Black Knight, Ketika Kim Woo-Bin Jadi Ksatria Baja Hitam

      

maria-g-soemitro.com

Black Knight, Ketika Kim Woo-Bin Jadi Ksatria Baja Hitam

Apa yang akan terjadi dengan bumi di masa depan? Khususnya, tatkala pohon-pohon habis ditebang dan sumber air kering kerontang. Apa kabar pula dengan keriuhan transportasi, mengingat beberapa pakar memprediksi minyak bumi akan habis dalam kurun waktu sekitar 47 tahun?

Pakar Lingkungan Hidup David Sutasurya memprediksi cuaca akan menjadi begitu panas dan harga BBM tak terjangkau. Sehingga jalan-jalan hanya akan dilewati kurir yang mengantar barang. Sementara penduduk bumi terpaksa melakukan aktivitas  (bekerja, sekolah, belanja dan lainnya) dari rumah, atau WFH tanpa batas waktu. 

Ternyata Lee Yoon-Kyun, seorang pembuat komik Korea Selatan mempunyai pemikiran yang sama. Dia menuangkannya dalam webcomic "Taekbaegisa” yang tayang di Toomics dari  December 25, 2016 hingga  August 5, 2019.

Tentu saja kisah yang disajikan Lee Yoon-Kyun lebih ekstrim dan sangat berwarna. Karena hutan penghasil oksigen telah hilang, oksigen diperoleh dari olahan tambang oksianum. Dan mirip BBM, manusia harus membeli oksigen agar bisa bertahan hidup. 

Pengolahan oksianum tentu saja berdampak buruk. Para pekerjanya terpapar radioaktif. Akibatnya banyak keluarga memiliki anak mutan, atau anak berwujud manusia yang tidak bisa mati.

Ramalan bumi di masa depan yang dikisahkan webcomic "Taekbaegisa”,  rupanya mengilhami sutradara Cho Ui-Seok untuk memvisualisasikannya. Sebagai sutradara film dan penulis scenario, dengan piawai Cho Ui-Seok merampingkan karyanya dalam 6 episode serial drama.

Pemeran utamanya pun tak tanggung-tanggung: Kim Woo-Bin sebagai black knight sesuai judul serial dramanya “Black Knight”. Untuk tandemnya, Cho Ui-Seok memilih Esom serta Song Seung-Heon sebagai pemeran antagonis.

Selain itu, rupanya Cho Ui-Seok juga kepincut acting Roh Yoon-Seo, sehingga memilih aktris muda peraih Best New Actress pada 2023 (59th) BaekSang Arts Awards - April 28, 2023) ini sebagai pemeran pendukung yang sayangnya harus “ditewaskan” pada episode pertama.

Bagaimana hasilnya? Yuk kita lihat:

Baca juga:

Defendant, Drama Korea Wajib Nonton!

Bad Prosecutor, Kala si Jaksa Gila Bertemu si Jaksa Cacat

   

maria-g-soemitro.com

Kim Woo-Bin sebagai 5-8

Mantan pengungsi yang berhasil menjadi kurir, sehingga namanya lebur menjadi 5-8. 

Kurir, suatu capaian yang didamba kelompok masyarakat pengungsi. Dengan menjadi kurir, mereka akan mendapat kode QR dan terhubung dengan pemenuhan kebutuhan hidup seperti oksigen dan makanan.

Namun 5-8 bukan kurir biasa. Dia adalah seorang “knight” yang memimpin kurir lainnya untuk membantu pengungsi agar mereka bisa bertahan hidup. 

Sebagai knight, 5-8 punya target menegakkan keadilan dengan menggulingkan rezim yang telah menindas pengungsi.

   

maria-g-soemitro.com

Song Seung-Heon sebagai Ryu Seok

Rencana pembinasaan pengungsi

dan seleksi kurir, sukses besar

Demikian kata Director Oh Ji-Hwan pada atasannya, Ryu Seok, pewaris tunggal Cheonmyeong Group.

Oh Ji-Hwan memang harus selalu patuh, bahkan jika perlu, menjilat Ryu Seok. Hidup Oh Ji-Hwan dan pasukan binaan Cheonmyeong, sepenuhnya berada di tangan Ryu Seok.

Ryu Seok menanam bom dan perangkat lain pada tengkuk mereka. Sehingga dengan mudah Ryu Seok bisa menekan tombol untuk membunuh tangan kanannya yang tidak patuh.

Ryu Seok punya ambisi besar: Mengambil alih kepemimpinan ayahnya dan menggunakan pejabat pemerintah yang tunduk, sebagai bonekanya.

   

maria-g-soemitro.com

Kang You-Seok sebagai Yoon Sa-Wol

Usia: tidak tahu

Keluarga: tidak ada

No pengungsi: 034

Itulah data yang dimiliki Yoon Sa-Wol saat mendaftar sebagai kurir Grup Cheonmyeong. Dia memang anak yatim piatu. Bahkan, akibat ayahnya bekerja di pengolahan oksianum dan tinggal di kawasan radioaktif, Yoon Sa-Wol terlahir sebagai mutan.

Yoon Sa-Wol sangat berhutang budi pada Jung Seol-Ah. Demi menyelamatkan nyawanya, Jung Seol-Ah mempertaruhkan reputasinya sebagai pejabat militer dengan melanggar larangan membantu pengungsi.

Dalam lindungan Jung Seol-Ah, Yoon Sa-Wol tercukupi kebutuhan hidupnya. Dia juga mendapat anggota keluarga baru yang menyayanginya, yaitu Jung Seol-Ah dan adiknya Jung Seul-Ah.

Kehidupannya yang nyaman berubah drastis pasca rumah mereka diserang. Jung Seul-Ah tewas, sedangkan Yoon Sa-Wol diselamatkan kurir 5-8 yang kebetulan bertugas di area tersebut.

Yoon Sa-Wol bertekad balas dendam dengan menjadi kurir setelah mengetahui pelakunya adalah tentara bentukan Cheonmyeong grup.

  

maria-g-soemitro.com

Esom sebagai Jung Seol-Ah

Hidup nyaman dengan adik semata wayangnya, Jung Seul-Ah, Mayor Jendral Jung Seol-Ah sangat menikmati karirnya sebagai pejabat militer. Cukup menaati perintah atasan, hidupnya akan aman sejahtera.

Namun dia pernah melanggar hukum. Ketika sedang melakukan tugas militer, hati nuraninya tergerak ketika di antara mayat pengungsi yang bergelimpangan, Jung Seol-Ah melihat seorang anak masih hidup.

Jung Seol-Ah membawa anak tersebut pulang ke rumah dan merawatnya, padahal ada larangan bagi penghuni distrik umum, khusus, dan inti, untuk menolong pengungsi, apalagi merawat mereka.

Di kemudian hari, anak bernama Yoon Sa-Wol tersebut menjadi cahaya bagi keluarganya, dan membantu Jung Seol-Ah membalas dendam atas kematian Jung Seul-Ah.

   

maria-g-soemitro.com

Kim Eui-Sung sebagai Grandpa

Grandpa bukanlah anggota pengungsi biasa, dulu dia adalah seorang pejabat yang membantu Chairman Ryu Jae-Jin membangun distrik inti.

Grandpa mengundurkan diri dan bergabung dengan pengungsi setelah terjadi pemberontakan yang berakhir pembantaian.

Penyebabnya diskriminasi antara pengungsi dengan penduduk yang dianggap layak hidup di distrik umum, khusus dan inti. Diskriminasi ini membuat pengungsi tidak memperoleh akses untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Dalam komunitas pengungsi, Grandpa membangun laboratorium, salah satunya untuk meneliti kemungkinan tanaman (penghasil oksigen) bisa tumbuh.

Grandpa juga merawat anak-anak pengungsi yang terlantar, yaitu: Useless, Dummy dan Dumb-Dumb. Mereka bersahabat dengan Yoon Sa-Wol, pengungsi yang diadopsi Jung Seol-Ah, seorang pejabat militer.

Di kemudian hari Grandpa banyak membantu Jung Seol-Ah dan Knight 5-8 dalam menumbangkan rezim yang berkuasa.

   

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama Korea Black Knight

Pengungsi tidak dibutuhkan di dunia Cheonmyeong.

Baik sekarang atau nanti

Demikian prinsip Ryu Seok, pewaris Cheonmyeong Group. Karena menurutnya, pengungsi hanyalah masyarakat buangan. Mereka tidak masuk klasifikasi masyarakat yang pantas mendiami distrik umum, distrik khusus, terlebih distrik inti.

40 tahun silam, sebuah meteorit bertabrakan dengan bumi. Akibatnya sebagian benua tenggelam. Semenanjung Korea berubah menjadi gurun. Hanya 1 % penduduk yang bertahan hidup dalam udara yang tercemar. Tanpa masker, mereka hanya akan bertahan hidup selama 10 menit.

Agar tetap survive, penduduk sangat tergantung pada kiriman oksigen. Bekerja sama dengan Cheonmyeong Group, pemerintah membangun Air Core besar, tempat mengolah oksianum menjadi oksigen.

Sebagai perusahaan monopoli, Cheonmyeong Group membentuk pasukan kurir yang mendistribusikan oksigen dan makanan kebutuhan lainnya pada penghuni distrik umum,khusus dan inti, atau hanya penduduk yang memiliki kode QR.

Karena tidak berhasil masuk kelompok masyarakat terpilih, kelompok pengungsi tak mempunyai tanda QR. Kelaparan dan kekurangan oksigen membuat sebagian diantara mereka menjadi pemburu yang menjarah barang yang dibawa kurir.

Bersama teman-temannya, kurir 5-8 kerap menyusup ke kawasan pengungsi untuk membagikan oksigen dan makanan. Sebagai pemimpin para kurir, dia tahu harus ada aksi revolusioner untuk mengubah keadaan.

Tekadnya semakin kuat ketika melihat Ryu Seok melakukan banyak hal yang keji. Kendaraan-kendaraan yang lalu lalang untuk menjernihkan udara ternyata malah menghembuskan gas berbahaya. Vaksinasi pengungsi ternyata malah menyuntikan racun yang membuat mereka tewas.

Ryu Seok juga menculik ratusan anak remaja untuk eksperimen. Ryu Seok ternyata sekarat. Dia mengalami keracunan darah dan membutuhkan transfusi darah. Harapan sembuh muncul ketika dia melihat salah seorang kurirnya seorang mutan, atau mahluk berwujud manusia yang tak bisa mati.

Mutan tersebut adalah Yoon Sa-Wol, remaja pengungsi yang pernah diselamatkan Jung Seol-Ah, seorang pejabat militer. Bersama adiknya, Yoon Sa-Wol menganggap Yoon Sa-Wol sebagai anggota keluarga.

Tentu saja Jung Seol-Ah tak mau Yoon Sa-Wol menjadi tumbal Ryu Seok. Demikian pula Knight 5-8. Dia dan teman-temannya berhasil membantu Yoon Sa-Wol menjadi kurir bukan untuk dikorbankan nyawanya oleh Ryu Seok.

       

maria-g-soemitro.com

Review Drama Korea Black Knight

Kim Woo-Bin merokok? Dari serangkaian kejanggalan, adegan ini yang paling aneh. Bagaimana mungkin Kim Woo-Bin sebagai kurir 5-8 masih bisa merokok dalam dunia yang penuh dengan cemaran?

Bahan baku rokok kan tanaman tembakau, darimanan kurir/knight 5-8 bisa mendapatkan rokok? Impor dari luar negeri? Berarti hanya Korea dong yang mengalami kesulitan oksigen? 

Dan itu tidak mungkin. Kita tahu, hutan Indonesia adalah paru-paru dunia karena oksigennya menghidupi seluruh penduduk bumi. Termasuk penggambaran distrik inti, tempat tinggal/kantor petinggi Cheonmyeong yang hijau royo-royo.

Oksigen dari distrik ini akan bergerak ke distrik lain yang dikisahkan mengalami kesulitan oksigen. Mirip negara-negara Timur Tengah yang dipenuhi gurun pasir, penduduknya sehat sentosa, tidak kekurangan oksigen berkat udara yang mengalir.

Tapi ya sudahlah ya? Mungkin dijelaskan secara rinci oleh Lee Yoon-Kyun dalam webcomic-nya, sementara drama Korea “Black Knight” hanya 6 episode, gak cukup waktu untuk menggambarkan secara ilmiah. 

Drama ini fokus pada aksi Kim Woo-Bin sebagai “ksatria baja hitam” yang bertugas membela kebenaran dengan membasmi penjahat. Hihihi jadi  inget tayangan televisi tahun 90-an ini. 

Selain beberapa plot yang terlalu “maksa”, persahabatan Yoon Sa-Wol dengan 3 temannya sangat menarik dan melumerkan hati.  Dengan apik, sutradara memasukkan adegan-adegan mereka dalam 6 episode yang terasa sangat padat.

    

maria-g-soemitro.com
4 sekawan dalam drama Korea "Black Knight"

Adegan humanis lainnya muncul saat Grandpa menasehati anak-anak asuhannya. Dengan sedih dan telaten, mereka menjaga Yoon Sa-Wol yang tidur berhari-hari sesudah membiarkan tubuhnya dihajar preman.

Dibanding siuman dan menderita. lebih baik dia tidur

Tidur memulihkan tubuh, hati dan pikiran yang kacau

Setelah akhirnya Yoon Sa-Wol  siuman, Grandpa menghibur remaja yang kalut dan menyalahkan diri,  akibat kematian Jung Seul-Ah yang telah dianggap adiknya sendiri

Kesedihanmu akan berkurang tiap hari

Dan berubah menjadi kerinduan

Begitulah manusia menjalani hidup

Selipan drama humanis dalam suguhan drama sci-fi yang mencekam dari drama Korea “Black Knight”,  bertambah komplet dengan kehadiran Song Seung-Heon yang membuktikan kemampuannya berakting antagonis. Terlalu lama tenggelam dalam peran protagonist memang sungguh membosankan ya?

Terlepas dari bolong di sana-sini, drama Korea “Black Knight” digarap sangat apik. Sutradara Cho Ui-Seok sangat memperhatikan detail sehingga penonton bisa menikmati alur kisah dan seolah masuk dalam kehidupan mencekam di tahun 2071. 

Gak heran jika pada gelaran 2024 (60th) BaekSang Arts Awards – kelak, drama Korea “Black Knight” dinominasikan, bahkan berhasil menggaet salah satu penghargaan.

Baca juga:

Happiness, Ketika Cinta Diuji Virus Lytta

Suspicious Partner dan Gantengnya Suami Park Shin-Hye

Profile


    Drama: Black Knight

    Revised romanization: Taekbaegisa

    Hangul: 택배기사

    Director: Cho Ui-Seok

    Writer: Lee Yoon-Kyun (webcomic)

    Network: Netflix

    Episodes: 6

    Release Date: May 12, 2023

    Runtime:

    Language: Korean

    Country: South Korea

10 comments

  1. Black Knight, ulasan film yag ditulis oleh Mbak Maria ini benar-benar merebut hati pembaca. Dibuat betah menikmati aliran rasa yang dituangkan secara tertulis. Bahkan seakan pembaca berada dalam situasi yang digambarkan. Mantab mbak

    ReplyDelete
  2. Black knight ini sudah masuk list tontonan, penasaran dengan aktingnya Kim Woo bin dan Song Seung heon. yang biasanya dilihat hanya memerankan sosok baik-baik. Harus segera ditonton nih drama.

    ReplyDelete
  3. Saya jadi ngeri membayangkan, kalau kehidupan mendatang seperti itu ya, Mbak. Jalanan sepi, tidak ada aktivitas. Hanya terlihat kurir yang mengantar oksigen. Ngeri benar orang-orang sudah kekurangan oksigen. Apalagi adanya perbedaan prilaku untuk para pengungsi. Maka hadirlah para kurir yang berusaha menyusupkan oksigen ke daerah pengungsian.
    Dan Mbak Maria jeli sekali menangkap kurang kelogisan cerita. Kalau saya jugasering menemukan. Misalnya, aktornya awalnya tidak pakai kaos dalam, kok adegan selanjutnya sudah pakai hehehe.

    ReplyDelete
  4. Baca sinopsis Black Knight ini aq jadi penasaran gimana kerennya aksi Kim Woo-Bin saat jadi 5-8 aka Knight. Duh jadi kepo abid, tapi aq belum kelarin Dr Cha 🤭

    ReplyDelete
  5. Mungkin rokok di tahun mendatang bukan dibuat dari tanaman tembakau, melainkan dari sebuah rekayasa teknologi tertentu. Hehhe, karena genrenya sci-fi, aku jadi gak perlu memikirkan logika yang masuk. Cukup telen aja..
    Hanya yang dikhawatirkan adalah masalah kesehatan dari mas Woo Bin yang baru aja sehat beberapa tahun ini.

    Beneran pas narasinya dibacakan Woo Bin tuh berasa bukan Woo Bin Oppa.
    Suaranya makin berat dan seksi.

    ReplyDelete
  6. Saya selalu merinding setiap nonton film/drama sci-fi yang menceritakan tentang hancurnya masa depan. Apalagi terus menampilkan rekaman atau visual bumi yang rontok, efek kebakaran dimana-mana, gedung atau bangunan yang hancur dan manusia-manusia yang kelaparan dan berlomba-lomba bertahan hidup.

    Bikin merinding deh. Bisa jadi kan hal-hal seperti ini benar-benar akan terjadi di masa mendatang. Apalagi terus membahas soal kurangnya oksigen. Satu kebutuhan pokok hidup manusia. Aaaiihhh seseram itu kah Mbak?

    ReplyDelete
  7. Kalau melihat mbak Esom, makin gereget aja aktingnya.
    Cuma jadinya di sini rambutnya potong pendek ya, gak kayak di Taxi Driver yang terurai oanjang

    ReplyDelete
  8. Kesedihanmu akan berkurang tiap hari
    Dan berubah menjadi kerinduan
    Begitulah manusia menjalani hidup

    Quote yang sangat relate dengan keseharian kita kalau kita memahami ini, pasti tidak akan ada kebencian, atau pun kejahatan. Tapi begilah kehidupan, selalu ada sisi yang tidak bisa disandingkan. Ada siang ada malam, ada baik ada buruk, ada jahat ada baik. Pastinya akan selalu ada yang menegakkan kebenaran walaupun berat perjuangannya. Seperti di Black Night ini

    ReplyDelete
  9. Yang saya suka dari drama seperti ini, selalu ada pesan yang bisa diambil dan direnungkan. Saya baca review ini pun banyak hal yang bisa direnungkan.

    ReplyDelete
  10. Baru lihat thriller nya dan kayaknya seru banget filmnya mbak. Jadi gak sabaran pengen nonton, tunggu Drakor yg kutonton sekarang ini selesai lanjut deh nonton film black knight

    ReplyDelete