Tips Jitu Campaign Digital, Dari IDN Creative untuk Dukung Perekonomian Indonesia

      
maria-g-soemitro.com

 Tips Jitu Campaign Digital, Dari IDN Creative untuk Dukung Perekonomian Indonesia


“Ini manisan tomat bu. Rasanya manis segar,” kata penjual manisan yang saya temui di Rest Area KM 88 Jl. Tol Cipularang, Sukajaya, Kec. Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Selain manisan tomat, terdapat juga manisan nangka, manisan belimbing, manisan pala, serta manisan buah-buahan khas Indonesia lainnya.

Sungguh menarik! Selama ini saya “terpaksa” menggunakan manisan import seperti kurma, cranberry dan kismis untuk membuat cookies serta cake. Terlebih menjelang Natal seperti sekarang, terbayang lezatnya Christstollen, kudapan yang terbuat dari tepung gandum, susu, mentega dan buah-buahan kering (manisan) yang buanyaaakkkkk. 😋😋

Jadi daripada manisan impor, mengapa tidak menggunakan manisan lokal? Sehingga bisa mendukung perekonomian Indonesia dari hulu hingga hilir. Mulai dari hasil panen petani yang diserap optimal oleh pasar, produsen pembuat manisan, produsen pembuat beragam camilan, serta tak tertutup kemungkinan untuk diekspor juga.

Baca juga:
5 Manfaat Digital Marketing Bagi UMKM, Agar Siap Menyongsong Industri 5.0

Kail Harapan untuk Pak Budi Sudarno, Penjual Bakso Keliling

Daftar Isi
Sinergi Brand dan IDN Creative Dukung Perekonomian Indonesia
4 Tips Jitu Campaign Digital dari IDN Creative

•    Fleksibilitas dalam Bekerja
•    Jangan Lewatkan Momentum
•    Campaign Unik untuk Menarik Minat Masyarakat
•    Posisikan diri sebagai konsumen dalam mengeksekusi campaign

Bagaimana cara memasarkannya?

Kerja sama dengan ahlinya dong, yaitu IDN Creative. IDN Creative merupakan salah satu unit bisnis IDN Media berbentuk agensi digital.

Sebagaimana kita ketahui, IDN Media adalah sebuah perusahaan platform media yang dibangun 2 anak bangsa, Winston Utomo dan William Utomo. Didirikan 8 Juni 2014 di Surabaya, Jawa Timur, dan berpusat di Jakarta, IDN Media memiliki 7 media digital berbasis situs web, yaitu:  Popbela.com, Popmama.com, FORTUNE Indonesia, Yummy dan media lainnya.

IDN Media juga memiliki 4 lini bisnis komersial yang mendukung bisnis perusahaan di bidang digital, diantaranya IDN Creative yang fokus membantu brand menjalankan iklan digital.

Sebagai produk anak bangsa, pastinya IDN Creative sangat memahami kondisi sosial budaya, ekonomi serta lingkungan yang tengah berkembang di Indonesia. Sehingga sinergi antara pihak brand dan IDN Creative akan menciptakan kerjasama yang memuaskan.

Terlebih kini, mayoritas masyarakat sudah kembali ke kebiasaan pra pandemi Covid-19. Sesuai fitrahnya sebagai mahluk sosial yang cenderung beraktivitas di luar ruang dan berinteraksi langsung, sehingga otomatis mengurangi konsumsi konten online-nya.

Untuk menyikapi perubahan konsumsi konten online ini,  sejumlah strategi disiapkan IDN Creative untuk mengeksekusi iklan digital yang sukses.Seperti apa? Bukankah terjadi perubahan pada masyarakat, baik sesudah maupun sebelum pandemi?

Tenang, sebagai perusahaan yang bertujuan memenuhi kebutuhan milenial dan gen z di Indonesia, IDN Creative paham banget, sehingga bisa memberikan insight mendalam mengenai perubahan pola konsumsi konten masyarakat. IDN Creative juga menyiapkan  taktik jitu untuk sukses meng-deliver campaign digital yang berhasil memuaskan baik dari sisi brand dan konsumen.

Berikut uraiannya:

maria-g-soemitro.com

4 Tips Jitu Campaign Digital dari IDN Creative

Fleksibilitas dalam Bekerja

“One-stop solution” untuk memenuhi kebutuhan brand dan advertiser, ditawarkan
IDN Creative sebagai salah satu unit bisnis IDN Media berbentuk agensi digital
multi-platform.

Bentuknya berfokus pada brand storytelling dan data-driven strategy. IDN Creative merancang dan mengeksekusi campaign, agar bisa memberikan hasil campaign yang optimal. 

Dipimpin Maria Novena Rarahita,  IDN Creative memastikan tiap campaign yang dijalankan dapat mencapai objective klien. IDN Creative juga menyasar konsumen yang tepat sasaran dan terpenuhi kebutuhannya.

Naomi Silitonga, Campaign Manager IDN Creative mengungkapkan bahwa di tengah perubahan pola aktivitas masyarakat yang kini mulai kembali beraktivitas secara offline, dibutuhkan jalinan komunikasi dan kerja sama yang baik dengan berbagai pihak.

Komitmen terhadap timeline project yang sudah disepakati juga harus dijaga. Sehingga dibutuhkan beberapa soft skill agar kampanye berjalan dengan lancar. 

Fleksibilitas dalam bekerja dengan tetap memperhatikan SOP serta berpikir positif, merupakan kunci keberhasilan dalam menyikapi situasi yang tak menentu seperti sekarang ini.

“Content is King”, kata Bill Gates. Kerena itu Naomi menitik beratkan pentingnya relevansi konten.

 “Agar dapat berhasil menjalankan campaign, kita mesti memastikan konten-konten yang dihasilkan up to date dengan kondisi saat ini agar konten tersebut relevan dan dapat diterima target audiens dari brand tersebut. Tentu dalam mengoptimalkan pemasaran secara digital harus melihat kesesuaian dari segi kreatif, tone, dan gaya bahasa yang digunakan di platform IDN Media manapun.” kata Naomi.

Jangan Lewatkan Momentum

Konten akan berkurang keampuhannya apabila kehilangan momentumnya. Hal tersebut sangat dipahami oleh Copy Editor IDN Creative Cynthia Dewi Kirana, sebagai pihak yang bertanggungjawab memenuhi kebutuhan konten tulisan untuk para klien.

Event coverage article yang harus disiapkan semasa pandemi sangat berbeda dengan pasca pandemi. Apabila saat pandemi Cynthia disibukkan penyajian konten berupa artikel yang dibuat usai event online. 

Pasca pandemi, Cynthia dan tim Copywriting harus sering menghadiri event offline, seperti product launching, talkshow, concert, dan lain-lain. Tantangan yang membutuhkan kordinasi cepat. 

 “Kami mesti berpacu dengan waktu. Karena jika artikel ini terlalu lama dalam proses feedback dan approval, otomatis berita tentang event offline tersebut sudah terlewat momentumnya. Sehingga, setiap koordinasi harus dilakukan dengan cepat dan tepat.” kata Cynthia.

Campaign Unik untuk Menarik Minat Masyarakat

Akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah kota besar terjadi penurunan kondisi ekonomi yang berimbas menurunnya daya beli masyarakat.

Dampaknya, masyarakat menjadi lebih selektif dalam berbelanja. Seperti kisah di atas, konsumen seperti saya akan memilih produk lokal. Namun pastinya gak sembarang cinta produk Indonesia, harus terjamin kualitas dan memenuhi ketentuan pemerintah.

Di pihak lain, marketers harus berani untuk menyesuaikan eksekusi campaign-nya agar dapat meyakinkan dan menarik hati masyarakat. Untuk menghadapi situasi ini, Copy Editor IDN Creative Anastasia Desire punya kiat jitu.

Tidak sekadar informasi, setelah terbelenggu di sekitar rumah selama kurang lebih 2 tahun, masyarakat pasti membutuhkan refreshment. Konten yang mengandung entertainment dan jokes akan menarik minat mereka.

“Semakin unik campaign yang dibuat, maka semakin banyak masyarakat yang penasaran, membeli dan bahkan share konten tersebut di akun pribadi mereka.” jelas Anastasia.

Posisikan diri sebagai konsumen dalam mengeksekusi campaign

Pernah melihat/membaca konten yang “asyik sendiri”? 

Ngeselin banget ya? Bandingkan dengan beberapa iklan buatan Thailand yang nampak “niat banget” ketika merancang dan mengeksekusinya. Bukan tanpa alasaan membandingkan Indonesia dengan Thailand, lho. Sumber daya manusia (SDA) Indonesia kan gak kalah dengan Negeri Gajah Putih tersebut?

Termasuk SDA di IDN Creative yang siap mendorong pulihnya perekonomian Indonesia dengan iklan digital yang menarik.

Sejumlah tips dibagikan oleh Campaign Manager IDN Creative Lamtiar Sihombing, diantaranya marketers harus mencoba memposisikan diri sebagai konsumen dan
mengenali perubahan behavior target konsumen terhadap pergantian situasi agar dapat
membantu mereka untuk menentukan platform dan konten yang efektif.

 “We have to set the bar higher and higher karena persaingan konten pasca pandemi semakin ketat sehingga kita harus terus berinovasi agar tetap menarik perhatian audience.” jelas Lamtiar.

Selain iklan digital, Lamtiar juga mengingatkan pentingnya offline marketing. Karena bagaimana pun, manusia adalah mahluk sosial yang lebih menyukai dan membutuhkan pertemuan luring daripada daring/online.

Peran offline marketing dalam menyampaikan brand message sangat dibutuhkan. Keduanya, baik online marketing maupun offline marketing harus bersinergi dan berkolaborasi untuk mendapatkan visibilitasnya, sehingga campaign bisa bergaung dengan lebih luas.

maria-g-soemitro.com

 

Akhirnya semua pihak merasa puas. Seperti seharusnya simbiosis mutualisme dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat. Apabila melihat kasus di atas, tidak saja petani yang beruntung, juga pemilik brand yang memproduksi manisan buah, serta pastinya masyarakat sebagai konsumen.

Baca juga:
5 Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga di Era Digital

UMi Jangan Sedih, Karena Badai Pasti Berlalu

18 comments

  1. Ini menarik sih bagi pemilik produk. Kita bisa terbantu sekali dengan adanya campaign digital bersama IDN Creative. Kita punya kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak engagement untuk produk kita.

    ReplyDelete
  2. Adagium.content is the king masih berlaku.sampai kapanpun ya.
    Dan tentu saja dibutuhkan digital creative agency yg mumpuni, agar brand bs menggapai target KPI nya

    IDN memang wow mantabbb

    ReplyDelete
  3. Iya ya Ambu, iklan dari Thailand kebanyakan tuh ngena banget, sederhana, tapi terbayang-bayang selalu di ingatan.
    Nggak perlu yang heboh luar biasa, tapi justru nggak dipahami pangsa pasar, mending yang sederhana, tapi eksekusinya memang diniatkan buat mudah dimengerti oleh pasar atau masyarakat.

    Keren sih campaign dari IDN Creative buat memajukan perekonomian Indonesia :)

    ReplyDelete
  4. Keren banget IDN bisa menghasilkan konten2 berkualitas. Tiap aku cari info sering nemu artikel IDN di pageone google tuh, Ambu. Jadi kebantu sama kualitas kontennya yang emang bagus

    ReplyDelete
  5. Wah tambah satu lagi nih unit bisnis dari IDN media yaitu IDN creative. Iya nih masyarakat yang sudah beraktivitas kembali kayak sebelum pandemi, emang butuh trik khusus juga dalam menarik minat mereka terhadap suatu produk. Iklan harus dikemas dengan menarik

    ReplyDelete
  6. IDN memang keren ya Ambu. Mensuport anak bangsa untuk selalu maju. Membuat sebuah konten memang harus matang disiapkan dan serius dalam pembuatan agar menarik para target.

    ReplyDelete
  7. aku sepakat seperti kata Lamtiar, kalau saat ini persaingan konten udah semakin ketat banget. aku pun sekarang merasa keteteran buat ikutin laju percepatan si konten ini.

    ReplyDelete
  8. Apa yang dilakukan IDN ini bisa mendukung program transformasi digital yang dijalankan pemerintah ya, Kak. Campaign digital ini bagus banget, biar masyarakat juga makin tahu kalau di lokal kita juga menyimpan banyak produk berharga yang tak kalah kualitasnya.

    Menjalankan dengan offline dan online akan makin memperkuat lini pemasaran produk. Ujungnya masyarakat makin merasakan manfaatnya

    ReplyDelete
  9. Bergabung di IDN Creative terrnyata adalah pilihan tepat untuk pebisnis pemula di era digital ini ya, semua diajarin, dibantu. Jadi gak ada alasan lagi bilang gak bisa jualan, gak bisa bisnis. Jika ada kemauan di situ ada jalan

    ReplyDelete
  10. Tips dari IDN Media emang keren ya, secara mereka sudah profesional di bidang jurnalistik dan bisnis.

    Memastikan bahwa artikel/konten kita itu up to date memang harus sih, sama halnya seperti kita blogger, yang gak boleh bosan dengan keadaan, harus mau belajar dan terus upgrade diri dan juga konten yang lebih baik,

    Makasih sharingnya kak, sungguh keren dan inspiratif tulisan di atas, suka saya bacanya :)

    ReplyDelete
  11. Wah keren banger IDN Creative sebagai produk anak bangsa ikut membantu pulihnya perekonomian Indonesia

    ReplyDelete
  12. Di era digital seperti ini, memang yanv paling berpengaruh adalah digital marketing ya Ambu
    Kuncinya di konten digital yang menarik
    IDN Media selalu hadir dengan konten yg menarik dan kreatif

    ReplyDelete
  13. Nah bener Ambu, apalagi momentum ini nih memang perlu diperhatikan. Jangan kelamaan juga nanti keburu basi, dan gak asik lagi saat diangkat beritanya

    ReplyDelete
  14. Benar banget rasa bosan dan jenuh bikin orang tuh butuh hiburan. Konten yang mengandung entertainment dan jokes akan menarik dan viral deh

    ReplyDelete
  15. Keren banget tips jitu campaign digital dari IDN Creative, content is king , kita mesti memastikan konten2 up to date yah, campaign harus menarik dan meyakinkan masyarakat 👍

    ReplyDelete
  16. Aku pikir IDN Creative ini awalnya pusat inkubasi gitu, ambu. Hehehe. Soalnya IDN Group ini banyak sekali lini usahanya yang memberdayakan para pelaku ekonomi kreatif di Tanah Air.

    Aku setuju banget bahwa kita perlu memosisikan diri sebagai konsumen saat mengeksekusi sebuah campaign. Kalau kita aja enggak sreg sama ide campaign sendiri, gimana mungkin calon konsumen tertarik, ya kan?

    ReplyDelete
  17. Persaingan konten diranah digital memang kian menantang, ya Ambu.
    Campaign yang menarik akan membuat khalayak jadi antusias mengkilik dan me-share konten tersebut dengan itikad sendiri.
    Bahasan artikel yang menarik, saya pun belajar banyak terkait kapan publish konten lewat artikel ini.

    ReplyDelete
  18. sebagai konsumen, saya suka iklan yang sederhana tapi menyentuh, bukan iklan yang heboh tapi bikin gagal paham. Kalo iklannya keren, rasanya betah nonton iklan dan ada beberapa iklan yang biasanya saya tonton sampe habis saking sukanya

    ReplyDelete