Dr. Cutie, Dokter Pria yang Cute Banget!

 


Dr. Cutie, Dokter Pria yang  Cute Banget!

Pernah salah mengenali sosok?

Maksudnya, salah mengira perempuan sebagai laki-laki, demikian pula sebaliknya.

Saya pernah.

Salah seorang produser televisi, semula saya pikir pria. Karena rambutnya cepak. Suaranya ngebass. Badannya kurus. Serta memakai jeans dan kemeja kotak-kotak. Dia sih cuek aja, stylenya memang demikian.

Tapi tidak semua perempuan memiliki tampilan kelaki-lakian yang membuat lawan bicara terkecoh. Malah banyak drama (drama Cina dan drama Korea) memilih aktris cantik nan montok sebagai perempuan yang menyamar sebagai pria. Anehnya kok nggak ada yang curiga?

Kan beda banget?

Mari cari datanya. Dikutip dari oneplace.com, De James Dobson menguraikan ada 12 perbedaan lelaki dan perempuan. Khusus perbedaan fisik, ada beberapa yang cukup menyolok seperti:

Dalam struktur rangka, kepala perempuan lebih pendek. Wajah lebih lebar. Dagu kurang menonjol dan  kaki lebih pendek.

Jari pertama tangan perempuan biasanya lebih panjang dari jari ketiga. Perempuan juga memiliki perut yang lebih besar etc…..etc

Sepintas aja beda kan? Padahal baaru 2-3 perbedaan.

Tapi okelah. Pertimbangan penulis skenario mungkin,  harus nyleneh agar drama disukai. Karena pastinya bakal muncul kejutan-kejutan sewaktu penyamaran tokoh perempuan terbongkar.

Terlebih saat pemeran utama pria jatuh cinta, namun bingung dong. Fall in love kok pada pria? Jangan-jangan bermasalah nih gue. Ternyata, eng … ing … eng, sosok yang membuat hatinya tergelepar-gelepar ternyata bukan cowok. Senangnya …….๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Seperti drama Cina “Dr. Cutie”, tak seorangpun curiga pada sosok Tian Qi yang masuk Manor Ji Manor sebagai dokter. Padahal di kediaman keluarga Ji, Tian Qi tinggal dan bekerja bareng dokter pria yang kebetulan seniornya.

Demikian pula dengan Jendral Ji Heng. Tak mengetahui Dr Tian Qi adalah perempuan, sang jendral kerap memberi tugas yang hanya pantas dilakukan pria. Tresno jalaran seko kulino (cinta datang karena terbiasa), Jendral Ji Heng jatuh cinta pada sosok pria Dr Tian Qi.

Tidak hanya drama Cina, drama Korea juga kerap diwarnai kisah perempuan yang menyamar sebagai pria. Salah satunya drama Korea “Love at the Moon Light”,  yang dibintangi aktris Kim You-Jung dan aktor Park Bo Gum.

Anehnya yang dipilih kok ya yang cute dan cantik seperti Sun Qian, pemeran Tian Qi. Sedangkan Kim You-Jung tidak hanya berpipi temben, juga mungil dan cute abis.

Namun jika melihat rating Love at The Moon Light yang mencapai 2 digit, serta Dr Cutie yang mendapat score IMDb 8,7, nampaknya mayoritas penonton tidak keberatan. Bahkan mungkin sangat menyukai. Ya namanya tontonan hiburan, pemeran utama harus ganteng dan cantik.

source: mydramalist.com

Sun Qian sebagai  Tian Qi / Shen Zhao Er

Shen Zhao Er merupakan anak Tabib Shen Qing Yun yang terkenal karena kepiawaiannya mengobati anggota kerajaan. Sayang, kepakarannya mengakibatkan nyawa Tabib Shen dan istrinya melayang, meninggalkan anak semata wayang mereka, Shen Zhao Er menjadi yatim piatu.

Shen Zhao Er  menemukan jejak pengobatan terakhir ayahnya pada keluarga Jendral Ji senior (ayah Jendral Ji Heng). Dia bertekad untuk membalas dendam walau harus menyamar sebagai pria agar bisa bersekolah di akademi kedokteran dan masuk ke dalam kediaman Jendral Ji.



Huang Jun Jie sebagai Jendral Ji Heng

Anak almarhum Jendral Ji yang pernah menjadi murid Tabib Shen sehingga akrab dengan Shen Zhao Er cilik. Diam-diam dia menyintai Zhao Er dan tak menduga sosok yang sangat dirindukannya tersebut telah menjadi gadis, dan berada disisinya sebagai Dokter/Tabib Tian Qi.

Ji Heng juga tidak mengetahui bahwa karirnya mulus berkat campur tangan licik ibu kandungnya. Sang ibu tidak hanya memaksa ibu Ji Zheng, adik Ji Heng untuk minum racun, juga meracuni suaminya, Jendral Ji senior.

Saat kelakuannya terendus Tabib Shen, ibu Ji Heng menyuruh tangan kanannya mengirim  Tabib Shen ke pengasingan. Apesnya, tangan kanan ibu Ji Heng bertindak di luar batas, dia membantai keluarga Tabib Shen.



Zha Jie sebagai Ji Zheng

Adik Ji Heng yang memutuskan menjadi pengembara daripada terlibat dalam kekisruhan perebutan kekuasaan. Ji Zheng sangat menghormati dan mendukung kakaknya, Ji Heng, walau tahu ibu kandungnya dibunuh ibu Ji Heng.

Saat kembali dari perjalanan, Ji Zheng melihat Shen Zhao Er dalam balutan baju perempuan. Ditambah kejadian di luar dugaan yang membuat Ji Zheng terpaksa memegang pinggang Dr Tian Qi, membuat Ji Zheng yakin, Dr Tian Qi adalah sosok perempuan yang dilihatnya dan diam-diam disukainya.

Sinopsis Dr. Cutie

Bertekad membongkar kasus kematian ayahnya dan membalas dendam, Shen Zhao Er menyamar sebagai Dr. Tian Qi dan menjadi dokter pribadi keluarga Ji.

Ternyata tidak mudah. Shen Zhao Er tidak hanya kesulitan masuk ruang arsip, tragedi tak terduga muncul.  Princess Shuncheng, tunangan Jendral Ji Heng tiba-tiba meninggal.  

Sebagai dokter pribadi Princess Shuncheng, Tian Qi terancam didepak keluar dari Ji Manor, sementara jalan menuju balas dendam masih belum terlihat jejaknya.

Beruntung Jendral Ji Heng berpikiran lain. Dia mempertahankan Tian Qi untuk memancing pembunuh yang asli dan berencana membongkar komplotan tersebut.

Tak terduga hubungan dokter- pasien antara Tian Qi dan Jendral Ji Heng berubah menjadi hubungan asmara. Terlebih Ji Heng sangat bergantung pada pengobatan insomnia yang dilakukan Tian Qi.

Hubungan asmara yang sulit, tidak saja gender Tian Qi yang dianggap sebagai pria, juga ada balas dendam yang harus ditunaikan, karena ibu Ji Henglah penyebab kematian orang tua Tian Qi.

Di pihak lain ada Ji Zheng, adik kandung Jin Heng yang sangat menyintai Tian Qi.

Apakah akhirnya Tian Qi/ Shen Zhao Er  berpindah ke lain hati?

 


Review Dr. Cutie

Alur kisah Dr Cute mengingatkan saya pada drama Korea “100 Days My Prince” yang diperankan si ganteng nan cute, Do Kyung Soo member EXO serta si cantik, Nam Ji Hyun.

Kedua drama ini sama-sama berkisah tentang persahabatan semasa kecil yang harus berpisah. Intrik kekuasaan menyebabkan  orangtua tokoh utama perempuan terbunuh. Untung sang anak perempuan berhasil menyelamatkan diri.

Baca juga: 100 Days My Prince, Janji Setia Seorang Pangeran Cilik

Bedanya, dalam 100 Days My Prince, Yoon Yi Seo, si anak perempuan yang beranjak dewasa, pasrah akan keadaan. Tidak demikian halnya dengan Shen Zhao Er,  yang dengan gagah berani menyamar sebagai tabib dan masuk ke kandang lawan untuk membalas dendam.

Penokohan perempuan bukan sekedar konco wingking (teman di area belakang) memang menjadi kelebihan Drama Cina. Sebutlah Dong Shan Cai (Meteor Garden 2018) yang memiliki keahlian memasak. Yun Xi dalam Legend of Yun Xi yang pakar racun, serta Xing Er dalam Princess of Agents yang jago bela diri, bahkan diangkat menjadi jendral perang.

Baca juga:

Legend of Yun Xi, Konflik Asmara Seorang Pakar Racun

Princess Agents, Hasil Jiplakan yang Sukses Besar

Sayangnya banyak plot drama Cina yang kurang greget seperti drama Dr Cutie. Drama yang mungkin terinspirasi sosok seorang dokter yang cute ini terasa melelahkan. Padahal cuma 28 episode. Bandingkan dengan rerata drama Cina lain yang mencapai 50 – 70 episode.

Plot yang kurang rapat, akting pemeran utama pria yang kedodoran, twist yang membingungkan serta penyebab kematian orang tua Shen Zhao Er yang diletakkan di episode-episode terakhir, membuat penonton cape.

Beruntung, Sun Qian sebagai Dokter Tian Qi berperan cukup baik. Mau nggak mau penonton akan tersenyum melihat pipi montoknya dan aktingnya saat meredakan kemarahan sang jendral Ji.

Sehingga jika sekedar mencari hiburan, drama Dr Cutie bisa menjadi alternatif tontonan. Jangan pedulikan akting canggung Huang Jun Jie sebagai Jendral Ji Heng. Nikmati saja wajah gantengnya.

 

 

Profile (DramaWiki)

Title: ่ŒๅŒป็”œๅฆป / Meng Yi Tian Qi

English title: Dr. Cutie

Also known as: ้™›ไธ‹่ฏทไฟ้‡ / Bi Xia Qing Bao Zhong

Country: Cina

Genre: Historical, romance, comedy

Episodes: 28

Broadcast network: Youku

Broadcast period: 2020-Jan-18

Air time: Wednesday to Thursday (2 eps)

Original soundtracks: Dr. Cutie OST

 

 

18 comments

  1. Mba, keren banget sih hampir semua pemain drama China maupun Korea hafal namanya :D
    Saya mah boro-boro, kalau Korea, ngehnya cuman Jang-Na-ra.
    Dan kalau China, Andy Lau, Jet Lee, Jackie Chan, dll itu (sooo jadoel hahaha).

    Btw saya jadi ingat film white snake, yang suaminya itu kan aslinya perempuan ya, tapi meranin laki, saking rahangnya memang agak lebar :D

    ReplyDelete
  2. Ini Mandarin ya ambu? Aku ga pernah nonton mandarin tp liat foto si neng dokter Tian Qie kow gemes ya. Imut banget ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  3. Kalo dipikir-pikir sih emang aneh ya ambu.. apalagi tangannya/lengan dokter Cutie ini kecil dan langsing. Beda banget sama lengan cowok.. hahaha


    Tapi gitulah drama Korea atau cina.. biar seru Ambu..

    ReplyDelete
  4. Saya malah sering melihat lelaki dalam film Korea mah cantik cantik. Hehehe ... Wajahnya kinclong dan bibirnya merah. Terawat sekali ya. Tapi namanya kuasa Tuhan, tetap saja tidak akan kecolongan ya ...

    ReplyDelete
  5. Jalan ceritanya seru ya kalo ada pembalasan dendam dan masuk ke kandang lawan. Nggak kebayang kan perempuan berani melakukannya gitu. Ini nonton di mana, mbak?

    ReplyDelete
  6. Ambuuuu, diriku nonton drakor 16 episode aja sudah lelah Hayati, apalagi nonton drama Cina begini sampai 28 episode? wkwkwk. Super sekali ambu ini. Saya malah nostalgia drama Korea, Sunkyunkwan Scandal. Ceritanya Park Min Young menyamar jadi mahasiswa dan kuliah di universitas kerajaan yg isinya semua laki-laki. Yg main itu cowok ganteng semua masya Allah, ada Oppa Song Joong Ki, Park Yoochun, sama Yoo Ah In. Gila ngumpul semua di sana dan dramanya kocak habis, tapi alur ceritanya kerennnnnnn. Ambu harus nonton deh, atau jangan2 udah nonton ambu?

    ReplyDelete
  7. Dari wajah dan penampakan tubuh saja sudah kelihatan perempuan tapi tetap aja yang begini yang dipilih jadi tokoh laki-laki. Tapi gimana lagi kalau dipilih yang beneran tomboy nanti enggak bisa bikin penonton betah hingga 28 episode apalagi kalau 50-70 an episode. Jadi penasaran akhirnya Dr. Cutie yang beneran cute ini pilih siapa ya? Sang Jendral atau adiknya?

    ReplyDelete
  8. Tiap kali baca reviewan Ambu, aku jadi penasaran sama drama/filmnya

    ReplyDelete
  9. Wah ini mah yang nyamar terlalu cantik. Kalo dalam situasi real, cowok bisa langsung jatuh hati hahaha. Sama kayak Park Min Young yang main di Sungkyungkwan Scandal. Ketara bingits kecewek'annya. Wajah mulus dengan bagian² tubuh yang kecil².

    Eh btw, ada gak ya Mbak, aktor yang memerankan perempuan di drakor atau drama Cina?

    ReplyDelete
  10. Saya pernah nih, pas ikutan workshop sekaligus lomba yang diadakan salah satu instansi di sini. Ada seorang peserta, yang pada akhirnya kami sama-sama terpilih sebagai pemenang. Nah..dari awal tuh saya pikir dia perempuan. Tapi pas baca namanya, eh nama laki-laki. Biar gak salah, akhirnya saya pakai panggilan aman aja: "Kak". Hahahahah

    ReplyDelete
  11. Nah, baru mau bilang sosok perempuan jadi laki2 dalam drakor, udah disebut aja “Love at the Moon Light”. Aku baru akhir Agustus lalu tamat nonton drakor itu bu, dan iya sempet heran masa iya nyamar jadi laki2 ga ada yang bisa bedain itu beneran laki2 atau bukan haha Aku belum nonton Dr Cutie, bolehlah dimasukkan list buat nonton kapan2. Tfs ya bu.

    ReplyDelete
  12. Rating di IMDb mencaai 8,7? Wow banget, itu.
    Saya beberapa kali melihat thumbnail drama ini tapi belum berminat menonton. Kayaknya kurang greget. Mungkin karena sedang tidak sempat juga. Apalagi sudah ada 4 review drama Cina yang belum selesai ngedraftnya. Hihihi

    ReplyDelete
  13. Wah banyak drama cina, skrg mbak lagi suka ntn drama cina ya

    ReplyDelete
  14. Nonton ah nanti. Drama China sepertinya lebih sulit ditebak ya ketimbang drama Korea yang ceritanya sekarang kayak itu itu aja.

    ReplyDelete
  15. Berarti yang terpenting dalam drama cina ini adalah alurnya ya. Wkwkwk. Itu keliatan banget perempuan mukanya meski pake baju laki-laki. Hihihi.

    ReplyDelete
  16. Ambu sekarang beralih ke drama Cina, nih? Eh, apa memang udah dari dulu?

    Drama Korea pun aku sudah kesulitan mengingat nama. Seperti nama Cina lebih sulit lagi diingatnya, hahaha ...

    Oiya, kok jadi ingat sama Siluman Ular Putih, ya. Istri, suamiku ... Yang jadi suami perempuan juga kan, ya?

    ReplyDelete
  17. Udah lama banget deh aku gak nonton drama China. Terutama yang history seperti ini. Masuk list to watch deh lihat pemainnya yang cantik dan kasep-kasep itu. :D

    ReplyDelete
  18. Aku pernah nonton ini tp sekilas doang. Lupa di tempatnya siapa. Unik banget sih. Sumpah ini dia cantik banget. Sampai mikir kok bisa sampe ga sadar ya. But, in real life emang ada cowok cantik.

    ReplyDelete