Vagabond, Gajah Bertarung Pelanduk Mati di Tengah

source: SBS


Adagium “gajah bertarung dengan gajah, pelanduk mati di tengah-tengah” sangat tepat ketika dikaitkan dengan banyaknya korban jiwa akibat penguasa saling bertikai.

Ingat kasus G30SPKI? Semua orang mengira PKI lah dalangnya, ditumpas Pak Harto yang kemudian menjadi Presiden RI ke-2. Segitu gampangnya kah? Indonesia punya banyak kandidat presiden yang lebih kompeten lho. Jendral AH Nasution, misalnya, sudah berpangkat jendral ketika peritiwa terjadi.

Demikian juga peristiwa “kerusuhan Mei 1998”, “krisis moneter 1997”, semua by design para penguasa yang tak tersentuh hingga kini. Media hanya memberitakan yang terlihat.

Drama Korea bergenre thriller “Vagabond” mengangkat kekejian para penguasa yang tak segan mengorbankan nyawa, dengan dalih “semua orang kan kelak bakal mati”.

Didukung deretan aktor dan aktris papan atas serta gelontoran anggaran 25 milyar won, atau setara dengan Rp 296, 2 milyar, tak heran “Vagabond” berhasil menyabet beberapa awards berikut:

SBS Drama Awards 2019  - December 31, 2019
Best Actor (Lee Seung-Gi)
Best Actress (Bae Suzy)
Best Supporting Actress (Moon Jeong-Hee)
Best Couple Award (Lee Seung-Gi & Bae Suzy)
Hanryu Contents Award


Lee Seung Gi sebagai Cha Dal-Geon, seorang stunt man yang bercita-cita menjadi seorang aktor terkenal. Sayang, impiannya kandas. Padahal dia harus menghidupi seorang keponakan laki-laki. Akhirnya Cha Dal Geon bekerja serabutan, diantaranya sebagai supir taxi.

Kematian keponakannya dalam perjalanan pertandingan eksibisi ke Maroko, mengubah jalan hidup Cha Dal Geon. Dia bertekad mencari kebenaran kasus, walau nyawanya menjadi taruhan.


Bae Cuzy sebagai Go Hae-Ri,  agen yunior NIS (Badan Intelijen Negara), semula naksir atasannya, Gi Tae Ung, sayang cintanya bertepuk sebelah tangan.

Kasus meledaknya pesawat B357 dan pertemuan intens dengan Cha Dal Geon, mengubah arah angin kisah cinta Go Hae Ri. Walau berakhir “open ending”, cukup membuat fans yang terbaper-baper ketika keduanya beradu peran dalam “Gu Family Book”, terpuaskan.


Shin Sung Rok sebagai Gi Tae-Ung, atasan tak langsung Go Hae Ri.  Agen senior NIS yang nampak dingin. Dia tahu Go Hae Ri naksir berat padanya, tapi Gi Tae Ung cuek.

Namun, berkat banyak keputusan cepat dan tepat yang dilakukan Gi Tae-Ung, team Go Hae Ri – Cha Dal Geon terselamatkan. Bahkan mereka bertiga akhirnya membentuk team untuk menelusuri kebenaran kasus meledaknya pesawat B357.


Lee Kyoung-Young sebagai Edward Park, perwakilan perusahaan Dynamic System, pemilik pesawat B357 yang meledak, menewaskan keponakan Cha Dal Geon. Berkat Edward, Cha Dal Gein dan Go Hae Ri berhasil membawa buronan Kim Woo Gi kembali ke Korea Selatan.


Moon Jeong-Hee sebagai Jessica Lee, pemimpin perusahaan John and Mark yang ambisius. Menggunakan berbagai cara untuk memenangkan tender pemerintah, termasuk tidur dengan menteri pertahanan.

Sinopsis
Kisah diawali dengan serombongan anak SD yang bergembira ria karena akan terbang ke Maroko, mengikuti pertandingan eksibisi taekwondo.
Ada yang berpisah dengan orang tuanya, saudara kandungnya. Juga ada guru perempuan yang memberi tahu suaminya bahwa dia sedang hamil muda. Meriah banget!

Kegembiraan berubah menjadi duka, ketika sekian jam kemudian pesawat B357 yang ditumpangi rombongan meledak. Hancur berkeping-keping.

Cha Dal Geon yang marahan dengan Cha Hoon, keponakannya, bahkan ngga sempat “say good bye”,  merasa sangat terpukul. Berulang kali dia menonton video kegembiraan Cha Hoon di kabin pesawat, sebelum take off.

 Itulah awal mulanya.

Sesampainya Cha Dal Geon, sebagai salah seorang anggota keluarga korban,  mendarat di Maroko, dia melihat sosok lelaki yang mirip banget dengan pria berbaju hitam dan bertopi, yang duduk di belakang almarhum Cha Hoon.

Aksi kejar-kejaran tak terhindarkan. Sayang, buronan lolos. Merasa lebih mudah jika mendapat bantuan NIS,  Cha Dal Geon meminta tolong Go Hae-Ri.

Go Hae Ri, yang semula tak mempercayai adanya konspirasi, akhirnya mempercayai Cha Dal Geon setelah menemukan berbagai kejanggalan.

Video buatan Cha Hoon raib, membuat kasus terancam dihentikan.

Beruntung, satgas yang dibentuk NIS menemukan Kim Woo Gi, sebagai copilot B357 ternyata masih hidup. Kim Woo Gi bekerja sama dengan Jerome, lelaki dalam video Cha Hoon, meledakkan pesawat.

Kemudian melarikan diri dengan menggunakan parasut.

Pada saat bersamaan perusahaan Dynamic System, pemilik pesawat B357 sedang bersaing dengan perusahaan John and Mark, memperebutkan lelang anggaran kemiliteran yang berjumlah triliunan won.

Dan seperti halnya negara beraroma KKN lainnya, anggaran dibagi-bagi untuk para petinggi. Termasuk untuk presiden, pejabat tertinggi negara yang memiliki akun perusahaan siluman di Singapura.

Situasi menjadi tak menyenangkan untuk duo Cha Dal Geon dan Go Hae Ri, karena langkah mereka mengganggu ambisi para pejabat. Hingga Cha dal Geon berujar :” kita melawan pemerintah!”. 
Ironis banget ya?

Beruntung para pejabat NIS yang jujur membentuk semacam dinas rahasia tandingan dengan kata kunci rahasia “Vagabond”. Mereka berlindung di belakang penjual ayam goreng yang memiliki anak penderita syndrome savant. Gye Jang Su, nama sang anak, memiliki keahlian meretas jaringan.

source: soompy.com

Review
“Jika singa terperangkap dalam penjara, apakah dia akan berubah menjadi kucing?”

Banyak sekali ungkapan-ungkapan bagus dalam drama ini. Seorang presiden ternyata memberi perintah dalam bentuk kiasan. Apakah aktualnya demikian juga?

Apapun itu, sungguh menarik ketika budaya bertemu dengan sikap politik yang harus kejam dan tega. Membolak balikkan kebenaran karena sejarah milik penguasa.


Seperti ketika team Cha Dal Geon berjuang menuju pengadilan untuk menghadirkan saksi, bukannya dibantu SWAT, eh malah dibarikade dan diberondong peluru panas.

Episode 12 yang mengharu biru, diselesaikan penulis skenario, Jang Young-Cheol, dan Jung Kyung-Soon dengan ciamik.

Keren, mengundang senyum usai ketegangan yang memuncak.


Kepiawaian mereka berdua meracik konflik menjadi kunci sukses “Vaga Bond”. Rata-rata ratingnya menyamai “Hotel Del Luna” yang berkisah mengenai mahluk astral atau jin.

Bedanya, “Hotel Del Luna” memaku penonton dengan efek Computer Generated Image (CGI) yang keren banget. Sedangkan “Vaga Bond” mengajak penonton mengikuti alur yang nyaman, mengira petinggi John and Mark sebagai pelaku kejahatan. Hingga merasa jijik pada aksi Jessica yang merayu setiap pejabat yang ditemui.

Klimaksnya, Jessica mengakui bahwa dia bukan otak dibelakang kematian wakil direktur John and Mark, serta jatuhnya pesawat B357.

Nah lho, jadi siapa?

Harta, Tahta dan Wanita menjadi kunci. Namun kesuksesan “Vaga Bond” terletak pada:
  • Chemistry Bae Suzy dan Lee Seung–gi yang oke banget. Tanpa sentuhan romansa berlebihan yang bisa bikin eneg. Banyak adegan yang bikin baper, seperti ketika Lee Seung-gi meloncat dari kamar mandi tanpa busana. Juga kala Lee Seung-gi sebagai Cha Dal Geon harus memilih antara nyawanya atau nyawa Go Hae Ri, gadis pujaannya.
  • Suka aksi laga?  Drama “Vagabond” recommended banget untuk ditonton. Kamu akan merasa sedang menonton film,  dan bukan drama televisi.
  • Budget 25 milyar won, atau setara dengan Rp 296, 2 milyar digelontorkan untuk “Vagabond”, jadi bersiaplah menikmati drama sekelas film bioskop. Tidak hanya sentuhan CGI, latar belakang pemandangan benua Afrika yang awesome, bikin penonton pingin travelling kesana.
  • Namun yang bikin angkat jempol adalah keberadaan Gye Jang Su, penderita syndrome savant, anak penjual ayam goreng yang dikisahkan sebagai hacker kelas wahid. Tidak hanya berhasil meretas banyak jaringan rahasia, Gye Jang Su juga berhasil mengecoh petinggi Blue House dan NIS. Sangat berharap kemunculan ABK dengan keahliannya, menjadi awal banyak negara untuk lebih memperhatikan kemampuan mereka yang di atas rata-rata.

Gimana? Layak banget kan jadi tontonan akhir minggu? Kemarin saya mencari di Viu.com nggak ada, rupanya bertengger di Netflix. Jika belum langganan Netflix, kamu bisa banget menonton gratis 1 bulan pertama.  

Profile
Drama: Vagabond
Revised romanization: Baegabondeu
Hangul: 배가본드
Director: Yu In-Sik
Writer: Jang Young-Cheol, Jung Kyung-Soon
Network: SBS
Episodes: 16
Release Date: September 20 - November 23, 2019
Runtime: Friday & Saturdays 22:00-23:10
Language: Korean
Country: South Korea



Comments

  1. Wuaaaah makin kepo nih sama drakor ini. Sebelumnya pernah juga baca reviewnya di beberapa tulisan teman blogger.

    ReplyDelete
  2. jadi pengen nonton setetlah baca ulasan mba ini. ada link downloadannya ga mba?

    ReplyDelete
  3. Wow series korea, saya suka series korea dengan genre drama romantis . Kalau selain itu agak kurang suka. Hehe

    ReplyDelete
  4. Sudah tertarik, ealah baru sadar kalau drama berseri hahaha.
    Saya lebih suka nonton film sih, soalnya waktunya terbatas.
    Drakor itu kece-kece, tapi nggak kuat ngikutinnya lama banget baru selesai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ini. Aku juga punya kendala yang sama, nih. Terkadang sudah tergelitik untuk menonton sebuah drakor, begitu baca reviewnya, etapiiii, ternyata consist of sekian seasons dan episodes, dan daku sungguh tak sabar untuk menamatkannya. Jadinya, ku terpaku pada drakor dan yang lainnya terbengkalai, huhuhu.

      Pernah kejadian saat ku terpaku pada the only drakor I have ever watch --> Goblin! Hadeuh, semua pekerjaan tak terlaksana sesuai rencana, karena emak terpaku pada amazing-nya drakor ituh!

      Ku kapok untuk memulai, takut tak bisa move on. Hihi. Tapi, review ini, sungguh menggelitik hatiku untuk menontonnya, Ambu! Ambu, sih! Haha.

      Delete
  5. Aku teteup lo mbak lebih suka genre romantis hihihi soalnya klo nonton action deg2an ah hahaha

    ReplyDelete
  6. Fantastis biaya pembuatan filmnya ya, nggak salah lah mendapat banyak penghargaan karena layak emang untuk ditonton. Terima kasih sudah mendeskripsikan sekilas tentang film ini.

    ReplyDelete
  7. Nice review. Film Korea saya taunya cuma satu, train to Busan, yang zombie di kereta itu hehe..

    ReplyDelete
  8. Drama televisi rasa film ini pasti seru menonton keseluruhan jalinan ceritanya. Baru baca ulasannya saja sudah tertarik nih. Jalan ceritanya menarik.

    ReplyDelete
  9. Wahhh..Layak tonton ini, yg bikin tegang-tegang aku sukaaaa banget, hahaha

    Review teman-teman di FB jg bagus, katanya kualitas film dg plot cerita keren sekali! Yang kek gini yg dicari. Sambil nunggu Crash Landing On You kekny mau nonton Vagabond saja.

    ReplyDelete
  10. Saya pikir drakor itu melulu cinta-cintaan yang melo dan bikin baper. Ternyata ada juga yang laga bagus dan recomended begini.

    Apa mungkin sudah waktunya saya mulai menonton drakor dimulai dari Vagabond?

    ReplyDelete
  11. Ternyata ini nih yang lagi banyak dibahas sama teman-teman saya pecinta drakor. Eh tapi jalan ceritanya emang bagus sih, saya pun kayaknya jadi pengen nonton.

    ReplyDelete
  12. Wow, recommended nih drakornyaaa, seru deh kayanya alur ceritanya juga penuh intrik kaya kehidupan kita juga huhu.

    ReplyDelete
  13. Udah nonton sampe episode kesekian...tapi tiba2 udah hilang mood karna kayaknya gitu-gitu ajaa..
    padahal seneng banget lihat lee seung gi dan suzy bae ini

    ReplyDelete
  14. Pemainnya oke, nih. Namun, aku belum nonton. Sekarang nggak update soal drakor. Kalau pun nonton lebih sering hollywood. Oke, boleh dicoba lah nonton drakor yanh sepertinya punya alur keren ini.

    ReplyDelete

Post a Comment