’!


11 comments

  1. Sepakat dengan paragraf terkahir, bugar dan cantik itu untuk diri sendiri, jadi harus dilakukan sebisa mungkin sebagai bentuk berterima kasih pada diri. Saat berpuasa gak dijadikan alasan untuk terlihat kuyu. *Nyemangatin diri sendiri untuk merawat diri.

    ReplyDelete
  2. berpuasa tetap bisa menjadikan wajah glowing dan sehat, asalkan iya ya si asupannya ini yang memang sehat, bukan yang semua ada di meja santap semua, hehe.

    ReplyDelete
  3. tantangan besar , secara pribado, Meski badanku tergolong kurus, untuk menghndari gorengnan (terutama) cukup sulit. Dalam memasak juga begitu, kalaupun menumis, tetap saja ada sisi di goreng . Mengimbangi dengan minum air putih dan makan buah ini yang perlu dirutinkan. Agar kulit tetap sehat walau dimakan usia. kalau sayur, sudah pasti .

    ReplyDelete
  4. Selama puasa, menurut saya, yang paling menantang adalah jenis dan kualitas makanan yang dikonsumsi serta tetap minum air putih yang sesuai dengan aturan dan kebutuhan. Sering banget mata tergoda sama makanan yang berlemak dan sangat menggoda selera. Lapar mata hahahaha. Tapi habis baca ini mata jadi terbukakan. Justru di ramadan inilah kesempatan untuk memperbaiki kebiasaan ya. Khususnya kebiasaan yang tidak baik untuk tubuh dan metabolismenya.

    ReplyDelete
  5. Bener banget, Ambu. Banyak minum biar kulit ga kering dan dehidrasi. Tipsnya keren banget nih. Semoga kita bisa menjaga kesehatan dan kecantikan selama puasa ya. Makasih udah sharing, Ambu.

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah udah setengah bulan puasa kami belum beli gorengan. Kalaupun ada ya goreng sendiri hehe. Kalau air putih ini emang PR sih, soalnya kadang suka beser bund huhu. Tapi alhamdulillah selama ini bisa cukup. Sama satu lagi lebih sering pakai skincare biar kulit gk kering.

    ReplyDelete
  7. Ambu unik banget ya workout tipis-tipis sambil dengerin musik dari Bimbo. Oh ya bener banget aku Kalau bulan puasa suka kalap tuh sama konsumsi makanan yang mengandung gula dan lemak kayak gorengan dan sirup-sirupan. Udah gitu kadang males skin care-an pula. Berasa ditampar ambu lewat artikel ini. Mulai besok diperbaiki pola makan dan olahraga selama puasa

    ReplyDelete
  8. Aku akhir-akhir ini jadi memanfaatkan shaum Ramadan kali ini untuk detoksifikasi, Ambu.
    Ya meski belum totally, tapi menerapkan hidup sehat dengan memperbanyak minum air mineral ini kerasa banget. Makan buah yang banyak mengandung air alih alih minum kafein.

    ReplyDelete
  9. ooo jadi secara ilmiah memang ada hubungannya ya antara minum kopi dengan frekuensi buang air kecil, soalnya saya tuh kalau minum kopi, selalu jadi sering pipis.

    ReplyDelete
  10. jujur aku paling sulit mengurangi kopi, justru pas puasa gini aku malah wajib minum kopi karena kalau enggak jadi ngantuk berat laper berat lemes pula. jadi yang aku hindari kopi kemasan karena gulanya gak baik, aku ganti pakai kopi item dengan sedikit gula pasir, dan air putih nya di banyakin

    ReplyDelete
  11. Selama puasa ini jujur, asupan makanan masih berantakan banget. Harus segera diperbaiki nih supaya kulit tetap glowing dan juga sehat.

    ReplyDelete