My Demon, Ketika Iblis Jatuh Cinta

  
maria-g-soemitro.com

My Demon, Ketika Iblis Jatuh Cinta 

Mengapa Tuhan menciptakan iblis? Mahluk yang membangkang perintah Allah dan diusir dari surga ini seharusnya “diremove” aja, maka selesailah urusan. πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

Ternyata tidak, ya? Bahkan Tuhan membiarkan iblis menggoda manusia sampai ikutan diusir dari surga. Kelakuan si iblis ini makin menjadi-jadi kala Adam dan Hawa punya anak bernama Qabil (seorang petani) dan Habil (seorang penggembala), iblis “ngomporin” Qabil untuk membunuh Habil, dan terjadilah pembunuhan pertama di muka bumi.

Banyak diskusi tentang si iblis ini, dan saya setuju dengan pendapat bahwa iblis (apa pun namanya, bisa demon, setan, azazil, jin dan masih banyak lagi) dibiarkan hidup oleh Sang Maha Pencipta sebagai penyeimbang.

Contoh kasus andai di dunia ini gak ada orang yang termakan rayuan iblis untuk membabat hutan, maka tidak ada bencana banjir dan tanah longsor melanda Indonesia. Di sepanjang mata memandang nampak hijau royo-royo, petani makmur, penduduk sejahtera. Gak perlu bansos beras yang berakhir korupsi pejabat.

Halah, dari ngobrolin setan kok jadi ke korupsi pejabat yang dirasuki iblis. 😁😁

Tapi setuju bukan? Tanpa iblis yang menggoda manusia, hidup kita jadi sepi. Tak ada perjuangan melawan godaan iblis yang memabukkan, yang ketika berhasil memenangkannya, kita merasa senang bukan main.

Baca juga:

The Heavenly Idol, Kisah Imam Suci yang Membagongkan!

Lovers of the Red Sky, Kisah Iblis yang Mempersatukan Sepasang Kekasih

maria-g-soemitro.com

Kim You-Jung sebagai Do Do-Hee 

Menjadi yatim piatu di usia 11 tahun, Do Do-Hee diangkat anak oleh Ju Cheon-Suk, pemilik Mirae Group's, satu dari 10 konglomerat di Korea Selatan.

Bukan tanpa alasan.

Sebelum meninggal dalam kecelakaan tragis, kedua orang tua Do Do-Hee merupakan sahabat dan rekan bisnis Ju Cheon-Suk.

Do Do-Hee menjadi akrab dan menjadi kesayangan ibu angkatnya, bahkan dipercaya memimpin salah satu perusahaan. Tak mau menyia-nyiakan kepercayaan sang ibu angkat, Do Do-Hee sukses mengelola perusahaan, hal itu ditandai dengan berulangkali menerima penghargaan sebagai direktur utama terbaik.

Prestasi Do Do-Hee berbanding terbalik dengan anak-anak kandung Ju Cheon-Suk. Tidak saja mengecewakan, anak sulung Ju Cheon-Suk kerap melakukan tindakan melanggar hukum. Termasuk ketika mengetahui tongkat kepemimpinan Mirae Group's akan diberikan pada Do Do-Hee

maria-g-soemitro.com

Song Kang sebagai Jeong Gu-Won

Dalam agama Katolik, manusia punya 3 musuh

Yang pertama adalah diri, yaitu musuh yang menyerang dari dalam, seperti rasa malas

Kedua adalah dunia fana, yang menyerang dari luar

Musuh yang ketiga adalah iblis

Namun, meskipun manusia tersesat karena godaan duniawi

Mereka berbuat jahat akibat ambisi pribadi

Anehnya, mereka selalu menuduh iblis sebagai penanggung jawab

Sebelum menjadi iblis, Jeong Gu-Won adalah manusia bernama Seo Yi Sun. Dia mencintai Wolsim, seorang perempuan penghibur. Sebagai keturunan bangsawan, tentu saja Seo Yi Sun tidak bisa menikahi Wolsim.

Sang ayah yang kesulitan memutus hubungan Seo Yi Sun dengan Wolsim, terpaksa melakukan tipu muslihat. Dia menjanjikan restu asalkan anaknya mau ke Hanyang untuk ujian negara.

Paska sang anak berangkat, Wolsim ditangkap dan dibunuh dengan kejam. Mengetahui dirinya dijebak, Seo Yi Sun  marah dan membunuh semua orang yang menyaksikan pembunuhan terhadap Wolsim.

Atas dosa besar yang dilakukannya, Tuhan menghukum Seo Yi Sun sebagai iblis selama 200 tahun.

Takdir membuat sepasang merpati ini bertemu lagi.  Seo Yi Sun dalam wujud Jeong Gu-Won , dan Wolsim dalam bentuk Do Do-Hee.

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama: My Demon

Takdir membuat Do Do-Hee bertemu dengan Jeong Gu-Won, iblis yang bertugas menawarkan kontrak kepada manusia sebagai solusi kesulitannya.

Seperti ingin kaya raya,  Jeong Gu-Won bisa membantu manusia tersebut asalkan dia mau menandatangani kontrak berjangka waktu 10 tahun. Setelah masa kontrak terlewati Jeong Gu-Won akan datang untuk mencabut nyawa sang manusia dan mengirimnya ke neraka.

Pertemuan pertama Jeong Gu-Won - Do Do-Hee , gara-gara salah alamat. Do Do-Hee yang terpaksa melakukan kencan buta demi menyenangkan ibu angkatnya, malah bertemu Jeong Gu-Won. 

Pertemuan kedua sewaktu Do Do-Hee dikejar pembunuh. Desah ketakutan Do Do-Hee terendus Jeong Gu-Won, dan dia datang untuk memberi bantuan sekaligus menawarkan kontrak nyawa.

Apes, alih-alih menyelamatkan Do Do-Hee, keduanya malah jatuh ke dalam telaga.

Peristiwa aneh pun terjadi. Kekuatan Jeong Gu-Won sebagai iblis yang ditandai dengan lambang salib di lengan, tiba-tiba berpindah pada Do Do-Hee.

Akibatnya, Jeong Gu-Won kesulitan melaksanakan tugas. Ketika mendeteksi ada manusia yang putus asa, atau kontrak manusia yang sudah habis waktunya, Jeong Gu-Won terpaksa memboyong Do Do-Hee.

Sementara Do Do-Hee sendiri punya masalah yang rumit. Ibu angkatnya, Ju Cheon-Suk pemilik Mirae Group's, sangat mencintainya dan berencana menyerahkan tampuk kepemimpinan pada Do Do-Hee. 

Alasannya, anak-anak kandung Ju Cheon-Suk tak dapat diandalkan dan kerap melakukan tindakan melanggar hukum. Tentu saja mereka menolak rencana sang ibu. Dengan berbagai cara anak sulung Ju Cheon-Suk berusaha menghalangi terwujudnya suksesi, bahkan jika perlu membunuh Do Do-Hee.

maria-g-soemitro.com

Review Drama Korea My Demon

Sejak sukses dengan drama Korea Goblin/ Guardian: The Lonely and Great God yang bikin penonton susah move on, terlebih dengan kehadiran Grim Reaper yang diperankan Lee Dong-Wook dengan apik, sineas Korea rupanya senang sekali mengutak-utik dongeng tentang malaikat maut, manusia dari masa silam dan kisah sejenisnya.

Sebutlah drama Korea “Tomorrow”, drama Korea “Hotel del Luna”, drama Korea “Black”, drama Korea “49 Days” serta masih banyak lagi.

Termasuk drama Korea “My Demon”. Untuk mengatasi kebosanan penonton, mereka menyandingkan  actor nan tampan menawan, Song Kang sebagai Jeong Gu-Won, dengan aktris cantik yang sudah wara-wiri di dunia akting sejak masih balita, Kim You-Jung sebagai Do Do-Hee

Drama diharapkan semakin greget dengan dihadirkannya aktris gaek,  Kim Hae-Sook yang dicintai banyak penggemar drakor.

Hasilnya? Lumayan. Drama Korea “My Demon”.sempat menempati rating 4.5% (nationwide) dan 5.1% (Seoul) di awal episode, sayangnya menurun menjadi 3.5% saja untuk nationwide) dan gak masuk Top 20 TV programs (including news, sports, variety, etc.)  (data AGB Nielson).

Tapi tetep bagus sih. Persaingan emang semakin ketat. Beberapa drama Korea yang dibintangi actor/aktris popular hanya mendapat rating 1,…% menurut data AGB Nielson, dan rating 6, … di Mydramalist. Sedangkan drama Korea “My Demon” berhasil meraup rating 8,3 di Mydramalist.

Berkisah dengan cara bertutur menjadi keunggulan drama Korea “My Demon”. Writernim juga meramu kisah dengan detail serta membangun fondasi karakter sebelum menciptakan konflik demi konflik.

Hal ini bikin nyaman penonton. Karena bisa langsung paham keterkaitan setiap tokoh dan benang merah setiap adegan. Selain tentu saja, seperti drama Korea lainnya, ost drama Korea “My Demon” oke banget, demikian juga adegan bromance-nya.

maria-g-soemitro.com
sosok Tuhan dalam drama Korea My Demon
Namun yang paling membagongkan adalah visualisasi “Tuhan” berupa perempuan pengemis berwajah buluk dan berpakaian compang-camping. Hehehe keren sih fantasi writer-nim. Bener-bener out of the box. 😊😊


Baca juga:

Tomorrow, Kisah-kisah Orang Nyesel Bunuh Diri!

Kokdu: Season of Deity, Kala Dewa Kematian Mencari Cinta 

Heartbeat, Kala Vampire Ingin Merasa Cinta


Profile

Drama: My Demon

Revised romanization: My Demon

Hangul: 마이 데λͺ¬

Director: Kim Jang-Han

Writer: Choi A-Il

Network: SBS

Episodes: 16

Release Date: November 24, 2023 - January 20, 2024

Runtime: Friday & Saturday 22:00-23:10

Genre: Fantasy / Romantic-Comedy

Language: Korean

Country: South Korea


1 comment

  1. Wah saya kelewat drama ini padahal saya suka dg You-jung dan Song-kang. Keduanya punya karakter kuat dan biasanya dapat drama/film dengan tema yang unik. Dengan usia mereka sekarang, bukan gak mungkin mereka akan jadi super star di masa yang akan. Apalagi mereka, khusus You-jung memulai karir dari kecil/usia muda.

    Drama dengan konsep iblis-iblisan, sejauh ini yang memang berkesan adalah GOBLIN ya Mbak. Ada selipan drama dan kelucuan dengan para pemeran yang memang sudah punya nama. Ntar ngintip MY DEMON ah. Lumayan juga rating 8 dari Dramalist.

    ReplyDelete