Princess Agents, Hasil Jiplakan Yang Sukses Besar

 

Princess Agents, Hasil Jiplakan yang Sukses Besar


Kesuksesan drama Mandarin "Princess Agents"yang dibuat berdasarkan novel karya Xiao Xiang Dong Er, menggoreskan aib. Sang penulis novel mengakui karyanya merupakan hasil plagiat dari karya novelis lain, yaitu: novelis  Xiao Ruqin, novelis  Feng Ge dan novelis Jian Nan.

Xiao Xiang Dong Er mengakui menyontek alur kisah dan kalimat-kalimat yang mengesankan penonton. Mungkin salah satunya adalah ini:

“Jelaskan, bagaimana rasanya jatuh cinta?” tanya Chu Qiao, yang dijawab Yuan Song, Pangeran Kerajaan Wei:

Ketika melihat dia, jantungku berdebar, wajahku memerah

Ketika aku ingin berbicara padanya, aku tidak tahu apa yang harus dikatakan agar dia senang.

Ketika aku tidak bisa melihat dia, aku banyak memikirkan dia.

Aku begitu memikirkan dia sehingga tidak bisa makan dan tidur.

Bahkan ketika aku bermimpi, aku memimpikan dia.

Penjelasan Yuan Song tentang cinta ditimpali Chu Qiao dengan polos:

“Kok kedengarannya seperti penyakit?”

Percakapan yang mengundang senyum.

Hanya sepenggal percakapan dari banyak kalimat “makjleb”. Drama “Princess Agents” dipenuhi wajah ganteng dan cantik para pemainnya. Juga adegan heroik, kisah cinta menyayat hati serta adegan konyol yang nggak dibuat-buat.

Nggak heran, drama “Princess Agents" berhasil mendulang jumlah penonton serial Tiongkok paling banyak ditonton sepanjang masa. Dengan rincian lebih dari 50 miliar kali di situs penjelajah video Tiongkok dan lebih dari 230 juta kali di YouTube.

Princess Agents juga telah disulih suarakan dalam bahasa: Meksiko, Malaysia, Peru dan Thailand. Belum termasuk yang diterjemahkan dalam berbagai bahasa. (sumber: wikipedia)

Namun yang paling menarik adalah karakter Mary Sue yang disematkan pada tokoh utama, Chu Qiao. Sosok “perempuan biasa saja” yang dicintai banyak pemuda bangsawan. Dia pun  jago berkelahi dan mencapai keberhasilan karir sebagai jendral perang.

Untuk memenuhi kebutuhan plot kisah, konon Zanilia Zhao pemeran Chu Qiao ha menurunkan 8 kg berat badannya.

Jika sudah begini, tepat banget perumpamaan: “telur duluan atau ayam yang duluan?”. Tanpa kerja keras team, sebagus apapun novel yang menjadi rujukan, belum tentu mendulang kesuksesan.

Sebaliknya novel yang biasa-biasa aja, mungkin bisa booming.

Tapi, ini kan hasil plagiat ya?  #garukgarukkepala 😕


Zanilia Zhao/ Zhao Liying sebagai Chu Qiao / Jing Xiao Liu / Xing Er. Cerdas, pemberani dan tak tahan melihat ketidak adilan, Chu Qiao remaja mirip ibunya, Luo He, ketua mata-mata terkenal/aliansi Han Shan yang berjuang  menegakkan kebenaran. Prinsip yang membuat Luo He terpaksa berpisah dari anak kandungnya dan tewas mengenaskan.

Mendapat transfer  80 % ilmu dari ibunya, Chu Qiao harus hidup terlunta-lunta. Dia mengalami amnesia, menjadi budak keluarga Yuwen dan berusaha melindungi 2 adik angkatnya dengan menjadi pelayan kamar tidur Yu Wen Yue.

Chu Qiao, perempuan budak yang  mendapat banyak cinta. Tidak hanya dari Yu Wen Yue, majikannya, juga Yan Xun, putra mahkota Kerajaan Yanbei, Yuan Song (Pangeran Yu) anak Kaisar Wei dan Xiao Ce, putra mahkota Kerajaan Liang.


Kenny Lin/ Lin Gengxin sebagai Yu Wen Yue. Anak jendral ternama dan pewaris tunggal Istana Qing Shan termasuk Mata Dewa, jaringan spionase yang menjadi andalan kerajaan Wei.

Nampak dingin, jutek dan tak pernah menyentuh perempuan, Yu Wen Yue cinta mati pada Chu Qiao, pelayan kamar tidurnya yang dilatihnya sebagai mata-mata. Bahkan kemudian hari Chu Qiao dibantu sebagai pelatih tentara.

Tak mampu terang-terangan menyukai Chu Qiao, Yu Wen Yue selalu hadir saat gadis tersebut mendapat musibah.


Shawn Dou sebagai  Yan Xun  Selalu terlihat ceria dan baik hati, pangeran mahkota kerajaan Yanbei (Yan Utara) ini  sejak kecil  harus tinggal tinggal di Kerajaan Wei sebagai pangeran sandera.

Yan Xun sangat menyintai Chu Qiao. Dia tak mempedulikan putri Yuan Chun, anak Kaisar Wei,  yang terang-terangan ngebet dan mengejar kemanapun Yan Xun pergi.

Perangai Yan Xun berubah menjadi dingin dan pendendam setelah Kaisar Wei membantai seluruh anggota keluarganya. Penggalan kepala ayahnya, kakak-kakaknya, termasuk kakak perempuannya yang sedang hamil dipertontonkan sebelum dibakar di Serambi Keheningan Abadi.

Ibu kandungnya bunuh diri dan Yan Xun masuk penjara.

Walau selamat dari hukuman penggal, Yan Xun mendapat tahanan rumah selama 3 tahun. Setiap waktu nyawanya terancam karena banyak bangsawan yang mengharap kematiannya.

Kematian Yan Xun akan membuat wilayah Yanbei tak bertuan, mudah dijarah dan pundi-pundi kekayaan para bangsawan bertambah banyak.

Beruntung Yan Xun mendapat bantuan dari Chu Qiao dan Zhong Yu, perempuan tangguh pemimpin pasukan Kerajaan Yanbei. Mereka berstrategi, tidak hanya membuat para pembunuh kocar kacir, juga menimbulkan huru-hara yang bertujuan memecah belah bangsawan pendukung Kerajaan Wei.


Allen Deng sebagai  Xiao Ce / Prince Nan Liang,  putra mahkota Kerajaan Liang yang berpenampilan menjengkelkan: playboy, kolokan, berpakaian menyolok mata dan kerap mengundang kemarahan.

Dibalik perilaku yang menyebalkan, Xiao Ce sebetulnya sedang mengamati Kerajaan Wei dan memasang strategi. Dia tahu, sebagai putra mahkota,  setiap saat kedudukan dan nyawanya terancam. Karena itu dia tak segan menggunakan orang lain untuk memuluskan rencananya.

Uniknya, walau mencintai  Chu Qiao, Xiao Ce memperalat Chu Qiao. Juga menyeret Yu Wen Yue dan Yan Xun dalam permainannya.

Sinopsis Princess Agents

Kisah dibuka dengan beberapa pemuda bangsawan yang melakukan perburuan. Targetnya adalah sekumpulan perempuan budak yang “dilepas” di padang rumput bersama sekawanan serigala. Diantara perempuan budak terdapat Chu Qiao yang selamat dari kematian paska berusaha menyelamatkan nyawa ibunya.

Berkat kemahirannya, Chu Qiao lolos dari kekejaman para bangsawan. Dia terdampar sebagai budak keluarga Yu Wen dan berhasil menjadi pelayan kamar tidur Yu Wen Yue, demi melindungi nyawa adik-adik angkatnya.

Seiring waktu Yu Wen Yue jatuh cinta pada Chu Qiao. Sayang, kesalahpahaman memisahkan keduanya. Chu Qiao meninggalkan Yu Wen Yue dan memilih membantu Yan Xun yang dituduh sebagai pemberontak.

Chu Qiao merasa kasihan pada Yan Xun, putra mahkota Yanbei yang seluruh anggota keluarganya tewas oleh Kaisar Wei. Chu Qiao juga berharap bisa hidup bebas dari perbudakan bersama adik-adiknya. Hidup damai dan merdeka di tanah Yan Utara, tempat Yan Xun berasal.

Sayang, perangai Yan Xun berubah setelah bertubi-tubi mendapat siksaan mental dari Kaisar Wei. Yan Xun yang penuh kasih dan periang menjadi kejam, tak memiliki belas kasihan dan haus darah demi balas dendam.

Chu Qiao dan Pangeeran Xiao Ce

Review Princess Agents

Ada sangat banyak jalan dalam hidupmu

Jika kau memilih salah salah satu. Kau harus melepas sisanya.

Kau gadis yang bodoh Kau memilih jalan yang sulit dan menantang.

Sementara jalan yang lain:  aman, hangat dan lurus.

Tak heran kau merasa bersedih. Tapi tidak apa-apa.

Kau harus percaya diri

Buatlah jalanmu hangat dan bersinar

Dengan begitu kau akan menemukaan pilihanmu sangat layak

(nasehat Pangeran Xiao Ce pada Chu Qiao)

Perebutan kekuasaan, balas dendam dan cinta mati berkelindan dalam drama “Princess Agents”, ditambah kecantikan aktor dan aktrisnya, soundtrack yang mengharu biru serta sinematografi yang bikin penonton enggan berpaling dari monitor. Tak heran drama ini meraup jumlah penonton serial Tiongkok tertinggi.

Sayang, penulis skenario terlalu banyak memasukkan pemain figuran yang sebetulnya bisa diskip. Toh tidak mempengaruhi keseluruhan kisah. Dengan begitu setiap tokoh bisa ditampilkan utuh.

Belum lagi nama mirip yang bikin kepala nyut-nyutan. Nama Pangeran Yu, berbeda dengan Pangeran Yue juga dengan Pangeran Ju.

Qi berbeda dengan Xi.  Duh,  terpaksa deh buka Wikipedia untuk mengetahui status dan posisi masing-masing karakter.

Otomatis saya membandingkan dengan film Harry Potter yang juga based on novel. Atau The Lord of The Rings yang juga punya banyak pemeran. Kepiawaian penulis skenario meracik kisah membuat kedua film tersebut menjadi  tontonan yang nyaman dilihat dan mudah dipahami.

Namun selebihnya oke banget. Nilai 7,7 yang disematkan oleh IMDb udah tepat. Drama “Princess Agents” atau “Chu Qiao Zhuan” bisa menjadi tontonan dengan meluangkan waktu. Bukan tontonan hiburan sambil leyeh-leyeh apalagi kriyep-kriyep.

 

Profile Princess Agents

Judul lain: Legend of Chu Qiao

Genre: fiction, history, action, romance

Based on  11 Chu Te Gong Huang Fei by Xiao Xiang Dong Er

Written by Jia Wen, Yang Tao, Chen Lan

Directed by Wu Jinyuan

Executive producer(s) Liu Yingxuan

Producer(s)     Ma Zhongjun, Zhao Yifang

Production location(s) Hengdian World Studios, Inner Mongolia

Country: China

Episodes:  58

Aired: Jun 5, 2017 - Aug 1, 2017

Original Network: Hunan TV

Duration: 45 min.


13 comments

  1. Aku lupa kapan terakhir kali nonton serial Tiongkok. Kalau nggak salah yang dulu pas Agnes Monica main sama F4. Eh, jangan-jangan malah produksi Taiwan itu? haha. If so, berarti zaman White Snake Legend. Aaa udah lama banget.

    Kangen juga nonton serial di mana pemainnya berdandan kayak gini. Baca ulasannya sekilas, seru!

    ReplyDelete
  2. Kayaknya menarik alurnya. Cuma bener mbak, saya juga kebolak balik soal nama kalo drama Tiongkok hehehe.

    ReplyDelete
  3. Wah,,hasil jiplakan tapi sukse berat, terus gimana kelanjutannya, apakah ada pembagian royalti atau apa?
    Tapi ku setuju tentang ide di bagian banyak tokoh figuran yang harusnya di skip, soalnya nagapalin nama pusing juga apalagi mirip ya...Tapi, noted, nonton Princess Agents mesti meluangkan waktu dan ga bisa disambi ini itu

    ReplyDelete
  4. Sepertinya aku bakalan kayak ambu nih.
    Kudu lirik sinopsis biar terhindar dari tulalit nama pemerannya.

    Aku juga suka serial kolosal seperti ini.
    Dulu pernah nonton Putri Sin Yee.
    Endingnya tragis eui.
    Suedih akutu.

    ReplyDelete
  5. Aktris dalam dalam membentuk karakter dalam perannya memang totalitas ya mbak. Sampai menurunkan berat badan 8kg. Woww

    ReplyDelete
  6. Waahh pemainnya kece amaaatt, jago tarung juga ya
    Ini sih paket komplit namanya
    Ngga heran sukses besaaar ya AMbu.

    ReplyDelete
  7. Wah klo mampir ke blog ini sepertinya skrg mbak lbh sering nonton drama cina y, soalnya sering nulis review drama cina ya

    ReplyDelete
  8. Cantik ya si Zanilia Zhao, Ambu...pasti jadi salah satu magnet buat drama Mandarin Princess Agents ya, meski plagiat tapi Xiao Xiang Dong Er jujur ya mengatakan kl novel karyanya adalah jiplakan dari novelis lain. Nice review yes

    ReplyDelete
  9. Kayaknya seru juga nonton langsung ya... Apalagi saya lagi pengen recall lagi memori pelajaran bahasa mandarin nih :)

    ReplyDelete
  10. Dramanya sampe 58 episode? Ya ampun panjang bener ya. Luar biasa yang nulis skenarionya walaupun hasil plagiat tapi setidaknya usaha membuat ceritanya pasti gak gampang juga

    ReplyDelete
  11. pemeran Chu Qiao harus mrnurunkan 8 kg berat tubuhnya, sebuah totalitas dalam bermain film ya.

    Yu, Yue, Ju ini pengucapannnya kalau bahasa Cina mirip juga kah? Emang bisa membingungkan ya

    ReplyDelete
  12. Drama percintaan banyak yang suka apalagi bila diadaptasi dari novel. Bagusnya si penulis mengakui ya tentang novelnya ini

    ReplyDelete
  13. Wah, aku udah lama gak nonton drama China begini. Kangen juga deh. Duuuh, pemainnya meni geulis ya. Nyari aaah 😍

    ReplyDelete