Crash Landing on You, Sepenggal Syukur Atas Timor Leste

 


Punya destinasi yang membangkitkan inspirasi hidup?

Sudah lama saya berangan pergi ke Timor Leste, terlebih sesudah menonton drama Korea “Crash Landing on You” yang menggambarkan betapa mengerikannya dampak pemisahan satu negara dan satu bangsa.

Orang Korea Selatan (dan sebaliknya orang Korea Utara) yang berani melewati zona demarkasi,  bisa didor begitu saja tanpa ampun!

Sebaliknya, lihatlah kasus Timor Leste, sesudah bergabung (1976) dan berpisah (1999), melalui serangkaian peristiwa berdarah dan memakan ratusan, bahkan mungkin ribuan nyawa, kita mah adem ayem, dan ……. berpelukan!

Paling tidak, diwakilkan Krisdayanti dengan suaminya yang asli Timor Leste. Bisa kelonan sambil bercerita tentang masing-masing negara.

Jangan lupa, Krisdayanti seorang legislator lho, sangat mungkin dia curhat sedang membuat rancangan undang-undang ini dan itu. Rahasia negara jadi obrolan suami istri yang berbeda warganegara.

Baca juga: Andai Tinggal di Korea Selatan, Ini Yang Akan Terjadi Pada Krisdayanti!

Beda jauh dengan Korea Selatan – Korea Utara! Jangankan menikah, dalam drama “Crash Landing on You, keberadaan Yoon Se Ri, anak seorang konglomerat Korea Selatan yang kesasar di Korea Utara, ternyata mampu bikin gonjang ganjing.

Cuma drama sih itu. 

Yep, penulis drama Korea umumnya sudah membuat riset jika tak mau karyanya dianggap hoax.



Timor Leste, Bukan Penggalan Indonesia Yang Hilang

Jika Anda kehilangan emas, bisa beli di toko emas

Jika Anda kehilangan  kekasih, tahun depan Anda bisa mendapatkannya kembali

Tapi jika Anda kehilangan tanah air, kemana hendak mencari?

(Maulana Habib Luthfi bin Yahya)

Familier dengan ucapan ulama kondang dari Pekalongan tersebut. Nyes banget di hati ya? Rasanya bersyukur banget menjadi bangsa Indonesia.

Karena itu sulit sekali menjelaskan mengapa pemerintah Indonesia melakukan invasi ke Timor Leste pada tahun 1976. Alasan Timor Barat telah lebih dulu masuk wilayah Indonesia, tidak bisa diterima. Bukankah Brunei Darusalam dan sebagian wilayah Malaysia juga berada di Pulau Kalimantan, wilayah Indonesia?

Sebelum bergabung dengan Indonesia, ada 3 faksi di Timor Timur (nama lama sebelum berganti menjadi Timor Leste), yaitu Fretilin, UDT dan Apodeti. Fretilin menginginkan kemerdekaan untuk Timor Timur, UDT berharap Timor Timur tetap menjadi koloni Portugal, sedangkan Apodeti ingin Timor Timur bergabung dengan Indonesia. (sumber: tirto.id)

Seharusnya dilakukan referendum untuk memutuskan nasib Timor Timur, bukannya mendudukinya seperti yang dilakukan Indonesia. Yang berarti melanggar kebulatan tekad yang tercantum dalam pembukaan UUD 45

"Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan."

Bahkan Indonesia sebagai pencetus dan penyelenggara Konferensi Asia Afrika 1955 , sangat jelas mendukung hak bagi setiap bangsa untuk merdeka, anti-kekerasan dan musyawarah dalam mencapai kesepakatan.

Nah lho.

Bagaimanapun keputusan telah dibuat. Pelajaran atas arogansi dan  kesewenang-wenangan telah dipetik. Dulu. Indonesia dijajah Belanda dan mengalami penderitaan. Setelah merdeka, harusnya tidak meniru kelakuan bangsa Belanda.

Hal yang sama terjadi pada individu. Ketika lemah dan tak percaya diri, kita dibully. Herannya saat menjadi kuat, kita ngebully orang lain, dan seterusnya.

Lha dari Crash Landing on You, berkelana ke Timor Leste, eh berakhir introspeksi diri.

Hihihi bukankah sebelum menjadi negara, bumi ini hanya terdiri dari individu?

Namun sebelum semakin menjauh dan berkepanjangan, mari kita kembali ke laptop, membahas Crash Landing on You.



Hyun-Bin sebagai Captain Ri Jeong Hyeok

Anak bungsu Direktur Biro Politik Umum Korea Utara yang bercita-cita menjadi pianis terkenal. Kematian abangnya membuat Jeong Hyeok kembali ke tanah air, untuk meneruskan tugas sang ayah dan membongkar misteri kematian kakaknya.

Takdir membawanya bertemu Yoon Se Ri, warganegara Korea Selatan yang tersesat masuk ke Korea Utara. Seharusnya Jeong Hyeok menyerahkan Se Ri pada yang berwajib untuk diinterogasi. Tapi dia tak sampai hati, karena tahu betapa kejam perlakuan yang akan diterima Se Ri.

Dibantu anak buahnya yang setia, Jeong Hyeok melakukan upaya perlindungan. Menutupi keberadaan Se Ri di rumah Jeong Hyeok dan mencari cara serta waktu yang tepat untuk menyelundupkannya keluar dari Korea Utara.

Usaha yang tidak mudah. Terlebih keberadaan Se Ri diketahui oknum militer penyebab kematian kakak Jeong Hyeok. Si oknum tidak mau kejahatannya dibongkar Jeong Hyeok.



Son Ye-Jin sebagai Yoon Se Ri

Khas perempuan metropolitan yang banyak bicara, banyak ingin tahu dan sering nekad, Yoon Se Ri merupakan anak bungsu konglomerat, pemilik grup Queens dari Korea Selatan.

Dibawah tekanan 2 kakak kandung dan istri mereka, serta ibu tirinya, Yoon Se Ri memilih membangun perusahaannya sendiri. Bergerak di bidang mode, perusahaan Se Ri berhasil mempunyai 14 cabang, sehingga ayahnya memutuskan Se Ri sebagai penggantinya.

Malang, sehari sebelum pengukuhan, Se Ri yang sedang berolah raga paralayang terbawa tornado dan terlempar ke daerah militer Korea Utara.

Beruntung Se Ri bertemu dengan Captain Ri Jeong Hyeok yang melindunginya dari kekejaman militer Korea Utara. Sehingga Se Ri harus bersembunyi di rumah Jeong Hyeok untuk waktu yang lama.

Tresno jalaran seko kulino bukan hal yang mudah untuk pasangan Se Ri dan Jeong Hyeok. Negara mereka tidak sedemokrat Indonesia – Timor Leste yang memungkinkan Krisdayanti dan Raul Lemos menikah, tanpa menanggalkan kewarganegaraan masing-masing.



Sinopsis Crash Landing on You

Tornado tidak hanya melempar Yoon Se Ri, seorang pengusaha Korea Selatan ke Korea Utara.Juga menghempaskannya dari kehidupan kapitalis ke keadaan sama rata sama rasa. Tak ada internet di Korea Utara. Barang mewah dilarang. Jika nekad ingin membeli, harus mencarinya di pasar gelap.

Namun Yoon Se Ri menemukan banyak cinta di Korea Utara. Cinta dari anak buah Captain Ri, tetangga Captain Ri, dan tentunya Captain Ri Jeong Hyeok.

Tapi Yoon Se Ri harus pulang ke Korea Selatan. Selain itu, keberadaannya di Korea Utara  membahayakan Captain Ri, pahlawan yang menemukan Yoon Se Ri dan menyelamatkannya.

Captain Ri Jeong Hyeok menyembunyikan Yoon Se Ri agar tidak dituduh sebagai mata-mata Korea Selatan, dan terancam perlakuan kejam pasukan keamanan Korea Utara.

Sayang bukan perkara mudah buat Yoon Se Ri untuk kembali ke Korea Selatan. Pelariannya melalui jalur laut gagal. Beruntung tanpa sengaja ayah Captain Ri menyelamatkan nyawa Yoon Se Ri.

Niat awal ayah Captain Ri menghabisi nyawa Yoon Se Ri, berubah menjadi strategi Captain Ri menyelundupkanya keluar dari Korea Utara.

Sesuai yang diduga Se Ri, kepulangannya ke Korea Selatan tidak dikehendaki keluarganya. Rumahnya sehangat rumah Captain Ri. Bahkan, seperti yang dikatakan Se Ri pada kakak laki-laki dan istrinya:

Ada 3 orang yang tak boleh kau lupakan di dunia ini:

Pertama, orang yang menolongmu saat terjebak

Kedua, orang yang meninggalkanmu saat terjebak

Ketiga, orang yang membuatmu terjebak

Sayangnya, sang kakak termasuk kategori ketiga. Dia senang adiknya terjebak di Korea Utara dan mati di sana. Agar warisan ayah mereka, grup Queens, bisa diperoleh.



Review Crash Landing on You

Mengapa Crash Landing on You begitu menyedot penonton? Bahkan di episode akhir mampu meraup rating 2 digit.

Jawabannya: Keberadaan Hyun Bin sebagai pemeran utama, serta kisah keseharian penduduk Korea Utara yang nampak begitu nyata.

Tidak sekadar tebar pesona, Hyun Bin juga sangat selektif memilih peran. Setelah  belasan tahun silam menjadi pangeran berkuda putih seperti di “My Name is Kim Sam Soon”, Hyun Bin bermain dalam drama yang cukup menantang.

Tentunya masih ingat aktingnya sebagai Kim Joo Won yang bertukar kelamin dengan Kil Ra Im saat hujan petir. Awesome! Raja (Hyun Bin) dan ratu (Ha Ji Won)  drama Korea dalam satu framming!

5 tahun kemudian, sebagai pengidap kepribadian ganda dalam Hyde Jekyll, Me. Serta tahun 2019 berperan ciamik dalam Memories of The Alhambra. Adu aktingnya dengan Park Shin Hye dalam drama berlatar game virtual reality ini, dihadiahi 2 digit rating oleh penonton Korea.

Lebih dari pantas kala Hyun Bin didaulat sebagai impian sejuta perempuan. Atau malah lebih? πŸ˜€πŸ˜€

Baca juga:

Hyde Jekyll, Me, Saat Hyun Bin Melakoni Kepribadian Ganda

Memories of The Alhambra, Ending yang Unpredictable



Patut diacungi jempol juga keberhasilan Crash Landing on You menggambarkan aktivitas sehari-hari rakyat Korea Utara.

Drama Korea  Selatan lainnya yang berlatar Korea Utara tak sehumanis Crash Landing on You.

Sebutlah Doctor Stranger yang berkisah tentang kesadisan dunia medis Korea Utara dan The Kings 2 Heart  yang mengisahkan pernikahan aliansi 2 negara (Korea Utara-Korea Selatan).

Crash Landing on You membuat saya bersyukur telah hidup sebagai bangsa Indonesia. Bangsa yang nggak mengenal diskriminasi dan perbedaan suku. Jika ada yang melakukannya, hmm… maaf ya, saya nggak ikutan!😊😊

 

Profile Crash Landing on You (sumber)

Drama: Crash Landing on You (English title) / Love's Emergency Landing (literal title)

Revised romanization: Sarangui Boolshichak

Hangul: μ‚¬λž‘μ˜ λΆˆμ‹œμ°©

Director: Lee Jung-Hyo

Writer: Park Ji-Eun

Network: tvN

Episodes: 16

Release Date: December 14, 2019 - February 16, 2020

Runtime: Sat. & Sun. 21:00

Language: Korean

Country: South Korea

10 comments

  1. walau udh dari tahun lalu masih tetap menarik ya serialnya mba. Saya malah belum nonton sama sekali.
    btw kasus timor-timor juga bisa menjadi pelajaran buat kita semua, apalagi dengan sedikit informasi dari yang mba buat.
    Jika dibandingkan dengan kasus korea utara tentu jauh berbeda karena lebih rumit

    Wah beneran ya mba ? kisah keseharian penduduk Korea Utara yang nampak begitu nyata di serial ini

    ReplyDelete
  2. Untuk CLOY memang sesuatu jalan ceritanya, makanya nggak bakal bosen kita nonton lagi. Soalnya jadi tahu juga kitanya yang nonton gambaran di sana, alias kemiripan suasanannya

    ReplyDelete
  3. Saya masih penonton awal drakor, belum pernah nonton drama yg diperankan oleh idola sejuta perempuan ini, membaca review ini jadi ingin nonton crash landing on you juga.

    Kalau utk negara tercinta ini, semoga wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini tetap berdaulat penuh dan utuh :)

    ReplyDelete
  4. Timor Leste memang gak seseram Korut sih ambu, tapi masih seram juga. Hihihi. Suami saya pas tugas di Kupang hampir 7 tahun, itu pernah ada proyek jaringan telekomunikasi ke Timor Leste. Aduh, seremmmmm, dia ditodong sama senapan laras panjang sama beberapa temannya. Huhuhu. Untung aja ada guide lokal yang bantuin. Kalo gak, ah entah lah, gak berani membayangkan. Kalo sekarang sih udah adem ayem bangettttt. Alhamdulillah, benar kata Ambu, udah diwakilkan lah sama Krisda dan Lemos. Kekeke

    ReplyDelete
  5. Keren juga mbak drama korea dimix sama isu lokal, udah lama gak nonton drakor padahal dulu hobi banget hehe..

    ReplyDelete
  6. Duhhh, nih oppa ganteng banget ya. Aku ngefans sejak si oppa main screet garden.
    Emang nyesek ya Ambu, cinta harus terhalang wilayah negara

    ReplyDelete
  7. Udah lama nggak nonton drakor tapi memang keren kl mengambil setting yg sesuai kisah nyata atau memang kisah nyata yg dijadikan drakor. Jadi tontonan yg edukatif.

    ReplyDelete
  8. CLoY ini salah satu drakor yg menjerumuskan saya untuk ketagihan marathon series yg lain wkqkqk.

    Apalagi Hyun Bin paripurna sekaliiii di drakor ini. tenang, bijak. Berwibawa.

    Dan..
    .tanggal lahirnya Hyun bin sama dgn diriku hahahahah *recehhh

    ReplyDelete
  9. Eh ambu, denger-denger mah konon katanya mau ada lanjutannya yaa kisah si Kapten Ri ini part 2 nya ceunah, padahal ak yg part kemarin aja belum sempet nonton hihi

    ReplyDelete
  10. CLOY ini dramanya seru. Ada humornya, seriusnya, sedih dan duka, juga beragam ketegangan. Paket lengkap pokoknya. Dan terus terang di drakor inilah saya pertama kali nonton actingnya Hyun-bin dan Ye-jin. Langsung suka dengan keduanya. Bahkan sekarang lagi nelusuri dan nonton semua film dan drakor yang diperankan oleh Ye-jin. Bagus-bagus ternyata.

    ReplyDelete