Defendant, Drama Korea Wajib Nonton!

     
drama korea


Innocent Defendant, Drama Korea Wajib Nonton!



Pernah membayangkan “terperangkap” di penjara? 

Bagaimana jika terkena kasus salah tangkap? Banyak terjadi kan? Ketik aja “dipenjara untuk kesalahan yang tak dilakukan” di mesin pencari, maka akan keluar kasus salah tangkap di seluruh penjuru dunia.  

Seperti yang dikisahkan Jang Hansol pemilik channel YouTube Korea Reomit dalam salah satu episodenya. Yaitu tentang seorang bernama Yoon Seongyeo yang ditangkap dengan tuduhan membunuh dan memperkosa dalam kasus pembunuhan berantai Hwaseong. 

Setelah disiksa 3 hari tidur dan tanpa sadar mengakui tuduhan, Yoon Seongyeo divonis seumur hidup.  Dia tak bisa meminta peninjauan ulang.karena tak ada bukti baru. Barulah 20 tahun kemudian, pembunuh aslinya dibekuk dan Yoon Seongyeo dibebaskan. 

Gimana kalo pembunuh asli tak ditangkap atau pembunuh asli keburu mati? Wah Yoon Seongyeo tak akan pernah menghirup udara bebas dan label sebagai pembunuh serta pemerkosa akan selalu menyertai. 

Mungkin, kasus orang dipenjara tanpa melakukan kesalahan apapun, mengilhami penulis skenario “Defendant” atau di viu.com  berjudul “Innocent Defendant”  Kemudian meraciknya dengan berbagai intrik hingga tersaji drama bergenre thriller legal yang memukau. 

Drama yang tiba-tiba ingin saya rewatch sesudah menonton akting Ji Sung di drama Korea “The Devil Judge”. Drama yang kurang nendang, walau akting Ji Sung tetap ciamik. 

Baca juga:
Ms. Hammurabi, Karena Pelecehan Seksual  Bukan Sekadar Dipegang 

Tell Me What You Saw, Takut Darah? jangan Nonton!

   
Ji Sung


Ji Sung  sebagai Park Jung Woo

Park Jung Woo, jaksa kasus pembunuhan yang berdedikasi. Dia melakukan banyak cara untuk membongkar kasus. Salah satunya kasus Cha Min Ho, anak pemilik Grup Chamyung yang kerap tak tersentuh hukum. 

Beristrikan Yoon Ji-Soo, perempuan sederhana yang mendukung suami secara total, membuat Jaksa Park Jung Woo bisa melakukan tugasnya dengan baik. Bujuk rayu materi dan kekuasaan dari orang yang berperkara tak mampu menggoyang pasangan ini. 

Dedikasi Jaksa Park Jung Woo diuji ketika menangani kasus Cha Min Ho, anak konglomerat, pemilik Chamyung Grup. Agar tetap bebas walau melakukan tindakan melanggar hukum, Cha Min Ho tak segan bertindak kejam.

  

Uhm Ki-Joon



Uhm Ki-Joon sebagai si kembar identik Cha Min-Ho- dan Cha Sun-Ho

Cha Sun-Ho menjadi presiden direktur grup Chamyung, sementara adiknya Cha Min Ho hanya mendapat jabatan wakil direktur yang tak pernah dilakoninya. 

Sebagai kakak, Cha Sun Ho kerap harus menyelesaikan kekacauan yang dibuat adiknya, Cha Min Ho. Salah satunya kegemaran Cha Min Ho menyiksa perempuan. 

Namun ada seorang perempuan yang tak pernah disiksa Cha Min Ho. Dia adalah Na Yeon-Hee, perempuan yang dicintai dan memberinya anak. Sayang, Cha Min Ho tidak bisa menikahi Na Yeon-Hee. Ayah mereka yang kejam dan materialistis memaksa Cha Sun Ho menikah dengan Na Yeon Hee, tanpa cinta.

  

Uhm Ki-Joon


Kwon Yuri sebagai Seo Eun-Hye

Seo Eun-Hye, pengacara publik yang kerap kalah perkara.  

Saat hampir mengundurkan diri, dia mendapat tawaran untuk menjadi pembela Jaksa Park Jung Woo, sosok yang dibenci karena sering mengalahkan Seo Eun Hye dalam menangani perkara. 

Seo Eun-Hye pernah diberi tahu Jaksa Park Jung Woo agar tidak mempercayai client, tersangka yang harus dibelanya. Namun kali ini, Seo Eun Hye percaya pada Park Jung Woo. Tanpa kepercayaan dia tak bisa menolong jaksa yang malang ini.

 

Cha Sun-Ho


Cha Sun-Ho sebagai Kang Joon-Hyuk

Jaksa Kang Joon-Hyuk, sahabat karib Jaksa Park Jung Woo. Mereka bareng kuliah hukum dan bersama pula dilantik sebagai jaksa. 

Diam-diam, Jaksa Kang Joon-Hyuk mencintai Yoon Ji-Soo, istri Jaksa Park Jung Woo. Karena itu di malam pembunuhan, dia datang untuk memberi hadiah bagi Park Ha-Yeon, buah cinta Jaksa Park Jung Woo dan Yoon Ji-Soo.

 

korean drama


Sinopsis Korean Drama Defendant

Cha Min-Ho merasa kesal.  

Perbuatannya menyiksa perempuan hingga tewas, ketahuan pihak berwajib. Stick golf bergravir namanya ditemukan. Diperberat  statusnya yang masih masa percobaan, Cha Min-Ho terancam hukuman 15 tahun. 

Kakak kembarnya, Cha Sun-Ho gagal membujuk Jaksa Park Jung Woo. Jaksa kasus pembunuhan yang getol mengejar dirinya. Yang lebih menyebalkan, Cha Sun Ho malah menyuruh untuk menyerahkan diri. 

Tiba-tiba, ide itu muncul. Dia bisa bertukar tempat dengan Cha Sun Ho. Caranya dengan membunuh Cha Sun Ho dan melaporkan bahwa yang mati adalah dia, Cha Min Ho. Kemudian membuat surat bunuh diri atas nama Cha Min Ho. 

Semua berjalan lancar. Cha Sun Ho berhasil dipukul dengan botol anggur dan dilempar dari lantai atas. Cha Sun Ho mati sebagai Cha Min Ho. Tak ada yang tahu. Kecuali istri Cha Sun Ho, Na Yeon-Hee. 

Na Yeon-Hee langsung mengenali karena dulu dia adalah kekasih Cha Min Ho, bahkan mengandung bayi Cha Min Ho. Jalinan kasih mereka terputus gara-gara ancaman ayah Cha Min Ho, pemilik Chamyung Grup. 

Sandungan lainnya adalah Jaksa Park Jung Woo. Jaksa yang tidak mempan sogokan ini, tidak percaya Cha Min Ho bunuh diri. Segala upaya dilakukan Jaksa Park Jung Woo untuk membuktikan bahwa Cha Min Ho telah membunuh kakak kembarnya. 

Dibantu tangan kanannya, Kim Suk , Cha Min Ho merancang skenario. Jaksa Park Jung Woo akan dipaksa mengakui telah membunuh istrinya sendiri demi menyelamatkan nyawa Park Ha-Yeon, anak Jaksa Park Jung Woo yang telah mereka culik. 

Rencana mereka berjalan lancar. Malah Cha Min Ho berhasil menempatkan Jaksa Kang Joon-Hyuk sebagai penuntut umum. Jaksa Kang Joon-Hyuk adalah sahabat karib Jaksa Park Jung Woo. Dia terpaksa menyetujui karena pada malam pembunuhan dia mampir ke rumah Jaksa Park Jung Woo. 

Jaksa Kang Joon-Hyuk takut dicurigai. 

Beberapa hari dalam tahanan, tak dinyana Jaksa Park Jung Woo hilang ingatan. Dia merasa sedih dan tertekan. Kondisi hilang ingatan ini mempermudah tuntutan hukuman mati bagi Jaksa Park Jung Woo. 

Beruntung, Jaksa Park Jung Woo mendapat bantuan hukum dari Seo Eun-Hye, pengacara publik yang tidak percaya Jaksa Park Jung Woo telah membunuh istri dan anaknya.

  

drama korea


Review Korean Drama Defendant

Mbak, kayanya lagi suka akting Bang Ji Sung ya?” 

He he he …pertanyaan seorang teman blogger tersebut sungguh menggelitik. Kata “lagi” kurang tepat. Saya suka akting Ji Sung. Saking sukanya, saya nonton hampir semua dramanya. Khususnya drama yang mengantar Ji Sung meraih penghargaan. 

Selain akting mumpuni, Ji Sung beruntung mendapat naskah yang bagus dan tim work yang solid. Gak heran drama Kill Me Heal Me” yang diperankan Ji Sung mampu menyalip rating Hyde Jekyll, Me yang diperankan Hyun-Bin 

Keduanya sama-sama memerankan sosok berkepribadian ganda dan tayang pada periode sama, bedanya drama yang diperankan Ji Sung tayang di MBC, sedangkan drama Hyun Bin di SBS. 

Hu hu hu Ji Sung mampu ngalahin Hyun-Bin yang punya pesona ampun-ampunan! 

Tapi kembali, gak hanya faktor akting Ji Sung yang membuat drama Korea “Innocent Defendant” mampu meraup rating 30,3 % pada episode akhir dan panen penghargaan.

Awards
2017 SBS Drama Awards - December 31, 2017
Grand Prize (Ji Sung)
Best Drama Award
Best Character (Uhm Ki-Joon)
2017 (1st) The Seoul Awards - October 27, 2017
Best New Actor (Kim Min-Suk)
Best Actor (Ji Sung) 

Banyak hal yang membuat  drama ini sukses, diantaranya akting aktor Uhm Ki-Joon yang membuat emosi penonton bak roller coaster, antara marah, sebel, greget dan kasihan. 

Cha Min Ho yang diperankan Uhm Ki Joon memang sadis dan jahat. Tapi dia korban ayah yang tamak, yang selalu membandingkan/mengunggulkan/menganak-emaskan Cha Sun Ho si kakak kembar/anak sulung. 

Cha Min Ho harus selalu mengalah. Tidak hanya harta dan kekuasaan, Na Yeon-Hee kekasih yang dicintainya pun harus diserahkan pada Cha Sun Ho. 

Kesadisan Cha Min Ho berkelindan dengan rasa sayang pada Na Yeon-Hee dan anak mereka. Tapi justru Na Yeon-Hee berkhianat dengan menyerahkan Cha Min Ho pada pihak yang berwajib. 

Kepiawaian akting Uhm Ki Joon tidak hanya menyukseskan drama Korea “Defendant”. Juga berhasil mengantar drama Korea Penthouse (1,2,3) memperoleh rating tinggi secara konsisten, dan sejumlah penghargaan (Penthouse 1). 

Kompleksnya Cha Min Ho yang diperankan Uhm Ki Joon inilah yang membuat saya menulis sinopsis dari sudut pandang Cha Min Ho. Perannya memberi “nyawa” pada drama Korea “Defendant”. 

Drama “Defendant” semakin menarik dengan banyak adegan bromance, serta kelakuan lucu para narapidana. Sungguh paket komplit. Mulai dari pembunuhan ngeri, komedi hingga adegan haru biru saat Jaksa Park Jung Woo bertemu anak perempuannya. 

Bukan berarti gak ada yang bolong dan mengundang tanya. Ada. Tapi tertutup keseluruhan kisah yang dikemas apik. Terbukti saya menonton ulang setelah kecewa dengan drama Korea “The Devil Judge” yang kurang menggigit. 

Baca juga:
The Devil Judge, Mahalnya Harga Keadilan 

Diary of Prosecutor, Karena Jaksa Juga Manusia

    

Profile (sumber)

Drama: Defendant (literal title)
Revised romanization: Pigoin
Hangul: 피고인
Director: Jo Young-Gwang
Writer: Choi Soo-Jin
Network: SBS
Episodes: 18
Release Date: January 23 - March 21, 2017
Runtime: Monday & Tuesday 22:00
Language: Korean
Country: South Korea


7 comments

  1. Wah ada kwon yu ri ya.. saya seneng banget dengan yuri nih. Menarik ya Ambu ketika menonton drama mengenai seseorang tak berzalah namun harus dihukum. Sya pun pernh nonton drama serupa

    ReplyDelete
  2. Menyukai informasi di dalam tulisan yang kemudian diangkat dalam sebuah drama film apik untuk ditonton san diambil ceritanya

    ReplyDelete
  3. Drama Korea ini selalu menarik untuk ditonton ya ambu. Gak pernah bosan tema-temanya. Aku belum berani nonton genre yang begini, kadang suka nyesek sendiri. Tapi ulasan dari ambu menarik banget!

    ReplyDelete
  4. Meski sudah 4 tahun lalu, kalau asik dan related memang menyenangkan untuk ditonton lagi. Apalagi drakornya banyak dapat award ya

    ReplyDelete
  5. Jisung lagi, Jisung lagi. Ada apa dengan Jisung ambu? Hehehe.

    Ada juga Innocent Witness ambu. Film Korea juga, tapi yang main itu Jung Woo Sung. Bagussss sekali ceritanya, berkebalikan dengan ini. Justru terdakwanya memang benar pembunuh aslinya, tapi dinyatakan bebas karena saksinya dianggap tidak kompeten lantaran mengidap autis.

    ReplyDelete
  6. Aku terhanyut sekali baca ceritanya.Entah mengapa ya cerita drama Korea itu penuh drama kehidupan sehari-hari,percintaan,kesedihan,kebahagiaan silih berganti,terkadang buat gemes ya mbak.Tetapi tidak membosankan.Baca sinopsisnya saja udah seru,apalagi nonton langsung ya.Bravo

    ReplyDelete
  7. Salah satu drakor favorit saya itu defendant. Jisung itu biasa ultimate saya. Berusaha untuk selalu nonton karya jisung. Sudah ngefans jisung dari deep rooted tree.

    ReplyDelete