Love in the Moonlight, Indahnya Cinta Terlarang

 

source: mydramalist

Love In The Moonlight, Indahnya Cinta yang Terlarang

 

 Pernah jatuh cinta pada rekan berkelamin sama?

Minimal menyukai deh. Suka yang arahnya jatuh cinta pastinya. Bukan sekadar suka berbatas teman atau sahabat.

Kecil kemungkinan ya?

Sebab sejak kecil kita dididik untuk menyukai lawan jenis. Kita juga punya role model, yaitu ayah ibu/kakek nenek serta pasangan sekitar, yang mengajarkan bahwa pria sudah seharusnya berpasangan dengan perempuan, demikian pula sebaliknya.

Akan menarik jika terjadi hal yang bertentangan, yaitu pria menyukai pria.

Penulis skenario drama Korea “Love in the Moonlight” mungkin mendapat ide tersebut untuk membuat penonton gemes. Bukan dalam artian LGBT, namun sekadar: “ternyata dia perempuan yang menyamar sebagai laki-laki” lho.

Emosi penonton tambah diaduk-aduk dengan cinta terlarang pangeran mahkota pada perempuan yang berasal dari kasta rendah. Belum cukup, dia juga anak musuh! Waduh!

Dibuat berdasarkan web novel "Gooreumi Geurin Dalbit" yang ditulis Yoon Yi-Soo, drama Love in the Moonlight tidak saja membuat penonton greget, tapi juga berhasil mengantar drama ini menyabet sederet penghargaan.

Penyebabnya bukan saja tangan dingin sutradara Kim Sung-Yoon, dan Baek Sang-Hoon, juga pemilihan aktor/aktris kesayangan penonton, Park Bo Gum yang konon senyumnya bikin kaum perempuan meleleh.

Tandemnya,  Kim You-Jung, aktris cantik yang  sudah wara wiri di depan layar kaca sejak usia 5 tahun. Aktingnya sesudah Love in the Mooonlight bisa dinikmati pada drama Backstreet Rockie (2020) dan Clean With Passion For Now (2018-2019).

Aktris cemerlang ini bisa disebut mutiaranya dunia hiburan Korea Selatan. Sebab hanya dia. aktris kelahiran 1999 yang sudah didaulat menjadi pemeran utama.

Selebihnya? Udah tua. Bahkan banyak aktor/aktris kelahiran 1960-an dan 1970-an yang menjadi bintang utama. Persaingan seni peran di Korea Selatan emang bukan main sengitnya.

Baca juga: CleanWith Passion For Now, Kala si Gila Bersih Jatuh Cinta Pada si Jorok

source: mydramalist.com


Kim You-Jung sebagai Hang Ro An

Memiliki ayah yang dituduh sebagai pemberontak, Hang Ro An hidup terlunta-lunta. Sejak usia 8 tahun dia harus menyamar sebagai laki-laki dan berpisah dengan ibu kandungnya.

Dalam perjalanan mengadu nasib, Ro An dijual ayah angkatnya, seorang pengamen jalanan pada sekawanan preman untuk membayar utang. Seolah nasibnya belum cukup sial, gerombolan preman tersebut menjual Ro An sebagai kasim kerajaan.

Beruntung, Ro An selalu lolos test, dan berhasil menjadi kasim istana Pangeran Mahkota Hyomyeong, sosok yang dikenal Ro An sewaktu masih menjadi pengembara. Ro An sempat salah mengira Pangeran Lee Young hanya salah satu dari pegawai kerajaan.

source: mydramalist.com


Park Bo Gum sebagai Lee Young, Pangeran Mahkota Hyomyeong

Sebagai putra mahkota dari raja yang labil, Pangeran Lee Young berusaha melakukan reformasi. KKN yang mendarah daging dihapus dengan peraturan-peraturan baru.

Tak pelak, Perdana Menteri Kim sangat membenci sepak terjang Lee Young. Sebelum reformasi, semua sektor penghasil uang dikuasai perdana menteri dan marganya. Hanya yang bermaga Kim yang bisa menjadi pegawai kerajaan. Bahkan permaisuri raja bermarga Kim.

Dalam melakukan aksinya, Pangeran Lee Young selalu didampingi Kim Byung-Yeon, tangan kanan yang dapat diandalkan. Serta kasim Hang Ro An yang dikenalnya saat diam-diam keluar dari istana.

Sayang, dukungan dan keberadaan kasim Hang Ro An justru menjadi titik lemah pangeran. Hang Ro An yang diam-diam dicintai pangeran, dikenal kalangan istana sebagai pria. Dia juga anak pemberontak yang sedang diburu pihak berwajib.

source: mydramalist.com

 

Jin Young sebagai Kim Yoon Sung

Cucu perdana menteri Kim Hun yang semasa kecil belajar bareng Pangeran Lee Young.

Sebagai cucu perdana menteri yang ambisius, Kim Yoon Sung dijodohkan dengan putri menteri keuangan. Namun hatinya sudah terpikat pada Hang Ro An, yang sejak awal perjumpaan dikenalnya sebagai perempuan.

Sinopsis Love in the Moonlight

“Jika Anda bisa membunuh dengan madu manis, mengapa harus menggunakan racun?”

Terilhami kalimat tersebut, Pangeran Lee Young menyusun rencana menjatuhkan lawan dengan suguhan seni. Tak terduga, lawan lebih licik. Pada klimaks pertunjukan, penari utama sendratari justru menghilang.

Padahal Pangeran Lee Young berencana, pada hitungan ke-50 paska tarian utama, dia akan menekan kelompok perdana menteri di depan utusan Qing.

Saat itulah Hang Ro An mendapat ide, dia mengambil alih tugas penari utama. Keputusan yang sangat riskan. Penyamarannya sebagai kasim berisiko terbongkar. Dan benar saja, seorang kasim yang mengintip, mengetahui bahwa Ro An sebetulnya perempuan, bukan laki-laki.

Dengan liciknya, si kasim mengumpankan Ro An pada utusan Qing. Beruntung pada saat kritis Pangeran Lee Young muncul. Pangeran Lee Young juga yang berhasil melepaskan Ro An dari jeratan utusan Qing yang ingin membawa gadis ini sebagai gendaknya.

Peristiwa ini menimbulkan gosip. Pangeran Lee Young dituduh gay yang jatuh cinta pada kasimnya hingga mau berjuang melepaskan sang kasim  

Gosip yang membuat senang lawan: perdana menteri Kim Hun dan Queen Kim.

Diam-diam Pangeran Lee Young memang jatuh cinta pada Hang Ro An. Cinta yang membuatnya kebingungan. Beruntung di saat kritis akhirnya Pangeran Lee Young mengetahui bahwa Hang Ro An sebetulnya perempuan.

Dalam hal asmara Pangeran  Lee Young mendapat saingan, yaitu Kim Yoon Sung, cucu perdana menteri yang telah lebih dulu mengetahui bahwa Hang Ro An adalah perempuan.

Dibanding Lee Young yang mengemban tugas sebagai calon raja, tentu saja Kim Yoon Sung lebih berpeluang. Dia dapat melepaskan semua atribut dan keluar dari kerajaan bareng Hong Ra On.

Jadi, siapa yang yang akhirnya dipilih Hang Ro An?

source: instagram.com/#loveinthemoonlight

Review Love in the Moonlight

Penonton tertawa kecil bukan disebabkan adegan slapstik merupakan kekuatan drama Korea, termasuk Love in the Moonlight.

Sosok si gadis kenes nan konyol Hang Ro An membuat penonton tersenyum saat lolos ujian kasim: harus dipotong alat vitalnya dan dipertontonkan ke juri. Juga kala memperdaya  pangeran Lee Young yang sedang menyamar.

Ulah lain Hang Ro An yang bikin gemes adalah sewaktu menggoda Kim Byung-Yeon, body guard Pangeran Lee Young yang berwajah dingin dan kejam. Serta uring-uringan di bawah kerindangan pohon. Dan pastinya, pesona Hang Ro An saat membawakan tarian tunggal.

Gak heran, atas kepiawaiannya berakting dalam Love in the Moonlight, Kim You-Jung sebagai Hang Ro An diganjar sekaligus 3 award bergengsi, yaitu yaitu (53rd) BaekSang Arts Awards , 2016 KBS Drama Awards dan (5th) APAN Star Awards. Rinciannya ssebagai berikut.

  • (53rd) BaekSang Arts Awards – pada May 3, 2017 sebagai  Most Popular Actress ("Love in the Moonlight")
  • 2016 KBS Drama Awards – pada  December 31, 2016 sebagai Excellent Actress (medium-length drama) dan Best Couple Award ("Love in the Moonlight")
  • (5th) APAN Star Awards – pada  October 2, 2016 sebagai Best New Actress ("Love in the Moonlight")

Tak kalah dengan Kim You Jung, Park Bo Gum sebagai tandem juga menyabet sederet penghargaan berkat aktingnya yang memukau dalam Love in the Moonlight/Moonlight Drawn by Clouds. (sumber: Asianwiki)

Selain Baek Sang Awards 2017 sebagai Most Popular Actor, Park Bo Gum memborong 4 penghargaan sekaligus dalam KBS Drama Awards (2016) yaitu Most Popular Actor, Best Actor, Netizen Award dan Best Couple Award.

Bahkan Jin Young yang berperan sebagai Kim Yooon Sung berhasil menggondol Best New Actor pada KBS Drama Awards - December 31, 2016.

Yang bikin heran, Love in the Moonlight hanya mendapat 7.8  bintang di IMDb, sementara Dr. Cutie berhasil menyabet 8,7 bintang. Padahal dalam segi penggarapan, Love in the Moonlight jelas lebih ciamik.

Baca juga: DrCutie, Dokter Pria yang Cute Banget!

Rating yang diperoleh Love in the Moonlight" pun bikin mata terbelalak, 2 digit!

 



Sedap ya? Dari 9 % merangkak naik hingga episode terkhir mencapai 20-an persen.

Emang sih rating kerap nggak bisa jadi patokan.  Love in the Moonlight mendapat 2 digit dari penonton Korea, pada tahun 2016. Sedangkan Dr Cutie tayang tahun 2020.

Namun dipilihnya  Love in the Moonlight untuk ditayangkan oleh salah satu televisi nasional Indonesia bisa jadi referensi. Juga suara sebagian besar para reviewer yang menyatakan akan rewatch memperjelas bahwa dunia hiburan Korea tidak salah memilih.

Bukan hanya akting para pemerannya yang cemerlang, serta chemistry yang kuat. Juga plot yang rapat, twist yang pas(nggak malah bikin bingung) serta sinematografi yang apik.

Yah sesuai judul, moonlight selalu indah bukan?

 

Profile Love in the Moonlight

Drama: Love in the Moonlight (English title) / Moonlight Drawn by Clouds (literal title)

Revised romanization: Gooreumi Geurin Dalbit

Hangul: 구르미 그린 달빛

Director: Kim Sung-Yoon, Baek Sang-Hoon

Writer: Yoon Yi-Soo (web novel), kk (web novel), Kim Min-Jung, Im Ye-Jin

Network: KBS2

Episodes: 18

Release Date: August 22 - October 18, 2016

Runtime: Mon & Tue 22:00

Language: Korean

Country: South Korea

 

 

12 comments

  1. wah udah dari 2016 lalu ya. Kok bisa ga tau ya waktu itu, jalan ceritanya menarik plus ditambah bahasan ambu. Selama WFH harus cari referensi hiburan menarik di rumah

    ReplyDelete
  2. Menurut kita ini yg bagus, ternyata ratingnya kalah dengan tontonan yg menurut kita kurang bagus. Ibarat politik aja ya film Korea ini. Gak bisa diprediksi. Hehehe...

    ReplyDelete
  3. Saya juga gak terlalu patokan ma rating. Meskipun kalau mau nonton suka penasaran ma ratingnya. Mungkin karena bicara selera, ya

    ReplyDelete
  4. Ini drakor apa China mba? Ini drama kolosal ya mba sepertinya?
    Oh ini diangkat dr novel ya?

    ReplyDelete
  5. Love in the Moonlight 7.8 bintang di IMDb padahal Dr Cutie 8.7..hmm padahal penggarapannya lebih oke. Mungkin karena beda tahun ya, pas selera pasar berubah. Kalau waktunya sama bingung kali yang menilai. Jadi kepo sama Love in the Moonlight mengingat dapat award-nya banyaak

    ReplyDelete
  6. Kayanya menarik drakornya. Buat kita penasaran untuk menontonnya. 😁

    ReplyDelete
  7. Drakor gak ada habisnya ya. Suka juga dengan beberapa judul drakor. Awal baca judul kurang setuju, tapi setelah dibaca uraiannya menjadi lebih paham....Drakor pilihan ini jadinya.

    ReplyDelete
  8. Aaaiihh Mbak Maria. Saya jadi pengen nonton drakornya lagi setelah membaca ulasan ini. Sebagai penggemar Park Bo Gum, saya gak pernah melewatkan satupun film atau drakornya. Si babang berwajah bayi ini memang top lah actingnya. Ekspresinya selalu pas. Mau ketawa, nangis, ataupun marah, semuanya pas. Apalagi didukung dengan alur cerita yang unik seperti di Love In The Moonlight ini.

    BTW saya juga lagi nyusun ulasannya nih Mbak. Semoga nanti bisa sebaik tulisan Mbak Maria

    ReplyDelete
  9. Memang belum pernah jatuh cinta dengan yang berkelamin sama bahkan yang beda kelamin masih susah jatuh cinta nih. Keren banget aktor dalam film Love in the mooonlight ini bisa meraih banyak penghargaan juga ya. Sampai sekarang belum nonton film nya nih tapi kayaknya tergoda juga mau tau selengkapnya.

    ReplyDelete
  10. Tambah lagi nih rekomendasi nya drakor dari Ambu, jadi mau lihat aksinya pangeran Lee Young

    ReplyDelete
  11. Mantap banget cerita cinta si pangeran mahkota benar benar rumit dan menguras emosi. Salut banget sama kim you-jung yang dapat berperan dengan baik sebagai seorang pria. .. .

    ReplyDelete
  12. Pas jadi cowok, manis jg. Tapi tetap ada sisi cantiknya. Mungkin pangeran melihatnya demikian yaaa...udah feeling, ah cewek nih. Wkwkw pastinya sempat gempar, kalau beneran cowok gimanaaa. Tapi eh cewek, masalahnya ganti dia anak musuh. Konflik yg wow

    ReplyDelete