Skip to main content

(Review) Kill Me Heal Me; Monster Dalam Tubuh

sumber : http://braysel.blogspot.co.id



Setiap manusia membutuhkan nutrisi lengkap sejak masih dalam kandungan hingga masa pertumbuhan. Bagaimana jika tidak dipenuhi? Raganya mungkin akan terlihat sakit-sakitan, stunting dan berbagai kelemahan lainnya. Beda banget dengan anak yang selalu mendapat asupan gizi 4 sehat 5 asempurna.

Ngga hanya untuk raga, manusia juga membutuhkan nutrisi untuk  jiwanya. Nutrisi jiwa yang sering disebut cinta dan kasih sayang  ini diwujudkan dalam bentuk pelukan, komunikasi verbal untuk memberi perhatian, penghargaan, kepercayaan dan lain sebagainya. Ngga heran dokter sering menyarankan calon ibu untuk bercakap-cakap dengan janin dalam kandungannya. Juga mendengarkan musik, mengelusnya dan aktivitas kasih sayang antara ibu dan anak lainnya. Upf lupa, bapaknya juga harus ikutan tentu. ^_^

Bagaimana jika tidak?

Dr Tauhid Nur Azhar dalam kajiannya mengatakan bahwa ketika dilahirkan manusia memiliki semua sifat dasar. Lingkunganlah yang  akan membentuk dia menjadi apa. Apakah sebagai manusia lemah lembut, penyayang, penuh sopan santun, atau sebaliknya berangasan, pemarah dan melakukan jalan pintas ketika menghadapi lawan, jika perlu membunuh sang lawan.
Familier banget bukan?

Sigmund Freud yang dikenal dengan teori psikoanalisisnya mengatakann adanya  suatu dorongan lahiriah yang dinamakan ID lalu ada EGO dan SUPEREGO.  Pikiran ‘nir’  sadar manusia kerap membayangkan hal-hal yang sebenarnya  tidak diperkenankan dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk membunuh.

Karena membenci seseorang,   “keinginan nir’ sadar (ID) nya berkeinginan  membunuh tetapi kemudian EGO memberi respon  bahwa hal tersebut tidak benar . SUPEREGO  memperkuat dengan mengatakan hal tersebut tidak bisa diterima masyarakat. Sehingga akhirnya keinginan dasar itu "luruh" dengan sendirinya tanpa  keluar di tingkat sadar.

Wuih panjang nian prolog review drama korea “Kill Me Heal Me” ya?  Tentunya karena saya sungguh kesengsem. Ngga hanya disebabkan topik drakor ini, juga akting pemeran utamanya patut diacungi  jempol. Hwang Jung Eum seperti biasa bermain cemerlang. Sedangkan Ji Sung, agak ketuaan sih untuk tandem dengan Hwang Jung Eum dan Park Seo Joon yang dikisahkan seumuran.

“Kill Me Heal Me” berkisah tentang dua anak manusia yang mengalami penyiksaan semasa kecil. Tepatnya Oh Ri Jin yang  mengalami penyiksaan ayah tirinya sedangkan  Cha Do Hyun merasa tertekan karena hanya bisa  melihat, tidak berani melawan. Do Hyun hanya bisa menghibur dengan selalu datang setiap pukul 22.00 untuk bermain di ruang bawah tanah.

Kecelakaan hebat mengubah kisah perjalanan hidup mereka. Oh Ri Jin dibesarkan dalam keluarga yang hangat dan penuh kasih sayang. Sehingga mampu melupakan trauma masa kecil. Terlebih dia memiliki Oh Ri On,  kakak yang selalu mendukungnya.

Keluarga Oh Dae O sukses mendidik anak-anaknya. Oh Ri Jin menjadi dokter jiwa yang magang di sebuah rumah sakit besar, sedangkan Oh Ri On merupakan penulis misterius yang kerap menelurkan karya tulis ‘best seller’.

Secara tak sengaja Oh Ri Jin berkenalan dengan Cha Do Hyun, pewaris tunggal kerajaan bisnis Seungjin Grup  yang mengidap kepribadian ganda atau DID (Dissociative Identity Disorder). DID membuat pengidapnya memiliki 2 atau lebih kepribadian (alter) dengan nama dan karakter berbeda.
Walaupun sudah ngumpet di Amerika untuk menjalani perawatan, Do Hyun harus pulang ke Korea karena  ulah salah satu alter yaitu Shin Se Gie. Untuk lebih jelasnya 6 alter ini ada pada Do Hyun.
Shin Se Gi, alter ini keluar setiap Do Hyun  merasakan tersakiti, ingin marah namun ngga bisa. 


Penampilan Se Gi berbanding terbalik dengan Do Hyun yang kalem. Dia amat liar, kasar, selalu menggunakan kekerasan, namun  penampilannya selalu keren. Tipe bad boy yang memikat hati.  Se Gi sering menyebabkan kekacauan, dan Dohyun menjadi tumbal yang harus membereskan  semua.


Perry Park, alter berusia 40 tahun yang gemar mancing dan merakit bom. Gayanya flamboyan, aksennya khas, dia  bermimpi memiliki kapal agar bisa berlayar sesukanya.



Ahn Yo Sub sosok berusia 17 tahun yang pendiam, murung dan gemar menulis puisi. Alter ini membahayakan jiwa Do Hyun karena kecenderungannya untuk bunuh diri. Yo Sub muncul tatkala Do Hyun berada di titik terendah. Sewaktu bersekolah di Amerika, Do Hyun melihat aksi bunuh diri seorang pelajar SMA, awal munculnya karakter ini.


Ahn Yo Na, kembaran Ahn Yo Sub yang centil, ceria layaknya gadis remaja. Termasuk kesukaan pada boy band dan pria tampan. Kegemarannya mengejar-ngejar para 'oppa" tentu saja  menyulitkan kedudukan Do Hyun sebagai sang pewaris Seung Jin Grup.



Na Na, merupakan seorang gadis kecil yang menyukai beruang dan menggambar beruang.  Karakternya tak banyak diperlihatkan bahkan  hanya muncul di akhir episode.



Mr X muncul akibat proses penyembuhan Do Hyun. Datang membantu, Mr X merupakan sosok ayah bagi Nana yang dianggapnya telah berada di surga.

Merasa ada pola yang aneh, yaitu para alter muncul  disaat ada Ri Jin, Do Hyun memberi penawaran agar Ri Jin mau menemaninya selama 3 bulan. Dengan pertimbangan rentang waktu tersebut cukup untuk menunaikan janji Do Hyun pada neneknya.

Semula ragu, Ri Jin akhirnya menyanggupi. Dia merasa kasihan pada Do Hyun yang hidup sendirian sementara dirinya  hidup penuh kasih sayang orang tua dan kakaknya.
 “Kill Me Heal Me” sungguh  layak ditonton, bukan karena banyaknya penghargaan yang berhasil diraih. Namun membuat kita termangu dan introspeksi, sudah cukupkah menebar kasih sayang pada orang-orang tercinta?

Nonton deh, ngga nyesel. Dan jangan kaget jika tiba-tiba tersenyum sendiri ngebayangin aksi Ji Sung yang centil, berpakaian merah muda dan bando merah pula berteriak : opppaaaa...... #hiksgeli ^_^




Profile
Drama: Kill Me, Heal Me
Revised romanization: Kilmi, Hilmi
Hangul: 킬미, 힐미
Director: Kim Jin-Man
Writer: Jin Soo-Wan
Network: MBC
Episodes: 20
Release Date: January 7 - March 12, 2015
Runtime: Wednesdays & Thursdays 21:55
Language: Korean
Country: South Korea


Comments

Popular posts from this blog

The Third Charm, Akhir Yang Membuat Penonton Marah

Bagaimana jika tokoh utama yang ganteng bukan main menjalin kasih dengan second lead, gadis cantik, imut dan menggemaskan? Ternyata penonton memilih agar keduanya happy ending. Sementara tokoh perempuan di maki-maki karena dianggap meninggalkan kekasihnya.
Mungkin itu yang menjadi penyebab ending drama Korea “The Third Charm” dibiarkan cukup terbuka. Penonton boleh berkhayal semaunya. Apakah cukup sahabatan atau menikah?
Tokoh utama pria, Seo Kang-Joon dan tokohperempuan, Esom yang membuat saya kepincut untuk menonton drakor ini. Seo Kang-Joon, rupanya dianggap sukses dalam setiap perannya sehingga tahun 2018, saya menonton 2 dramanya. Marema ya?
Sedangkan Esom, saya jatuh cinta pada sosoknya di Because This Is My First Life. Berperan sebagai sahabat tokoh utama, Esom keren banget. Hihihi tentu saja yang dimaksud keren adalah postur tubuhnyayang tinggi dan penuh. Seksi, tanpa harus berbaju pendek. Bahkan balutan kostum hitam atau putih yang dikenakan, bikin Essom nampak berkelas. Sebetul…

Dewi Kentring Manik, Dewi Cantik Jelita Pelindung Kota Bandung

Kios Agro Datang, Penjual Senang, Emak-emak Happy

Ibu rumah tangga menjerit ..!! Iburumah tangga yang acap disebutemak-emak ini menjadi kelompok masyarakat yang pertama kali tersakiti ketika harga-harga melonjak naik.
Menjelangbulan puasa tahun 2019, harga bawang putih tiba- tiba membumbung tinggi hingga mencapai Rp 100K per kilo gram, padahal biasanya hanya berkisar Rp 25K per kilogram.
Sebelumnya akibat kacang kedelai melonjak tinggi, harga tempepun meroket. Produsen tempe dan penjual tempe mogok hingga pemerintah turun tangan. namun emak-emaklah yang terkena imbasnya. Setiap hari mereka harus menyediakan lauk pauk. Dan tempe merupakan sumber protein termurah.
Tiga tahun sebelumnya, harga cabai rawit yang melonjak naik, hingga mencapai harga Rp 100K/kg. Padahal harga normal hanya belasan ribu rupiah per kilogram.
Penyedia jajanan khususnya UMKM lebih terpukul.

Saya sebagai salah satu dari kaum emak, yang juga pelaku UMKM, sempat menangis kesal. Tidak hanya disebabkan keuntungan yang tergerus habis, juga pernyataan menteri pertanian yan…

Lipstik Untuk Emak

Tini
Tini berjinjit.  
Dia sedang mengintai.

Disana, dibalik pintu kaca, seorang perempuan cantik sedang tersenyum pada cermin.   Sang perempuan cantik mengambil  spon bedak, ditepuk-tepuknya  pipi, hidung dan kening. Kemudian dia meringis.  Memperhatikan deretan gigi putihnya dengan seksama. 
Nampak cukup puas.  Tidak ada potongan cabai diantara geligi.  Dari tas mungilnya, dia mengeluarkan lipstik, menyapu bibir penuhnya dengan warna merah.  Tersenyum kembali pada cermin.  Wajahnya berubah.  Semakin cantik.
Di mata Tini, kecantikan sang perempuan bak bidadari.
“Sssttt Tin, Tiniii ...” Teriakan seorang teman menyadarkannya.
Dia harus bergegas.  Rinai hujan adalah rupiah.
Semakin lama hujan turun  semakin banyak rupiah terkumpul.
Tini berlari, menuruni undakan mall, menuju kerumunan orang yang sedang berteduh. 
Lobby mall selalu menjadi tempat favorit kala hujan turun. “Ojek payung, bu?” tanya Tini pada sesosok perempuan berkaca mata.  Blazer ungunya terkena tempias.  Basah.  Dia menerima payung y…

7 Amalan Bagi Bumi; Yuk Kita Mulai di Bulan Ramadan

“We don’t  Inherit The Earth from our Ancestor, We Borrow it from our Children”Akrab dengan adagium di atas? Iya banget ya? Bumi ini kan nggak hanya dihuni kita sekarang, anak cucu kita nanti juga akan menginjaknya. Jadi sudah seharusnya kita pelihara.
Dan hanya Islam lho yang punya ayat-ayat suci agar umatNya memelihara bumi. Salah satunya: ظَهَرَالْفَسَادُفِيالْبَرِّوَالْبَحْرِبِمَاكَسَبَتْأَيْدِيالنَّاسِلِيُذِيقَهُمْبَعْضَالَّذِيعَمِلُوالَعَلَّهُمْيَرْجِعُونَ Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allâh merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). [ar-Rûm/30:41]
Sebagai muslim, bangga banget  ya punya kitab suci yang lengkap dan  sempurna. Nggak hanya mengatur hubungan manusia dengan Allah dan manusia dengan manusia. Juga manusia dengan alam.  
Karena jika manusia memelihara  alam, maka alam akan membalas kebaikan manusia dengan berlipat ganda. Kebutuhan oksigen yang …

7 Bekal Wajib Agar Mudik Lancar dan Menyenangkan

Libur tlah tiba
Libur tlah tiba ... hore ... hore ...
Hihihilagu Tasya ini rasanya berkumandang di setiap liburan ya? Dan liburan berarti mudik. Lipat dua deh bahagianya.
Biasanya kami sekeluarga mudik ke Jawa Tengah. Naik kendaraan pribadi, mengular bersama kendaraan lain yang terjebak macet. Namun tetap happy. Macet adalah bunganya mudik. Bahkan kursi mobil sengaja dicopot, agar bisa tidur ketika macet.
Hingga .....
Berita itu tiba. Belasan orang meninggal gara-gara terjebak macet di Brebes Exit.Infrastruktur yang belum tuntas namun dipaksakan ,  dituduh sebagai penyebab. Namun, sejauh mana pemudik menyiapkan diri agar siap menghadapi situasi terburuk? 
Sudahkah pemudik menyiapkan bekal yang cukup dan sesuai?
Sebagai emak dengan 4 anak, menyiapkan bekal mudik menjadi story tersendiri. Nggak mudah. Jangan sampai  merasa bersalah jika ada yang tertinggal atau nggak dicatat untuk dibawa masuk koper/tas.
Selain baju, sepatu, pakaiandan pakaian dalam milik masing-masing anggota keluarga, paling…

3 Pilihan Investasi Sesuai Syariah Islam. Bisa Banget Dimulai Dari Uang THR

THR?
Yeay benar-benar kata yang menghinoptis. Kata yang mengumbar kebahagiaan. Baru denger kata THR udah bikin tersenyum. Apalagi jika sang THR sudah dalam genggaman. Karena itu berarti bisa beli baju, beli kue, beli hape baru, jalan-jalan, ngasih ke ortu, ngasih ke fakir miskin.
Sebentar, banyak banget yang mau dibeli? Mana buat investasi? Mumpung ada “uang kaget”, mengapa tidak berinvestasi?
Udah ada tabungan. Ngapain lagi harus berinvestasi?
Nah ini dia yang sering dilupakan masyarakat milenial. Terbuai rayuan angin surga,terlebih belanja online mempermudah segalanya, bisa –bisa dalam sekejap uang THR habis tak tersisa. Bahkan mungkin nombok.
Padahal hidup manusia di dunia rata-rata selama 60 tahun. Jika sejak dini nggak pernah berinvestasi, yakinkah bahwa kamu bisa mencari nafkah di usia tua? Jangan-jangan usia 50 tahun sakit-sakitan, bolak balik ke rumah sakit, tabungan habis, rumah terpaksa dijual. Ngenes banget.
Dan tabungan beda banget dengan investasi ya? Tabungan lebih mirip uang…