Hyde Jekyll, Me, Saat Hyun Bin Melakoni Kepribadian Ganda

 


Hyde Jekyll, Me; Saat Hyun Bin Melakoni Kepribadian Ganda

 

Tentu saja ini hanya drama. Dalam drama Korea “Hyde Jekyll, Me” , Hyun Bin berperan sebagai Go Seo Jin yang mengalami kepribadian ganda atau dissociative identity disorder (DID). Penyebabnya pengalaman traumatis di masa kanak-kanak.



Gara-gara nama Hyun Bin keluar dari Google Trends, saya mengulas drama besutan tahun 2015 ini. Padahal saya cuma ketik keyword “drama Korea” lho, nggak manggil-manggil Hyun Bin πŸ˜€πŸ˜€

Nama Hyun Bin rupanya memancarkan magnet yang luar biasa. September 2020 lalu, segenap warga Twitterland merayakan ulangtahunnya yang ke 38. Televisi nasional, RCTI ikutan heboh dengan menayangkan ulang drama “Secret Garden” yang diperankan Hyun Bin tahun 2010.

Hyun Bin emang cukup selektif memilih peran. Nggak setiap tahun dia muncul di layar kaca. Setelah Secret Garden (2010), Hyde Jekyll, Me (2015), Memories of the Alhambra (2018-2019), hanya ada Crash Landing on You (2019-2020) yang bikin banyak perempuan memimpikan Captain Ri.

Baca juga: Memories of the Alhambra, Ending yang Unpredictable

Entah sengaja atau tidak, pada 2015 secara bersamaan 2 televisi Korea menayangkan drama bertopik yang sama: kepribadian ganda, yaitu “Hyde Jekyll, Me” dan Kill Me Heal Me.”

Kedua naskah drama sempat disodorkan pada Hyun Bin, sebelum akhirnya Hyun Bin memilih “Hyde, Jekyll, Me.”

Hasilnya?

“Kill Me Heal Me” mendulang sukses!

Nggak hanya rating yang berhasil meraup 2 digit, para pemerannya juga panen awards.

Mungkin kesal dengan keberhasilan Kill Me Heal Me, Lee Choong Ho, penulis webtoon Hyde Jekyll Me menuduh penulis skenario drama Korea Kill Me, Heal Me menjiplak ceritanya.

Baca juga: Kill Me Heal Me, Monster Dalam Tubuh”

Kebetulan saya menonton kedua drama dan semula berpihak pada “Kill Me Heal Me.” Ji Sung sebagai pemeran utama emang nggak pernah mengecewakan. Terlebih dalam drama ini dia bermain bareng Hwang Jung Eum, tandemnya dalam “Secret Love.”

Namunnn … sesudah menonton ulang, ada perbedaan jauh jika kita mau membandingkan akting Ji Sung dan Hyun Bin, head to head.

Ji Sung diuntungkan dengan permainan make-up wajah dan kostum saat berpindah kepribadian. Sedangkan Hyun Bin tidak. Bajunya tetap sama, namun lebih masuk akal.

Saat Ji Sung berada di taman bermain dan tiba-tiba muncul dengan kepribadian (alter)nya yang lain, sempatkah berdandan dan berganti kostum? Ya, nggak mungkinlah ya? Kecuali dia berada di rumah sehingga punya waktu mengganti penampilannya.

Hal tersebut yang dilakukan Hyun Bin saat memerankan Go Seo Jin. Hanya  kepribadian, nama dan karakter yang berubah, namun pakaian tetap sama. Di sini penonton melihat kepiawaian Hyun Bin dalam berakting. Go Seo Jin yang dingin dan ketus, berubah menjadi Robin yang banyak senyum dan muncul lesung pipitnya. 😊😊



 Hyun Bin sebagai Goo Seo-Jin dan Robin

Lahir sebagai anak konglomerat, pemilik Wonder Group, Seo Jin mengalami hidup penuh tekanan. Sang ayah mendidik anak tunggalnya dengan tangan besi. Bahkan saat Seo Jin diculik, dia menolak membayar uang tebusan.

Paska penculikan, Seo Jin memiliki kepribadian ganda yang saling bertolak belakang. Jika Seo Jin dikenal dingin dan tanpa empati, Robin justru punya moto senang menyelamatkan orang.

Robin juga pakar menggambar dan mampu mengemudikan kendaraan roda empat, 2 keahlian yang tak dimiliki Seo Jin.

Berkat bantuan ahli terapi, Seo Jin mempunyai kamar khusus yang berisi komputer dan peralatan perekam untuk berkomunikasi dengan Robin.



Han Ji Min sebagai Jang Ha Na

Anak pimpinan circus Wonderland yang pernah dibantu Seo Jin dalam wujud Robin. Sehingga Jang Ha Na berhasil mengenali penyelamatnya.

Sebelum mengetahui kepribadian ganda yang diidap Go Seo Jin, Jang Ha Na hanya mengenal Go Seo Jin sebagai pemilik Wonderland tempatnya bekerja. Go Seo Jin sangat dingin dan kejam. Dengan teganya dia mengusir rombongan sirkus yang berdiri bareng Wonderland.

Sedangkan Robin, yang memperkenalkan diri sebagai kembaran Go Seo Jin, sangat ramah, lembut hati dan senang menolong. Bahkan tak gentar mempertaruhkan nyawa saat menyelamatkan seseorang.

Jang Ha Na jatuh cinta pada Robin, dan bingung sewaktu mengetahui Robin adalah Go Seo Jin, sosok dingin dan tak berperasaan yang kerap mempermainkan masa depan grup sirkus pimpinan Jang Ha Na.


Sung Joon sebagai Yoon Tae-Joo

Asisten dokter Kang yang melakukan serangkaian hipnotis pada Jang Ha Na untuk menemukan dokter Kang yang mendadak hilang.

Tidak ada yang menyadari bahwa dokter Yoon Tae Joo sebetulnya adalah teman Go Seo Jin yang sama-sama diculik untuk minta tebusan dari ayah Go Seo Jin.

Ayah kandung dokter Yoon Tae Joo merupakan supir keluarga Go, sehingga dia tahu persis keberadaan anak majikannya. Sang ayah pula yang yang menginstruksi  anaknya untuk memancing Go Seo Jin.

Sayang, tindakan kriminal yang dilakukan ayahnya, hilang dari ingatan Yoon Tae Joo. Dia bertekad balas dendam karena yang dia ingat Go Seo Jin meninggalkannya dalam perangkap penculik, dan ayah Go Seo Jin enggan membayar uang tebusan.


Sinopsis "Hyde Jekyll, Me"

Hilangnya dokter Kang Hee Ae, psikiater  Go Seo Jin membuat Jang Ha Na masuk dalam lingkaran misteri kepribadian ganda yang diidap Go Seo Jin. Dia menjadi saksi yang melihat dokter Kang tergeletak di lantai, namun kemudian hilang tak berbekas.

Untuk mempermudah penyelidikan, Jang Ha Na tinggal di rumah Seo Jin. Saat itulah dia berkenalan dengan Robin. Jang Ha Na mengingat Robin sebagai penyelamat sewaktu dokter Kang menghilang. Robin kecil juga membantunya keluar dari air sungai yang dingin.

Kembalinya Jang Ha Na dari USA sebetulnya menjadi pemicu keluarnya Robin yang telah menghilang selama 5 tahun. Namun keadaan menjadi lebih buruk. Robin yang tahu akan “dihilangkan” mengeluarkan alter baru, yaitu Terry, sosok yang kejam.

Robin dan Go Seo Jin, sama-sama mencintai Jang Ha Na. Satu tubuh 2 kepribadian, masing-masing kepribadian enggan mengalah, ingin menguasai tubuh yang sama dengan alasan: “Aku ingin hidup!”



Review "Hyde Jekyll, Me"

Jangan enggan mengucapkan kata: “Maaf” “Terimakasih” dan “Tolong”pada anak.

Karena dampaknya luar biasa. Dalam “Hyde Jekyll, Me”, sesudah ayahnya mengucap kata “maaf” dan menyuruhnya pulang untuk istirahat, Go Seo Jin menjadi penuh semangat. Dia merasa mampu menyelesaikan masalahnya satu persatu.

Dia juga mau berubah. Go Seo Jin yang dingin, mau belajar mendengarkan,  bicara ramah dan bersikap hangat.

Hyde Jekyll, Me merupakan perwujudan seseorang yang hidup dalam bayang-bayang ayahnya, ingin menjadi seperti ayah dan bertingkah laku sesuai keinginan ayah. Akibat tak tahan, keluarlah alter yang bertolak belakang.

Situasi seperti ini mungkin kerap kita temui. Walau tak seekstrim kisah “Hyde Jekyll, Me”, mereka menjadi pribadi yang toksik yang membuat resah lingkungan sekitarnya.

Baca juga: 5 Cara Menghadapi “Bu Tejo”, Pribadi Toksik yang Bikin Gak Nyaman

Beberapa penyebab yang bisa menimbulkan kepribadian ganda (sumber: alodokter.com), yaitu:

  • Penganiayaan atau penyiksaan
  • Pelecehan secara fisik atau emosional
  • Pola asuh orang tua yang membuat anak merasa takut
  • Peperangan
  • Bencana alam

Penderitanya harus diterapi karena berisiko mengalami:

  • Keinginan untuk melukai diri sendiri atau bunuh diri
  • Depresi dan gangguan kecemasan
  • Gangguan stres pascatrauma (PTSD)
  • Kecanduan alkohol
  • Disfungsi seksual
  • Penyalahgunaan NAPZA
  • Gangguan tidur, seperti sulit tidur, mimpi buruk, atau tidur berjalan
  • Gangguan makan
  • Gejala fisik, misalnya sakit kepala berat

Mirip yang terjadi pada drama “Hyde Jekyll, Me”. Go Seo Jin dan Robin berantem memperebutkan tubuh yang sama. Nah siapa yang menang, membuat adegan-adegan dalam drama ini lebih menarik dibanding “Kill Me Heal Me”. 

Oh iya, kalo penasaran ingin nonton "Hyde Jekyll, Me , tayang di viu.com ya.

 

Profile : Hyde Jekyll, Me (working & literal title)

Revised romanization: Haideu Jikil, Na

Hangul: ν•˜μ΄λ“œ 지킬, λ‚˜

Director: Jo Young-Gwang, Park Shin-Woo

Writer: Lee Choong-Ho (comic), Kim Ji-Woon

Network: SBS

Episodes: 20

Release Date: January 21 - March 26, 2015

Runtime: Wed. & Thu. 21:55

Language: Korean

Country: South Korea

14 comments

  1. waktu Twitterland heboh, Hyun Bin 38 tahun..tetap ga percaya umur 38 segitu aja mukanya haha..ya ampun
    Hm..dari film ini jadi diingatkan lagi jangan enggan mengucapkan kata: “Maaf” “Terimakasih” dan “Tolong”pada anak. Dan kebayang jadinya jika seseorang hidup di bawah bayang-banyang ayahnya makan bisa timbul kepribadian lain alias ganda..wah, menarik

    ReplyDelete
  2. Sempat nonton drakor ini sekilas, tapiii... entahlah feel-nya ga masuk di aku.
    Satu2nya drakor Hyun Bin yg aku suka cuma si CLoY wkwkw.
    Yg lain ga tau, kok ga minat :)

    ReplyDelete
  3. Duh babang hyun bin my love, ternyata ceritanya dalam juga ya, mau nonton aahhh..

    ReplyDelete
  4. Ceritanya kayanya seru nih, Ambu. Topik kepribadian ganda gini selalu jadi favorit aku sejak baca novel Sybil si pemilik 24 kepribadian.

    ReplyDelete
  5. Gimana perasaan Hyun Bin pas tahu Kill Me Heal Me sukses ya? :D Mungkinkah dia menyesal telah salah pilih. Tapi 5 tahun kemudian kesuksesan yang tertunda itu terwujud di Crash Landing on You.

    Drama ini sudah aku masukin list tonton, tapi belum kutonton. Dengan membaca ulasan ini, kayaknya bakal segera kutonton bu. Terima kasih sudah berbagi.

    ReplyDelete
  6. Hyun Bin memang kharismatik memerankan tokoh yang dibawakannya. Dia bisa menjiwai peran tersebut dengan apik, sehingga yang nonton dia jadi kebawa arus juga mengikutinya.

    ReplyDelete
  7. Ternyata film tahun 2015 ya. Berbicara soal kepribadian dan soal pendidikan Ayah kayaknya ini menarik. Masih nunggu waktu buat nonton drakor, hihi. Masuk list dah ini

    ReplyDelete
  8. Aduh ini Oppa Hyun Bin selalu saja memesona ya. Aku belom aja nih nonton drakor ini. Belom sempet aja Ambu. Abisnya drakor baru lagi pada bagus nih. Ambu nonton gak yg baru? Males sih kalo ongoing. Kudu nunggu dulu :D

    ReplyDelete
  9. Wah Hyun Bin dapet peran berkepribadian ganda ya. Kalo aktor dapet peran menantang seperti ini tentu keren banget. Kadang aku mikir gimana dalam kehidupan real dia, apakah peran yang dia mainkan ikut terbawa-bawa juga?

    ReplyDelete
  10. Umur 38, penampilan kayak 18 ya.

    Maaf, tolong memang kata-kata sakti yang harus diajarkan pada anak sejak dini.

    ReplyDelete
  11. Jalinan ceritanya rumit tapi menarik. Saya agak mis pada cerita anak yang diculik bareng sampai membaca ulang 3 kali agar paham. Mungkin ini risiko kalau memaparkan cerita panjang dalam tulisan yang berbatas, ya.
    Saya mungkin akan menontonnya agar tahu, karena ini drama yang menarik.

    ReplyDelete
  12. Wah pas banget nih Mbak. Saya lagi nyari KDrama dengan tema unik dan layak ditonton. Resensinya menarik banget. Apalagi si tokoh utama, Hyun Bin, dituntut untuk bisa beracting dengan karakter yang berbeda

    ReplyDelete
  13. Kepribadian ganda selalu menarik digunakan dalam drama. Tapi faktanya sulit dibuktikan apakah benar masalah klinis atau bukan. Tapi drama korea ini sih sopan ya jahatnya gak sadis 😁

    ReplyDelete
  14. ahhh capt Riii, eh salah...
    hehe, aktor yg keren mah gitu ya mbak..
    selektif pilih peran

    ReplyDelete