Our Blues, Drama Korea Bergaya Omnibus yang Bikin Penonton Ternano-nano

    
maria-g-soemitro.com


Our Blues, Drama Korea Bergaya Omnibus yang Bikin Penonton Ternano-nano

“Malu mbak, malu,” kata Putri Candrawati, istri Ferdy Sambo yang menjadi tersangka pembunuh Brigadir J.

Huhuhu….masih rame ya kisah pembunuhan Brigadir J yang bernama lengkap Nofriansyah Yosua Hutabarat?  Kasus ini membetot perhatian publik, tidak saja disebabkan fakta jasad yang nampak aneh, mirip tanda-tanda penyiksaan. Juga karena tuduhan alm Brigadir J, sebagai ajudan telah melecehkan Putri Candrawati (PC), atau istri atasannya.

Ada yang mati-matian mendukung alasan ini. Di lain pihak, beberapa pakar melihat tuduhan pelecehan seksual terlalu mengada-ada. Ahli psikologi forensik, Reza Indragiri Amriel secara telak menjelaskan kondisinya tidak memungkinkan.

Kasus melebar pada kemungkinan PC berselingkuh dengan almarhum. Kemungkinan lainnya, Ferdy Sambo memiliki bisnis illegal yang diketahui almarhum, serta opini liar lainnya.

Akhirnya, kasus ini menjadi multi dimensi. Setiap orang mempunyai kisah. Brigadir J punya keluarga yang saling menyayangi, sekaligus memiliki kekasih cantik yang siap dinikahi. Bharada E, anak muda yang merasa exciting dengan profesinya. Irjen Ferdy Sambo punya banyak intrik. Setiap kisah terhubung dalam benang merah pembunuhan di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta 

Mirip drama Korea: Our Blues yang mengusung konsep omnibus. Ibarat sebuah rumah dengan banyak kamar kenangan didalamnya. Setiap kamar dihuni orang berbeda dengan konfliknya masing-masing. 

Mulai dari kisah anak ABG yang married by accident, persahabatan yang terputus karena salah paham, kakak yang malu mempunyai adik difabel sampai kisah nenek Kang Ok-Dong yang dibenci anak kandungnya.

Karena memotret kisah suatu masyarakat di Pulau Jeju, pastinya drama Korea: Our Blues lebih kompleks, namun sangat indah, dan jauh dari ‘mengerikan’. Perseteruan keluarga selalu berakhir manis. Kesalah pahaman sepasang kekasih terselesaikan dengan amat baik lewat komunikasi.

Sudah semestinya hidup seperti itu bukan?

Baca juga:

Time, Drama Korea Korban Perilaku Gaslighting

Penthouse, Kisah Halu yang Penuh Teriak Kemarahan

    
maria-g-soemitro.com

Lee Byung-Hun sebagai Lee Dong-Seok

Lee Dong-Seok, anak tunggal Kang Ok-Dong setelah anak sulungnya meninggal. Kematian yang membuat Kang Ok-Dong menjadi perempuan murung dan ‘aneh’ karena menganggap diri tak berguna.

Di lain pihak, Lee Dong-Seok yang tak memahami ibunya, hanya bisa menahan amarah melihat sang ibu menikah dengan teman almarhum ayahnya. Bertambah marah ketika dirinya dipukuli saudara-saudara tiri dan sang ibu diam saja.

Keadaan menjadi tak tertahankan ketika salah seorang saudara tiri Lee Dong-Seok melakukan hubungan badan dengan Min Seon-A, perempuan yang diam-diam dicintainya.

Berbekal emas dan uang yang diambil dari ayah tirinya, Lee Dong-Seok muda keluar dari rumah, menggelandang dan akhirnya menjadi penjual keliling. 

Dia sangat membenci ibunya, sampai nyaris mengabaikannya saat teman-temannya memberitahu bahwa sang ibu mengidap kanker stadium lanjut.

  

maria-g-soemitro.com

Shin Min-A sebagai Min Seon-A

“Jika kamu punya banyak pertanyaan pada ibumu, mengapa tak kau tanyakan?” Anjuran Min Seon-A pada Lee Dong-Seok menjadi awal rekonsiliasi antara Lee Dong-Seok, pria yang dicintai dan mencintai Min Seon-A, dengan ibunya.

Padahal Min Seon-A sendiri punya masalah. Dia mengalami depresi berat hingga berulangkali berusaha merusak hidupnya. Suaminya menceraikannya. Anaknya ketakutan bertemu dengannya.

Beruntung ada Lee Dong-Seok, pria yang mencintai sejak dia masih SMP dan Lee Dong-Seok duduk di bangku SMA. Mereka saling menguatkan.

   

maria-g-soemitro.com

Lee Jung-Eun sebagai Jung Eun-Hui

Jung Eun-Hui , perempuan berumur yang masih lajang. Sepeninggal ayah ibunya, dia kerja keras sejak pagi buta untuk membiayai hidupnya dan adik-adiknya.

Hasil kerja kerasnya berbuah manis, dia menjadi salah seorang terkaya di Pureung Pulau Jeju. Namun, walau propertinya bertebaran, Jung Eun-Hui tetap bekerja keras dan hidup sederhana, di pagi berangkat ke pelelangan ikan, dan siang harinya berjualan ikan di pasar Pureung.

Jung Eun-Hui selalu merasa menjadi perempuan buruk rupa, yang membuatnya ditolak cinta pertamanya, Choi Han-Su, dan diperlakukan sebagai budak oleh sahabatnya yang cantik, Ko Mi Ran.

   

maria-g-soemitro.com

Han Ji-Min sebagai Lee Yeong-Ok

Lee Yeong-Ok, pendatang baru yang mendapat julukan perempuan dari daratan. Lee Yeong-Ok semula tidak disukai kelompok perempuan pencari abalone, karena dianggap pembohong dan genit pada banyak pria. Khas budaya nyinyir pedesaan yang melihat Lee Yeong-Ok begitu bebas menyapa pria dan mendapat telpon ‘seseorang’ pada waktu-waktu tertentu.

Yang sebenarnya terjadi,  Lee Yeong-Ok sedang melarikan diri dari kembarannya. Sang adik/kembarannya sungguh berbeda dibanding Lee Yeong-Ok yang cantik dan sexy. Sang adik mengidap down syndrome dan menjadi beban Lee Yeong-Ok sejak orang tua mereka meninggal dunia.

Berkat kekasihnya, Park Jeong-Jun, akhirnya Lee Yeong-Ok bisa berdamai dengan adiknya, yang ternyata mempunyai bakat terpendam.

www.maria-g-soemitro.com


Sinopsis drama Korea: Our Blues

Mutasi tugas dari Bank SS Seoul  ke Pureung, Jeju disambut Choi Han-Su dengan murung. Dua puluh tahun silam berlalu, sejak dia meninggalkan daerah tempatnya bersekolah di SMA Changmun, di Pulau Jeju, apakah masih ada yang tersisa?

Ternyata masih! Ada 3 temannya yang selalu bersama sejak sekolah dan kini mencari nafkah di pasar ikan Pureung, mereka adalah Jung Eun-Hui, Jung In-Gwon dan Bang Ho-Sik.

Namun mereka telah berubah. Khususnya Jung Eun-Hui, perempuan yang dianggap buruk rupa di kelas dan pernah tiba-tiba mencium Choi Han-Su. Dia kini telah menjadi perempuan lajang yang kaya raya, tempat adik dan teman-temannya meminjam uang.

Choi Han-Su, mantan pemuda ganteng yang dulu menjadi idola para gadis, tiba-tiba mendapat ide untuk memanfaatkan Jung Eun Hui. Kondisi keuangan Choi Han-Su terancam bangkrut karena harus menyekolahkan anak semata wayangnya menekuni golf di Amerika Serikat. 

Beruntung teman-temannya, khususnya Jung In-Gwon dan Bang Ho-Sik muncul untuk memperingatkan Jung Eun Hui. Dan Jung Eun Hui bisa berucap:

Aku terimakasih karena kau tidak hancur dan masih keren

Karena kalau tidak, 

Semua ingatan masa mudaku akan hancur

Padahal Jung In-Gwon dan Bang Ho-Sik punya masalahnya sendiri. Semula merupakan sahabat kental, gara-gara salah paham, dua orang duda beranak tunggal ini, sekarang bermusuhan. Permusuhan yang tidak berlaku pada anak mereka. Malah anak mereka berpacaran dan kebablasan, akibatnya anak perempuan Bang Ho-Sik hamil. 

Tak mudah bagi keduanya untuk menerima kenyataan. Mereka pernah menggantungkan impian, anak-anaknya akan bersekolah tinggi, tidak seperti mereka yang berpendidikan rendah, hingga Bang Ho-Sik hanya bisa berjualan es batu, dan Jung In-Gwon berjualan sundae di pasar ikan Pureung.

Namun sebagai laki-laki, Jung Hyeon (anak Jung In-Gwon) bersikukuh, dia mampu membiayai istri dan anaknya. Dia berhenti sekolah hanya untuk sementara. Setelah istrinya melahirkan anak dan menyelesaikan sekolah, Jung Hyeon bisa mengikuti program kelulusan sekolah lanjutan dan melanjutkan kuliah di perguruan tinggi.

Pasangan muda usia yang harus menjalani pernikahan dini, hanya butuh restu dari orangtua mereka.

   

www.maria-g-soemitro.com

Review Drama Korea: Our Blues

Kok keren banget sih ini drama? Setelah mencari tau tentang sutradara dan penulis scenario, barulah paham. Sang sutradara adalah Kim Kyu-Tae, yang besutan dramanya: Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo berhasil menyabet banyak awards. Dia juga menyutradarai drama Korea: It's Ok, This is Love yang menghasilkan penghargaan tak kalah banyak. 

Bukan kali ini saja dia bekerja dengan penulis scenario, No Hee-Kyung. Drama Korea: Drama: That Winter, The Wind Blows (2013) yang diperankan Zo In-Sung dan Song Hye-Kyo, tidak saja membuat banyak penonton termelow-melow, juga berhasil memperoleh banyak penghargaan dari 2013 SBS Drama Awards dan 2013 (49th) BaekSang Arts Awards 

Sutradara dan penulis scenarionya keren, apalagi para pemerannya. Bertaburan aktor/aktris langganan peraih award, membuat drama Korea: Our Blues menjadi sarana adu akting. Mulai dari Lee Byung-Hun, aktor kelas A yang kerap mondar mandir di layar perak, hingga aktris senior seperti nenek Kim Hye-Ja dan nenek Ko Du-Shim yang memenuhi profil mereka dengan deretan penghargaan. 

Jadi apa dong kurangnya? Hampir gak ada. Penonton dibuai dengan keindahan pulau Jeju, birunya lautan, keajaiban sunrise dan sunset, musik yang nendang, sinematografi yang ciamik sampai plot twist yang rapi, membuat saya berpikir drama Korea: Our Blues akan menyabet BaekSang Arts Awards, penghargaan bergengsi industry seni Korea Selatan yang telah digelar sejak 1965.

Sayang, harapan saya gak terwujud. Atau belum? Karena 2022 (49th) BaekSang Arts Awards berlangsung Mei 2022, sementara drama Korea: Our Blues tayang April – Juni 2022.

Apapun itu, saya suka drama ini. Masih belum move on dari acting pemainnya. Seperti Cha Seung-Won (yang punya sederet award juga) berperan sebagai si pecundang, Choi Han-Su. Rasanya gak percaya, dialah si arogan Woo Hwi-Cheol dalam drama Korea: A Korean Odyssey.

Saya juga jadi paham alasan Shin Min-A gak bersanding dengan kekasihnya, Kim Woo-Bin (eh masih pacaran gak ya?) dalam drama ini, karena emang gak cocok dengan scenario.

Ups lupa, ada kok kelemahan drama ini, yaitu Kim Woo Bin kelamaan diambil adegan cakepnya, hehehe.😁😁

Shin Min-A yang mengalami gangguan kesehatan mental, pas banget berdampingan dengan Lee Byung-Hun yang berperan sebagai orang urakan yang membenci ibunya tapi cinta mati pada Min Seon-A (Shin Min-A).

Nah adegan Lee Byung-Hun yang memerankan penjual keliling ini yang bikin ketawa. Sekaligus bikin geleng-geleng kepala. Memerankan Lee Dong-Seok yang temperamental, Lee Byung-Hun harus berakting sebagai penjual yang pemarah, pembenci ibunya, sekaligus pecinta tulus pada Min Seon-A (Shin Min-A).

Kisah cinta tulus memang mewarnai drama Korea: Our Blues, antara pasangan kekasih, antara kakak adik, sahabat, serta teman. Tanpa mengenal usia, tua muda saling menguatkan. Cinta tulus yang diterpa banyak cobaan, dan terajut kembali berkat benang-benang kasih yang tak pernah musnah. Karena itu tepat banget quote berikut ini:

Apapun yang terjadi, berpikirlah positif

Topan telah berlalu melewati laut

Hari ini, kita harus semangat

Baca juga:

Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, Anak Perawan di Sarang Pangeran

It's Okay, To Not Be Okay; Yakin Mental Anda Sehat?


Profile Drama Korea: Our Blues


    Drama: Our Blues (literal title)

    Revised romanization: Woorideului Blues

    Hangul: μš°λ¦¬λ“€μ˜ λΈ”λ£¨μŠ€

    Director: Kim Kyu-Tae

    Writer: No Hee-Kyung

    Network: tvN

    Episodes: 20

    Release Date: April 9 - June 12, 2022

    Runtime: Sat. & Sun. 21:10

    Language: Korean

    Country: South Korea


11 comments

  1. Berarti misteri Sambo dkk ini jg amat layak dijadikan omnibus ya?

    Terlalu complicated bgt, lebih kompleks ketimbang drakor πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† aku nonton omnibus our Blues ini baru 2.eps doang.

    Kapan2 mau lanjutt lagi ah

    ReplyDelete
  2. Membaca berulang dan membiasakan membaca K film review menjadi titik terang buat pembaca seperti saya

    ReplyDelete
  3. quote nya mantap Ambu, btw kok jadi pengen nonton ya, seru juga kalau ada cerita drakor yang mirip-mirip cerita belum berujung dari Rambo eh salah pak Sambo :D

    Apalagi jenis Omnibus gini ya, saya selalu suka cerita-cerita omnibus yang biasanya sih lebih mendalam ketimbang film panjang :D

    Apalagi kalau memang ceritanya menarik kayak Our Blues ini

    ReplyDelete
  4. Kalau sebagian besar org nonton drakor harus luat aktornya dulu ganteng atau cantik, kalau saya yang pertama harus jalan ceritanya dulu.


    Kayak our blues ini, nih jalan ceritanya sepertinya menarik meski aktor utamanya udah berusia matang

    Apakah akan saya masukkan dalam daftar tontonan selanjutnya??

    Hmmm....sepertinya iyaa ☺️

    ReplyDelete
  5. Quotenya keren nih ambu,
    Apapun yang terjadi, berpikirlah positif
    Topan telah berlalu melewati laut
    Hari ini, kita harus semangat
    Terkadang cinta tulus memang harus melalui banyak lika-liku ya ambu hingga akhirnya terajut kembali. 2 jempol untul DraKor Our Blues, keren

    ReplyDelete
  6. Amazing yaa, Ambu.
    Ini drama penuh dengan aktor ternama. Jadi bingung pas digeruduk banyak bintang TOP dan mereka punya konflik masing-masing.
    Pertama kali lagi liat Woo Bin di layar kaca, langsung bikin histeris dengan deep voice-nya.
    Keren...keren.

    ReplyDelete
  7. Saya juga suka banget dengan serial ini. Materi-materi yang ingin saya bahas sudah tak buatkan listnya sebagai materi tulisan.

    Baca ini saya baru dengar istilah OMNIBUS. Perbendaharaan kata baru nih buat saya. Maknanya ternyata dalam banget ya. Sebuah tempat yang memiliki banyak kamar dengan cerita masing-masing. Seperti hotel boutique dengan kamar yang interior designnya berbeda-beda.

    Saya kagum banget dengan actingnya Byung-hun di drama ini. Terlihat banget skala internasionalnya si Ahjussi yang satu ini. Dan saya selalu ketawa lihat dia jualan dalam tepuk tangan dan menghentak-hentakkan kaki plus pakai loud speaker untuk mengundang pembeli. Tampak natural banget ya.

    ReplyDelete
  8. Nggak nyangka ya, serumit itu ceritanya, harus ada benci, marah dan lainnya. Sy kira judulnya yang simple "our blus", kisahnya jebul bertabur hikmah.

    ReplyDelete
  9. Hidup itu penuh drama. Apa yang terjadi di dunia nyata kadang lebih dari drama dalam film. Kisah brigadir j adalah contoh nyata yang lebih keji dari film. Gak nyangka jika ada film omnibus yang isinya banyak problema. Kalau ditanya begitulah hidup. Ya memang begitu, tapi terlalu ngeri untuk dibayangkan. saya milih hidup damai tanpa kengerian. Gak berani bayangin soalnya.

    ReplyDelete
  10. Salah satu drakor yg relate dg kehidupan penonton. Semua masalahnya dekat dan dimainkan sama aktor2 ternama, keren sih, aku suka drakor ini

    ReplyDelete
  11. Moon lovers, aku udah nonton dramanya dan keren banget. Susah move on sampe sekarang. Our blues, sam sutradara nya dengan moon lovers. Yakin aku pasti dramanya nggak kalah keren. Penasaran pengen nonton deh jadinya. Tapi sekarang lagi stop dulu ngedrakor. Karena bisa buat begadang. Wkwk

    ReplyDelete