W: Two Worlds Apart, Sosok Tampan dari Webtoon

    
maria-g-soemitro.com

W: Two Worlds Apart, Sosok Tampan dari Webtoon

Pernah terjebak debat kusir di media sosial? Saya pernah ngalamin. Sewaktu share tentang dunia lain sebagai pengantar link tulisan drama Korea di grup Facebook, ternyata ada yang menyanggah.

Si penyanggah bilang bahwa drama Korea “Signal” tidak melibatkan dunia lain. Selanjutnya dia bilang drama Korea yang berkisah tentang dunia lain adalah “W: Two Worlds Apart” dan “Chicago Typewriter”.

Saya bilang, interpretasi kita berdua mungkin berbeda. Drama Korea “Signal” berkisah tentang detektif polisi Lee Jae-Han (Cho Jin-Woong) yang hilang sejak 16 tahun silam. 

Anehnya profiler  Park Hae-Young (diperankan Lee Je-Hoon) menemukan walkie talkie yang menjadi media komunikasi dengan Lee Jae-Han, hingga akhirnya bisa menemukan pembunuh sebenarnya.

Nah jika bukan di dunia lain, di mana Lee Jae-Han berada?

Debat kusir saya tinggalkan karena bakal jadi hal sia-sia jika interpretasinya berbeda. Penyanggah juga gak mau menghargai pendapat orang lain. Terlebih ngapain juga ngotot terkait fantasi penulis skenario bukan?

Nah kemarin, paska nonton drama Korea “Happiness”,saya kok kangen acting Han Hyo-Joo dalam drama Korea “W: Two Worlds Apart”, dan jadilah tulisan ini.

Baca juga:

Signal (Drama Jepang), Arwah yang Memecahkan Kasusnya

Hello? It's Me!, Sosok dari Masa Lalu

    

maria-g-soemitro.com

Lee Jong-Suk sebagai Kang Chul

Kang Chul tokoh komik yang diciptakan Oh Sung-Moo, namun berdasarkan fantasi anaknya, Oh Yeon-Joo tentang lelaki idaman.

Dikisahkan Kang Chul mengalami nasib sial pasca kemenangannya di ajang olimpiade. Sepulang dari bepergian, Kang Chul menemukan seluruh keluarganya tewas dibantai.

Karena tak menemukan pelaku pembunuhan, Kepolisian menjadikan Kang Chul sebagai kambing hitam. Dia diseret ke pengadilan dengan tuduhan telah membunuh keluarganya. 

Sempat masuk penjara dan dibebaskan, Kang Chul merasa terpuruk dan ingin bunuh diri di Sungai Han. Namun di saat terakhir, keputusan Kang Chul berbalik. Dia ingin hidup untuk mencari pembunuh keluarganya yang sebenarnya.

12 tahun kemudian, Kang Chul sukses berbisnis. Bahkan dia berhasil menjadi salah seorang terkaya di Korea Selatan. Kekayaannya digunakan untuk mencari pembunuh keluarganya yang bagai raib ditelan bumi.

Pertemuannya dengan Oh Yeon-Joo membuka tabir mengapa si pembunuh sulit ditemukan.

  

maria-g-soemitro.com

Han Hyo-Joo sebagai Oh Yeon-Joo

Korban brokenhome, hidup Oh Yeon-Joo sebetulnya sangat lurus dan nyaman. Oh Yeon-Joo tinggal bersama ibunya yang memutuskan berpisah dari sang ayah, Oh Sung-Moo seorang komikus.

Perceraian kedua orangtuanya tak berpengaruh pada hidup Oh Yeon-Joo. Dia tetap menerima kasih sayang utuh. Termasuk dalam hal pendidikan, Oh Yeon-Joo sukses menjadi dokter.

Kehidupan Oh Yeon-Joo baru berubah saat menjadi dokter residen. Ayahnya memutuskan menghentikan aktivitasnya sebagai komikus. Keputusan yang membuat Oh Yeon-Joo masuk dalam lingkaran hidup Kang Chul, tokoh utama komik karangan sang ayah.

Tidak hanya itu, Oh Yeon-Joo dan Kang Chul saling jatuh cinta.

Klimaksnya, dia harus memilih: Membunuh sang ayah yang bertransformasi menjadi pembunuh, atau Kang Chul, suami kontraknya.

  

maria-g-soemitro.com

Kim Eui-Sung sebagai Oh Sung-Moo

Kerap mabuk dan pekerjaan gak jelas membuat Oh Sung-Moo  ditinggal istri dan Oh Yeon-Joo , anaknya yang kala itu masih gadis cilik. 

Pasca anak istrinya pergi, Oh Sung-Moo sempat kacau dan mabuk-mabukan lagi. Namun kemudian dia bangkit dan mulai membuat webtoon “W” yang ternyata sangat disukai penggemarnya.

Setelah beberapa tahun mendulang sukses dan berhasil menerbitkan serial “W”, Oh Sung-Moo  memutuskan untuk berhenti, dan memulai penghidupan baru, meninggalkan hiruk pikuk pembuatan webtoon.

Ternyata tak mudah. Sosok pembunuh ciptaannya menolak berhenti sebelum Kang Chul , sang tokoh utama benar-benar mati.

Galau dalam persimpangan, akhirnya Oh Sung-Moo memutuskan menggunakan wajahnya sendiri sebagai wajah pembunuh, karena sebelumnya si pembunuh tak memiliki wajah.

Keputusan yang berujung malapetaka. 

   

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama Korea W: Two Worlds Apart

“Aku mencintaimu,” teriak Oh Yeon-Joo pada Kang Chul. Untuk kedua kalinya Oh Yeon-Joo meneriakkan kalimat tersebut.

Tidak hanya itu, Oh Yeon-Joo pernah tiba-tiba mencium Kang Chul, pernah membuka jubahnya untuk menunjukkan tubuh telanjang, bahkan pernah menodongkan pistol pada Kang Chul.

Tindakan ekstrim Oh Yeon-Joo membuat Kang Chul goyah. Karena Kang Chul tidak paham,  Oh Yeon-Joo melakukan banyak hal yang mampu dipikirkannya agar bisa kembali ke dunianya. Dunia manusia!

Yup, Oh Yeon-Joo dan Kang Chul berasal dari dunia yang berbeda. Oh Yeon-Joo manusia biasa yang tinggal di dunia yang dihuni manusia. Sedangkan Kang Chul adalah tokoh webtoon berjudul “W” hasil imajinasi pengarang Oh Sung-Moo, ayah Oh Yeon-Joo.

Setelah bertahun-tahun mendulang sukses dan kekayaan dari hasil karyanya, Oh Sung-Moo merasa jenuh dan bermaksud mengakhiri kisah Kang Chul. Dan ending yang diinginkan Oh Sung-Moo adalah kematian Kang Chul. Dia menggambar lembaran komik terakhirnya dengan Kang Chul terkapar berlumuran darah.

Anehnya Oh Sung-Moo menghilang pasca menggambar ending komik “W”. Dikatakan menghilang karena tak satu pun dari asistennya yang melihat kepergian sang komikus. Ponselnya pun masih utuh di ruang kerjanya.

Bertambah aneh sewaktu Oh Yeon-Joo yang sedang mencari ayahnya, tiba-tiba terlempar ke dunia komik  “W”, tempat Kang Chul berada. Tergolek berlumuran darah.

Sebagai dokter residen, Oh Yeon-Joo tergerak untuk membantu Kang Chul. Ajaib, tepat sesudah Kang Chul diselamatkan, muncul kata “Bersambung”, dan Oh Yeon-Joo terlempar lagi ke dunia manusia.

Demikian terus terjadi hingga Oh Yeon-Joo kerap bertindak ekstrim agar bisa kembali ke dunia manusia.

Kang Chul yang kebingungan dengan in-out nya kehadiran Oh Yeon-Joo, berusaha memahami keberadaan Oh Yeon-Joo yang tak terdeteksi data kepolisian. 

Agar terbebas dari kejaran kepolisian, akhirnya Kang Chul memutuskan mengajak Oh Yeon-Joo melakukan kawin kontrak.

.Di pihak lain ada bahaya mengintai. Dia adalah pembunuh tanpa wajah ciptaan Oh Sung-Moo, yang dikisahkan membunuh seluruh keluarga Kang Chul. Si pembunuh tak mau Kang Chul diselamatkan. Dia mau Kang Chul mati.

  

maria-g-soemitro.com

Review Drama Korea W: Two Worlds Apart

Kisah drama Korea “W: Two Worlds Apart” memang gak masuk akal. Jika ada tokoh webtoon bisa hidup, si pengarang komik mirip dengan Tuhan dong? Dia bisa menciptakan manusia. 

Selain itu, jika dikaitkan dengan kisah pengantar di atas, drama Korea “W: Two Worlds Apart” gak masuk kategori dunia lain seperti drama Korea “Signal”, drama Korea “Chicago Typewriter serta drama Korea lain yang berkisah tentang dunia lain.

Juga berbeda dengan drama Korea “The King: Eternal Monarch” yang berkisah tentang dunia paralel. 

Namun drama Korea “W: Two Worlds Apart” mempunyai keunggulan dibanding drama Korea tersebut. Drama ini berhasil menyabet 2 penghargaan di ajang  2016 (5th) APAN Star Awards dan 7 penghargaan di gelaran 2016 MBC Drama Awards.

Wow banget bukan?

Skenario yang apik, detail dan runut menjadi keunggulannya. Penonton nyaman menonton tanpa mempedulikan logis tidaknya tokoh webtoon bisa masuk ke dunia manusia.

Kelebihan lainnya, chemistry dan akting kedua pemeran urama yang mumpuni, termasuk pemeran pendukung Kim Eui-Sung yang berperan sebagai Oh Sung-Moo, ayah Oh Yeon-Joo (Han Hyo-Joo). Akting Kim Eui-Sung mampu membuat juri kepincut dan memberinya penghargaan Best Supporting Actor pada 2016 MBC Drama Awards.

Bahkan klimaksnya, drama Korea “W: Two Worlds Apart” behasil memenangkan Best Drama Award pada gelaran yang sama.

Berfantasi mah bebas ya? Yang penting bagaimana menyusun fantasi tersebut dan memvisualisasikannya menjadi drama menarik yang disukai penonton.


Baca juga

Happiness, Ketika Cinta Diuji Virus Lytta

The King: Eternal Monach, Sepotong Cinta Dalam Fiksi Ilmiah

Profile

Drama: W: Two Worlds Apart

Revised romanization: W

Hangul: 더블유

Director: Jung Dae-Yoon

Writer: Song Jae-Jung

Network: MBC

Episodes: 16

Release Date: July 20 - September 14, 2016

Runtime: Wednesday & Thursdays 22:00

Genre: Fantasy-Romance

Language: Korean

Country: South Korea



17 comments

  1. Seruu bgt ini drakornya. Aku udah tamat nontonnya. Termasuk drakor lama yang the best bgt. Aku sampe rewatch nonton 2x ahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sebagus itu kah mbaak sampai nonton dua kali? Aku masih banyak banget list drakor yang mau ditonton gara-gara sering fyp di tiktok.

      Delete
  2. Kalau ada Pak Kim Eui-Sung mah totalitasnya muantabs banget, wajar dah dapat penghargaan.
    Apalagi dramanya juga mendukung ya dengan alur cerita yang bikin betah nonton

    ReplyDelete
  3. Meski tidak masuk akal, tapi tetap bisa menikmati kisah ini dengan baik karena penyampaian yg disampaikan Ambu mudah dipahami. Belum tentu kalau nonton sendiri saya bisa sesabar Ambu bisa menjelaskan lagi semuanya. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sama mbak okti, Ambu nulis review bikin kita berasa masuk ke dalam filmnya, meraih best drama harus nonton neh

      Delete
  4. Pernah meraih Best Drama Award? Waaah boljug nih ditonton. Pasti ada banyak keistimewaan yang bikin drakor ini dapat penghargaan setinggi itu. Kolaborasi dunia nyata dan fantasi berbaur dalam drama itu selalu menarik untuk disimak. Cus. Langsung masuk list tontonan minggu ini.

    ReplyDelete
  5. Drama ini menurut saya juga bagus Mba, kok bisa kepikiran dua dunia gitu..hehe. Jadi kepincut pengen nonton lagi :-D
    Signal dan Happiness pun saya juga belum nonton. Seneng bisa dapat ide atau rekom judul drakor yang bisa ditonton gini ^^

    ReplyDelete
  6. Setuju ambu, "berfantasi itu bebas yang penting bagaimana menyusunnya sehingga menarik". AKu juga semula berpikir kok tokoh webtoon bisa ada dalam kehidupan manusia? tetapi kembali lagi ya penulisnya mau menulis apa. Yang penting tersaji menjadi tontonan menarik ya

    ReplyDelete
  7. Aku udah nonton ini bund, tapi aku suka ngrasa nih episodenya ada yang perlu dipangkas krn bertele2nya hihihi. Tapi untung aja endingnya lumayan. Jangan sampai aku dah capek2 nonton endingnya ngeselin juga. Yaaa walaupun drakor ini genrenya fantasi sih tapi ya mayan deh :D

    ReplyDelete
  8. Suka banget sama drama fantasi W: Two Worlds Apart.
    Meski fantasi, entah kenapa aku bisa sejatuh cinta itu sama couple ini. Lucu dan gemes banget.. Padahal ada adegan thrillernya ya.. Liat bapaknya yang memanipulasi jalan cerita di webcomicnya.

    ReplyDelete
  9. Kuncinya memang di jalan cerita, ya. Kalau jalan ceritanya menarik, biasanya akan tetap asik ditonton meskipun gak masuk akal. Seringkali jadi tantangan nih untuk cerita fantasi. Jalan ceritanya suka rumit, malah jadinya mikir pas nonton. Tapi, kalau yang ini engggak, ya

    ReplyDelete
  10. Sebuah drama yang melahirkan banyak debat kusir itu bagus. Promosi gratis dan bisa jadi trending. yang diajak debat kusir yang malas. Wkwkwk.
    Saya pernah share tentang sesuatu setelah panjang lebar komentar bertubi2 lanjut ke wapri. Tripel capek.
    Kayaknya saya nonton Signal. Kalau yang ini tidak.

    ReplyDelete
  11. Katanya ini drakor seru ya, soalnya ceritanya emang gak masuk akal gitu. wkwk. aku tuh suka aneh kayak gini, lebih seru daripada cinta-cintaan..

    ReplyDelete
  12. Meskipun ceritanya susah dicerna oleh logika, tapi aku sukak bgt sama drakor ini. Acting Lee Jong Suk dan Hyo Jo keren bgt, chemistry mereka dapat! Drakor ini pun sudah aku tonton sampai 3x! Baru tahu juga kalau ternyata drama ini dapat awards

    ReplyDelete
  13. saya suka banget sama drakor ber genre fantasy dan thriler, baca sinopsisnya sepertinya saya bakal nonton sampai tamat nih, ketinggalan banget ya belum tahu drakor yang satu ini,

    ReplyDelete
  14. Kang Chukl teh saha iyeu ambu? Kang Pacul? Kekekeke. Ganteng banget yaaa Lee Jong Suk. Wajahnya juga webtoon banget. Cocoklah pemilihan karakternya sutradara. Apesnya pengarangnya gak nyadar ya kalau karakter jahatnya unstopable. Jadi ingat film jadul judulnya, Ink Heart. Ambu pernah nonton gak? Mirip kayak gini kisahnya.

    ReplyDelete
  15. Salahsatu drama korea yang berhasil aku rewatch Ambu, selain karena suka sama jalan ceritanya saya juga sama pemainnya pasti, heee Lee Jong Suk sama Han Hyo Joo, huhuuhu, manis manis gitu, pas bagian manisnya sih
    cuman, pas waktu penjahatnya bikin wajah ayahnya Oh Yeon-Joo hilang itu aku ga berani nonton T_T
    Selebihnya suka banget
    apalagi bagian asisten ayahnya Oh Yeon-Joo, aaa

    ReplyDelete