Penthouse, Kisah Halu yang Penuh Teriak Kemarahan

 
 

Penthouse, Kisah Halu yang Penuh Teriak Amarah


“Hidup di Indonesia lebih ribet, tapi lebih bebas stres!”

Kalimat tersebut diucapkan seorang mahasiswa Indonesia dalam suatu forum digital. Dia sedang menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi di Korea Selatan, dan sharing tentang kehidupan di sana.

Yang menarik, teman-teman Koreanya “memandang rendah”  ketika pertama berkenalan. Baru respek sesudah dosen mengungkap latar belakang pekerjaan sang mahasiswa Indonesia.

Mengapa orang Korea under estimated pada orang Indonesia? Apakah disebabkan opini bahwa penduduk negara berflower ini hobby rebahan dibanding bekerja keras? Mentang-mentang  Indonesia kaya sumber daya alam.

Eits jangan marah dulu. Karena miskin sumber daya, orang Korea harus berjuang keras. Coba bandingkan orang Korea yang harus jalan kaki dulu menuju transportasi umum. Lha kita mah jarak 100 meter juga naik angkot. Malah kini tambah manja dengan kehadiran transportasi online.πŸ˜‰πŸ˜‰

Sebelum menonton drama/film suatu negara, sebaiknya memang kita pahami dulu budayanya. Agar kita mendapat ‘nyawa’ tontonan. Termasuk drama Korea, khususnya drama Penthouse.

Sebetulnya bukan selera saya nih drama Penthouse. Lihat posternya, udah bisa ditebak tentang sosialita yang ala ala…. πŸ˜€πŸ˜€ …. Tapiii …ratingnya yang tinggi! Bikin penasaran. Rating tinggi menandakan drama tersebut telah meraih sukses di area persaingan industri serial drama di Korea. Bayangin, setiap 2-3 bulan sekali mereka harus merilis drama baru. 

Dan bener!  sejak awal episode penonton disuguhi adegan ibu-ibu sosialita yang ambisius. Anak mereka harus berhasil memenangi pertarungan. Akibat stres, anak mereka membully anak-anak yang nggak mampu. Persaingan tajam menuju sekolah idaman. Sengkarut bisnis. Perselingkuhan. Pembunuhan. Hmmmm … sungguh opera sabun yang komplit!


Lee Ji-Ah  sebagai Shim Su Ryeon

Istri Joo Dan Tae yang  cantik, elegant dan berkelas, sekaligus objek perilaku obsesif Joo Dan Tae. Shim Su Ryeon menikah dengan Joo Dan Tae dalam keadaan hamil. Di pihak lain, suaminya membawa sepasang anak kembar dari perkawinan sebelumnya. 

Bak pajangan rumah, semula Shim Su Ryeon tidak tahu kelakuan buruk Joo Dan Tae.  Dia tidak tahu bahwa anak kembar mereka menjadi objek penyiksaan sang suami. Dia juga tidak tahu, suaminya diam-diam menukar anak kandung Shim Su Ryeon dengan bayi yang mengalami gangguan fisik sejak lahir. 

Rahasia baru terbongkar sesudah Shim Su Ryeon mendapat pesan dari seseorang. Pesan menuntun pada lokasi anak kandung Shim Su Ryeo yang tak lain adalah Min Seol A, guru les privat anak kembarnya. 

Sayang Shim Su Ryeon terlambat. Karena beberapa saat kemudian dia melihat Min Seol A jatuh dari ketinggian apartemennya, dan tewas.

 

Uhm Ki-Joon sebagai Joo Dan Tae

Pria sombong, ambisius dan berperilaku bejat. Demi mencapai ambisinya, Joo Dan Tae bersedia melakukan apa saja. Termasuk membunuh suami Shim Su Ryeon agar bisa menikahinya.

Sebagai pemilik penthouse sekaligus ketua Hera Palace, Joo Dan Tae diam-diam selingkuh dengan Cheon Seo Jin, istri dari dokter Ha Yoon Cheol, penghuni Hera Palace yang juga temannya berinvestasi.

Sejak awal Joo Dan Tae membenci Min Seol A, guru privat anak kembarnya. Dia menganggap si miskin Min Seol A  tidak selevel anak-anaknya. Dengan kejam dia menyuruh ART mencuci bersih peralatan/furniture yang tersentuh Min Seol A. 

Kebencian Joo Dan Tae bertambah sesudah mengetahui Min Seol A diam-diam merekam perselingkuhannya dengan Cheon Seo Jin. Dia menyekap gadis tersebut di ruang mekanik sebelum akhirnya Min Seol A ditemukan tewas.


Kim So-Yeon sebagai Cheon Seo Jin    

Cantik dan kejam, Cheon Seo Jin adalah anak sulung pemilik grup Cheong yang ambisius. Semasa kecil pernah melakukan kelicikan gara-gara kalah dari si miskin Oh Yoon Hee dalam lomba vokal.

Untuk memenuhi ambisinya pula, Cheon Seo Jin memperdayai dokter Ha Yoon Cheol yang waktu itu masih menjadi kekasih Oh Yoon Hee, hingga berhasil menjadi suaminya.

Fokusnya kemudian adalah menguasai kekayaan ayahnya. Juga berjuang agar anaknya selalu menjadi nomor satu di sekolah dan di setiap kejuaraan.


Eugene sebagai Oh Yoon Hee

Musuh bubuyutan Cheon Seo Jin. Sewaktu masih pelajar, Oh Yoon Hee pernah dikalahkan Cheon Seo Jin dengan cara licik. Sehingga dia trauma dan melarang Bae Ro Na, anaknya semata wayang menekuni bidang tarik suara.

Oh Yoon Hee mengubah pendiriannya saat tahu bahwa lawan Bae Ro Na adalah anak Cheon Seo Jin. Ketika melawan, mereka, ibu dan anak,  diperlakukan dengan semena-mena oleh pihak sekolah.

Keadaan semakin memanas ketika akhirnya Bae Ro Na berhasil masuk Cheong A Arts School yang prestisius. Posisi  waiting list Bae Ro Na berubah setelah murid peringkat pertama, Min Seol A ditemukan tewas.

Oh Yoon Hee dituduh sebagai pelaku pembunuhan Min Seol A. Beruntung dokter Ha Yoon Cheol, mantan kekasihnya yang juga suami Cheon Seo Jin bersaksi, memberi alibi keberadaan Oh Yoon Hee.

sumber: dramawiki

Sinopsis Drama Korea Penthouse   

Anggota klub inti Hera Palace, suatu apartemen prestisius di Kota Seoul, dikejutkan dengan jatuhnya sesosok tubuh perempuan pada malam pra pesta cahaya. Jatuh dari ketinggian dan menimpa patung Hera. 

Jasad berlumur darah tersebut ternyata Min Seol A, pengajar les privat anak-anak  penghuni VIP Hera Palace. Sekaligus pesaing mereka dalam penerimaan murid SMA seni Cheong A.

Enggan nama besar Hera Palace tercoreng, dipimpin ketua Joo Dan Tae, anggota klub inti Hera Palace membawa jenazah Min Seol A ke apartemennya di desa Bosuk, dan menjatuhkan dari ketinggian agar terkesan bunuh diri. Pesan bunuh diri disisipkan. Pamungkasnya apartemen Min Seol A dibakar.

Sebetulnya Joo Dan Tae melakukan tindakan keji karena punya alasan pribadi. Sebelum kematiannya, Min Seol A mengancam dengan video berisi perselingkuhan Joo Dan Tae dengan Cheon Seo Jin istri dokter Ha Yoon Cheol, sesama penghuni Hera Palace.    

Kasus mungkin akan ditutup andai tidak ada fakta bahwa Min Seol A adalah anak Shim Su Ryeon istri Joo Dan Tae. Shim Su Ryeon dalam keadaan hamil ketika menikah dengan Joo Dan Tae. Dengan kejam Joo Dan Tae menukar bayi Shim Su Ryeon dengan bayi berkelainan fisik. Tujuannya agar Shim Su Ryeon hanya menjadi miliknya. Harta Shim Su Ryeonpun akan jatuh pada Joo Dan Tae.

Sadar bahwa yang dihadapi bukanlah sosok biasa, Shim Su Ryeon mengatur strategi. Yang pertama dilakukan adalah merangkul Oh Yoon Hee, musuh bebuyutan Cheon Seo Jin.

Sebagai orang malang dengan tumpukan utang, dengan cepat dan mudah Oh Yoon Hee menerima uluran tangan Shim Su Ryeon. Bukan itu saja, Shim Su Ryeon juga mempermulus impian anak Oh Yoon Hee yang ingin menjadi penghuni Hera Palace.

Orang ketiga yang membantu Shim Su Ryeon adalah kakak angkat Min Seol A. Sewaktu masih menjadi penghuni panti asuhan, Min Seol A pernah diangkat anak oleh keluarga Lee di Amerika Serikat.

Ternyata keluarga Lee hanya membutuhkan Min Seol A sebagai donor sumsum tulang belakang bagi anak mereka, Logan Lee. Sesudah Logan Lee sembuh, Min Seol A diusir kembali ke Korea dengan tuduhan pencurian.

Merasa berdosa, Logan Lee ke Korea untuk membantu adik angkatnya. Sayang terlambat, Min Seol A ditemukan tewas.



Review Drama Korea Penthouse

Capek! Itulah yang saya rasakan selama menonton drama ‘Penthouse’ 

Semua orang berteriak. Bersuara keras. Anak berteriak marah pada ibunya. Istri/suami marah-marah pada pasangannya. Setiap pemeran marah-marah dan saling berteriak. 

Bullying, pasangan  saling berantem, serta adegan kekerasan antar sesama berlangsung dari episode awal hingga akhir. Karena itu saya sempat rehat beberapa episode sebelum melanjutkan. Volumenya juga saya kecilkan, agar tidak menzalimi telinga. πŸ˜€πŸ˜€ 

Mungkin karena Penthouse merupakan drama keluarga yang penuh intrik ya? Sehingga dipenuhi ibuk-ibuk, bapak-bapak dan remaja stres. Beda banget dengan drama thriller dengan genre kepolisian, kedokteran serta semacamnya. 

Trus kenapa keukeuh nonton sampai akhir?  

Saya penasaran karena drama ini meraih 2 digit rating. Malah episode terakhir (episode 21) mendapat 30,5 %. Perolehan rating yang luar biasa. 



Sumbangsih Uhm Ki-Joon sebagai Joo Dan Tae sangat besar. Aktor gaek kelahiran 1976 ini mampu membuat penonton remuk redam menikmati aktingnya. Gak heran dia menyabet penghargaan 2020 SBS Drama awards untuk Best Actor dari drama Penthouse. 

Uhm Ki Joon emang piawai membius penonton lewat karakter villain. Akting lainnya sebagai sosok mengerikan Cha Sun Ho /Cha Min Ho dalam drama ‘Defendant’, Uhm Ki Joon diganjar penghargaan 2017 SBS Drama Awards sebagai Best Character. 

Tak kalah menghinoptis adalah akting aktris Kim So Yeon. Langganan peran protagonis ini dengan piawainya memerankan sosok antagonis, Cheon Seo Jin yang culas dan ambisius. 

Keberadaan 2 sosok antagonis menjadi daya tarik drama Penthouse. Mereka mendominasi keseluruhan drama dengan akting ciamik, menutupi kisah yang tidak terlalu spesial dan banyak plot bolong di sana-sini. 

Daya tarik lainnya dari drama Penthouse adalah keberanian screen writer ‘membunuh’ tokoh protagonis, Shim Su Ryeon. Sungguh berbeda dengan umumnya drama. 

Kebanyakan drama, ‘jagoan’ atau pemeran utama adalah sosok protagonis yang bisa mengalahkan si antagonis. Mungkin kalah dulu atau mati dulu, tapi bukan mati beneran.

Apakah akhir kisahnya memang demikian? Sosok antagonis mengalahkan sosok protagonis dengan cara tak adil dan licik? Kita tunggu kisah lanjutannya dalam ‘Penthouse 2’ 

Baca juga:
My Dangerous Wife: Selingkuh (Jangan) Dibalas Selingkuh
Kairos, Bukan Hanya Gara Gara Istri Selingkuh



Profile (sumber:asianwiki.com)
Drama: Penthouse
Revised romanization: Penthouse
Hangul: νŽœνŠΈν•˜μš°μŠ€
Director: Joo Dong-Min
Writer: Kim Sun-Ok
Network: SBS
Episodes: 21
Release Date: October 26 - January 5, 2021
Runtime: Monday & Tuesday 22:00-23:10
Language: Korean
Country: South Korea

20 comments

  1. Saya belum pernah nonton ini Mba, tapi di IG sering banget ada yang bagikan cuplikan-cuplikannya, kayaknya menarik, lama-lama saya jadi teracuni juga nih hehehe.

    Btw nonton drama kayak gini, kudu siapin mental banget ya, biar ga jadi stres sendiri karena kesal nontonnya πŸ˜‚

    Tapi bagus sih maknanya 😊

    ReplyDelete
  2. Ini drakor MAKJANG ya AMbu :D Bener2 bikin emosi jiwa ekeke
    Aku blum tertarik nonton PENTHOUSE, walopun banyak sohib yg recommend, katanya jalan cerita seru, dll dst.
    Dah, cari drakor yg menghibur aja lahh. :D

    ReplyDelete
  3. waah....belibet ya mbak konfliknya. Saya suka baca2 review drakor. Tapi belum beranjak menontonnya hehehe

    ReplyDelete
  4. Tapi aku tetep gak pengen nonton Penthouse. Masalah selera sebenarnya. Justru setelah nonton 18 Again malah ngikutin Oh My Ghost deh.

    ReplyDelete
  5. belum pernah menyaksikan film korea seperti ini ada ambisius, kekejaman ssesorang karena sesuatu niat memiliki. Butuh konsentrasi melihat film ini.

    ReplyDelete
  6. Lah baca reviewnya udah kebayang gimana "menegangkannya" drama ini. Tapi ya namanya drama, justru disitulah mungkin daya tariknya. Penonton jadi penasaran pengen tahu gimana akhir ceritanya

    ReplyDelete
  7. Wah sepertinya seru nih drama Korea yg banyak intrik dalam setiap adegan. Ada ambisi, rasa culas ini yg membuat menarik nih utk ditonton. Rekomendasi drakor awal tahun mbak, hehhehe

    ReplyDelete
  8. Baru baca ulasan ini saja saya udah capek, ambu. Capek dengan emosi dan bakal stress kayaknya kalau udah nonton beneran haha. Temen-temen juga pada nonton, dan cerita kalau drama ini menguras emosi. Sampe ada yang bikin status sumpah serapah nyumpahin salah satu pemainnya :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stress aku membayangkan sinetron ini. Sepertinya kalau nonton ini, aku akan harus mengesampingkan banyak kerjaanku dan mengoleksi coklat supaya tetep tenang. Tapi genre model gini itu kesukaanku banget Kayaknya aku harus segera nonton film ini sebelum Ramadhan datang, karena nonton film ini sambil menahan lapar di siang hari akan jadi kombinasi yang tidak menyenangkan :))

      Delete
  9. Aku nonton ini bikin stress.. teriak teriak mulu isinya. marah-marah...
    terus terang aku sendiri bingung kenapa drama penthouse ini ratingnya tinggi.
    Beda dengan sky castle. walau temanya mirip .. tentang ambisi, pendidikan, karir... tapi isinya nggak marah2 terus :D

    ReplyDelete
  10. rame banget ini cerita soal penthouse, dan ternyata isinya "cukup serem" juga ya
    nonton ini bukannya rileks, malah makin tegang ya

    ReplyDelete
  11. Temen saya baru nonton 2 episode udah cape emosi jiwa πŸ˜‚ Tadinya kata suaminya "Jangan diaanggap serius, kan cuma drama," terus ikutan nontong eeeh ikut kesel juga πŸ˜…

    Saya mah ga berani nonton takut kepikiran, hihihi

    ReplyDelete
  12. Dramanya udah 2 season dan dah tayang di tivi kan yaa..
    Tapi yang pertama aja lom nontonπŸ™ˆ apa2an ini jiwa drakorku melemah gara-gara ikatan cinta hahaha...
    Skip maraton dulu karna penthouse berat nih kalo g pokus haha... masih on going mas jongkii yang somplak on vicenzo..

    ReplyDelete
  13. Wah aku belum nonton ini mah,
    Keren dan Berkarakter banget sepertinya tokoh-tokohnya ya 😍

    ReplyDelete
  14. Udah tamat ini yg seaso 2 yak?
    Sampe detik ini, aku blm tertarik buat nonton samsek
    Takut ke-trigger wkwkwkw

    ReplyDelete
  15. Mengerikan banget ya, Ambu, tingkat stres di Korea. Industri hiburannya memang bergairah luar biasa, drakornya diekspor ke banyak negara tapi ya begitu deh ada fakta yang ga bisa dimungkiri. Mereka mengalami gangguan emosi, akibat deraan pekerjaan atau tuntutan kompetisi. Aku lihat tampang Uhm Ki-Joon yang memerankan Joo Dan Tae aja udah tahu loh sosoknya yang kejam tapi berkarakter kuat. Aku belum nonton ini, Ambu. Terakhir nonton The World of the Married yang cuma sanggup di episode ketiga. Ga kut dengan intrik rumah tangga hiks.

    ReplyDelete
  16. sepertinya aku yang belum tertarik menonton nih drama mbak, dari review-nya saja aku mesti ngapalin tokoh-tokohnya biar gak ketuker

    ReplyDelete
  17. saya juga belum tertarik nonton drama ini, mbak. entah kenapa kayaknya bakal bikin stress. hihi. pernah nonton drama sejenisnya yakni sky castle doang

    ReplyDelete
  18. Film - film Korea sangat pandai mempermainkan psikologis para penongon dan penggemarnya.Apalagi dalam memainkan peran, semuanya terlihat menjiwai sekali. Jadi penasaran dengan penthouse, tentang endingnya bagaimana?

    ReplyDelete
  19. Aku nonton beberapa episode awal, Ambu.
    Dan rasanya iya, lelah sekali menghadapi berbagai ujian hidup eh, apa bisa dibilang ini ambisi hidup yaaa..?
    Rasanya semua berlari marathon.

    ReplyDelete