The King: Eternal Monach, Sepotong Cinta Dalam Fiksi Ilmiah

 

The King: Eternal Monarch, Sepotong Cinta Dalam Fiksi Ilmiah

 

Percaya bumi itu bulat? Atau bumi itu datar?

Bagaimana dengan dunia parallel, atau kehidupan selain dunia kita?

Para ahli fisika kuantum  meyakini bahwa selain kehidupan yang kita kenal dan jalani sekarang, ada satu atau lebih kehidupan lain yang juga berjalan secara bersamaan dalam dunia paralel.

Malangnya observasi hanya bisa dilakukan di dunia kita,sehingga hasilnya ngga valid. Ahli fisika Dr. Michio Kaku, menganalogikan  parallel universe seperti yang dialami seekor ikan gurami dalam sebuah kolam.

Saat hujan turun, ikan gurami merasakan getaran yang berasal dari gelombang akibat tetesan air hujan. Getaran itu berupa gravitasi dan cahaya dari alam semesta lain. Sehingga dia mengetahui ada kehidupan lain diluar kolam. Sayang, akibat keterbatasan, dia tidak bisa membuktikannya. (sumber: ikons.id)

Dasar teori dunia parallel (parallel universe) adalah ketidak terbatasan jagat raya yang memberikan kemungkinan adanya alam semesta lain. Diperkirakan ada 1011 galaksi di jagat raya, sehingga selalu ada kemungkinan ada kehidupan lain selain galaksi yang kita huni sekarang.

Keberadaan dunia parallel menjadi inti kisah drama Korea: “The King: Eternal Monarch". Untuk menghubungkan satu dunia dengan dunia lain dimunculkan “manpasikjeok”, seruling bamboo yang menjadi pusaka Kerajaan Corea.

Berkat manpasikjeok pula actor utama drama ini, Lee Min Ho bertemu dengan Kim Go Eun. Kemudian bahu membahu mencari potongan manpaksijeok lain yang diikuasai sang paman yang merupakan trouble maker kisah ini. Dengan kata lain, seruling bamboo dan si paman menjadi benang merah. Tanpa keduanya, ngga ada kisah The King: Eternal Monarch. :D

Siapa Lee Min Ho, ngga usah dibahas lagi dong ya? Namanya melejit paska Boys Over Flower, dan wajahnya bikin banyak perempuan merindu, wakakak …. :D

Juga Kim Go Eun, aktris  yang merayakan ulang tahun ke-29 pada 2 Juli kemarin, sukses membintangi Goblin, Cheese in The Trap dan penyabet beberapa penghargaan serta nominasi. Padahal sepanjang karirnya Kim Go Eun cuma bermain di 3 serial drama lho, selebihnya doi lebih sering bersliweran di layar perak.

Tepat banget memilih mereka berdua sebagai pemeran utama The King: Eternal Monarch. Drama ini seakan ditulis penulis scenario khusus untuk Lee Min Ho dan Kim Go Eun.  ^^


Ditambah penampilan Woo Do Hwan yang berperan ciamik dalam 2 karakter. Serta Lee Jung Jin, sang Pangeran Geum yang anggun dalam karakter antagonis, sukses menyihir penonton Korea Selatan dan berhasil meraih rating 2 digit.

Baca juga: About Time, Tentang Kematian: Pilih Dia atau Kamu?

 

Lee Min Ho sebagai Lee Gon. Raja Kerajaan Corea, Di usianya yang ke-8, Lee Gon harus melihat peristiwa berdarah: ayahnya, Lee Ho, Raja Corea yang sedang berkuasa, dibunuh oleh Pangeran Geum, kakak ayahnya.

Lee Gon kecil hampir bernasib sama , untunglah datang penyelamat tak dikenal. Bahkan Lee Gon sempat menyembunyikan patahan manpasikjeok yang diincar pamannya.

Lee Gon juga berhasil mengambil name tag dari tubuh penyelamatnya. Seorang tak dikenal dengan kostum hitam-hitam.

Name tag tersebut atas nama letnan polisi  Jeong Tae Eul, nama yang tak terdaftar dalam Kerajaan Corea.

Saat tersesat di hutan bamboo, Lee Gon baru memahami fungsi patahan manpasikjeok yang disembunyikan dibalik pecut kudanya. Dia juga menemukan jalan menuju dunia lain yang bernama Republik Korea, tempat Jeong Tae Eul tinggal.


Kim Go Eun sebagai Jeong Tae Eul. anggota kepolisian Republik Korea, Hidup bahagia dengan ayahnya, pelatih tae kwon do tak menduga suatu hari bertemu dengan pangeran berkuda putih yang terobsesi padanya.

Wajah mirip dirinya ternyata hidup di Kerajaan Corea. Tidak hanya mirip tetapi plek sama sidik jari, golongan darah serta tanggal lahirnya.

Bedanya perempuan bernama Luna tersebut menderita kanker stadium akhir, serta kerap keluar masuk penjara karena tindakan criminal.

Luna diselundupkan ke Republik Korea untuk memuluskan langkah Pangeran Geum menguasai manpasikjeok, sedangkan Jeong Tae Eul dibawa ke Kerajaan Corea sebagai tahanan.


Lee Jung Jin sebagai Pangeran Geum/ Lee Lim. Anak tertua Raja Corea yang mendambakan kejayaan dunia. Dia tahu manpasikjeok yang tersimpan diistana dapat memenuhi ambisinya.

Dengan persiapan matang, dia berhasil merebut manpasikjeok dari istana, dan membunuh adiknya,  Lee Ho, raja yang sedang berkuasa.  Sayang terjadi peristiwa diluar prediksi. Keponakannya berhasil mematahkan manpasikjeok dan menyembunyikannya.

Lee Lim melarikan diri ke Republik Korea dan mulai menyusun kekuatan untuk merebut patahan manpasikjeok dari tangan kepokannya.

Woo Do Hwan sebagai Jo Young

Woo Do Hwan sebagai Jo Young,  bodyguard raja Lee Gon di Kerajaan Corea, dan sebagai Jo Eun Sup di Republik Korea.

Sebagai anak pejabat istana Kerajaan Corea, Jo Young menjadi teman kecil Lee Gon, kemudian dipercaya menjadi body guardnya. Kepada Jo Young pula, Lee Gon mengisahkan rahasianya.

Untuk membantu melacak keberadaan pamannya di Republik Korea, Lee Gon mengajak Jo Young. Saat itulah Jo Young bertemu Jo Eun Sup, orang  yang berwajah sama namun bertolak belakang dalam hal latar belakang keluarrga,  sifat serta karakter.

Woo Do Hwan sebagai Jo Eun Sup

Ada hukum tak tertulis yang berlaku, yaitu  tidak boleh ada 2 manusia yang berwajah/ bertubuh sama dalam satu dunia. Salah satu harus mati, agar tak menimbulkan kebingungan/kekacauan.

 

Kim Kyung Nam sebagai Kang Shin Jae, anggota kepolisian di Republik Korea. Sebetulnya dia adalah warga Kerajaan Corea . Saat masih kecil Shin Jae diselundupkan ke Republik Korea.

Peran ibunya dibutuhkan Lee Lim. Saat sang ibu merasa putus asa dan hampir bunuh diri bersama Shin Jae, Lee Lim menawarkan bantuan.  Barter pun terjadi. Shin Jae menggantikan posisi anak seorang hartawan di Republik Korea yang dalam keadaan koma, ibu Shin Jae menjadi mata-mata Kerajaan Corea.


Sinopsis The King: Eternal Monarch

Tiupan manpasikjeok membuat ombak menjadi tenang. Angin berhenti.

Ombak menjadi tenang. Lawan pergi. Penyakit sembuh.

Hujan turun ditanah kering. Cuaca musim hujan membaik.

Begitu banyak kesaktian yang dimiliki manpasikjeok, yang diturunkan sejak Raja Sinmun, Dinasti Silla, membuat seruling bamboo ini menjadi pusaka Kerajaan Corea.

Raja Lee Ho tidak mengetahui bahwa Manpasikjeok mampu membuat pemiliknya menguasai waktu dunia parallel.

Berbeda dengan Lee Ho adalah Lee Lim, kakak tertua beda ibu yang berambisi ingin menguasai dunia. Karena itu pada  tahun 1994,  Lee Lim bersama dengan tangan kanannya melakukan serangkaian pembunuhan demi merebut manpasikjeok.

Pangeran Geum, nama panggilan Lee Lim berhasil membunuh Lee Ho. Namun gagal mendapatkan manpasikjeok dalam keadaan utuh, Keponakannya, Lee Gon mematahkan manpasikjeok saat melakukan perlawanan.

Walau hanya patahan,  manpasikjeok tetap bisa membantu  Pangeran Geum memasuki  dunia Republik Korea, tempatnya bersembunyi dengan identitas orang yang dia bunuh untuk menutupi keberadaannya.

Pangeran Geum juga mengumpulkan anak buah dan menyusun strategi untuk menemukan kembali patahan manpasikjeok, jika perlu menukar nyawa, dan menyandera agar bisa menyelusupkan orangnya ke Kerajaan Corea.   

Pada tahun 2019, Lee Gon, pengganti Raja Lee Ho, baru menemukaan rahasia manpasikjeok setelah dewasa dan bertekad menemukan Letnan Jeong Tae Eul, sosok yang semula dikira sebagai penyelamat nyawanya.

Jeong Tae Eul ternyata tinggal di Republik Korea. Umurnya masih muda. Jadi tak mungkin dialah sosok penyelamat di malam berdarah.

Hasil penyelidikan Lee Gon menyimpulkan bahwa kedua patahan manpasikjeok harus disatukan agar terjadi keseimbangan, setelah sebelumnya dikacaukan Pangeran Geum.

Namun keseimbangan menuntut konsekuensi lain, kisah cintanya dengan Jeong Tae Eul akan terhapus.

Baca juga : Hotel Del Luna, Menembus Batas Fantasi Hongs Sisters


Review The King: Eternal Monarch.

Déjà vu …. !

Menonton adegan Lee Gon kembali ke masa silam untuk mengubah kisah, walau berarti harus menghapus kisah cintanya dengan Jeong Tae Eul.

Adegan ke masa silam (untuk mengubah nasib), terdapat dalam kisah Harry Potter. Harry Potter dan Hermione Granger dalam Harry Potter and The Order of The Phoenix, menggunakan mesin waktu dari gurunya untuk melepaskan Sirius Black dari penjara di Menara.

Seperti banyak fiksi, imajinasi pengarang bisa saja sama. Terlebih penulis skenario drama Korea dituntut untuk menyajikan plot kisah menawan. Sumber daya alam mereka terbatas. Berbeda jauh dengan negara Cina.

Sebagai contoh setting adegan kerajaan, itu-itu aja dan kalah mewah dengan drama Cina yang nampak megah dan cerminan istana beneran. Terlebih pemandangan alamnya yang bukan sekedar permainan augmented reality (AR).

Karena itu, dibutuhkan kekuatan plot cerita, pemilihan pemeran yang tepat  serta kesolidan team pendukung sebagai point penentu keberhasilan drama Korea.

Plot cerita seperti biasanya ada bolong disana-sini, tapi tertutup dengan baik berkat permainan apik Lee Min Ho dan Kim Go Eun. Kisah ini seolah ditulis untuk mereka berdua.

Credit point lainnya harus diberikan untuk Lee Jung Jin, pemeran Pangeran Geum yang dengan langkah flamboyannya mendatangi korban. Atau mengayunkan payung berisi manpasikjeok,  berdetak memecah keheningan malam.

Dingin, arogan dan melakukan setiap step dengan penuh perhitungan. Wajah feodal Pangeran Geum nampak datar saat  berkata-kata halus, namun tangannya menjulur ke bawah, kemudian krekek …krekek ….leher korbanpun terpuntir hingga nyawanya melayang.

Tak kalah mempesona adalah acting Woo Do Hwan yang memerankan 2 karakter sekaligus. Jo Young yang dingin, kaku dan jago berkelahi untuk membela raja. Serta Jo Eun Sup yang ngocol, konyol dan pastinya lucu.

Selain The King: Eternal Monarch, Woo Do Hwan juga berakting ciamik dalam beberapa serial, diantaranya sebagai pemuda broken heart dalam Save Me.

Persahabatan Woo Do Hwan dan Lee Min Ho berlanjut paska shooting The King: Eternal Monarch, dan memenuhi timeline penggemar drama Korea dengan adegan bromance mereka,𝩀𝩀𝩀

Drama ini recommended, walau semula saya enggan menontonnya. :D

Namun, ide kisah serta permainan actor pendukung seperti yang disebut di atas membuat saya berdecak kagum. Wow!

 Baca juga: 

Save Me, Belenggu Aliran Sesat

Vaga bond, Gajah Bertarung, Pelanduk Mati di Tengah

Profile

Drama: The King: Eternal Monarch

Revised romanization: Deo King: Youngwonui Gunjoo

Hangul: 더 킹: 영원의 군주

Director: Baek Sang-Hoon

Writer: Kim Eun-Sook

Network: SBS

Episodes: 16

Release Date: April 17 - June 12, 2020

Runtime: Friday & Saturday 22:00

Language: Korean

Country: South Korea


27 comments

  1. mas Min-ho adu akting ama eonni Go-Eun waaaa cakeeep banget, sampe aku jadi shipper mereka. Lah kenapa awalnya nggak mau nonton mb???

    ReplyDelete
  2. Sepertinya aku gak berbakat nih jd anggota pecinta deakor hehe, suka kebingungan menghafal nama dan wajah2 nya hehe. Anw harus sempetin nonton nih kyaknya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, jangankan nama Korea,nama Indonesiapun sering lupa

      Karena itu review khusus main role nya supaya saya juga ngga bingung :D

      Delete
  3. Wah ini drakor yang banyak digemari orang, tapi saya belum nonton. Tapi kalau yang main Min Ho emang jadi salah satu jaminan laris. DIa sering banget jadi pangeran ya ?

    ReplyDelete
  4. Film Korea memang selalu sukses membuat penontonnya larut dalam cerita dan kisahnya pun selalu menarik.

    ReplyDelete
  5. Lee min ho masih menjadi magnet ya dalam setiap filmnya, seperti yang sering dibahas di kantor, selain dari kegantengan tapi sosoknya sangat kharismatik. Ini film yanh booming di kerjaan, dan hanya bisa menyimak saat sedang bercerita, dan hari ini pas bw ke sini, pembahasannya sama hehe

    ReplyDelete
  6. jujur aku termasuk yang gak mengikuti drakor..setelah aku baca ini jadi tertarik nih sama film ini khususnya bisa nonton dimana ya kak?apa bs diyoutube?

    ReplyDelete
  7. Suka sama aktor Lee Min Ho kemarin itu karena dia main drama di City Hunter. Auto jadi penggemar waktu itu. Tapi kalau sekarang udah biasa sih. Wuah, jadi pengen review drama juga sih. Hihi ...

    ReplyDelete
  8. Kalau menurut saya yang hanya bisa baca beberapa review tapi nggak bisa nonton :(, plot cerita dan kekuatan akting pemain drakor itu luar biasa. Bisa bikin penonton sampai suka banget atau sebel banget. Saya aja yang baca bisa jadi penasaran pengen nonton, tapi belum kesampaian hehehe...

    ReplyDelete
  9. wuaduh baru baca aja berasa kerennya nih. jadi pengen nonton jugaaaa. sip deh,

    ReplyDelete
  10. Drama bagus dengan cerita fiksi yang amat menarik. Aku udah tamat saat ngikutin on going. Keren ceritanya, ga dangkal tapi ga dalam² amat. Bisa ngikutin ceritanya walau sempat merasa agak rumit di eps 14. Aku terkesima dengan Wo Do Hwan yang memesona 😍

    ReplyDelete
  11. Saya sometime percaya ada parralel universe. Wkwkwk. Gara-gara keracunan film-film Hollywood, Avengers, Teen Titan, trus baru-baru ini sama suami juga lagi ngikutin Stranger Things, series Netflix. Jadi makin semakin lah. Hahaha.

    ReplyDelete
  12. Meski banyak kontroversi pro dan kontra, drama ini cukup sukses mengobati kerinduan akan Lee min Hoo pasca wamil
    Dan sampai saat ini pun masih jadi perbincangan di kalangan netizen
    Aku belum tuntas nontonnya, belum dapat feel nya. Mungkin mesti nunggu sampai ending dulu kali ya

    ReplyDelete
  13. Wah ...

    Semula saya pun enggan menonton nih, karena memang rasanya kok dimana mana banget yang bahas The King Eternal Monarch ini, dan lebih tertarik sama Oh My Baby yang dibintangi Jang Na Ra.

    Lalu ... selepas mampir ke mari, mendadak saya memasukkannya ke list tontonan. Hihi.

    ReplyDelete
  14. Meski membingungkan dan ending yg dipaksakan, drama ini memang cukup recomended untuk ditonton ya mbak, aku pun nonton sampai akhir

    ReplyDelete
  15. Belum sempat nonton dramanya nih Mbak, hehehe... Dari review orang sih jadi semakin gak niat nontonnya. Sekarang lagi nonton drama its ok not to be ok.

    ReplyDelete
  16. Aduh ngeri juga ya, meski wajahnya cool tapi tangannya bisa mematikan.
    Lee Min Hoo jadi taruhan drakor yang tayang bakal bagus ya mbak. Waktu Before Boy Flower, eh apa sih yang bener judulnya, Lee Min Hoo wajahnya masih kurus, hihiii

    ReplyDelete
  17. Huaaaaa aku belum nontondrakor yang satu ini
    Baca reviewnya bikin penasaran banget
    Udah suka banget sama actingnya Kim Go Eun saat dia bermain di Goblin
    Kayaknya seru nih pasangan sama Lee Min Hoo

    ReplyDelete
  18. TAdinya saya agak bingung dengan nama-nama kerajaan dan timing cerita. Ternyata ini tentang dunia paralel dan time traveler, ya.
    Mas Min Ho ini meski sudah sangat senior api tetap saja sangat laku, ya. Luar biasa.

    ReplyDelete
  19. Aku sering dengar nama Lee Min Ho tapi ngga pernah nonton filmnya hehe film ini lumayan banyak yang nonton n review yah 💙

    ReplyDelete
  20. Duh serius nih yaa kak, sampek sekarang aku beloman loh nonton Drakor satu film pun jadi aku ndak ngerti haha. Tapi bisa menjadi rekomendasi nih buat yang suka Drakor, apalahi ada mamang Min-Ho nya duh~

    ReplyDelete
  21. Salah satu Drakor yang cukup menguras otak sih, haha. Tapi sepanjang nonton, cukup menikmati alurnya, jadi ada tantangan lebih dan selalu bikin makin penasaran. Syukurlah, happy ending ya :))

    ReplyDelete
  22. Eh ada Babang Min Hoo. Ni drama awalny bikin pening, beneran dijak berpikir. Tapi setelah 2 kali nonton setiap episodenya jadi mulai paham.

    ReplyDelete
  23. Aku termasuk orang yang percaya dunia paralel, Mbak. Menarik nih, drakornya. Nanti kuintip ah, seriesnya :D

    ReplyDelete
  24. Belum pernah nonton yg ini aku. Kayaknya seru ya mbak. Soalnya aku juga suka nih baca2 novel science fiction. Nah, gak tahu, berawal dari baca novel akhirnya suka cari2 film dengan tema serupa. Ada link trailernya gak?

    ReplyDelete