Mr. Queen, Drama Korea yang Bikin Ngakak!

  

Mr. Queen, Drama Korea yang Bikin Ngakak!


Jika Anda seorang perempuan, mau bertukar tubuh dengan laki-laki? Atau sebaliknya, Anda laki-laki tapi terjebak dalam tubuh perempuan. 

Yang dimaksud perempuan dan laki-laki di sini bukan LGBT lho, tapi gender yang orisinil. 

Nah, drama Korea pernah menyuguhkan kisah tentang pertukaran roh/jiwa laki-laki dan perempuan ini, yaitu ‘Secret Garden’. Drama yang mengharu biru karena diperankan 2 bintang papan atas, Hyun Bin dan Ha Ji Won! 

Duh bikin terbaper-baper. Saking kuatnya chemistrynya Hyun Bin dan Ha Ji Won, banyak yang berharap mereka jadian. Termasuk saya πŸ˜€πŸ˜€ Nggak heran drama ‘Secret Garden’ sering di-rewatch.  

Di negaranya, Secret Garden berhasil menggaet penghargaan di 2011 (6th) Seoul International Awards, dan raihan rating 38,6 persen di episode akhir. Wow! 

Tahun 2020, industri hiburan Korea kembali disemarakkan dengan drama yang berkisah tentang pertukaran roh. Roh laki-laki masuk ke dalam raga perempuan.Bedanya drama berjudul ‘Mr Queen’ mengambil genre sageuk, atau sejarah Korea Selatan. 

Walau tidak sesukses Secret Garden, drama Mr Queen berhasil mendulang rating belasan persen, dan setiap episodenya menjadi  trending topic di twitterland! 

Tentunya twitterland Indonesia. Penyebabnya mungkin drama yang diadaptasi dari web drama Cina, ‘Go Princess Go’ ini unik, sangat berbeda dibanding drama Korea lain. 

Bikin ngakak. Penonton terhibur dengan aksi Shin Hye Sun yang berhasil mengakali musuh saat membantu suaminya, King Cheoljong. Juga ketika memperkenalkan kode , istilah gaul yang dirumuskan dalam kamus ratu.

Baca juga: Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, Anak Perempuan di Sarang Pangeran

 

Shin Hye-Sun sebagai Kim So Yong

Anak Kim Moon Geun dari klan Kim. Bersaing dengan klan Jo, Kim So Yong terpilih sebagai Ratu Cheorim, istri dari Raja Cheoljong yang diam-diam dipujanya. 

Sayang cintanya bertepuk sebelah tangan. Gara-gara ulah Jo Hwa-Jin dari klan Jo, yang secara licik mengaku sebagai anak perempuan yang dulu pernah membantu raja di lubang sumur. Padahal Kim So Yonglah anak perempuan tersebut. 

Dalam kegalauannya, Kim So Yong melakukan aksi bunuh diri, menenggelamkan diri ke danau. Tak berhasil. Malah roh seorang laki-laki masuk dalam raganya. Laki-laki yang berasal dari 2 abad yang akan datang, yang membantunya menarik hati raja kembali ke pelukannya. 

Ada sosok laki-laki yang selalu memperhatikan Kim So Yong sekaligus diam-diam mencintainya. Dia adalah Kim Byeong In, sepupu Kim So Yong sekaligus anak angkat Kim Jwa Geun, otak dari kelicikan dan korupsi di istana. 

Dalam menghadapi intrik istana, Kim Byeong In kerap membantu Kim So Yong. Dia rela mati demi Kim So Yong.


Kim Jung-Hyun sebagai King Cheoljong

Raja yang diangkat untuk menjadi raja boneka kerajaan Dinasti Joseon.

Sebagai keturunan raja terdahulu yang dituduh sebagai penghianat, dikejar-kejar dan secara tragis melihat ayahnya dibunuh, Cheoljong tidak dapat menutup mata melihat ketidak adilan dan korupsi meraja lela. 

Bersama tangan kanannya, Pangeran Youngpyeong dan Inspekstur Khusus Hong, Raja Cheoljong menyusun strategi membongkar korupsi dan kebusukan pejabat istana. 

Semula dia mengira istrinya, Ratu Cheorim adalah musuh. Sehingga dia memperlakukannya dengan licik. Hingga akhirnya Cheoljong sadar, istrinya berada dipihaknya. Siap membantu dan mengorbankan nyawa.



Sinopsis Drama Korea Mr. Queen

Jang Bong Hwan, seorang chef ‘Blue House’ jatuh ke kolam saat sedang melarikan diri, menghindar dari kesalah pahaman. Di dalam air, Jang Bong Hwan bertemu dengan seorang perempuan yang mencium bibirnya. 

Saat tersadar, betapa kagetnya Jang Bong Hwang. Dia terdampar ke dunia 2 abad silam dan rohnya berada dalam tubuh perempuan! Perempuan yang ditemuinya di dalam air. 

Perempuan tersebut adalah seorang calon Ratu Dinasti Joseon yang bernama Kim So Yong. Di malam menjelang pentahbisan sebagai ratu, Kim So Yong nekad bunuh diri dengan menenggelamkan diri ke dalam danau.

Kembali tenggelam di danau menjadi cara yang dipikirkan Jang Bong Hwan agar bisa kembali ke dunianya, dunia milenial yang mengenal gadget dan berbagai kepraktisan hidup. 

Apes, danau telah dikuras ibu suri. Karena kematian Kim So Yong akan merusak rencana ibu suri dan klan Kim. 

Skenario yang sempurna telah disusun kawanan ibu suri. Rencana agar klan Kim bisa korupsi dengan leluasa. Raja boneka, yaitu King Cheoljong telah diangkat. Kim So Yong, anak dari keluarga Kim telah ditetapkan sebagai ratu. 

Jang Bong Hwan terpaksa mengganti taktik. Dengan keahliannya sebagai chef Blue House, dia merayu ibu suri dengan makanan lezat dan ramuan skin care yang manjur merawat kulit wajah ibu suri. 

Taktiknya berhasil. Ibu suri mengizinkan danau diisi lagi. Keberuntungan Jang Bong Hwan bertambah saat hujan turun. Dia yakin, bisa kembali ke dunianya dengan menenggelamkan diri. 

Ternyata tidak demikian. Jang Bong Hwan dan tubuh Kim So Yong yang dihuninya, malah terancam maut. Untunglah Raja Cheoljong datang tepat waktu dan menyelamatkannya. 

Hikmahnya, ingatan Kim So Yong secara perlahan mulai kembali. Ingatan lama Kim So Yong dan pengetahuan Jang Bong Hwan akan masa depan, berkolaborasi. Tidak hanya untuk bertahan terhadap kelicikan klan Kim, juga membantu Raja Cheoljong merealisasikan tujuannya. 

Diam-diam Raja Cheoljong membangun kekuatan untuk menumpas korupsi, mengganti pejabat zalim, dan membangun pemerintahan yang membawa kesejahteraan bagi rakyatnya.

Raja Cheoljong ternyata pernah bertemu dengan Kim So Yong saat keduanya masih kanak- kanak. Bahkan Kim So Yong membantunya keluar dari sumur, tempat persembunyian agar tidak dibunuh musuh keluarganya. 

Kekompakan raja dan ratu yang menghasilkan kekuatan ternyata tidak disukai lawan. Terlebih sesudah ratu dengan terang-terangan menunjukkan sikap melawan klan Kim.
Bagaimana akhir kisah pasangan ini? 



Review Drama Korea Mr. Queen

Harus nonton!  

Yep, jika butuh tontonan yang bikin ngakak, maka drama Korea Mr. Queen recommended banget. Dengan syarat jangan banyak protes lho ya.  

Karena di negaranya drama ini mengundang kritik. Dianggap melecehkan tokoh sejarah dan warisan budaya Joseon Wangso Shillok. Seperti diketahui Joseon Wangjo Sillok adalah catatan Kerajaan Joseon yang masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO. 

Paham sih. Drama Mr. Queen dengan berani menggunakan nama pelaku sejarah walau ada penjelasan bahwa semua yang dikisahkan hanya fiksi. Sangat berbeda dengan drama Cina ‘Go Princess Go’ yang juga diadaptasi dari novel Cina berjudul 'Go Princess Go', karya Xian Chen. 

‘Go Princess Go’ tidak mengambil tokoh sejarah secara khusus. Bahkan sangat berbeda dengan genre kerajaan Cina pada umumnya. Para pemain berbaju aneh, berwarna ngejreng dengan belahan dada rendah. 

Aktor laki-laki bercelana pendek dan lengan kutungan ketika di medan perang. Ditambah adegan yang seronok dan setting latar berwarna norak, ‘Go Princess Go’ bikin illfeel! 

Sedangkan Mr. Queen tetap sedap dipandang. Penonton seolah melihat kerajaan yang sesungguhnya. Aroma kerajaan yang berwibawa, mewah sekaligus penuh intrik. 

Sebetulnya Mr. Queen membelokkan kisah dengan positif lho. 

Menurut sejarah Raja Cheoljong gak bisa baca tulis. Yatim piatu dan hidup dalam pengasingan membuat Raja Cheoljong miskin dan tak berpendidikan. Dia ditarik ke istana saat ibu suri dan Kim Jwa Geun dari klan Kim, membutuhkan raja boneka. 

Tidak demikian dalam drama, Raja Cheoljong dikisahkan sebagai pribadi yang cerdas. Tentu saja mampu baca tulis. Dengan kecerdasannya, dia membuat rencana menggulingkan pemerintahan yang korup dan menyengsarakan rakyat. 

Selalu ada harga yang harus dibayar ya? 

Sineas Cina yang nggak mau ribut memilih membuat setting drama ala pagelaran wayang wong/wayang orang atau semacamnya, yang nggak asyik ditonton karena nggak nyambung. 

Sedangkan sineas Korea menggunakan latar dan tokoh sesuai sejarah. Hasilnya penonton nyaman tanpa merendahkan tokoh sejarah yang katanya dilecehkan. 

Bagaimana jika terjadi di Indonesia? Misalnya Gajah Mada dikisahkan sebagai playboy yang gemar melecehkan perempuan. Mungkin tidak ada reaksi. Bukan karena toleran tapi lebih disebabkan pada; “kita sering lupa sejarah”.😒😒😒

 Baca juga: Love in The Moonlight, Indahnya Cinta Terlarang


Profile Drama: Mr. Queen (English title) / No Touch Princess (early English title) / Queen Cheorin (literal title)
Revised romanization: Cheorinwanghoo
Hangul: 철인왕후
Director: Yun Seong-Sik
Writer: Park Kye-Ok, Choi A-Il
Network: tvN
Episodes: 20
Release Date: December 12, 2020 - February 14, 2021
Runtime: Sat. & Sun. 21:00
Language: Korean
    Country: South Korea    



15 comments

  1. Ternyata drakor gak melulu soal romantis ya mba, ada film drakor Mr.Queen yang sukses buatku jadi pengen nonton juga.
    Soalnya gak kebayang gimana ekspresi Kim So Yong tetiba bangun tapi teryata ada sosok lain ditubuhnya

    ReplyDelete
  2. Gadjah Mada dikisahkan sebagai playboy? Ada yang berani nggak ya?

    Kreatif ya, menarik roh lelaki masa depan, masuk ke dalam raga perempuan di masa lalu. Fokus latarnya di jaman kerajaan ya jadinya.

    ReplyDelete
  3. Anda butuh tips awet muda? Nonton Mr. Queen! hahaha

    Ya, hiburan banget drakor satu ini. Bikin seneng dan ketawa karena banyak kelucuan. Yang bikin hebat tentu saja akting Shin Hye Sun sebagai ratu. Dia sangat tepat dapat peran itu. Karakter lainnya pun begitu hidup dan mewarnai cerita

    ReplyDelete
  4. Nonton Mr Queen ini takjub sama ide aslinya sih!
    Aku pernah juga mencoba bikin plot twist dengan si tokoh masuk ke abad lampau, dalam setting latar Tangerang! Jadilah mengisahkan tentang Cina peranakan.

    Aku seneng banget sama tulisanku ini, tapiiii..yaaaah apa daya, laptop ketuang air minum anak. hangus deh semua hiks hiks

    nah kalo Korea ga diragukan settingnya yang haluuuussssss banget,
    walau sama dan malah diadaptasi, tapi ceritanya bisa seolah beda jauh, inget Meteor Garden vs Hana Yori Dango dan Boys Over Flower, kan Ambu?

    ReplyDelete
  5. wah toss mbak
    emang lucu drama ini
    makanya banyak yg suka..
    fans mama banyak banget
    selalu dapat rating tertinggi lho drama ini

    ReplyDelete
  6. Hhahah...paling akhir noted sekali ambu... "bukan karena tidak terima tapi karena suma lupa sejarah" emmm... lain ama gosip inget mulu...wkwkwk

    Tapi ngomongin drama Mr. Queen aku juga ngakak terus kalo nontonπŸ˜‚πŸ˜‚ suka pegel pipi apalagi kelakuan dayang choi..aghh aku rindu teriak2nya di hutan bambu πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

    ReplyDelete
  7. Kocak dan menghibur banget KDrama ini. Selalu ditunggu di setiap weekend. Castingnya juga pas semua. Apalagi beberapa second lead yang berada di belakang Ratu. Mulai dari 2 dayang-dayang sampai ke kepala koki. Cerita tentang tumbuhnya hubungan baik antara Ratu dan Raja juga unik. Yang awalnya saling menjauh sampai akhirnya benar-benar jatuh cinta. Konflik ceritanya juga gak ruwet dibuat. Jadi kita gampang melebur meski nontonnya baru di tengah jalan.

    ReplyDelete
  8. Mr.Queen ini drakor kedua yang saya tonton on going, Ambu. Karena mampu membuat ngakaknya itu dan sebagai sebuah tontonan asyik2 aja utk diikuti, tanpa harus ikut mikir ini kenapa begini, suguhan cerita dan aktingnya pas banget di mata.

    Wah, saya belum nonton secret garden, perlu ditonton rekomendasi dr Ambu nih. Secara sy belum pernah nonton drama yg dimainkan Hyun Bin aktor yg digilai penggemar drakor. Sy emak2 yg rada selera aktornya agak aneh emang :oops: .

    ReplyDelete
  9. okelah ambu, dari aku yang gak suka nonton drakor setting kerajaan, tapi dari cerita ambu kaya gini aku jadi tertarik loh pengen nonton, sip Mr. Queen yaa, nonton ah, di netflix ada gak ya?

    ReplyDelete
  10. Mr. Queen ini adalah drakor pertama yang aku tonton setelah lamaaa banget vakum karena yakin aku gak punya waktu. Tapi, it's worth the laugh. Omaigad. Adegan sedih, ngakak. Adegan panas, ngakak juga.

    ReplyDelete
  11. Udah dengar testimoni dari teman-teman blogger dan ulasan di sosmed tentang Mr. Queen ini, katanya lucu dan kocak banget di Ratu ini. Jadi penasaran pengin nonton juga neh.

    ReplyDelete
  12. Jadi kepengen nonton juga. Latar belakang nya keren ya dan setting nya asli bahkan bajunya itu loh. Aku suka baju-baju Korea,hihi

    ReplyDelete
  13. Membelokkan sejarah tapi positif...menarik ini, meski ada kontroversi karena namanya sejarah dibelokkan ada pasti yang enggak terima.
    Kebayang saat seseorang dengan gender berbeda memasuki jasad orang lain. Hm, pantesan aja bikin ngakak, menghibur bener pasti nonton Mr Queen ini!

    ReplyDelete
  14. Ambu, sedang trending juga nih di Youtube, Mr. Queen ini, potongan2 scene nya banyak ditonton org juga, kayak yg Raja Cheoljong bilang ke Kim So Yong bahwa dia melihat ada warna merah di ranjang mereka, hohoho. Trus ada camilan kentang spiral juga di Mr Queen ya, haha

    ReplyDelete
  15. Aku belum nonton ambu. Masih belum ada motivasi nonton sampai habis khusus Mr Queen. Jadi inti ceritanya ini dia harus survive di masa lampau supaya bisa balik lagi ke dunianya ya. Aku sempat nonton potongan-potongan lucunya di YouTube sih, yang ada adegan dia menari ala girlband, Blackpink bukan ya? Wkwkwk. Kocak abis itu.

    ReplyDelete