About Time, Tentang Kematian, Pilih Dia Atau Kamu?

 

Semua usia seperti bunga

Kamu hanya tidak tahu

Betapa indahnya setiap usia kala itu

Serius nih.

Jika cuma  ada satu pilihan kesempatan hidup, antara kamu atau dia (kekasih/suami tersayang)  kamu pilih mana?

Andai pilih kamu yang hidup, aduh bakalan merana deh. Ngebayangin hidup sendirian seperti yang dialami  Bunga Citra Lestari. Sedang  sayang-sayangnya pada Ashraf Sinclair, eh ditinggal mati.

Tapi jika pilih sang kekasih aja yang hidup, rasanya aneh. Manusia diciptakan untuk  melawan kematian. Sejak dalam kandungan, usia balita dan menjadi dewasa, selalu berjuang untuk hidup. Jika sakit, pasti bakal  habis-habisan berikhtiar. Kalau perlu,  semua harta benda dijual untuk pengobatan.

Nggak ada tuh pasien sakit dicuekin, minimal cari second opinion, atau cari pengobatan alternatif. Agama dan norma sosial mengajarkan demikian.

Dilema antara siapa yang mati, aku atau kekasihku menjadi ide Drama Korea “ About Time”. Bisa ditebak  jawabannya. Keduanya bakal saling mengalah. Memilih saya deh yang  mati agar pasanganku tetap hidup.

Namun di alam nyata, jawabannya bisa berbeda. Banyak perempuan dibunuh suaminya, atau suami kehilangan nyawa ditangaan sang istri. Bahkan ada yang sadis, anunya dipotong. Yang seperti itu bukan cinta kali ya? Tapi posesif.

Tidak hanya kisah ancaman kematian yang mengharu biru yang mewarnai “About Time”, juga sinematografinya yang memukau.

Ditambah chemistry Lee Sang Yoon yang berakting sangat ciamik dengan Lee Sung-Kyung. “About Time” menjadi ajang perempuan cantik ini membuktikan kemampuan akting yang membuatnya berhasil meraih 2 penghargaan, yakni Excellent Actress 2016 MBC Drama Awards , serta  Best New Actress - 2015 MBC Drama Awards

Baca juga: Weightlifting Fairy Kim Bok Jo, Bidadari Yang Perkasa

 



Lee Sang-Yoon sebagai Lee Do-Ha,  anak bungsu dari 3 bersaudara, pewaris MK Grup. Semula hidupnya nampak mulus. Memiliki setengah kakayaan ayahnya jika menikah dengan  Bae Soo-Bong,l seorang anak konglomerat.

Hingga suatu hari dia menyadari cintanya pada Choi Michaela, dengan lapang dada menerima  problem kekasihnya, dan menyuruh Choi Michaela pindah ke rumahnya untuk memperpanjang umur sang kekasih.


Lee Sung-Kyung sebagai Choi Michaela, anak seorang bisnisman yang bangkrut dan harus masuk penjara, memaksanya bekerja serabutan untuk menafkahi ibu serta adik laki-lakinya.

Choi Michaela memiliki kemampuan bisa mengetahui umur seseorang. Kemampuan yang membuatnya  tersiksa,  karena tak bisa berbuat apa-apa untuk memperpanjang usia orang tersebut.

Pernah Choi Michaela melihat seorang anak perempuan hanya memiliki  sisa usia  hanya beberapa menit. Ketika sang anak hendak menyeberang,  Choi Michaela  nekad menghentikan truk yang melaju kencang. Ternyata bukan kecelakaan truk yang merenggut kematian sang anak, melainkan sakit jantung.

Selain tahu usia orang lain, Choi Michaela juga mengetahui umurnya tak lama lagi. Choi Michaela berkeputusan harus bergegas jika ingin mewujudkan mimpi sebagai pemain teater. Apapun caranya.

Dalam suatu peristiwa tak terduga, Choi Michaela mengetahui umurnya bertambah setiap berdekatan dengan Lee Do-Ha.  Dengan nekad Choi Michaela mendaftar bekerja sebagai  driver pribadi, Lee Do Ha. Jika ditolak Choi Michaela bersedia menjadi kekasih Lee Do Ha, asal bisa meraih impiannya.


Lim Se-Mi sebagai Bae Soo-Bong, anak konglomerat yang dijodohkan dengan Lee Do Ha. Sebagai perempuan cantik dan kaya raya, berulang kali dia menolak lamaran Lee Do Ha. Keinginan memiliki Lee Do Ha  muncul setelah  Lee Do Ha berbalik  menolaknya dan  berpaling, melabuhkan cinta pada Choi Michaela.


Kim Hae Sook sebagai Oh So-Nyeo. Perempuan sepuh yang memiliki kemampuan sama dengan Choi Michaela,. yaitu bisa melihat usia seseorang.

Choi Michaela menjadi kesayangan ibu Oh So Nyeo yang mendapat kunjungan secara berkala. Ibu Oh So Nyeo pula yang paling awal menyadari bahwa Choi Michaela berbagi umur dengan kekasihnya, Lee Do Ha.



Sinopsis About Time

Pada hari itu, mentari bersinar sangat cerah

dan terasa damai

Sinar mentari menyinari kami

Kisah berawal dari ketidak sengajaan  pertamuan Lee Do Ha dengan  Choi Michaela.  Tidak hanya sekali, namun berulangkali. Membuat Choi Michaela mengetahui bahwa setiap berdekatan dengan Lee Do Ha, jam usianya berhenti atau malah bertambah.

Choi Michaela memiliki kemampuan bisa melihat usia orang lain dalam bentuk jumlah tahun, bulan, jam, menit dan detik yang melaju. Dia juga tahu usianya tak lama lagi, karena itu Choi Michaela melakukan banyak hal agar bisa berdekatan dengan Lee Do Ha, termasuk melamar sebagai supir pribadinya.

Panah asmara Cupid membuat hubungan majikan – driver menjadi sepasang kekasih. Semula Choi Michaela senang hubungan ini menjadi solusi bagi umurnya yang pendek. Hingga dia mengetahui bahwa usia Lee Do Ha tersedot olehnya setiap mereka berdekatan.

Tidak hanya itu, sebagai anak konglomerat, hubungan mereka ditentang ayah Lee Do Ha yang tidak melihat keuntungan apapun jika anaknya menikah dengan Choi Michaela



Baca juga : 5 Situs Download Gratis Drama Korea yang Recommended Banget!

Review About Time

Takut akan kematian dan berusaha mengubahnya merupakan pesan mendalam dari Drama Korea “About Time”. Perilaku yang manusiawi banget.

Ketidak berdayaan menghadapi kematian pada orang yang disayangi, juga menjadi point. Bahwa takdir tidak bisa diubah. Karena itu, ketika Choi Michaela melihat kakak Lee Do-Ha diujung maut,  Ibu Oh So-Nyeo memberi pesan mendalam:

Musim berganti dan daun berganti warna

Tapi kamu tidak bisa menggugurkan satupun daunmu sendiri

Kamu tidak bisa bertindak untuk hidup dan mati

Semua itu keputusan Sang Pencipta

Sekalipun sakit atau kesulitan

Kamu harus menerimanya dan melanjutkan hidup

Itu takdir manusia seperti kita

Biarkan situasinya mengalir dan temani dia agar dia bisa menanggungnya

Itu saja

Tidak hanya kesedihan mendalam kala berhadapan dengan kematian, “About Time”  juga terasa panas dengan persaingan saudara sekandung memperebutkan warisan kekayaan.

Kenapa ngga dibagi rata gitu ya? Banyak lho konglomerasi yang dibagi adil sesuai kemampuan anak-anaknya. Seperti kerajaan tekstil di Kota Bandung yang dimiliki seorang taipan. Dia membagi aset sama rata diantara ke4 anak lelakinya. Mereka akhirnya berkiprah di jalur yang sesuai passion.  Ada yang membuka perusahaan distributor tekstil, yang lainnya pegang pabrik tenun. Bahkan ada yang merambah ke bisnis properti.

Tapi bakalan ngga rame jika itu solusinya.  Nggak ada perselisihan membuat alur cerita bakal adem ayem, mulus, perasaan penonton ngga dibawa bergejolak mirip naik roller coaster.

Termasuk ketika muncul  ujian bagi kisah asmara Lee Do-Ha dan Choi Michaela. Menyebalkan sekali melihat perempuan cantik dan kaya raya seperti Bae Soo-Bong bersikukuh memiliki  Lee Do Ha.

”Ih, ngga tahu malu” mungkin demikan umpatan penonton. Yang berarti penulis skenario sukses menciptakan tokoh antagonis yang diperankan Lim Se-Mi dengan apik.

Ditambah kehadiran mantan kekasih Lee Do Ha yang memporak porandakan harapan Choi Michaela yang berjuang keras menjadi pemain utama di pentas teater.

Nampaknya belum cukup dimunculkan pula kisah percintaan Jeon Sung Hee, sahabat Choi Michaela dengan adiknya, yang bahkan ada scene one night stand segala.

Padahal jeritan hati  penonton sudah cukup terbelah setelah mengetahui usia Lee Do Ha  tersedot oleh Choi Michaela. Siapa yang harus dipilih?

 “About Time” memang berakhir happy ending, namun pertanyaan tersebut tetap sulit dijawab.

Jika hanya 1 orang yang bisa hidup, siapa akan kamu pilih? Hidupmu? Atau hidup kekasihmu?

 

Saat berusia 20 tahun, aku takut berusia 30 tahun

Saat aku berusia 30 tahun, ternyata aku masih hidup

Saat aku berusia 40 tahun, sayangnya aku tidak berubah

Aku akan mengingat usiaku saat  50 tahun, dan berpikiran sama di usia 60 tahun

Di ambang ajalku, setiap moment yang berlalu adalah puncak hidupku

aku hanya tidak menyadari keindahannya kala itu

 

Profile

Drama: About Time (English title)

Revised romanization: Meomchoogo Sipeun Soongan: Eobawoottaim

Hangul: 멈추고 싶은 순간: 어바웃타임

Director: Kim Hyeong-Sik

Writer: Chu Hye-Mi

Network: tvN

Episodes: 16

Release Date: May 21 - July 10, 2018

Runtime: Monday & Tuesday 21:30

Language: Korean

Country: South Korea


4 comments

  1. Hiyy,, bs ya ada ide film seperti itu ya Ambu.. Jika berdekatan dg org yg dicinta usianya jd nambah, sebaliknya usia si kekasih jd tersedot. Luar biasa, About Time. Tfs Ambu

    ReplyDelete
  2. Pesan positif ya dari drakor ini, jadi dapat masukan, apakah takut mati? sudahkah siap untuk mati?

    ReplyDelete
  3. Suka deh sama akting ibu Kim Hae Sook di bebera drakor aktingnya mumpuni banget keren deh si Ibu

    ReplyDelete
  4. Wah baca review drakor ini kelihatan menarik sekali Mbak. Sat paling suka juga ni nonton drakor yang pemainnya punya kemampuan spesial seperti di about time ini. Bisa melihat umur seseorang.

    ReplyDelete