Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, Anak Perawan di Sarang Pangeran

 


Pernah baca novel  “Anak Perempuan di Sarang Penyamun”? Terbit tahun 1941 (sebelum kemerdekaan ๐Ÿ˜Š ), karya fenomenal ini pernah difilmkan oleh Usmar Ismail pada 1962, namun dilarang beredar karena beberapa alasan.

Nah, drama “Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeomengingatkan saya pada novel tersebut. Sayu dalam novel karya Sutan Takdir Alisyahbana mirip Hae Soo dalam drama Korea yang diperankan si cantik, IU.

Sama-sama anak gadis yang terperangkap di tengah sekelompok pria. Sayu tak berkutik dalam tawanan Medasing, kepala perampok. Hae Soo tak berdaya saat terlempar dari abad milenial ke era dinasti Goryeo dan harus berhadapan dengan sekumpulan pangeran, anak Raja Taejo.

Oh ya, ada kesamaan lain, Sayu dicintai Samad, anak buah Medasing. Sementara Hae Soo ditaksir beberapa orang pangeran, sehingga jalinan kisah menjadi seru. Adegan romantis berkelindan dengan adegan kocak. Kemarahan dan tangisan tumpah tindih dengan derai tawa.

Bahkan klimaksnya terjadi pertumpahan darah. Raja harus melihat perempuan yang sangat dicintai, mati di tiang gantungan. Kakak harus menebas adik kandung agar tidak mengalami kesakitan berkepanjangan. Kakak menikahi adik kandung demi melenggangkan kekuasaan. Serta pastinya intrik yang membuat kehidupan istana bak neraka.

Nggak heran, haru biru drama “Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo” dibuat berdasarkan novel Tiongkok “Bu Bu Jing Xin” karya Tong Hua. Sehingga penokohan/karakter pemain dan setting diracik sangat detail.

Ditambah nggak hanya IU, bintang papan atas yang  berhasil menghidupkan drama “Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo”, juga sederetan aktor cowok ternama yang gantengnya bikin klepek-klepek, seperti Lee Jun Gi , Nam Joo Hyuk dan Kang Ha Neul.

Mereka bermain maksimal, membuat SBS Drama Awards (2016) dengan senang hati menganugerahi beberapa award untuk drama “Moo Lovers: Scarlet Heart Ryeo”, yaitu:

  • Excellent Actor(fantasy) (Kang Ha-Neul)
  • Special Actress (fantasy) (Seohyun)
  • Ten Star Award (Lee Joon-Gi)
  • New Star Award (Baekhyun)
  • Hanryu Star Award (Lee Joon-Gi)
  • Best Couple Award (Lee Joon-Gi/IU)

Namun penghargaan yang terbesar pastinya dari penonton. Drama besutan tahun 2016 ini masih digandrungi. Mereka nggak hanya sekali, namun berulangkali menontonnya. Dan penggemar yang seperti ini biasanya meminta produsen membuat serial lanjutannya. Seperti komen (26/09/2020)  berikut yang saya kutip dari asianwiki.com

I have watched quite a few kdramas and i never re-watch them again. But for this drama i watched the entire episode twice and i still cant get enough of it! I loved everything about the drama. I like how Hae So got along with all the Princes and i especially loved her chemistry with Wang So. Joon Gi was excellent as Wang So. I dont think i can move on from this one.



IU sebagai Hae Soo

Gadis milenial yang terdampar ke Dinasti Goryeo saat gerhana matahari total. Sebagai gadis yang hidup di abad 21, dia mempelajari sejarah negaranya, dan tentu saja dia bahwa akan terjadi pertumpahan darah.

Hanya seorang ahli perbintangan dan raja yang sedang berkuasa, Raja Taejo yang mengetahui jati diri Hae Soo. Raja Taejo pula yang menarik Hae Soo dari status budak cuci menjadi pendamping di saat akhir hidupnya.



Lee Joon Gi sebagai Wang So/King Gwang Jong

Pangeran ke-4 yang kesepian karena menjadi korban ambisi ibunya. Sehingga tidak hanya wajahnya yang cacat, Wang So juga diasingkan ke keluarga Kang di Shinju.

Tumbuh tanpa kasih sayang, Wang So mendapat mendapat julukan “serigala” sebab rumornya sering membunuh orang.

Sebetulnya yang terjadi,  Wang So hanyalah membela diri dan bertahan hidup. Termasuk sewaktu kembali ke lingkungan istana. Queen Yo. Sang ibu dengan tega melarang Wang Jung, adik kandung Wang So untuk  tidak  berada di dekat Wang So:

“Jangan berada dekat dengannya. Dia membawa kesialan pada siapapun yang dekat dengannya.”

Cuma Hae Soo yang paham betapa pedihnya hidup Wang So.  Hae Soo juga yang menyelamatkan Wang Soo dengan menyamarkan bekas luka saat menjadi pemimpin upacara memanggil hujan.

Tak pelak, apa yang dilakukan Hae Soo membuat Wang Soo jatuh cinta. Baru kali inilah ada sosok yang mau memahami, mendengarkan dan menyembuhkan luka hati Wang So.

Sayang banyak peraturan kerajaan yang harus dipatuhi yang tidak memungkinkan mereka bersatu dalam pernikahan.



Kang Ha Neul sebagai Wang Wook

Pangeran ke-8, suami Lady Hae, sepupu Hae Soo.

Mereka saling jatuh cinta. Sayang ketidak tegasan Wang Wook membuat Hae Soo menderita. Saat Hae Soo membutuhkan pertolongan, Wang Solah yang hadir, bukan Wang Wook.

Jejak kisah cintanya dengan Hae Soo menjadi penyebab Wang So murka dan tega mengusir Hae Soo keluar dari istana.



Baek Hyun sebagai Wang Eun

Pangeran ke-10 yang mencintai Hae Soo karena keberaniannya. Hanya Hae Soo yang berani menyuruh seorang pangeran untuk minta maaf.

Sayang cintanya bertepuk sebelah tangan. Hae Soo menganggap Wang Eun sebagai sahabat baik yang lucu dan selalu menghiburnya. Akhirnya Wang Eun luluh dalam pelukan  Park Soon Duk, anak Jendral Park yang dijodohkan dengannya.



Sinopsis Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo


Paska gerhana matahari total, seorang gadis milenial menemukan dirinya terbagun dalam tubuh Hae Soo, keponakan Lady Hae dan berada dalam kolam renang istana dengan beberapa orang pangeran tampan  sedang mandi!

Berbagai cara dia lakukan agar bisa kembali ke dunianya, tapi selalu gagal. Akhirnya Hae Soo memutuskan beradaptasi kala mendapati betapa Lady Hae yang sakit-sakitan, sangat mencintainya.

Termasuk Wang Wook, pangeran ke-8, yang sangat memperhatikan kesehatan dan kenyamanan Hae Soo. Begitu intensnya, hingga keduanya saling jatuh cinta.

Sayang, sesudah Lady Hae mangkat, Hae Soo dan Wang Wook tidak bisa bersatu karena Hae Soo justru dijodohkan dengan Raja Gwang Gun, ayahanda Wang Wook.

Tidak hanya Wang Wook yang bersedih dengan perjodohan tersebut, juga Wang So yang diam-diam mencintai Hae Soo. Namun melarikan diri hanya akan menimbulkan bencana. Tak terduga Hae Soo mengambil keputusan berani: melukai diri sendiri!

Menurut kepercayaan Goryeo, seorang raja dilarang menikahi perempuan cacat/memiliki bekas luka. Sehingga Hae Soo selamat dari pernikahan dengan raja Gwang Gun yang seumur dengan ayahnya.

Namun, senjata makan tuan! Saat akhirnya Hae Soo mencintai Wang So dan Wang So naik tahta, gara-gara memiliki bekas luka. kisah cinta mereka tidak bisa dipersatukan dalam pernikahan.

Hae Soo akhirnya merelakan Wang So menikahi Yeon Hwa, adik satu ayah beda ibu. Hae Soo juga  membiarkan Wang So salah paham dan membiarkan dirinya dinikahi Wang Jung, adik kandung Wang So yang sangat mencintai Hae Soo.

Wang So tidak tahu, Hae Soo mempunyai alasan kuat untuk keluar dari lingkaran istana. Hae Soo ternyata sedang hamil anak Wang So. Pernikahan dengan Wang Jung hanya pura-pura, karena Hae Soo tidak ingin anaknya tumbuh dalam kehidupan istana yang kejam.



Review Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

“Semakin tinggi derajat seseorang, maka dia juga harus semakin adil”

Protes Hae Soo pada Wang So mengingatkan bahwa ada yang salah dengan konsep feodal yang tidak mengenal kata maaf pada mereka yang lebih rendah stratanya.

Berkat Hae Soo jugalah, setelah  Wang So memegang tampuk kekuasaan, dia berhasil membawa negaranya ke dalam situasi yang sejahtera, adil makmur loh jinawi.

Beberapa tulisan saya yang mengulas keberadaan bangsawan atau “darah biru”, sebetulnya berasal dari ulah sekelompok pemenang persaingan, dengan cara fair maupun licik.

Untuk menjaga kemenangan, mereka membentuk kelompok elite yang mereka namakan bangsawan. Pemilik darah biru tidak boleh menikah dengan rakyat jelata.  Alasannya agar darah biru mereka terjaga, padahal tujuannya menjaga kekayaan dan kekuasaan mereka, tidak berkurang sedikitpun, bahkan harus bertambah.

Baca juga: Legend of Fuyao, Cinta Terganjal Rantai Takdir

Sejarah kita mengenal Ken Arok yang menjadi raja sesudah membunuh Tunggul Ametung, Raja Kadiri. Sedangkan drama Korea “Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo” dipenuhi aksi yang semula diprakarsai Queen Yo (ibu kandung Wang So). Tidak hanya merancang strategi pembunuhan terhadap putra mahkota, dia juga membunuh janin-janin dalam kandungan selir raja.

Ditulis berdasar kisah nyata Raja Taejo dari Goryeo (877-943) yang bernama asli Wang Gun. Raja Taejo adalah pendiri Dinasti Goryeo, Korea yang berkuasa selama 25 tahun. Dia berasal dari keluarga pedagang kaya di Kaesong. Ayahnya Wang Yung, adalah pemimpin Wangsa Wang dan memperoleh kekayaanya dari hasil berdagang dengan Tiongkok. Leluhurnya pernah tinggal di perbatasan Kerajaan Goguryeo, sehingga ia masih memiliki garis keturunan Goguryeo. (sumber: wikipedia)

Dengan racikan kisah yang begitu apik, para pemerannya yang piawai berakting (untuk beberapa alasan, semula saya nggak mau menonton drama Lee Joon Gi lainnya ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚karena dalam drama ini karakternya kuat banget). Juga musik yang berhasil membuat saya memasukkannya dalam play list. Saya setuju dengan banyak review yang memberi penilaian 9/10 atau recommended banget.

Baca juga: Rookie Historian Goo Hae Ryung, Sejarah (Bukan) Milik Penguasa

 

Profile

Drama: Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (literal title)

Revised romanization: Dalui Yeonin - Bobogyungsim Ryeo

Hangul: ๋‹ฌ์˜ ์—ฐ์ธ-๋ณด๋ณด๊ฒฝ์‹ฌ ๋ ค

Director: Kim Kyu-Tae

Writer: Tong Hua (novel), Jo Yoon-Young

Network: SBS

Episodes: 20

Release Date: August 29 - November 1, 2016

Runtime: Monday & Tuesday 22:00

Language: Korean

Country: South Korea

17 comments

  1. Wah ada mbak ayu sama lee jong gi...
    Benar mbak, ini drama yg sangat bagus....
    Aku pun suka nontonnya

    ReplyDelete
  2. Tonton.. enggak...tonton..enggak..? Duh kalau mbak maria dah kasih rate 9/10 mau gak mau jadi masuk list filmku kan, hahaha

    ReplyDelete
  3. Blm pernah nonton sih, ni di tayangkn dimna mbak? Netflix atau qt donlot aja?

    ReplyDelete
  4. Wah, gemes nih, kenapa sih Raja harus dilarang menikahi perempuan yang punya luka atau bekas luka? Kalau saling cinta kan nggak papa. Hahahaha ... Netizen ngeyel.

    Tapi kehidupan di kerajaan suka gitu, ya. Ada terlalu banyak aturan. Makanya kalau menonton serial drama yang kayak gini, bawaannya tuh gemes gitu, Ambu.

    ReplyDelete
  5. Kalo jadi Hae Soo pasti bingung juga ya memilih pangeran yang mana. Tapi keadaan yang memutuskan dia nikah bukan dengan ayah anaknya.

    ReplyDelete
  6. Di drakor ini saya pertamakali nonton acting IU dan Kang Haneul. 2 pelakon yang berbakat. Belum selesai nonton ini karena terganggu dengan info sad endingnya dan sempat gusar karena hubungan Hae Soo dan Wang So yang timbul tenggelam. Aahh nanti coba tak sambung lagi nontonnya

    ReplyDelete
  7. Reviewnya lengkap banget Ambu, jadi penasaran ๐Ÿ˜† ini kisahnya kayaknya unik hehe

    ReplyDelete
  8. Ternyata 2016 ya, lama banget perasaan sudah nonton 10 kali lebih hehehehe tapi ya itu enggak pernah bosen pengennya nonton terus dan terus. btw aku masih nungguin seri keduanya ... Sayang sepertinya nggak ada ya

    ReplyDelete
  9. Reviewnya lengkap banget Ambu. Aku penasaran jadinya ama filmnya wkwk

    ReplyDelete
  10. Duhh.. Ini aktor kesukaanku lee jun gi. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ tapi sayangnya aku belum nonton. Sekarang jadi semangat lagi nih mau nonton.

    ReplyDelete
  11. Pernah nonton beberapa kali sih ambu, cuma aku kurang interest sama jalan cerita and pemainnya, hahahhaa kurang cucoooooooooo, aku kalo temanya jaman kerajaan gini pilih-pilih soalnya seriesnya

    ReplyDelete
  12. Wah, menarik juga dramanya, ya. Saya suka drama Korea yang ala-ala kerajaan gitu. Entahlah kalau film Indonesia yang kerajaan, jarang nyimak sampai abis.

    ReplyDelete
  13. aduh gak sanggup deh kalo liat seseorang yang dicintai meninggal dengan cara tragis di gantung gt Ambu, hiks. jadi mau lihat langsung nih, tontoon yuhu

    ReplyDelete
  14. nangis parah, apalagi liat endingnya๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

    ReplyDelete
  15. Aku sudah tonton nih Bu drama koreanya. Asli mewek deh endingnya. Kenapa ya selalu nyesek dibagian akhir.

    ReplyDelete
  16. awal mau nonton drakor ini karena IU, setelah diikuti cerita ini cukup manis tapi menyedihkan, kemungkinan karena cerita diadaptasi dari novel tiongkok yg populer dan kisah sejarah korea yang nyata, kecuali hae soo (kisah fiktif). Pelajaran yg bisa diambil dari drakor ini adalah bila jiwa anda tersesat ke zaman dinasti kerajaan anda tidak boleh terlalu ikut campur perebutan kekuasaan kerajaan, karena bisa saja anda merubah alur sejarah yang sudah terjadi. dan anda cuma bisa memastikan bahwa timeline itu harus terjadi sesuai dengan sejarah yg sudah anda ketahui di masa depan.satu lagi pesan penting jangan jatuh cinta terlalu mendalam pada seseorang karena bisa saja anda membenci terlalu dalam pada orang itu dan melakukan kesalahan fatal, sehingga pada akhirnya anda harus menyesal karena sudah melukai hati orang tersebut terlalu dalam. walaupun sangat menyakitkan lebih baik melepaskannya daripada harus memilikinya, padahal anda tau kalau dia sudah bukan milikmu lagi.

    ReplyDelete
  17. Pertama kali nonton drama ini di awal2 PSBB pandemi covid... ๐Ÿ˜…. And I'm hooked, udh ngulang sampe 4 kali... ๐Ÿ˜….
    Yg sy pahami, yg menghalangi pernikahan Hae Soo dan Wang So bukan bekas luka Hae Soo. Tp krn Hae Soo bukan dr dan tdk punya klrg bangsawan yg kuat.
    Spt kata Ji Mong ".. Anda (Hae Soo) adalah sumber KENYAMANANNYA (King Gwang Jong). Tp anda tdk pernah bisa menjd sumber KEKUATANNYA. Maka anda lah yang harus melepaskannya terlebih dulu, krn ia tdk akan pernah bisa melepaskan anda".
    Uhuk.. Uhukkk... sampe hapal akyu dialognya... ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…
    Dan waktu King Gwang Jong dikronfontasi oleh Wang Wook dg alasan luka Hae Soo, King Gwang Jong said "... Aku tdk pernah peduli dg bekas lukanya. Kau lupa? , bhw aku bisa jadi raja dg bekas luka di mukaku"..
    Aiiiihhh... Kapan lah ada season 2????

    ReplyDelete