Lovely Runner, Tentang Kisah Cinta Time Traveler dan Idolanya

  
maria-g-soemitro.com

Lovely Runner, Tentang Kisah Cinta Time Traveler dan Idolanya

Kenal Nikola Tesla? Dia adalah penemu menghadirkan sistem arus bolak-balik (AC), sedangkan Thomas Alva Edison penemu arus searah (DC). Sebagai penemu dan ilmuwan terbesar dunia, Tesla memperoleh sekitar 300 paten atas penemuan dengan minimal 278 paten diketahui yang dikeluarkan atas namanya di 26 negara

Namun yang paling revolusioner adalah eksperimen Tesla dalam menciptakan mesin waktu. Dia mengeksplorasi konsep "resonansi", yaitu gagasan bahwa frekuensi tertentu dapat digunakan untuk memanfaatkan dan memanipulasi energi fundamental alam semesta.

Tesla percaya bahwa dengan menyetel frekuensi ini, dia dapat mengungkap rahasia alam semesta dan bahkan membengkokkan struktur ruang dan waktu. Sayang hingga akhir hayatnya, Tesla gagal menciptakan mesin waktu.

Memang nabrak logika sih. Seseorang gak bisa hidup sekaligus gak hidup. Paradoks yang dinamai “grandfather paradox” mempunyai hipotesis, jika seseorang menggunakan mesin waktu untuk melakukan perjalanan ke masa lalu dan membunuh kakek mereka sebelum ayah mereka dikandung, maka dia menghilangkan kemungkinan kelahirannya sendiri

Obrolan tentang Tesla dan mesin waktu sangat berhubungan dengan drama Korea yang akan kita bahas kali  ini yaitu drama Korea Lovely Runner. Tentang seorang perempuan bernama Lim Sol yang beruntung memiliki jam tangan sebagai mesin waktu untuk menyelamatkan pujaan hatinya dari kematian.

Secara tak terduga drama Korea Lovely Runner selalu menjadi trending topic di twitter (sekarang X.com), sebagus apa? Yuk kita kupas.

Baca juga:

One Ordinary Day, Gara-gara Berada di Tempat dan Waktu yang Salah

The Bequeathed, Akhir Sengketa Tanah Kuburan

     
maria-g-soemitro.com

Byeon Woo-Seok sebagai Ryu Sun-Jae

Sol, berhentilah lari dariku

Kejar saja perasaanmu padaku

Jika akhirnya aku mati demi menyelamatkanmu

Aku tak keberatan

Ryu Sun-Jae atlet renang yang terpaksa mengundurkan diri dari gelanggang setelah mengalami cedera bahu. Sebetulnya Ryu Sun-Jae punya peluang sembuh dengan menjalani rehabilitasi di Amerika Serikat, namun demi Lim Sol, perempuan yang dicintainya, dia mengurungkan niatnya.

Keputusan tersebut mengecewakan ayahnya, seorang pemilik restoran yang berjuang seorang diri membesarkan Ryu Sun-Jae. Kekecewaan sang ayah berganti bahagia setelah Ryu Sun-Jae memutuskan berkarir sebagai vokalis grup Eclipse, dan sukses.

maria-g-soemitro.com

Kim Hye-Yoon sebagai  Lim Sol

Lim Sol, anak yatim yang  hidup penuh kebahagiaan bersama  kakak laki-laki, ibu dan nenek yang sangat mencintainya.

Kehidupannya nampak normal dan mulus, hingga suatu hari dia menjadi korban penculikan di Waduk Juyang. Dia selamat, namun kakinya lumpuh.

maria-g-soemitro.com

Song Geon-Hee sebagai Kim Tae-Sung

Berayahkan seorang detektif polisi, kala masih duduk di bangku sekolah lanjutan atas, Kim Tae-Sung gemar melakukan pelanggaran seperti merokok dan berkelahi.

Wajahnya yang tampan membuat Kim Tae-Sung menjadi idola banyak remaja perempuan, termasuk Lim Sol.

Untunglah di kemudian hari banyak perubahan positif yang dilakukan Kim Tae-Sung. Mengikuti jejak ayahnya, dia menjadi anggota kepolisian dan mendulang berprestasi.

  

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama Korea Lovely Runner

Bunih diri! Itu keputusan Lim Sol. Kakinya lumpuh. Hidupnya serasa runtuh. Dia harus terpenjara di kursi roda. Dia tak tahu masa depan macam apa yang akan menantinya. Ketika melihat pecahan kaca, Lim Sol berpikir bahwa kematian adalah jawabannya.

 Di saat genting itulah Lim Sol mendapat telepon keberuntungan. Diujung telepon Ryu Sun-Jae, vokalis Eclipse, grup musik yang sedang debut,  memberinya dukungan:

Terimakasih, karena tetap hidup

Orang-orang di sekitarmu akan lega dan bersyukur

Bahwa kamu masih bersama mereka

Jadi, kamu harus menjalani hidupmu hari ini

Karena ini hari yang indah

Besok akan hujan

Selagi kamu menunggu hujan berhenti

Hiduplah sehari lagi

Support dari Ryu Sun-Jae, bak mantra dari malaikat penolong yang membuat  Lim Sol bersemangat. Tidak sekadar hidup, Lim Sol bertekad sukses di bidang sinematografi yang ditekuninya, dan menjadikan Ryu Sun-Jae sebagai idolanya.

Begitu cintanya pada sang idola, ketika ada lelang jam tangan renang Ryu Sun-Jae, Lim Sol berhasil memenangkan dengan nilai 3.000 dollar.

Malang, tak berselang lama pasca pertunjukan konsernya yang sukses, Ryu Sun-Jae  tewas. 

Merasa terpukul, dengan kursi rodanya Lim Sol berlari ke rumah sakit untuk menemui Ryu Sun-Jae. Saat itulah Lim Sol mengetahui bahwa jam tangan Ryu Sun-Jae ternyata berfungsi sebagai mesin waktu.

Waktu berputar ke tahun 2009, kala dia dan Ryu Sun-Jae masih duduk di sekolah lanjutan atas. Lim Sol sekolah khusus perempuan, sedangkan Ryu Sun-Jae khusus laki-laki.

Tak terduga, banyak fakta terungkap. Tidak saja Lim Sol dan Ryu Sun-Jae bertetangga, bahkan rumah keduanya berseberangan, Ryu Sun-Jae diam-diam naksir padanya.

Ryu Sun-Jae pula yang di kemudian hari menyelamatkan Lim Sol dari penculikan yang menyebabkan kelumpuhan dan sebagian ingatannya hilang.

Mengetahui hal ini, Lim Sol bertekad membelokkan peristiwa.  Mulai dari menyelamatkan dirinya dari Kim Young-Soo, seorang penculik berantai. Kebakaran yang terjadi di rumahnya, dan yang terpenting mencegah Ryu Sun-Jae bertemu dengan Kim Young-Soo, penyebab kematian Ryu Sun-Jae di tahun 2023.

Tentu saja tidak mudah. Untuk memuluskan Lim Sol tidak boleh bertemu, apalagi berdekatan dengan Ryu Sun-Jae. Sementara cinta sudah bersemi di antara keduanya.

Dalam keadaan putus asa, Lim Sol  berterus terang pada Ryu Sun-Jae bahwa dia berasal dari tahun 2023 dan berniat menyelamatkannya. Hal yang tak disetujui Ryu Sun-Jae.

Bahkan jika kamu berakhir pada masa yang berbeda

Aku akan melompati ruang dan waktu untuk menemuimu

maria-g-soemitro.com

Review Drama Korea Lovely Runner

Istilah tersunjae- sunjae muncul seiring boomingnya drama Korea Lovely Runner. Keunggulan drama ini memang terletak pada casting yang sukses. Drama Korea Lovely Runner berhasil mengawinkan si aktor jangkung  Byeon Woo-Seok (189 cm) dengan aktris cantik  Kim Hye-Yoon  yang jadi nampak mungil, padahal tingginya 160 cm lho.

Selain casting, writer-nim cerdas meracik adegan, seperti kebucinan Sun Jae (Byeon Woo-Seok) pada Lim Sol (Kim Hye-Yoon).

Bayangin, ada bintang K-Pop (Sun Jae) yang ganteng maksimal bucin pada perempuan biasa (Lim Sol)!  Gak heran penonton termehek-mehek ikut larut dalam adegan demi adegan drama Korea “Lovely Runner”. 

Dan rating pun terdongkrak, dari 3 % menjadi 5 % (Source: AGB Nielson). Rating 9,1 di Mydramalist. Bahkan episode barunya selalu menjadi trending topic di twitter (sekarang X.com)

maria-g-soemitro.com

Padahal ide kisahnya klise banget. Tentang perempuan pecinta K-Pop yang menjadi  time traveler untuk menyelamatkan hidup idolanya dengan kembali ke masa silam. Gak heran, konon banyak actor, termasuk Cha Eun Woo dan Lee Jun Young, yang menolak peran ini.

maria-g-soemitro.com

Namun, karena klise, writernim berusaha memberi sentuhan kehangatan keluarga (ibu dan nenek Lim Sol), kehangatan bromance diantara tokoh utama dan tokoh pendukung, serta adegan yang  mengundang senyum, seperti kemampuan Lim Sol menghentikan waktu dengan meneriakkan peristiwa yang akan datang.

Walau demikian, harus  diakui banyak “lubang kecil” dalam drama Korea Lovely Runner yang membuat kening mengernyit. Seperti penculik berantai yang mengejar Lim Sol, apa motifnya? Lim Sol bukan gadis Istimewa, ngapain dikejar sampai ke rumah dan tempat liburannya?

Tapi sudahlah. Semua terlupakan dengan tampilan Byeon Woo-Seok yang bikin tersunjae- sunjae. 😂😂 yang membuat banyak netizen berkomentar:

“Peran itu ditakdirkan untuk Byeon Woo-Seok”

“Dia sempurna sebagai Sun Jae”

“Aku tidak bisa membayangkan actor lain selain Byeon Woo-Seok memerankan Sun Jae”

Wah, Sun Jae effect rupanya. 😀😀

Baca juga:

See You in My 19th Life, Tentang 19 Reinkarnasi yang Melelahkan

My Perfect Stranger, Mencari Jejak Pembunuh di Masa Silam


Profile

Drama: Lovely Runner (English title) / Run Away With Sun-Jae On Piggyback (literal title)

Revised romanization: Sunjae Eobgo Tweeeo

Hangul: 선재 업고 튀어

Director: Kim Tae-Yeob, Yoon Jong-Ho

Writer: Kim Bbang (novel), Lee Si-Eun

Network: tvN

Episodes: 16

Release Date: April 8 - May 28, 2024

Runtime: Monday & Tuesday 20:50

Genre: Time Travel / Romance

Language: Korean

Country: South Korea


2 comments

  1. Berasa pengen punya jam tangan seperti kepunyaan Lim Sol. Biar bisa kembali ke masa senang, lalu memilih jalan mana yang bakalan membahagiakan. Menghindari kesedihan dan pastinya menghindari orang yang julid ke saya dan keluarga. Hehe...

    ReplyDelete
  2. Pas awal-awal nonton KDrama ini saya sempat bolak-balik nonton beberapa episode karena gak paham kejadian yang diatur maju mundur. Apalagi setelah lihat LIm-sol harus berkursi roda dan saya gagal menemukan kenapa dan bagaimana kemudian dia tidak berkursi roda lagi. Tema time travel memang membutuhkan konsentrasi waktu menontonnya sih menurut saya.

    Nah setelah episode ke-5 baru deh saya bisa nikmati. Apalagi tokoh Lim-sol dan Sun-jae itu sesungguh selalu ketemu hal-hal yang mengingatkan bahwa mereka saling mencintai. Suka terharu pas lihat scene yang apik begini.

    Habis nonton ini saya jadi ngefans sama BWS dan baru ngeh kalau dia itu jadi second leadnya Record of Youth bareng PBG. Salah seorang aktor Korea favorit saya.

    ReplyDelete