The Bequeathed, Akhir Sengketa Tanah Kuburan

   
maria-g-soemitro.com

The Bequeathed, Akhir Sengketa Tanah Kuburan 

“Di negri yang buta, manusia bermata satu adalah raja" Demikian jawaban yang saya dapat ketika searching tentang masih maraknya orang yang percaya tentang penggandaan uang.

Masih ingat kasus dukun bernama Dimas Kanjeng aka Taat Pribadi yang dengan demonstrative mengeluarkan uang, seolah tak ada habisnya, dari saku jubahnya? Penipuan yang memakan korban jiwa dan Dimas Kanjeng diseret ke depan pengadilan.

21 tahun, vonis yang diterima Dimas Kanjeng akibat bermain-main dengan penggandaan uang dan akhirnya harus membunuh untuk menutupi perbuatannya.

Heboh kasus dukun pengganda uang, terungkap lagi pada April 2023. Pelakunya bernama Mbah Slamet, dia ditangkap dan dijebloskan ke penjara setelah menghabisi 12 orang dengan racun.

Selain dukun yang dipercaya bisa menggandakan uang, juga ada dukun yang diklaim dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satu dukun yang pernah membuat heboh adalah Ponari. Dengan batu yang konon berasal dari sambaran petir, ribuan orang rela mengantri demi kesembuhan dari batu yang dicelupkan ke air.

Mengapa orang percaya dukun?

Sesuai paragraph awal, penyebabnya pengetahuan untuk membedakan yang benar dan salah sangat minim, sehingga mereka dimanfaatkan oleh orang yang memiliki sedikit pengetahuan, yang diistilahkan dengan mata satu.

Perdukunan sendiri mempunyai sejarah panjang dalam peradaban manusia. Praktik perdukunan melintasi hampir semua batas budaya di dunia, dengan nama yang berbeda-beda: dukun, cenayang, orang suci, saman, sikerei, datuk, orang pinter dan masih banyak lagi.

Praktik perdukunan juga kerap masuk dalam kisah drama Korea. Mungkin sebagai pengenalan budaya karena praktiknya masih berlanggung sampai sekarang. Seperti dalam drama Korea “The Bequeathed”, dukun dipercaya bisa mengusir roh jahat yang menguasai seseorang.

Baca juga:

Behind Your Touch, Psikometri Pembongkar Kasus Pembunuhan Berantai

Black Knight, Ketika Kim Woo-Bin Jadi Ksatria Baja Hitam

  

maria-g-soemitro.com

Kim Hyun-Joo sebagai Yoon Seo-Ha

Malang sekali nasib Yoon Seo-Ha. Hingga usia dewasa, Yoon Seo-Ha berusaha hidup sesuai budaya patriarki. Dia memaksakan diri menikahi Yang Jae-Seok dengan harapan pernikahan akan membawanya dalam strata sosial yang lebih tinggi. 

Yoon Seo-Ha juga loyal pada atasannya, Professor Kim Chang-Seok. Demi mendapatkan kenaikan jabatan, Yoon Seo-Ha  rela bersusah payah membuat buku atas nama si professor.

Sayang Yoon Seo-Ha harus menelan kekecewaan. Suaminya ternyata berselingkuh. Sewaktu Yoon Seo-Ha mengajukan perceraian, Yang Jae-Seok menolak dengan alasan menunggu pembagian warisan yang baru saja diterima istrinya.

Kekecewaan lain berasal dari Professor Kim Chang-Seok yang alih-alih menepati janji mempromosikan Yoon Seo-Ha, malah teman sejawatnya, Han Na-Rae.

Kehadiran adik tirinya menambah kemalangan hidup Yoon Seo-Ha. Sang adik tidak saja menuntut warisan, juga merecoki hidup Yoon Seo-Ha.

 

maria-g-soemitro.com

Park Hee-Soon sebagai Choi Sung-Jun

Cerdas dan berintegritas, sebagai anggota kepolisian Choi Sung-Jun kerap menomor satukan pekerjaan dengan mengorbankan waktu keluarga. Hingga dia tak menyadari anaknya mengalami bullying.

Suatu peristiwa tragis mengubah hidupnya. Sahabatnya detektif polisi Park Sang-Min menjadi korban salah sasaran pelaku bullying terhadap anak laki-laki Choi Sung-Jun.

Akibatnya, persahabatan berubah menjadi permusuhan. Choi Sung-Jun selalu merasa bersalah, dan Park Sang-Min selalu sinis terhadap hasil kerja Choi Sung-Jun.

  

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama Korea The Bequeathed

“Mendiang meninggalkan tanah pemakaman keluarga. Sampai kini, kalian merupakan pewaris satu-satunya dari property tersebut,” kata detektif polisi pada Yoon Seo-Ha dan suaminya, Yang Jae-Seok.

Yoon Seo-Ha sungguh tak menduga, dia memiliki paman yang meninggalkan warisan. Sudah lama dia tak berhubungan dengan keluarga ayahnya, bahkan Yoon Seo-Ha tak datang pada pemakaman sang ayah.

Ada penyebabnya. Di usia 7 tahun, Yoon Seo-Ha melihat ayahnya dirukyah seorang dukun kemudian diusir oleh kakeknya. Meninggalkan Yoon Seo-Ha bersama ibunya tanpa kabar berita.

Menginjak usia remaja, Yoon Seo-Ha bertengkar dengan sang ibu dan bertekad hidup dengan ayahnya. Malang, bukan kehangatan yang diterimanya, melainkan teguran karena datang tanpa memberitahu.

Yoon Seo-Ha juga melihat ada seorang anak laki-laki yang sedang bermain dengan sang ayah.

Sakit hati membuat Yoon Seo-Ha memutuskan hubungan ayah dan keluarganya. Namun kini, dia harus datang. Kehadirannya ditunggu pihak kepolisian. Diduga Yoon Myung-Gil, paman Yoon Seo-Ha mati dibunuh. Ditemukan talium, zat beracun dalam makgeolli yang diminum sang paman.

Detektif polisi Choi Sung-Jun menelusuri kemungkinan pembunuhan Yoon Myung-Gil terkait dengan pengembangan desa. Almarhum Yoon Myung-Gil bersikukuh tidak mau menjual propertinya.

Kasusnya ternyata tidak sesederhana itu. Suami Yoon Seo-Ha ditemukan mati terbunuh sesudah keduanya bertengkar dan Yoon Seo-Ha menurunkan sang suami di tengah jalan.

Yoon Seo-Ha menduga adik tirinyalah yang melakukan pembunuhan. Terlebih tak lama kemudian detektif Kang Hong-Sik yang diminta bantuan jasanya oleh Yoon Seo-Ha, juga ditemukan mati terbunuh.

  

maria-g-soemitro.com

Review Drama Korea The Bequeathed

Walau drama Korea “The Bequeathed” mendapat rating 7,5 di Mydramalist, saya keukeuh menonton karena dibintangi actor/aktris favorit, Park Hee-Soon dan Kim Hyun-Joo. Akting keduanya gak pernah mengecewakan, termasuk saat tandem dalam drama Korea “Trolley”.

Park Hee-Soon termasuk category bapack-bapack (atau ahjussi?) seperti mendiang Lee Sun-Kyun yang berani mengambil peran antagonis maupun protagonis, demikian pula aktris Kim Hyun-Joo.

Saya menduga, faktor pemeran utama yang sudah berumur “senior” membuat anggota komunitas Mydramalist hanya memberi nilai “secukupnya” untuk drama Korea “The Bequeathed”. Penilaian berbeda biasanya diberikan pada drama dengan aktor/aktris yang masih kinyis-kinyis dan good looking.

Karena semuanya oke kok. Akting pemain, termasuk pemeran pendukung, sangat bagus, khas drama Korea yang memang sangat kuat dalam hal akting. 

Pencahayaan juga oke. Agak gelap disebabkan drama Korea “The Bequeathed” mengusung genre thriller dan misteri pembunuhan.

Tiga sekawan penulis skenario, Yeon Sang-Ho, Min Hong-Nam, Hwang Eun-Young meracik konflik dengan cerdas dan runtut. Ada sih muncul beberapa pertanyaan, seperti kisah tokoh utama pasca meninggalkan rumah ayahnya, tiba-tiba dikisahkan Yoon Seo-Ha telah merintis karir sebagai dosen.

Tapi gak terlalu mengganggu untuk keseluruhan kisah. Karena penonton mendapat sajian tak terduga tentang pembunuh yang sebenarnya. Serta misteri keluarga Yoon Seo-Ha yang baru terbongkar di episode-episode akhir.

Jadi, recommended dong drama Korea “The Bequeathed”? Yup, sangat! Khususnya untuk mereka penyuka thriller dan tidak keberatan dengan para pemain yang enggak good looking. Dan si kasep Park Sung Hoon hanya muncul sebentar. Playboy dalam drama Korea “The Glory” ini  “dibunuh” di episode awal.

Baca juga:

Trolley, Tragedi Buah Simalakama

W: Two Worlds Apart, Sosok Tampan dari Webtoon


Profile

Drama: The Bequeathed (English title) / Family Gravesite (literal title)

Revised romanization: Sunsan

Hangul: ì„ ì‚°

Director: Min Hong-Nam

Writer: Yeon Sang-Ho, Min Hong-Nam, Hwang Eun-Young

Network: Netflix

Episodes: 6

Release Date: January 19, 2024

Runtime:

Genre: Mystery / Thriller

Language: Korean

Country: South Korea


10 comments

  1. Kalau detektifnya pun meninggoy wah jadi makin mendebarkan ini kasusnya..
    Kalo daku melihat kisahnya dulu sih, bukan dari cakepnya wajah cast-nya, karena kalo terlalu keputihan make up-nya malah jadi enggan nontonnya hehe

    ReplyDelete
  2. Wah.. Hari gini masih percaya kepada dukun dan drakor ini cerita menarik dan seru untuk di nonton..

    ReplyDelete
  3. Sumprit ini film keren abis sih. Nampak biasa-biasa saja di awal, namun plot-twist yang disajikan beneran kaya hook gitu. Thanks mbak, setuju banget sama opini tentang film ini, yaitu RECOMMENDED abiez.

    ReplyDelete
  4. Ya ampuunnn, kirain ini film yang pernah saya tonton, ternyata drama berseri :D
    Tapi menarik juga ya, apalagi cuman 6 episode aja, bisalah kalau diikutin nggak lama udah tamat :D
    Saya pernah nonton film serupa, tapi bukan sengketa sih, hanya perbedaan pendapat, bagaimana mereka harus memperbaiki makam ibunya

    ReplyDelete
  5. Aku juga setuju banget kalau pemain yang udah nggak kinyis-kinyis ini jadi faktor penentu rating juga. seolah nggak sebanding sama usaha si aktor, padahal drama mara aktor senior ini juga bagus-bagus lho

    ReplyDelete
  6. wah... ternyata skenario bequathed ini digarap sama tiga orang toh... aku baru tau ..
    tapi karakter Kim Hyun Joo beda banget dari drama-drama sebelumnyayang pernah aku tonton.

    disini dia beneran gambaran korban patriarki ga kaya dramanya yang lain yang menunjukka karakter tangguh perempuan eksektif yang mandiri.

    ReplyDelete
  7. Makanya disebut orang pintar ya, Ambu, sebab yang datang ke mereka adalah orang bodoh katanya, hehee

    Saya ngga terllau masalah dengan pemain yang kurang good looking, sejauh jalan ceritanya bagus dan masuk akal, ngga terlalu banyak fantasi/khayalan.

    Oke kita coba nonton, deh ini. Thx Ambu...

    ReplyDelete
  8. Drama gelap-gelapan gini, kadang suka bingung..
    Kenapa selalu penulisnya membenturkan sebuah ilmu sains dengan teknik perdukunan yang masih dipercaya orang Korea yaa.. Apa memang ini sebuah kritikan serius untuk culture yang masih dipertahankan di sana?

    Overall, suka sama akhir kisahnya.
    Tumbenan gitu yaa.. NF series tyda ngide open ending yang bikin penonton berharap-harap "Apakah akan ada S2-nya?"

    ReplyDelete
  9. Seru loh drama ini menurut saya. Ada pesan moral yang ingin disampaikan bahwa ada hal-hal sensitif dan membahayakan saat berhubungan dengan masalah yang terjadi dalam keluarga. Apalagi kemudian menyentuh masalah harta dan harga diri. Ngeri membayangkan akibatnya. BTW, plost twist di dua episode terakhir menegangkan menurut saya. Dapet banget keseruannya.

    ReplyDelete
  10. amazing ya ambu, kalau saya yang nonton tempat pasti riuh dengan nada teriakan ketika melihat langsung drama pembunuhan. Seru dan mengesankan bagiku. Penuh misteri di tiap episodenya

    ReplyDelete