Time, Drama Korea Korban Perilaku Gaslighting

 
 

The Time, Drama Korea yang Jadi Korban Perilaku Gaslighting

 Aktor utama pria tewas sebelum episode akhir?

Cuma ada di drama Korea! Tepatnya drama berjudul “The Time”/”Time”. Umumnya  pemeran utama tetap muncul di akhir kisah, walau berada di dunia lain seperti drama “Item” dan “Memories of the Alhamra”.

Tidak demikian dengan drama “The Time”, Cheon Soo Ho yang diperankan aktor Kim Jung-Hyun tewas saat hendak menyelamatkan istrinya, Seol Ji Hyun di episode 13. Semula saya mengira hanya tenggelam, setelah ditolong dengan nafas buatan, akan sehat seperti sedia kala.

Ternyata enggak gaes, mati beneran! Di episode berikutnya sang istri berjuang sendirian menegakkan keadilan. Bisa dibayangin kan cemplangnya nih drama?
Saat itu tim produksi bilang aktor utama, Kim Jung-Hyun mengundurkan diri karena sakit.

Kisah nyata dibalik layar drama yang rilis tahun 2018 ini, baru terbongkar April 2021. Kim Jung-Hyun ternyata terkena gaslighting pacarnya, aktris Seo Ye Ji. Akibatnya nggak hanya Kim Jung-Hyun yang pontang panting kaya orang gila, tim produksi pun kena getahnya.

Gaslighting merupakan bentuk strategi manipulasi yang memanfaatkan area psikologis seseorang yang menjadi korban dengan mengontrol cara berfikir dan bertindak agar pelaku mendapatkan apa yang ia inginkan tanpa harus meminta atau mengkomunikasikannya secara langsung. (Sumber: Yayasan Pulih)
Gara-gara pacar toxicnya, Kim Jung Hyun tak mau melakukan skinship dengan lawan main, aktris Seohyun. Ketika akhirnya terpaksa melakukan, usai akting Kim Jung Hyun menggosok anggota tubuh yang bersentuhan Seohyun dengan demonstratif.

Kim Jung Hyun juga dipaksa memotret lokasi shooting, jutek pada staf produksi, dan yang paling menyebalkan: meminta perubahan skenario! Padahal penulis skenario sedang tergolek di rumah sakit.

Paling tidak ada 13 adegan skinship yang dirombak. Jadi jangankan adegan kisseu, adegan Seohyun menolong Kim Jung Hyun yang dikisahkan sakit tumor otak pun dihapus!

Huk, parah!


 

Mengapa fakta dibalik pembuatan drama “Time” baru terbongkar 3 tahun kemudian? Emmm….biasalah, aktor berulah agency bertindak.πŸ˜€πŸ˜€

Kim Jung Hyun hiatus 11 bulan paska pengunduran diri di tengah shooting drama “The Time”. Baru muncul lagi dengan akting mengesankan dalam drama “Crash Landing on You” sebagai second lead, dan pemeran utama drama “Mr Queen”

Baca juga:
Crash Landing on You, Sepenggal syukur atas Timor Leste
Mr Queen, Drama Korea yang Bikin Ngakak 

Merasa kontraknya berakhir pada Mei 2021, Kim Jung Hyun siap-siap pindah agency. Tentu saja O & Entertainment, agency Kim Jung Hyun bernaung, tidak terima. Mereka mengingatkan bahwa Kim Jung Hyun masih punya utang kerja 11 bulan.

“Enak aja sembarangan pindah,” mungkin demikian kata agency. Mengingat selama 11 bulan agency tidak mendapat pemasukan, juga harus menutupi tingkah laku Kim Jung Hyun.

Buntut terbongkarnya kasus gaslighting yang dilancarkan Seo Yea Ji (pemeran utama drama "Save Me" , “Its Okay to not be Okay”), gak hanya Kim Jung Hyun yang mendapat cercaan, juga Seo Yea Ji. Masyarakat Korea menuntut Seo Yea Ji turun dari panggung Hallyu.

Pernah menonton drama “The Time” membuat saya tergelitik untuk menuliskan reviewnya. Karena banyak ulasan di media mainstream  yang tidak tepat. Misalnya adegan Kim Jung Hyun yang tidak berpegangan tangan saat menikah dengan Seohyun.

Mengapa harus pegangan tangan? Skenario tidak mengisahkan mereka menikah demi cinta kok, melainkan untuk tujuan tertentu.

Andai harus pegangan tangan, tim produksi pasti akan memaksa, walau berakhir dengan Kim Jung Hyun yang menghapus bekas skinship πŸ˜€πŸ˜€


Seohyun sebagai Seol Ji Hyun

Pekerja paruh waktu pada mall milik “W” Grup. Sebagai anak sulung, Seol Ji Hyun mendedikasikan hidup bagi keluarganya, termasuk berusaha melunasi utang ibunya.

Peristiwa yang membuat nyawa adiknya terenggut, disusul kematian ibunya, membuat Seol Ji Hyun berubah. Apalagi kekasihnya yang telah menjalani hubungan 6 tahun tak berpihak padanya. Seol Ji Hyun bertekad membongkar misteri kematian adik dan ibunya. Apapun caranya.


Kim Jung-Hyun sebagai Cheon Soo Ho

Kejam, arogan dan hobi bersenang-senang, Cheon Soo Ho merupakan anak kedua pemilik “W” Grup. Untuk memperkokoh bisnis ayahnya, Soo Ho bersedia bertunangan dengan Eun Chae A, putri pemilik Taeyang Grup.

Semula Cheon Soo Ho tak peduli ketika dokter menemukan tumor pada otaknya, dan memperkirakan usianya hanya tinggal 6 bulan lagi. Keputusan Cheon Soo Ho berubah setelah mengalami peristiwa kematian adik Seol Ji Hyun. 


Kim Joon Han sebagai Shin Min Seok

Pengacara yang bekerja dalam naungan tim hukum W Grup. Karirnya cemerlang, tapi ketika anak pemilik “W” Grup terindikasi sebagai pembunuh adik kekasihnya, Shin Min Seok harus memilih, antara karir dan keluarganya, atau Seol Ji Hyun kekasihnya selama 6 tahun.


Hwang Seung Un sebagai Eun Chae A

Putri pemilik Taeyang Grup yang dijodohkan dengan Cheon Soo Ho demi melebarkan bisnis kedua keluarga.

Walau paham pernikahannya dengan Cheon Soo Ho hanya demi bisnis, dia tak terima saat mengetahui calon suaminya bersenang-senang dengan perempuan di W Hotel.


Sinopsis drama Korea “Time”

Tentang kebenaran
Semakin menyembunyikannya, akan semakin banyak yang terungkap
Semakin menyembunyikannya, semakin banyak jejak yang kau tinggalkan
Kematian yang ditutupi akan menimbulkan kematian lainnya. Demikian yang terjadi pada kematian adik Seol Ji Hyun. Secara misterius gadis muda berpakaian seronok tersebut ditemukan sudah menjadi jasad di kolam  “W” Hotel, tak jauh dari Cheon Soo Ho, anak pemilik “W” Grup, yang tengah tidur dalam keadaan mabuk.

Tak mau aib menimpa keluarganya, ayah Cheon Soo Ho menginstruksikan penutupan kasus. Adik Seol Ji Hyun dinyatakan bunuh diri.

Seol Ji Hyun tak terima. Dia menemukan berbagai kejanggalan atas nasib malang adiknya. Sayang, dia tak berkutik. Dia hanya pegawai paruh waktu “W” Hotel. 

Kekasihnya, pengacara Shin Min Seok yang bekerja sebagai salah satu tim hukum W Grup, juga tidak bisa diharapkan. Shin Min Seok malah aktif menghapus jejak kematian adik Seol Ji Hyun. Akibatnya fatal. Ibu Seol Ji Hyun ikut terbunuh saat melacak kematian putrinya.

Selain Shin Min Seok, calon istri Cheon Soo Ho, yaitu  Eun Chae A juga aktif menghapus jejak. Dia takut, dialah pembunuh adik Seol Ji Hyun. Karena pada malam kematian, Eun Chae A lah sosok terakhir yang bertemu dengan adik Seol Ji Hyun.

Vonis tumor otak dan sisa usia 6 bulan, membuat Cheon Soo Ho berubah. Dia ingin di akhir hidupnya mengetahui siapa pembunuh gadis muda yang mati di kamarnya. Apakah dirinya atau orang lain?

Untuk membantu Seol Ji Hyun membongkar kematian adiknya, Cheon Soo Ho bersedia memutuskan perjodohan dengan Eun Chae A dan menikahi Seol Ji Hyu.
  


Review drama Korea “Time”

Seseorang yang mempercayai pemikiran mereka adalah yang terbaik
Dia dalam bahaya
Andai sang aktor tidak berulah, harusnya “Time” bisa menjadi drama Korea yang sukses. Mengingat penulisnya Choi Ho-Chul,  adalah screenwriter drama “Mask” dan  “Secret Love”. Dua  drama berating 2 digit yang berhasil menggaet beberapa penghargaan.

Bandingkan dengan drama “Time” yang hanya meraup rating  3-4 %

Drama ini mengingatkan saya pada drama “Uncontrollably Fond” yang diperankan Kim Woo-Bin dan Bae Suzy. Kisahnya mirip, tentang 2 orang yang terlibat kisah cinta, sekaligus terkait sebuah rahasia kelam. 

“Uncontrollably Fond” juga bercerita tentang pemeran utama pria yang divonis umur pendek. Bedanya “Uncontrollably Fond” berhasil meraih rating 2 digit (11-12 %), berkurang menjadi 7- 9 % karena akting Bae Suzy, (yang saat itu masih menjadi kekasih Lee Min Ho) nggak berhasil melengkapi chemistry Kim Woo Bin.

Nah, apalagi drama “Time”, pemeran utamanya Kim Jung Hyun menolak skinship dengan Seohyun, malah meninggalkan shooting di episode 13.

Akibatnya fatal, drama “Time” mirip sup tanpa bumbu. Cawerang kata Urang Sunda mah. Jika diterapkan pada drama maka “Time” menjadi tontonan yang tak menarik, khususnya di episode pertengahan hingga akhir. Bolong di sana-sini.

Padahal episode awalnya cukup menjanjikan lho. Penonton drama “Mr Queen”, pastilah belum melupakan akting si mata sayu  yang berperan sebagai King Cheoljong. Ngeblend banget dengan aktris Shin Hye Sun. Bikin gregetan!

Episode awal hingga pertengahan drama “The Time” penuh peristiwa mendebarkan. Saya pikir bakalan jadi drama thriller yang bagus, eh ternyata …..

Betapa menakutkan penyakit mental yang diidap Seo Yea Ji, rupanya menjadi pelajaran dunia hiburan Korea. Berita terbaru, pemeran Ko Mun Yeong dalam drama It's Okay to Not Be Okay ini tidak saja dikeluarkan dari drama “Islan”, industri periklanan juga menghapus sejumlah foto Seo Yea Ji untuk meminimalkan kerugian.

Baca juga:
It's Okay to Not Be Okay, Yakin Mental anda Sehat?
Save Me, Belenggu Aliran Sesat

Yang paling parah, masyarakat Korea menuntut Seo Yea Ji dikeluarkan dari daftar aktris kelahiran tahun 1990. Seperti diketahui, banyak aktris papan atas yang lahir tahun 1990, diantaranya: Park Shin Hye, Shin Se Kyung, dan Go Ara, Lim Soo Hyang, YoonA, Lee Sung Kyung, dan Park Bo Young.

Huhuhu ternyata ketat banget persaingan dalam dunia hiburan Korea, ya? Masyarakat Korea tidak menolerir kesalahan sekecil apapun.

Dampak positif pastinya akan didapat para penonton. Terutama penonton Indonesia yang harus menahan geram melihat aktor/aktris Indonesia seenaknya melanggar norma agama, norma sosial dan budaya, tapi tetap diberi panggung.

Profile (sumber: asianwiki.com)

    Drama: The Time (English title) / Time (literal title)
    Revised romanization: Shigan
    Hangul: μ‹œκ°„
    Director: Jang Joon-Ho
    Writer: Choi Ho-Chul
    Network: MBC
    Episodes: 32
    Release Date: July 25 - September 20, 2018
    Runtime: Wednesday & Thursdays 22:00 (35 minutes each / 2 episodes per day)

Language: Korean
    Country: South Korea


16 comments

  1. Membaca ulasan k drama butuh konsentrasi seperti saya karena alur cerita cukup butuh kejelian sehingga baru ngeh maksudnya. Lambat laun mengerti juga.

    ReplyDelete
  2. Gaslighting bisa berefek separah itu ya ternyata..dan si pelaku akhirnya harus menanggung perbuatannya. Yang terparah hukuman sosial pastinya pun kehilangan karir cemerlangnya..duh! Sementara di negeri ini, yang berlaku buruk malah dielu-elukan dan terus dapat kerjaan

    ReplyDelete
  3. Gokillll!
    Gilak yaa, aku jadi inget Ji Soo. Karirnya amblasss, hancur berkeping-keping ya.
    Mungkin ini jg bakal menimpa para aktor aktris drakor yg kena masalah kayak gini
    Huffft, kerasss bgt kehidupan di Korsel ya

    ReplyDelete
  4. referensi yang bisa masuk daftar tontonku nih. tapi aku masih ngikuti serial Vicenzo juga.

    topik gaslighting ini bakalan jadi bumbu penyedap yang bagus buat drakor.

    ReplyDelete
  5. belajar dari Cheon soo ho sangat penting karena benar2 mencintai istrinya. inilah drakor yg paling bagus menurutku di cinema Time. banyak pesan moral yang bisa dipetik. makasih kak reviewnya sudah kubaca...

    ReplyDelete
  6. Saya pun suka geram kalau melihat seleb di sini, semakin berulah justru bisa semakin terkenal. Makanya suka ada aja yang aneh-aneh, supaya jadi semakin terkenal. Pengennya kayak Korea gitu, ada sanksi sosial yang cukup keras.

    Tetapi, di sisi lain ya ada kasihannya juga. Artis-artis Korea kayak dituntut harus sempurna. Pertaruhannya sampai ke karir. Secemerlang apa pun, bisa mendadak runtuh

    ReplyDelete
  7. parah juga yaa si Seo Ye Ji, sampe bisa mengontrol kekasihnya sedemikian rupa. Gak kebayang kalo hubungan mereka sampe ke pelaminan, gak bakalan main drama atau film lagi kali si Kim Jung Hyun, ckckck!

    ReplyDelete
  8. Gas lighthingnya Seo Ye-ji ini lagi hangat banget diperbincangkan. Efeknya luar biasa ternyata. Dan banyak orang-orang dekatnya yang menjadi korban. Saya sempat nonton ulasan dari link YT nya Korea Reomit (Hansoel). Ngeri juga ya Mbak Maria. Selain merusak kredibilitas orang lain (yang dipengaruhi) akhirnya merusak kredibilitas Ye-ji juga. Banyak orang-orang dari kalangan media yang meramalkan bahwa karir Ye-ji akan hancur dari terungkapnya gas lighting ini.

    ReplyDelete
  9. Waduh, kebayang nih kalo nonton drakor Time, keningku akan berkerut. Serius & menegangkan sepertinya ceritanya.

    ReplyDelete
  10. Ambuuu, banyak istilah yang aku engga faham. Baru tahu tentang gaslighting. Terus, skinship itu apa? Duh...kudetlah aku perkara perdrakoran. Bingung pula baca nama-namanya, belum bisa bedain nama cowo atau cewe.
    Baca review dan kisah di balik perdrakoran, seru juga tapi. Sampai ada sanksi sosial dan kariernya hancur berantakan...
    Karunya juga ya...

    ReplyDelete
  11. Ini maksudnya tentang Gaslighting si tokoh nya ya. Soalnya pas bagian bawah ternyata ulasan drakornya.
    Semoga perilaku Gaslighting bisa sadar ya, dan berubah lebih baik

    ReplyDelete
  12. Bener-bener nggak nyangka Seo Ye Ji jadi pelaku gaslighting sama pacarnya sendiri. Apalagi pas baca pesan teks yang tersebar, sampai segitunya dia mempengaruhi KJH di drama Time yang sedang dimainkan. Racun banget ya ambu kalaupunya pasangan seperti itu, udah psikopat kalo kataku. Pas dia main di It's okay not to be okay, nyata banget perannya, ternyata memang gitu watak dan sifatnya. Jadi mudah buat dia meraninnya :))

    ReplyDelete
  13. Drama ini beneran menjadi drama real life yah, apalagi member SNSD kena, tambah ramai dan berbelit sampai kena ke aktris lain heheheu..

    ReplyDelete
  14. Ya ampun Time jadinya drama yang penuh drama juga saat proses produksinya berarti ya. Astaga bisa-bisanya. Berarti kalau Kim Jung-Hyun ngga pindah agency tak akan terbongkar kasus terkena gaslighting dari pacarnya itu ya Ambu. Ngomong-ngomong aku belum nonton drama Time sih, jadi penasaran hehehe, masukkin list ah

    ReplyDelete
  15. Ternyata penuh drama di balik pembutan film the time ya. Kayaknya lebih seru kisah pembuatan filmnya lah dibandingkan ulasan filmnya. Dari situ aku mengenal istilah Gaslighting. Kalau di angkat jadi film, ini tontonan yang seru untuk ditonton.

    ReplyDelete
  16. Aku ga ngikutin drakornya, tapi ngikutin skandalnya HAHAHA. Seru juga nih kebongkar semua ternyataaa. Sampai mantan-mantannya si aktris cewe juga ternyata bernasib sama *katanya*

    ReplyDelete