My Lovely Liar, Ending yang Membagongkan

  
maria-g-soemitro.com

My Lovely Liar, Ending yang Membagongkan

Pernah berbohong? Atau minimal pernah melakukan kebohongan putih atau white lier? Bagaimana jika ada teman perempuan, berwajah biasa-biasa aja, dan bertanya: “Menurutmu, saya cantik gak?”

Berani bilang  “wajah kamu biasa-biasa aja”?

Gak dong ya? Takut dia tersinggung, minimal kita akan menjawab: ”Cantik dong, temen siapa dulu.”

Itu sebabnya, banyak penelitian menghasilkan kesimpulan  bahwa white lie dibutuhkan untuk mempertahankan hubungan pertemanan yang baik. Bahkan, white lie dinilai membantu dalam menyelesaikan masalah yang ada.

Drama Korea My Lovely Liar berkisah tentang Mok Sol-Hee, seorang perempuan muda yang memiliki kemampuan supranatural, dia bisa mendeteksi seseorang berbohong atau tidak.

Idenya klise sih. Sudah banyak drama Korea yang berkisah tentang  tokoh utama perempuan yang punya kemampuan supranatural. Antara lain drama Korea “A Girl Who Sees Smells” yang berkisah tentang Choi Eun-Seol (diperankan Shin Se-Kyung) yang secara ajaib bisa membongkar perkara kriminal hanya dengan mencium bau.

Juga ada Jang Hye-Sung (diperankan Lee Bo-Young) yang mampu mendengar pikiran orang dalam drama Korea "I Can Hear Your Voice”, serta drama Korea lainnya yang berkisah tentang keajaiban tokoh utama.

Diperankan aktris cantik Kim So-Hyun dan Hwang Minhyun, anggota K-pop group NU'EST, mampukah drama Korea My Lovely Liar menarik penonton dengan ide yang klise ini?

Yuk kita kupas.

Baca juga:

A Good Day to Be a Dog, Tentang Gadis yang Terkena Kutukan

My Demon, Ketika Iblis Jatuh Cinta

maria-g-soemitro.com

Kim So-Hyun sebagai Mok Sol-Hee

Berusia 27 tahun dan penggemar Manchester United, Mok Sol-Hee mempunyai keluarga yang unik. Ibunya seorang penipu sedangkan ayahnya penganut “back to nature” yang beneran tinggal di hutan.

Terlahir dengan kemampuan bisa mendeteksi seseorang berbohong atau jujur, semula Mok Sol-Hee merasa terganggu, namun kemudian menggunakannya sebagai profesi yang menghasilkan uang.

Secara resmi, bersama 2 orang temannya, Mok Sol-Hee membuka Café Tarot Luni, tempat pelanggan bisa membeli kopi dan memperoleh layanan membaca kartu tarot. Usaha tak resminya, Mok Sol-Hee berperan sebagai “dukun” dengan roh kebenaran yang bisa mendeteksi kebohongan.

Mok Sol-Hee punya kalimat jitu yang membungkam mereka yang tak percaya kemampuannya:

Jika aku bilang begitu, itu benar.

  

maria-g-soemitro.com

Hwang Minhyun sebagai Kim Do-Ha

Dalam hal mempercayai seseorang, hanya ada hitam dan putih

Kamu tidak bisa mempercayainya jika ada sedikit keraguan

Jika kamu mempercayainya, lakukan dengan seluruh sel tubuhmu

Kim Seung Ju,  anak semata wayang Jung Yeon-Mi, seorang anggota DPR yang sedang berambisi untuk menjadi gubernur. Apes, perjalanan Jung Yeon-Mi terhalang kasus anaknya yang diduga melakukan pembunuhan terhadap kekasihnya, Choi Eom-Ho. 

Kasusnya belum tuntas karena jasad Choi Eom-Ho tidak diketemukan.

Untuk membersihkan nama, Jung Yeon-Mi menyuruh sang anak untuk ke Jerman. Hal yang ditolak Kim Seung Ju. Dia memilih tetap tinggal di Seoul dengan menggunakan nama samaran Kim Do Ha, dan menekuni bidang yang disukai: sebagai komposer.

Dalam keseharian Kim Seung Ju atau Kim Do-Ha dibantu Jo Deuk-Chan, sahabatnya sekaligus CEO J Entertainment. Terlebih ketika kesuksesan membuat Kim Do-Ha mendapat penghargaan. Penyanyi dari J Entertainment lah yang maju menerima penghargaan, sehingga kehidupan Kim Do-Ha tetap menjadi misteri.

maria-g-soemitro.com

Seo Ji-Hoon sebagai Lee Gang-Min

5 tahun silam Lee Gang-Min menjalin kasih dengan Mok Sol-Hee, perempuan cantik, tegas dan mandiri yang membuatnya jatuh cinta.

Malang, keinginan Lee Gang-Min mempersunting Mok Sol-Hee hancur berantakan. Dokter memvonis Lee Gang-Min mengidap  kanker perut stadium 3, yang membuat detektif polisi tersebut memutuskan hubungan dengan memblokir nomor telepon gadis pujaannya.

Kini, 5 tahun kemudian, Lee Gang-Min berhasil menaklukan penyakitnya dan meminta penugasan ke Seoul agar bisa bertemu kembali dengan Mok Sol-Hee.

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama Korea My Lovely Liar

5 tahun silam, takdir mempertemukan Mok Sol-Hee dan Kim Do-Ha. Keduanya naik bus yang sama, jurusan Hakcheon menuju Seoul. Keduanya juga sedang menghindar dari pengejaran.

Kim Do-Ha dari kejaran Choi Eom-Ji,  kakak Choi Eom-Ho, kekasihnya yang raib entah kemana. Hanya meninggalkan sepasang sepatu di pasir pantai.

Sedangkan Mok Sol-Hee lari dari kejaran anggota preman yang marah karena  gadis itu berhasil mendeteksi kebohongannya.

Mok Sol-Hee memang punya kekuatan supranatural. Dia bisa mendeteksi kebohongan dengan akurat. Kemampuan ini dipergunakan Mok Sol-Hee untuk mendulang rezeki. Seperti kasus  grup preman yang mencari anggota yang telah melakukan pengkhianatan, dengan jitu Mok Sol-Hee berhasil mengungkap pelakunya.

Kini, 5 tahun kemudian, tanpa sengaja keduanya bertemu lagi. Bahkan bertetangga di apartemen yang yang sama. Kim Do-Ha dengan segera mengenali Mok Sol-Hee. Tidak demikian halnya dengan gadis tersebut, dia melupakan Kim Do-Ha.

Sebab, Kim Do-Ha selalu menggunakan masker untuk menutupi wajahnya. Sejak dituduh membunuh kekasihnya, Kim Do-Ha melarikan diri. Nama aslinya pun sebetulnya adalah Kim Seung Ju. Nama Kim Do Ha tidak saja dibutuhkan untuk menghilangkan jejak, juga untuk nama panggungnya  sebagai pencipta lagu  terkenal.

Namun, serangkaian peristiwa membuat Kim Do-Ha harus keluar dari persembunyiannya. Dia harus membuktikan dirinya tak bersalah. Untuk itu, Kim Do-Ha mendapat dukungan penuh dari kekasihnya, Mok Sol-Hee yang percaya bahwa Kim Do-Ha tak bersalah.

Terlebih setelah mengetahui  fakta, bahwa pembunuh  Choi Eom-Ho yang sebenarnya adalah orang yang selama ini ada disampingnya. Mendukungnya.

maria-g-soemitro.com

Review Drama Korea My Lovely Liar

Kebanyakan micin! 

Itulah kesimpulan setelah menonton drama Korea My Lovely Liar. Bak koki yang disediakan bahan masakan premium: Aktor/aktris ganteng/cantik dengan penampilan dan akting yang oke;  karakter lengkap serta bahan lain yang dibutuhkan untuk meramu drama yang bikin penasaran penonton di setiap episodenya.

Sayang, writernim gagal meramu bahan dan menyajikannya.

Banyak banget konflik yang terasa mengada-ada, seperti ayah Mok Sol-Hee, tokoh utama perempuan (FL), yang tinggal di hutan. Ala-ala back to nature gitu, tapi jadi nampak maksain dan aneh.

Ditambah proporsi adegan ibu Mok Sol-Hee yang berprofesi sebagai penipu, terlalu banyak, sehingga terasa lebay dan membosankan. Juga tekanan pada tokoh utama pria (ML), seperti  pengejaran reporter, kakak Choi Eom-Ji yang mengira ML sebagai pembunuh, tuduhan plagiasi dan aroma gelap lainnya, menjadikan drama Korea My Lovely Liar kurang nyaman untuk dinikmati.

Bukan berarti writernim gak berusaha memasukkan bumbu agar terasa lebih manis. Sayang, pemilihan adegannya klise, seperti  tokoh utama perempuan (FL) membantu ML yang sakit. Kemudian FL gak bisa meninggalkan tempat tidur karena tangannya dipegang dan malah dijadiin bantal oleh ML. Kedua insan pun tertidur sampai pagi.

Boring banget kan? Entah berapa puluh drama yang menggunakan adegan serupa.

Padahal sutradaranya Nam Sung-Woo lho. Doi pernah sukses membesut beberapa drama popular seperti drama Korea “Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo” dan drama Korea “100 Days My Prince”.

Akibat kurang greget dan terlalu panjang (nampaknya cukup 12 episode deh), penonton Korea Selatan hanya menghadiahi Drama Korea Drama My Lovely Liar dengan rating 2-3 % (Source: AGB Nielson) 

Untunglah Mydramalist berbaik hati memberi rating lumayan tinggi, yaitu 8,5. Penghargaan untuk tampilan Hwang Minhyun yang sukses mempesona penonton, serta lantunan lagunya yang menjadi ost drama Korea My Lovely Liar. 

Baca juga:

Behind Your Touch, Psikometri Pembongkar Kasus Pembunuhan Berantai

Lovely Runner, Tentang Kisah Cinta Time Traveler dan Idolanya


Profile

    Drama:My Lovely Liar (English title) / Useless Lies (literal title)

    Revised romanization: Soyongeobseo Geojitmal

    Hangul: 소용없어 거짓말

    Director: Nam Sung-Woo

    Writer: Seo Jung-Eun

    Network: tvN

    Episodes: 16

    Release Date: July 31 - September 19, 2023

    Runtime: Monday & Tuesday 20:50

    Language: Korean

    Country: South Korea


10 comments

  1. Harusnya Mok Sol-Hee ini bekerja di kepolisian ya, Mbak. Tugas mengintrograsi terduga dari setiap kejadian. Jadi bisa tahu mana yang ngomong benar, mana yang bohong. Namun dengan membantu mantan kekasih, kayaknya mereka bakal balik bersama lagi hehehe.

    ReplyDelete
  2. Tapi kalau temen deket yang nanya cantik apa ngga biasa dijawab apa adanya, hehe
    Tapi biasanyaa temen deket suka tengsin kalo nanya aku cantik apa ngga ya (atau ini perasaan sendiri aja)
    Lebih sering nanya "cocok ngga" cukup segitu aja
    mungkin karena temen2 pada bocor kali yaa, jadi takut sakit hati kalo dijawab jelek hahaa

    ReplyDelete
  3. Wah Kim Do-Ha pengguna masker, tapi ada hal yang gak oke tentangnya. Padahal Alan Walker dan saya pakai masker jadi branding yang keren, eh jadi ke mana² hehe

    ReplyDelete
  4. Wah untung udah dispill, tadinya aku mau nonton secara ada si cantik Kim Soo Hyun. Tapi gapapa deh kalau iseng coba nonton aja deh biar ga penasaran hihii

    ReplyDelete
  5. Saya nggak menamatkan drma My lovely liar setelah Mak-nya muncul, terasa agak aneh, membaca review Ambu jadi paham di mana nggak nyambungnya.
    Tapi kalau menontonnya melihat visual pemerannya, seperti boleh untuk diselesaikan tontonannya nanti.

    ReplyDelete
  6. Aku tahu Drakor ini, karena emang ikutin akun media sosial Kim So-Hyun , tapi saat drama ini tayang, aku tidak mengikutinya atau tidak menontonnya
    Cuman kalau dilihat dari cuplikan video yang beredar sih bagus bagus

    Ternyata kalau dibaca dari uraian ini kok jadi pengen nonton ya, karena episodenya juga cukup sedikit ya
    Di luar hal hal manis yang klise sebagai bumbunya

    ReplyDelete
  7. Gak nyaman memang nonton adegan yang terlalu dibuat dramatisir. Gak logis. Yang nonton mendadak neg nontonnya. Sayang betul ya Mbak. Padahal meskipun kunci cerita dramanya sederhana, tapi jika diolah sewajarnya, biasanya justru malah asik buat ditonton.

    ReplyDelete
  8. Peran Seo Ji hoon sedih banget ya disini padahal saya ngefans sama dia kalau Mak so hee milih dia pasti endingnya Ji Hoon sembuh deh hihii

    ReplyDelete
  9. Tadinya saat baca tentang white lie, agak semangat dan mulai mengingat-ingat judul. Eh, setelah baca sampai habis ternyata terlalu banyak micin katanya, hehe. Aku batalin deh keinginan untuk memasukkan ke list drakor yang akan ditonton.l

    ReplyDelete
  10. Aku juga nonton drama ini karena ada mas Minhyun.
    Kaya yang kudu banget siih..soalnya pasca boygrupnya bubar, aku ngerasain mas Minhyun kehilangan pegangan. Eaaa, sotoy.
    Hehehe.. jadi seneng-seneng aja meski banyak banget plot holenya di drama My Lovely Liar.

    ReplyDelete