Behind Your Touch, Psikometri Pembongkar Kasus Pembunuhan Berantai

  
maria-g-soemitro.com

Behind Your Touch, Psikometri Pembongkar Kasus Pembunuhan Berantai

Pernah mempertanyakan kebenaran anak indigo? Mereka kerap muncul dalam tayangan televisi yang menjelaskan anak indigo punya kemampuan istimewa, bisa menebak waktu dengan akurat, bisa menghitung perkalian yang sulit secara cepat dan lainnya.

Dr. Ryu Hasan, pakar neurosains Indonesia menjelaskan bahwa anak indigo sebetulnya anak dengan savant syndrome. Mereka termasuk autism, namun memiliki kemampuan yang luar biasa.

Diperjelas oleh dr Ryu (yang semasa kecilnya termasuk anak dengan autism), anak dengan savant syndrome memiliki kecerdasan di bawah normal, namun mempunyai bakat istimewa, misalnya dia mempunyai daya ingat kuat sehingga bisa menjawab pertanyaan terkait plat nomor, sejarah, peta dan lainnya.

Anak dengan savant syndrome mengalami gangguan pola perilaku yang berulang, gangguan bahasa dan kognitif, serta kesulitan interaksi sosial. Akibatnya mereka kerap dibully. 

Sebutan “anak indigo” digunakan sekelompok orang, termasuk orangtuanya, agar sang anak terhindar dari bullyan. Mereka diperkenalkan sebagai anak yang punya kemampuan “gaib” seperti bisa mendeteksi orang yang sedang demam, mampu menebak waktu dengan akurat dan sebagainya.

Namun, apakah sang anak indigo bisa menyembuhkan orang yang ditebaknya sedang demam tersebut? Tentu tidak. Kamuflase anak indigo malah akan menyulitkan usaha untuk mengoptimalkan tumbuh kembang mereka.

Penjelasan tentang anak indigo tiba-tiba muncul ketika saya sedang menonton drama Korea “Behind your Touch”. Dalam drama ini dikisahkan pemeran utama mempunyai kemampuan psikometri, bisa melihat kilasan masa lalu seseorang sewaktu memegang bokong-nya. 

Mirip dengan drama Korea "He is Psychometric"  yang berkisah tentan Lee An ( diperankan Jin Young) yang memiliki special psychometry ability. Dia bisa melihat memori seseorang ketika menyentuhnya. 

Perbedaan psikolog dan psikiater bisa teman-teman baca dari blognya Mbak Silvana, blogger Malang yang kerap menulis beragam kisah, mulai dari parenting, review, kulineran, dan masih banyak lagi.

Baca juga:

Hyde Jekyll, Me, Saat Hyun Bin Melakoni Kepribadian Ganda

Hello? It's Me!, Sosok dari Masa Lalu

  

maria-g-soemitro.com

Han Ji-Min sebagai Bong Ye-Bun

Betapa malang nasib Bong Ye-Bun. Pasca kematian ibunya yang dianggap sebagai bunuh diri, Bong Ye-Bun harus tinggal bersama bibi dan kakeknya, dokter hewan Jung Ui-Hwan di kota pedesaan Mujin.

Sang kakek menyambut kehadiran Bong Ye-Bun dengan dingin. Bahkan ketika di kemudian hari Bong Ye-Bun berhasil mengikuti jejaknya sebagai dokter hewan, sang kakek tidak menunjukkan kehangatan.

Beruntung Bong Ye-Bun berkenalan dan akhirnya bersahabat karib dengan Bae Ok-Hui, anak pemilik toserba yang sangat reaktif dan menyayanginya.

  

maria-g-soemitro.com

Lee Min-Ki sebagai Moon Jang-Yeol

Nekad membasmi kelompok narkoba pimpinan Chang Sik, Moon Jang-Yeol dimutasi dari Seoul ke kota pedesaan Mujin.

Moon Jang-Yeol sempat hopeless karena Mujin terlalu tenang dan damai.  Hanya ada kasus pertengkaran antar petani, kehebohan akibat sapi yang ngamuk serta kasus remeh temeh, khas pedesaan. Tak ada kasus kriminal.

Untunglah Moon Jang-Yeol bertemu dengan Bong Ye-Bun, dokter hewan yang mempunyai kekuatan psikometri. Berkat Bong Ye-Bun, dia berhasil melacak kejahatan Chang Sik dan membongkar kasus pembunuhan berantai.

maria-g-soemitro.com

Suho sebagai Kim Seon-Woo

Kim Seon-Woo terhubung benang merah dengan Bong Ye-Bun. Keduanya menjadi yatim piatu akibat kedua ibu mereka melawan kejahatan berbalut tindakan politik yang dilakukan Cha Ju-Man dan crony-nya

Bedanya, Bong Ye-Bun anak jurnalis yang menulis kebobrokan Cha Ju-Man, sedangkan Kim Seon-Woo anak ketua demonstran yang menentang kesewenang-wenangan Cha Ju-Man dan atasannya, Yoon Deok-Hyeon.

Kim Seon-Woo meninggalkan kampus setelah mengikuti kuliah kebangsaan yang menghadirkan Cha Ju-Man sebagai pembicaranya. Dia pindah ke Mujin, tempat Cha Ju-Man tengah bertarung untuk memperebutkan kursi walikota.

   

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama Korea Behind Your Touch

Meteor yang jatuh 100 tahun sekali di kota kecil Mujin, secara ajaib mengubah jalan hidup dokter hewan Bong Ye-Bun dan peternak sapi, Jeon Gwang-Sik. Keduanya mendadak  punya kekuatan super psikometri.

Bong Ye-Bun yang sedang memegang bokong sapi kala meteor jatuh, tiba-tiba bisa melihat masa lalu binatang maupun manusia ketika menyentuh pantatnya. Sedangkan kekuatan psikometri Jeon Gwang-Sik muncul saat memegang kaki binatang atau manusia.

Kemampuan psikometri ternyata sangat membantu pekerjaan Bong Ye-Bun sebagai dokter hewan. Dengan memegang bokong pasien, dia bisa mengetahui apa yang terjadi pada hewan peliharaan/hewan ternak, dan dengan jitu memberikan advisnya.

Tentu saja Bong Ye-Bun menutup rapat rahasianya. Dia tak mau penduduk Mujin menjadi heboh dengan kelebihannya. 

Perselisihan dengan Moon Jang-Yeol, seorang detektif polisi yang baru dimutasi dari Seoul ke Mujin, membuat Bong Ye-Bun terpaksa membongkar rahasianya.

Moon Jang-Yeol  segera menggunakan kemampuan psikometri Bong Ye-Bun. Dia berharap akan mendapat banyak point, jika berhasil menyelesaikan kasus, sehingga bisa kembali bekerja di Seoul.

Tak terduga, pembunuhan berantai melanda Kota Mujin yang biasanya aman dan damai. Dengan psikometrinya, Bong Ye-Bun melihat seorang pria melakukan tusukan berkali-kali pada korban. Sayang wajahnya tertutup mantel hijau berwarna hijau.

Apa motif si pembunuh? Polisi masih bingung. Tak ditemukan benang merah antar korban. Mereka adalah: seorang perempuan berprofesi  penyiar daring, seorang pria teman dekat Moon Jang-Yeol dan seorang perempuan yang berprofesi sebagai pelayan warung kopi.

Kasus semakin parah dan membuat kepolisian pusat turun tangan, setelah terjadi pembunuhan terhadap Cha Ju-Man, walikota Mujin yang baru terpilih, dan dokter Jung Ui-Hwan, kakek dari Bong Ye-Bun di kantor sang walikota.

Anehnya dokter Jung Ui-Hwan tewas dengan tangan memegang pisau pembunuh, sementara selama ini warga mengenalnya sebagai pendukung berat Cha Ju-Man.

Tak ingin kakeknya dituduh sebagai pembunuh, Bong Ye-Bun bergabung dengan Moon Jang-Yeol dan Jeon Gwang-Sik untuk mencari biang kerok pembunuhan berantai. 

Hasilnya? Jeon Gwang-Sik menduga ada orang ketiga yang mendapat kekuatan psikometri pada malam jatuhnya meteor. Orang tersebut mengetahui kelebihan Bong Ye-Bun dan Jeon Gwang-Sik dan dengan liciknya berhasil mengelabuhi agar kejahatannya tak terdeteksi.

  

maria-g-soemitro.com

Review Drama Korea Behind Your Touch

Diawali kernyitan dahi di episode awal, mau gak mau saya harus tersenyum dan  angkat jempol untuk drama Korea “Behind Your Touch”.  Episode awalnya tuh enggak banget, masa psikometri-nya via bokong? 

Penampilan Han Ji-Min juga aneh. Setelah menjadi gadis genit dan gemar menggoda Kim Woo Bin dalam drama Korea “Our Blues”. Han Ji-Min berubah menjadi dokter hewan Bong Ye-Bu  yang ndeso, berbusana old fashioned, tanpa riasan, dan tomboy

Mungkin karena penulis scenario harus meramu drama romcom (romantic, comedy) ya? 

Selain penampilan para bintang, cast-nya pun bikin takjub, Jeon Gwang-Sik si buruk rupa disandingkan dengan Cho Ae-Ran yang semlehoy. Ditambah pasukan berani matinya Bae Ok-Hui, sahabat Bong Ye-Bun, lengkap sudah drama Korea “Behind Your Touch” mencampur berbagai karakter.

 Gak heran rating drama Korea “Behind Your Touch” lumayan banget.  Diawali dengan rating 5.275% (nationwide) dan 5.610% (Seoul), dan mengakhiri dengan rating  9.299% (nationwide) dan 9.250% (Seoul) di episode akhir (data AGB Nielsen)

Tandem Han Ji-Min. aktor Lee Min-Ki yang berperan sebagai detektif polisi Moon Jang-Yeol tentu saja juga menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan drama Korea “Behind Your Touch”. Keduanya berhasil menjalin chemistry yang menawan.

Demikian pula musik dan sinematografinya. Namun yang bikin rating drama ini meningkat,  pastinya adalah alur cerita yang semakin lama semakin intens. Penonton diajak menebak pelaku pembunuhan berantai. Bahkan saya sempat terkecoh, mengira pelakunya adalah dokter Jung, kakeknya dokter Bong Ye-Bun. 

Begitu asyiknya sampai penonton melupakan banyak detail yang terlewat. Seperti keberadaan Kim Seon-Woo, sebagai mahasiswa berprestasi, dia meninggalkan bangku kuliah setelah bertemu Cha Ju-Man, politisi yang jadi penyebab hilangnya ibu kandung Kim Seon-Woo.

Anehnya, sepindahnya di kota Mujin, Kim Seon-Woo tak melakukan aksi balas dendam. Dia “hanya” menjadi pegawai minimarket dan menekuni hobi bertukang. Lha ngapain pindah atuh?

Keanehan lainnya, detektif polisi Moon Jang-Yeol yang diikat dan dikepruk geng narkoba hingga berdarah-darah. Tiba-tiba, (bersama dokter Bong Ye-Bun)  berhasil membuat geng narkoba tersebut kocar kacir.

Tapi sudahlah, mungkin writernim terlalu sibuk merangkai kisah yang lumayan kompleks, sambil  memasukkan adegan lucu yang harus diperankan aktor/aktris bukan komedian.

Bagaimana penilaian akhir drama Korea “Behind Your Touch”? 

Recommended dong, apalagi jika Anda kebetulan sudah menonton akting Han Ji-Min, seperti dalam drama Korea “Our Blues, drama Korea “One Spring Night”, drama Korea “Hyde Jekyll, Me”, pasti bakal angkat jempol untuk aktingnya.


Baca juga:

Our Blues, Drama Korea Bergaya Omnibus yang Bikin Penonton Ternano-nano

One Spring Night. Pilih Pasangan Mapan Atau Nyaman?

Profile

Drama: Behind Your Touch (working title)

Revised romanization: Hibhage

Hangul: 힙하게

Director: Kim Suk-Yoon

Writer: Lee Nam-Kyu

Network: JTBC

Episodes: 16

Release Date: August 12 - October 1, 2023

Runtime: Saturday & Sunday 22:30

Language: Korean

Country: South Korea


12 comments

  1. Jadi ini romcom, ya. Pertama baca artikel ini juga ngakak sih psikometri kok harus lewat bokong.

    ReplyDelete
  2. Aduuh Lee Min-Ki manis sekali sih....
    Kalo kata Ambu Recommended, akan diluangkan waktu untuk nonton.
    Seru pasti nih, bongkar kasus pembunuhan berantai dibaliknya ada politik. Lengkap sudah ketegangannya

    ReplyDelete
  3. Jadi penasaran sama penjahat yang sebenarnya. Mudah ketebak atau ternyata di luar dugaan ya? Penasaran juga saya jadinya.

    ReplyDelete
  4. Saya baru mulai nonton KDrama ini Mbak. Baru 3 episode. Awal-awal memang belum begitu menarik tapi sejak banyak kejadian seru dan lucu Ye-bun yg harus megang bokong untuk tahu cerita di balik layar seseorang atau sesuatu, saya jadi banyak ngakaknya hahahaha. Ada aja ya ide writer-nim untuk menemukan sudut cerita yang unik. Mau saya tamatkan dalam minggu ini. Suka banget dengan actingnya Ji-min yang kocak dan lucu itu.

    ReplyDelete
  5. Awalnya aku pun mengernyitkan alis...psikometri melalui bokong...hihi. Kebayang kalo kejadian beneran...
    Seru juga nih, kasus pembunuhan smp melibatkan pusat. Jadi penasaran...

    ReplyDelete
  6. Saya sempat nonton episode awal-awalnya nih, karena lucu banget :D
    Sayang belom ada waktu lagi buat lanjutin.
    Seru sih, liat adegan sentuh bokong biar dapat penglihatan, hahaha.
    Kalau adegan lucu-lucu tuh ya, sulit di skip deh :D

    ReplyDelete
  7. Jadi ini drama yang diceritain oleh adek iparku beberapa waktu lalu. Semangat banget dia ngajak aku nonton drama ini haha. Ternyata, setelah baca ulasan ambu, memang bagus, kudu aku tonton. Aiih ada Lee Min-ki!

    ReplyDelete
  8. Aku kira bakal klise kasus pembunuhan bakal mudah ketebak, ternyata gak terduga jadi bertahan sampai episode terakhir

    ReplyDelete
  9. Telaten sekali ya Mbak. Saya kalau episode awal tidak intens langsung bye bye, ga nengok lagi. Awal bagus di tengah kedodoran juga saya mandek.
    Melihat ratingnya yang jadi joss banget di akhir, pastinya senang banget karena terus bertahan.

    ReplyDelete
  10. Awalnya aku ngakak ngakak waktu beberapa temanku bahas drakor satu ini di grup. Anomali banget yaaa kalau megang bokong baru bisa lihat masa lalu seseorang. Udah gitu yang satunya kudu megang kaki pula. Wkwkwk. Banyak banget yang rekomen drakor Behind Your Touch ini, ya, Ambu. Aih, aku belum punya kesempatan nontonnya malah.

    ReplyDelete
  11. Aku kemarin juga nonton ini bund. Awalnya lucuk, makin ke sini makin kerasa thrillernya hahah. Lha gimana tiap menebak siapa pembunuhnya, eh karakter yang aku tebak dibunuh hehe. Tapi aku suka sih dramanya karena banyak selipan komedi. Trus yang masih aku bingung pembunuhnya bilang tak ada alasan khusus dan orang2 yang meninggal kek urusannya masih banyak yang belum selesai. kyk kmrn endingnya berasa cepet belum ada penyelesaian buat pihak2 tertentu hehe

    ReplyDelete
  12. Baca sinopsis ada meteor jatuh terus bisa bikin lihat masa lalu binatang maupun manusia pas menyentuh bokong kok aku jadi ngakak ya, udah kebayang ada bumbu-bumbu komedia meskipun tema ceritanya agak misteri gitu. Seru nih kayanya kalo ditonton terus

    ReplyDelete