100 Days My Prince; Janji Setia Seorang Pangeran Cilik




“Aku menyukaimu”
“Aku akan mengawinimu”
Kata seorang anak laki-laki pada gebetannya, Yoon Yi-Seo,  perempuan cilik yang periang, cantik dan pemberani.

Sekian puluh tahun berlalu, Lee Yool, nama anak laki-laki tersebut, rupanya selalu  berpegang teguh pada janjinya dan Yi Seo pun selalu mengingatnya.

Mengambil  genre sageuk fusion alias kisah dengan setting masa lalu yang dimodifikasi (fiksi, bukan berdasarkan sejarah sebenarnya), drama Korea “100 Days My Prince”  sebetulnya ngga terlalu spesial. Khususnya jika dibandingkan dengan drakor bergenre serupa.

Pemeran utama mengalami lupa ingatan. Ide klise yang telah digunakan sejak “Meteor Garden”nya drama Taiwan. Kemudian diramu dengan kehidupan sang pangeran sebagai rakyat jelata selama 100 hari.

Yang menjadi pembeda adalah aktor dan aktrisnya yang sedang naik daun. Sang pangeran Lee Yool diperankan D.O. personil EXO, sedangkan Yoon Yi-Seo atau Hong Shim diperankan aktris cantik Nam Ji-Hyun.

Apabila Anda mencari tontonan yang menghibur, “100 Days My Prince”  recommended banget. Walaupun ada pemeran antagonis namun ngga ada aroma amis darah dan gelapnya sihir.

Serba asyik pokoknya, Anda bakal tersenyum-senyum melihat aksi D.O, Nam Ji-Hyun dan kawan-kawannya. Juga terbawa hanyut dengan kehidupan sehari-hari zaman baheula, tatkala alas kaki dibuat dari jerami, serta sulitnya penghidupan tanpa listrik dan smarftphone (:D  :D)


Do Kyung-Soo/D.O. Exo berperan sebagai  Lee Yool  yang semasa kecil berjanji pada gebetannya,  Yoon Yi-Seo, untuk menikahinya.
Sayang suksesi pemerintah membuat kedudukannya berubah menjadi putra mahkota dan dia harus  menikahi anak perdana menteri. Karena janjinya semasa kecil, sang putra mahkota Lee Yool enggan menyentuh istrinya Kim So-Hye, anak perdana menteri Kim Cha-Eon.
Ketika So Hye hamil, tahulah sang pangeran bahwa istrinya sudah berselingkuh. Mengetahui situasi yang tidak menguntungkan, perdana menteri Kim segera mengambil tindakan yaitu menghabisi nyawa Lee Yeol.


Nam Ji Hyun berperan sebagai Yoon Yi-Seo, putri bangsawan yang cantik jelita, pemberani dan ceria. Nasib malang membuatnya harus kehilangan  ayah, keluarganya dibantai habis.
Yi Seo lari bersama dengan kakak laki-lakinya. Untuk mengelabui para pengejar, Yi Seo harus berpisah dengan kakaknya. Bersembunyi di kampung  Song Joo dan diangkat anak oleh seorang penjaga menara, namanya diubah menjadi Hong Shim.


Kim Jae Young berperan sebagai Moo-Yeon, kakak kandung Hong Shim. Usai terpisah dari adiknya, Moo Yeon justru menjadi tangan kanan perdana menteri Kim Chae Eon dan beberapa kali terlibat dalam usaha pembunuhan terhadap putra mahkota.
Nasib Moo Yeon bertambah malang ketika dia jatuh cinta pada Kim So-Hye, anak perdana menteri Kim Cha-Eon, orang yang telah membantai habis keluarganya.

Sinopsis:
Hundred Days My Prince Menceritakan tentang Lee Yool (Do Kyung-Soo) seorang Putra Mahkota yang perfeksionis (selalu serba sempurna), namun secara tiba-tiba Dia menghilang dikarenakan dirinya jatuh di sebuah tebing yang menyebabkan Ia mengalami luka berat. Entah kenapa Putra Mahkota menemukan dirinya berubah menjadi seorang bernama Won Deuk, sosok yang terlihat seperti orang tak berguna. Kemudian ia bertemu dengan seorang bernama Hong-Sim (Nam Ji-Hyun), orang yang sangat cerdas dan mengelola agen detektif swasta pertama di Joseon. (Anoman Bioskop)

Review:
Kisah dibuka dengan pertemuan Lee Yool sebelum menjadi pangeran, dengan Yoon Yi-Seo. Keduanya masih anak-anak  bau kencur yang  senang bermain. Tertarik dengan kecantikan, kepandaian dan keberanian Yi Seo, Lee Yool berjanji untuk menikahinya.

Sebuah tragedi berdarah memisahkan mereka. Ayah kandung dan kerabat Yi Seo dibantai demi naik tahtanya ayah Lee Yeol. Ketika berlari menyelamatkan diri, Yi Seo harus berpisah dengan kakaknya. Beruntung seorang laki-laki sederhana di desa Song Joo menyelamatkan Yi Seo dan mengangkatnya sebagai anak. Namanyapun diganti menjadi Hong Shim.

Dua puluh tahun kemudian, Lee Yeol sebagai putra mahkota telah menikah dengan Kim So-Hye, anak perdana menteri Kim Cha-Eon demi mempertahankan tahta ayahnya. Karena itu Lee Yeol enggan menyentuh Kim So Hye.
Ketika negara ditimpa bencana, hujan tak juga turun, para ahli mengatakan bahwa penyebabnya adalah belum bersatunya putra mahkota dan putri mahkota. Yin belum bertemu Yang.

Alih-alih mengikuti saran para ahli, putra mahkota Lee Yeol malah memerintahkan agar semua bujang dan gadis di negaranya untuk menikah, tanpa terkecuali. Perintah yang berimbas pada Hong Shim yang enggan menikah karena bagaimanapun dia perempuan bangsawan. Dan Hong Shim selalu teringat pada janji Lee Yeol. Agar bisa terhindar dari kewajiban menikah,  Hong Shim berbohong bahwa ada sosok Won Deuk, calon suami yang akan datang sewaktu-waktu untuk menikahinya.

Di istana, Lee Yeol mendapati istrinya sudah berbadan dua. Merasa tidak pernah menyentuhnya, Lee Yeol mengambil kesimpulan bahwa istrinya sudah berselingkuh.

Mengetahui bahaya mengancam anaknya, perdana menteri Kim Cha-Eon berusaha menghabisi Lee Yeol dengan mengirim pasukan pembunuh. Dalam situasi terjepit, Lee Yeol bertukar busana dengan Dong Joo tangan kanannya, sehingga Dong Joolah yang terbunuh.

Kemana Lee Yeol?

Dia hilang ingatan dan ditemukan oleh ayah Hong Shim. Agar anaknya terhindar dari hukuman mati gara-gara belum menikah juga, ayah Hong Shim memperkenalkan Lee Yeol sebagai Won Deuk, sosok bayangan yang diciptakan Hong Shim. Kedua insan inipun menikah, tanpa menyadari bahwa keduanya pernah terikat janji.



Kelucuan-kelucuan terjadi usai upacara pernikahan. Sebagai putra mahkota, tentunya Won Deuk tidak terbiasa hidup susah, tidur tanpa alas yang empuk, interior rumah sederhana  dan pakaian ala kadarnya. Sehingga ketika bertemu rentenir, dengan naifnya dia masuk jebakan si rentenir. Dia mengambil semua barang mewah untuk melengkapi hidupnya sehari-hari dan baru tersadar sesudah waktunya membayar hutang.

Pertengkaran demi pertengkaran mewarnai kehidupan pasangan Hong Shim dan Won Deuk. Pertikaian yang justru merekatkan hubungan keduanya. Sayang kondisi penuh romantis tak berlangsung lama. Perdana menteri Kim Cha-Eon mencium keberadaan putra mahkota. Persaingan tahta dengan Queen Park yang berambisi agar anaknya Prince Seowon menjadi pangeran, membuat Kim Cha Eon mengambil langkah ekstrim, menjemput putra mahkota untuk kembali ke istana. Toh lupa ingatan.

Bagaimana nasib Hong Shim setelah  ditinggal suami jadi-jadiannya?
Secara keseluruhan “100 days My Prince” sangat menghibur. Lupakan ketidak sesuaian sejarah. Lupakan ending yang agak aneh. Terpenting adalah bisa tersenyum dan terbahak melihat akting para pemerannya. Bukankah salah satu tujuan pembuatan drama adalah untuk menghibur?

Profile
Drama: 100 Days My Prince (English title) / Hundred Days' Husband (literal title)
Revised romanization: Baekilui Nanggoonnim
Hangul: 백일의 낭군님
Director: Lee Jong-Jae
Writer: No Ji-Sul
Network: tvN
Episodes: 16
Release Date: September 10 - October 30, 2018
Runtime: Mondays & Tuesdays 21:30
Language: Korean
Country: South Korea


Comments

Drakor ini lumayan bagus sih mba, mungkin karena ada DO sih ya makanya aku jadi demen banget wkwkwkwk
hehehe saya penggemar Nam Ji Hyun

salah satu kelebihan drama korea emang pemainnya yang ganteng dan cantik ya?