Jangan Cemas, ini Cara Atasi Asam Lambung!

       
maria-g-soemitro.com

 Jangan Cemas, ini Cara Atasi Asam Lambung!


Up, rasa mual menyergap. Ingin muntah, tapi saya menahannya, karena mengeluarkan isi perut sungguh tak enak. Kepala jadi sakit, berputar mirip baling-baling. 

Untunglah tak lama kemudian saya bersendawa, rasa mual pun hilang. Ini termasuk serangan ringan, yang datang usai makan siang. Pernah, beberapa waktu lalu dada terasa sakit. Nyeri banget! Hingga saya pikir terkena serangan jantung dan bakal mati

Untunglah rasa nyeri itu kemudian hilang, dan saya masih hidup. 😀😀

Tapi tetap penasaran dong ya? Almarhum ibunda mengidap jantung dan meninggal setelah beberapa tahun perawatan. Ada kemungkinan saya menderita penyakit yang sama, bukan?
Hihihi, kebanyakan gugling, pikiran jadi jalan-jalan kejauhan nih.

Untunglah dokter menepis prasangka tersebut. “Ini sih asam lambung, bukan sakit jantung,’ katanya sambil tersenyum.

Penyakit asam lambung? Apa maksudnya? Apakah sama dengan penyakit maag?

Baca juga:
Yuk Dukung Penderita Epilepsi dengan Singkirkan Stigma

Anak Lahir Prematur? Pahami cara Mencegah dan Mengatasinya!

Daftar Isi:

  • Asam Lambung, Penyakit Pencernaan yang Kerap Terabaikan
  • Penyebab dan Gejala Asam Lambung
  • Jangan Cemas, ini Cara Atasi Asam Lambung
  • Mengapa Pilih Nutriflakes Sereal?


Dalam perjalanan pulang, saya mendapat jawaban dari  Kang Gugel sebagai berikut:

Penyakit asam lambung merupakan kondisi ketika asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan dan mengiritasi dinding dalamnya. (sumber)

Apabila refluks asam dan heartburn (asam lambung naik) lebih dari dua kali seminggu dapat mengindikasikan gastroesophageal reflux disease / GERD, umumnya penderita merasa nyeri pada ulu hati, serta berbagai gejala lainnya pada area dada bagian bawah dan perut.

Penyakit asam lambung berbeda dengan maag. Maag adalah kondisi tidak nyaman atau sakit akibat masalah pencernaan, sedangkan asam lambung adalah kondisi ketika cairan asam lambung naik ke kerongkongan hingga mulut.

  

maria-g-soemitro.com


Penyebab dan Gejala Penyakit Asam Lambung

Kok saya bisa terkena penyakit asam lambung? 

Menurut dokter Jeffri Aloys Gunawan SpPD, CHt, FINASIM, Spesialis Penyakit Dalam Siloam Hospital Kebon Jeruk di sini banyak penyebabnya seperti kebiasaan merokok, minum-minuman beralkohol/bersoda, kopi, dan kebiasaan makan yang tidak baik.

Yang dimaksud kebiasaan makan tidak baik adalah makan terburu-buru, makan sambil jalan, makan secara teratur, dann…….berbaring usai makan! 

Yup, pasca makan kita sering mengantuk, karena saat proses pencernaan berlangsung, tubuh akan melepaskan hormon tertentu seperti serotonin dan melatonin. Peningkatan kedua hormon tersebut bisa menimbulkan rasa kantuk setelah makan.

Namun keinginan tidur seusai makan harus dilawan. Sebab selama proses pencernaan berlangsung, tekanan di dalam lambung akan meningkat, sehingga makanan dan cairan lambung dapat naik kembali ke kerongkongan.

Sebetulnya kelainan asam lambung tidak terjadi apabila otot kerongkongan bagian bawah (otot LES) berfungsi baik. Otot ini bertugas berkontraksi dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. Pada penderita asam lambung, otot LES melemah sehingga kerongkongan akan tetap terbuka dan asam lambung naik kembali ke kerongkongan.

Selain mual, muntah dan bersendawa, ternyata beberapa gejala ini juga bisa dialami penderita asam lambung:

  • Sensasi mengganjal di kerongkongan, terutama saat menelan
  • Mudah kenyang
  • Bau mulut
  • Sering bersendawa dan suara menjadi serak
  • Sakit tenggorokan yang tidak kunjung hilang dan sakit saat menelan
  • Batuk kronis tanpa dahak, terutama di malam hari

Penyakit asam lambung bukan hanya milik orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalami. Gejalanya sering sering diduga sebagai serangan jantung atau penyakit jantung koroner, sebab sama-sama mengalami nyeri dada.

 

maria-g-soemitro.com

Jangan Cemas, ini Cara Atasi Asam Lambung

Apakah penyakit asam lambung bisa mengakibatkan kematian?

Dokter tersenyum, dan menjelaskan bahwa jika penyakit asam lambung tidak diatasi dengan cara yang tepat maka akan timbul komplikasi antara lain:

Kerongkongan Berdarah dan Nyeri saat Menelan

Dinding kerongkongan dapat mengalami luka apabila penyakit asam lambung terjadi dalam waktu lama. Penyebabnya asam lambung yang melewati kerongkongan mengikis dinding kerongkongan dan menimbulkan luka.

Kerongkongan Menyempit

Asam lambung yang naik, selain menyebabkan iritasi dan mengakibatkan luka juga berpotensi menyebabkan terbentuknya jaringan parut pada kerongkongan. Jaringan parut yang terbentuk bisa mengakibatkan kerongkongan/esofagus menyempit.

Kanker Esofagus

Penyakit asam lambung yang parah dapat memicu kanker esofagus. Umumnya diawali dengan esofagus barrett, yaitu perubahan pada dinding sel kerongkongan akibat iritasi asam lambung yang terjadi terus-menerus. 

Jadi, penting banget menangani penyakit asam lambung dengan cara yang tepat, yakni:

  • Makan makanan sehat dan bergizi dengan porsi lebih sedikit tetapi lebih sering
  • Perbanyak minum air putih
  • Hindari stress
  • Hindari makanan pedas, asam, berminyak, berlemak, bergas tinggi, kafein, soda
  • Jaga berat badan ideal
  • Olahraga teratur
  • Beri jeda 2 jam setelah makan bila ingin berbaring
  • Berbaring miring atau gunakan bantal yang lebih tinggi
  • Hindari baju yang ketat didaerah perut
  • Konsumsi Nutriflakes secara teratur, 2 kali sehari

    

maria-g-soemitro.com

Mengapa Pilih Nutriflakes Sereal ?
Untuk mengatasi penyakit asam lambung, dokter selalu menyarankan mengonsumsi makan makanan sehat dan bergizi dengan porsi lebih sedikit tetapi lebih sering.

Sayangnya, ketika searching akan muncul pangan impor seperti oatmeal. Sementara negara kita yang kaya raya ini, berlimpah pangan untuk penderita asam lambung, salah satunya adalah “umbi garut”.

Umbi garut? Pastinya asing terdengar ya? Padahal seperti dijelaskan Guru Besar IPB, Profesor Titi Candra Sunarti, walaupun umbi garut masih menjadi konsumsi warga lokal, namun kandungan patinya mempunyai daya cerna tinggi sehingga mudah dicerna. (sumber)

Selanjutnya Profesor Titi menyebutkan keunggulan umbi garut sebagai alternatif tepung bebas gluten yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, khususnya kemampuan menyerap racun pada penderita asam lambung berlebih:

"Di bidang kesehatan, umbi garut mempunyai solving power yang tinggi, mampu menyerap air. Selain itu dapat digunakan untuk pemulihan luka pada lambung, bisa juga untuk pemulihan diare.”

Ah, jangankan mengonsumsi, dengar tentang “umbi garut” pun baru sekarang.
Yups, memahami kebutuhan penderita asam lambung yang kian meningkat, di pihak lain banyak petani lokal yang menghasilkan produk umbi garut, hadirlah Nutriflakes sebagai superfood kaya nutrisi yang terbuat dari pati umbi garut, daun kelor, dan psylium husk. 

Pastinya familier dengan daun kelor ya? Nah, psyllium husk merupakan nutrisi yang berperan sebagai laksatif untuk meredakan konstipasi atau nyeri pada lambung. Serat ini dapat menyerap air dan menjaga kelembaban feses sehingga lebih mudah meredakan nyeri pada lambung yang menyiksa.

Agar nyaman dikonsumsi, Nutriflakes Sereal Asam Lambung mendapat  bahan tambahan seperti gula aren, susu kambing etawa, madu, krimer dan perisa sintetik vanilla. Mayoritas bahan baku berasal dari bumi Indonesia agar pulihnya kesehatan penderita asam lambung bisa berkelanjutan.

Karena nilai gizi Nutriflakes sangat lengkap, yaitu terpenuhinya kebutuhan energi, lemak, karbohidrat, serat pangan, dan kolesterol, Nutriflakes sangat tepat disajikan sebagai sarapan di pagi hari dan pengganti makan malam.

Asyiknya, Nutriflakes aman dikonsumsi mulai dari anak-anak usia 2 tahun ke atas. Serta sudah terdaftar di Industri Pangan Rumah Tangga (PIRT) dengan nomor registrasi 730721064647242021. Nutriflakes juga telah memiliki izin dari Dinas Kesehatan dengan nomor NJP003072021.

Bagaimana cara mengonsumsinya?

Ternyata sangat mudah! Ke dalam gelas/mug, tuang 3 sendok makan Nutriflakes, kemudian seduh dengan 150 ml air panas dan aduk hingga merata. 

Untuk pembeliannya pun gak ribet, nutriflakes shopee tersedia di marketplace kesayangan. Dikemas dalam dus 280 gram yang dapat bertahan selama satu tahun jikakemasannya belum dibuka. Namun, sebelum mengonsumsinya, sebaiknya perhatikan tanggal masa simpan yang tertera pada kemasan ya?

Baca juga:
Kuliner Pinggir Jalan, Antara Kelezatan dan Ancaman Penyakit Menular

Enyahkan Kusta dengan Pendekatan 3 Zero!

20 comments

  1. Aku mantan penderita asam lambung. Kalau sudah kumat, mesti ke UGD dan disuntuk 2 kali baru hilang nyerinya. Alhamdulillah udah sembuh dan udah gak pernah kumat lagi sejak beberapa tahun lalu.

    Setelah baca, ternyata produk ini mengandung susu kambing etawa yang mana kalau beli produk susunya ini aja udah lumayan mahal. Berarti nutriflakes sereal ini jempolan abis! kandungannya lengkap dan tersedia langsung di satu produk saja. Aku akan rekomendasiin ke beberapa kerabat yang udah lama menderita asam lambung, bu! Biar mereka cobain sendiri langsung khasiatnya.

    ReplyDelete
  2. Wah ada ya produk seperti ini, memberikan solusi untuk kesehatan semua orang. Apalagi bahan-bahannya dari Indonesia. Bangga dong kita punya Nutriflakes yang bisa dinikmati untuk sarapan ataupun makan malam.

    ReplyDelete
  3. Ah iya saya juga pernah mual, terus nggak enak banget rasanya. Sampai muntah-muntah. Ini ternyata setelah ke dokter katanya kena asam lambung. Baru tahu tentang nutriflakes nih saya. Boleh juga ya cobain konsumsi ini

    ReplyDelete
  4. Nutriflakes Sereal ini kayaknya cocok buat Daddynya anak-anak yang asam lambungnya lagi naik.. Mendadak dia masuk RS karena merasa sakit asam lambungnya, Ambu. Semoga bisa segera membaik.

    ReplyDelete
  5. Aku juga beberapa kali ada masalah asam lambung.
    Sepertinya mau coba nutriflakes ini.

    Semoga bs meredakan keluhan

    ReplyDelete
  6. Wah, ada cemilan Nutriflakes buat ngurangi asam lambung. Aku dulu pernah kena asam lambung, ambu. Abis itu 3 bulanan bener2 jaga pola makan. Nggak makan asam dan pedas. Nggak minum kopi dan teh. Bener2 cuma makan yang rasanya plain aja, sayur juga nggak pake sambel. Akhirnya mendingan. Alhamdulillah.

    ReplyDelete
  7. Nah..saya banget ini. Kapan hari pas ke Tangsel, baru juga hari pertama, eh nih asam lambung langsung cari masalah. Huhuhu. Tepar deh, gak bisa ngapa-ngapain. Soon mesti mulai membiasakan diri konsumsi Nutriflakes nih

    ReplyDelete
  8. Beruntung sekali, kini hadapi masalah asam lambung sudah mudah karena mengenal produk Nutriflakes Sereal Asam Lambung.
    Paling gak nyaman kalau ada kaitannya dengan perut tuh ya.. Sebah dan jadi gak produktif.

    ReplyDelete
  9. dulu aku mengira kalau asam lambung ya maag biasa, ternyata salah. Dan sepertinya asam lambung sudah tahap yang paling "parahnya", bisa dibilang begitu ya.
    aku kalau misalnya mengalami gejala asam lambung, penanganannya masih yang biasa aja, palingan aku kasih obat maag.
    sepertinya perlu sedia Nutriflakes nih, kayaknya memang lebih praktis juga

    ReplyDelete
  10. Papa mama mertuaku udah kayak jadi teman ini asam lambungnya. Suami malah sudah divonis GERD sama dokter. Entah kenapa, ini sekeluarga suami itu penyakitnya sama semua, pasti ada asam lambungnya. Jadinya mereka mau gak mau harus teratur banget jam makannya. Baru tahu saya nitriflakes ini cocok untuk penderita asam lambung ambu. Bisa direkomendasikan ya. Untuk semua umur kan? Maksudnya lansia pun boleh konsumsi.

    ReplyDelete
  11. Aku kira sereal biasa atau sereal untuk yang mau diet aja tapi ternyata baca review ambu baru mudeng kalo nutrifor cereal itu bisa buat asam lambung yaa..

    Aman juga dikonsumsi anak diatas dua tahun. Emang asam lambung itu kadang dianggap enteng tapi beresiko fatal sebenernya. Penyebabnya salah satunya abis makan rebahan kan..itu mah aku huhuhu gakan lagi deh abis ini

    ReplyDelete
  12. Pangan kita yang berlimpah dengan umbi-umbian nya kurang diekspos lebih dalam ya?
    Nah umbi bisa jadi salah satu upaya atasi gangguan lambung, yang terbilang alami dan mudah didapatkan

    ReplyDelete
  13. Semua berawal dari pikiran kita yang over ya mbak sehingga gerd datang deh, tapi gimana lagi itu manusiawi. Sekarang mah hadapi masalah dengan santai lanjut nonton Drakor sambil konsumsi nutriflakes🤩 semua akan baik-baik saja.

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah selama ini tidak pernah ada gejala asam lambung. Saya termasuk tim gak suka makanan pedas, terus makan juga teratur. Pernah sih sesekali mual, rasanya memang menyiksa banget...
    Tapi istri termasuk yang sering mengalami GERD. Baiklah, aku share ke istri ya tips nya...
    Semoga berhasil

    ReplyDelete
  15. Berarti nutriflakes ini bisa jadi selingan makanan sebelum masuk jam makan selanjutnya juga ya, Ambu. Pas banget sama saya kayaknya, soalnya kadang ngerasain dada dan tenggorokan panas juga.

    Btw Ambu ada yang kurang di bagian ini:

    "Yang dimaksud kebiasaan makan tidak baik adalah makan terburu-buru, makan sambil jalan, makan secara teratur, dann…….berbaring usai makan!"

    Mungkin harusnya makan secara tidak teratur?

    ReplyDelete
  16. Lengkap sekali nilai gizinya ini ya, apalagi bisa untuk usia 2 tahun ke atas.Juga, Nutriflakes Sereal Asam Lambung aman dikonsumsi dan enak pasti karena ada bahan tambahan seperti gula aren, susu kambing etawa, madu, krimer dan perisa sintetik vanilla. Mau coba ah saya, biar sehat terjaga lambungnya

    ReplyDelete
  17. Artikel ini relate banget sama saya nih...
    Saya punya asam lambung tapi kambuh nya kalau pas stress, masalahnya saya sering banget stress karena orangnya suka overtinking, hehehe

    Sepetinya tips diatas akan saya coba dan saya lakukan tiap hari amu, makasih refensinya

    ReplyDelete
  18. Gawat juga ya..bila terkena asam lambung, pun efek jangka panjangnya.
    Rasanya tips dari Ambu untuk Atasi Asam Lambung menggunakan Nutriflakes secara teratur, 2 kali sehari bisa bantu memberikan asupan nutrisi yang baik untuk tubuh.
    Sakit apapun, semoga dengan healthy lifestyle bisa membantu dalam proses penyembuhan.

    ReplyDelete
  19. Sekarang kalau kena asam lambung gak perlu pusing lagi ya. Ada nutrifakes yang bisa bantu atasi. Informasinya ngena banget kak

    ReplyDelete
  20. memang gak enak yaa jadi penderita asam lambung ini. suamiku sedang merasakannya dan pernah tiba-tiba meringis kesakitan dan dadanya terasa terbakar, saat itu saya yang melihatnya langsung panik dan ketakutan, huhuhu

    ReplyDelete