Lovers of the Red Sky, Kisah Iblis yang Mempersatukan Sepasang Kekasih

   
Maria G Soemitro

  

Lovers of the Red Sky, Kisah Iblis yang Mempersatukan Sepasang Kekasih

Dahulu, saat manusia hidup harmonis dengan mahluk tak kasat mata

Ada 3 dewa yang bersemayam dalam satu tubuh, namanya Samsin

Yang tertua bertanggung jawab atas kelahiran

Yang kedua bertanggung jawab atas kematian

Yang ketiga bertanggungjawab menjaga keseimbangan keduanya

Suatu hari, Dewa Kematian ingin lebih banyak darah

Memakan dewa yang menjaga keseimbangan

Keseimbangan pun runtuh, dunia diliputi ketakutan dan kegelisahan

Saat itu iblis keluar dari tubuh Samsin

Dan hidup dari keserakahan manusia jahat

Seorang perempuan yang kehilangan kekasih akibat kejahatan iblis

Menyelesaikan lukisan

Nenek Samsin menjawab permohonannya dan mengambil alih lukisan itu

Dan iblis yang membawa malapetaka ke dunia

Terkurung di dalam lukisan itu

Lalu perempuan itu menghilang

Akrab dengan kisah di atas? 

Ada banyak kisah serupa atau mirip. Mitologi Jawa muncul dengan  kisah Bathara Guru, dewa yang merajai 3 dunia yaitu kahyangan (tempat pada dewa bersemayam), dunia manusia dan neraka, tempat iblis bersarang.

Memang gak persis sama, karena setiap bangsa mempunyai versinya masing-masing, yang menjadi pijakan para seniman dalam membuat karya.

Kisah di atas merupakan penggalan dari 2 volume novel "Hong Cheon-Ki" oleh Jung Eun-Gwol (keduanya diterbitkan Desember 2016 oleh Paran Media)

Hong Cheon-Ki, dalam novel tersebut merupakan tokoh sejarah yang nyata, yang dikembangkan oleh penulisnya dengan memadukan fakta dan fiksi.

Tahun 2021, novel "Hong Cheon-Ki" divisualisasikan dalam drama 16 episode berjudul “Lovers of the Red Sky”, diperankan Kim Yoo-jung, yang sukses menghipnotis penonton dalam dramanya “Love in the Moonlight”, aktris cantik ini kembali menunjukkan kualitasnya.

Seperti apa? Yuk kita cek ….

Baca juga:

Love In The Moonlight, Indahnya Cinta yang Terlarang

The King: Eternal Monarch, Sepotong Cinta Dalam Fiksi Ilmiah

    

Maria G Soemitro

Kim You-Jung sebagai Hong Cheon-Ki

Red sky, nama Hong Cheon-Ki dalam karakter Cina. 

Hong Cheon Ki, seorang pelukis yang jenius. Dia menjadi perempuan pertama yang berhasil masuk Dohwaseo (Akademi Seni Lukis Kerajaan Korea.

Jenius, cantik, Hong Cheon Ki juga mempunyai kepribadian yang ceria. Sehingga teman-temannya di komunitas pelukis Baekyu sangat menyayangi dan selalu membantu Hong Cheon Ki keluar dari kesulitan.

   

Maria G Soemitro

Ahn Hyo-Seop sebagai Ha Ram

Ha Ram, seorang pejabat di Seowoongwan, yang bertanggung jawab atas astronomi, geografi, seni ramalan, meteorologi. 

Suatu hari, ketika Ha Ram masih kecil, ayahnya , dukun kerajaan yang mendapat tugas melakukan ritual kerajaan, ditemukan mati. Ha Ram menduga, King Seongjo dan tentaranyalah yang menghabisi nyawa ayahnya.

Karena itu Ha Ram menjalin pertemanan dengan Pangeran Yangmyung dan Pangeran Juhyang. Serta menjadi orang kepercayaan King Seongjo, agar bersama tangan kanannya Ha Ram bisa menyusun siasat untuk membalas dendam atas kematian ayahnya.

    

Maria G Soemitro

Gong Myung sebagai Pangeran Yangmyung

Pangeran Yangmyung, pangeran muda yang sebelumnya tak pernah diperhitungkan menjadi putra mahkota. Takdir berubah ketika pangeran mahkota, anak sulung King Seongjo sakit-sakitan. Sementara Pangeran Juhyang yang seharusnya mengganti posisi putra mahkota, melakukan kudeta.

Benci jadi rindu, Pangeran Yangmyung semula membenci dan ingin mengenyahkan Hong Cheon-Ki, tapi berbalik menyukai ketika tahu alasan gadis tersebut memplagiasi lukisan. 

   

Maria G Soemitro

Sinopsis Korea Drama Lovers of the Red Sky

Sebaik apapun Kamu membungkus dupa

Aromanya akan menyebar sampai jauh

Takdir mempertemukan Hong Cheon-Ki dan Ha Ram. Keduanya lahir bersamaan, pada saat ayah mereka bertugas membelenggu iblis dalam lukisan King Yeongjong. Saat itu ibu keduanya tewas paska melakukan persalinan.

Nasib ayah mereka juga naas. Walaupun ritual sukses dilaksanakan, ayah Ha Ram yang bertugas sebagai dukun kerajaan dikejar tentara dan nyaris tewas. Sedangkan ayah Hong Cheon-Ki hilang ingatan setelah berhasil membuat lukisan King Yeongjong.

9 tahun kemudian mereka bertemu. Ha Ram dan rombongan yang sedang menuju istana untuk mengikuti ritual mendatangkan hujan, melihat Hong Cheon-Ki dan ayahnya yang tidak waras sedang dibully.

Ha Ram terpesona akan kemandirian Hong Cheon-Ki, gadis cilik ini walau buta tapi pandai melukis. Mereka melakukan petualangan mencuri buah persik dan berjanji bertemu lagi.

Janji yang tak dapat dipenuhi. Ha Ram kehilangan penglihatan akibat ritual memanggil hujan. Iblis keluar dari lukisan King Yeongjong dan memasuki tubuh Ha Ram. Sebaliknya dengan nasib Hong Cheon-Ki, penglihatannya justru kembali.

Keduanya bertemu setelah sama-sama dewasa. Hong Cheon-Ki menjadi pelukis tiruan agar mendapat bayaran besar untuk mengobati ayahnya. Tak ingin terus-terusan melakukan kegiatan terlarang, Hong Cheon Ki mengikuti kompetisi melukis. Dia , sebagai pemenang bisa meminta obat yang hanya ada di istana raja, bagi kesembuhan ayahnya. 

Hong Cheon-Ki keluar sebagai juara. Ternyata ada tugas berat yang diemban pemenang, yaitu membuat lukisan King Yeongjong. Lukisan tersebut terbakar dalam ritual memanggil hujan.

Sementara itu Ha Ram dewasa telah menjadi pejabat istana yang bersahabat dengan keluarga kerajaan, dan menjadi pejabat andalan King Seongjo. Ha Ram diam-diam sedang menyusun rencana balas dendam, karena mengira King Yeongjong penyebab kematian ayahnya

Secara insting Ha Ram mengenali keberadaan Hong Cheon-Ki, sebagai gadis yang dulu pernah ditemui dan disukai. Namun Ha Ram harus menahan diri. Dia harus menuntaskan balas dendam dulu sebelum membuka diri.

Rencana Ha Ram tidak berjalan mulus. Pangeran Yangmyung, anak kesayangan King Seongjo ternyata menyukai Hong Cheon-Ki. Fakta lain juga baru diketahui Ha Ram. Pembunuh ayahnya bukanlah King Seongjo dan tentaranya, melainkan iblis yang bersemayam dalam tubuhnya.

   

Maria G Soemitro

Review Korea Drama Lovers of the Red Sky

Jika kamu bermimpi, bagaimana Kamu tahu itu mimpi?

Kamu harus bangun!

Sama-sama drama sageuk yang diperankan Kim You-Jung, tapi mengapa drama Korea “Lovers of the Red Sky”  kurang sukses drama “Love In The Moonlight”?

Rating drama Korea “Love In The Moonlight” tercatat 25.3% pada episode akhir, sedangkan drama Korea “Lovers of the Red Sky”  hanya 10,4 %.

Padahal akting Kim You-Jung seperti biasa selalu total dan menawan. Gadis cantik yang memulai karir sebagai aktris cilik ini juga pandai menjalin chemistry dengan lawan mainnya.

Ahn Hyo-Seop gak kalah ganteng dibanding Park Bo Gum bukan? 😊😊😊

Kemungkinan besar penyebabnya plot kisah yang kurang greget. Dalam drama “Love In The Moonlight” , Kim You-Jung memerankan Hong Ra-On , seorang gadis yang menyamar sebagai pria dan dijual sebagai kasim di istana.

Penonton ikut panas dingin ketika “anunya” Hong Ra-On harus dipotong. πŸ˜€πŸ˜€…..beberapa kali kedoknya hamper terbongkar. Namun yang bikin panas dingin tambah kenceng ketika Crown Prince Hyomyeong yang diperankan Park Bo Gum jatuh cinta pada Hong Ra On si kasim.

Sedangkan drama Korea “Lovers of the Red Sky”  secara keseluruhan terasa bolong-bolong. 

Memang gak mudah memvisualisasikan novel yang pastinya bercerita panjang lebar, serta mengemukakan sejumlah alasan dari suatu kasus. Sehingga andai kisah “Lovers of the Red Sky merupakan sekumpulan puzzle, maka  penulis skenario gak lengkap merangkai/memasang puzzle.

Walau demikian, sebagai tontonan, drama Korea “Lovers of the Red Sky”  tetap recommended kok. Penonton jadi tahu, bahwa di era Joseon terjadi diskriminasi. Masyarakat menganggap aneh perempuan yang berkarir sebagai pelukis.

Serta pastinya pesan moral yang selalu dimasukkan dalam karya drama Korea Selatan. Kasih sayang Hong Cheon-Ki pada ayahnya yang sakit jiwa, sangat menyentuh. Tujuan hidup Hong Cheon-Ki seolah cuma satu: mengupayakan kesembuhan bagi ayahnya.

Pesan moral yang bikin makjleb.

Baca juga:

Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, Anak Perawan di Sarang Pangeran

Queen: Love and War, Tragedi Cinta Anak Kembar

Profile

Drama: Lovers of the Red Sky / Red Sky

Revised romanization: Hongcheonki

Hangul: ν™μ²œκΈ°

Director: Jang Tae-Yoo

Writer: Jung Eun-Gwol (novel), Ha Eun

Network: SBS

Episodes: 16

Release Date: August 30 - October 26, 2021

Runtime: Mon & Tue 22:00

Language: Korean

Country: South Korea


34 comments

  1. Aku selalu suka drama tentang pelukis, tapi sayang kali ini aku jenuh banget makanya aku stuck di eps 4 dan webtoonnya kini sudah ada namun belum ku baca hihi

    ReplyDelete
  2. kelihatannya drama ini menarik, bisa jadi rekomendasi tontonan kalau weekend nih

    ReplyDelete
  3. Aku dah lama ga nonton drama genre gini mba. Kebanyalan nonton romantic comedy modern. Bisa dicoba nih nonton 2 ini.

    Tapi kok pesan moralnya mak jleb ya. Sebagai pengabdi nonton drakor untuk spark joy jadi bingung mau lanjut nonton nggak ya wkwkwk.

    Nggak bisa yg sedih sedih :')

    ReplyDelete
  4. Duh, liat ini jadi kangen dengan k-drama lagi nih..
    Udah lama gak liat k-drama :(
    makasih mba review lengkapnya :D

    ReplyDelete
  5. Lumayan pelik sih konfliknya ya dalam cerita ini. Tapi yang menarik dalam K drama itu, seberapa pelik pun masalah, sekalinya drama romantis sungguh totalitas wkwk
    Klepek-klepek deh.

    ReplyDelete
  6. Banyak banget rekomendasi drakor. Sudah banyak wishlist yang buat ditonton ini. Maraton nonton bagus nih drakornya

    ReplyDelete
  7. Kalau sekiranya episodenya ditambah gitu, kira-kira apakah jadi lebih bisa mengakomodasi peralihan dari media novel ke layar kaca, ya. Siapa tahu aja jadi memungkinkan buat menyelipkan detail atau menjelaskan kejadian tertentu supaya tidak terlalu bolong-bolong.

    ReplyDelete
  8. Sengajaaa nahan nonton ini sampe eps kelar sih. Baru tahu kalau tokoh Cheon Ki ini dari tokoh nyata yah kak. Ini drakor kayaknya bakal second lead syndrome deh hhahaha

    ReplyDelete
  9. belummm nonttton. kemarin sempet pengen nonton terusketunda sama three meals a day hihi. Jadi penasaran sama merekaaa. cewenya jg imut yah yg mainn

    ReplyDelete
  10. Wah udah tamat ya. Aku belum nonton nih liat liat dulu review nya kalo bagus langsung cuss nonton. Mayan buat me time disela kesibukan sehari hari yg lelah

    ReplyDelete
  11. hwkakakakkaa iya aku baru tahu lho drakor ini emang kurang gempar ya, akupun tahunya yang sam apark bo geum selain emang lagi suka sama tuh bocah eh artinya itu hahaha

    wah emang nih artis cilik yang terus meniti karir ya sering. muncul di drama kolosal gni

    ReplyDelete
  12. Ah seru banget drama ini. Meskipun ada adegan- adengan yang keliatan gimana gitu hahaha. Kayanya bakal ada season 2 nya ya. Meskipun udh beres kayanya masih ada cerita yang belum selesai.

    ReplyDelete
  13. Ya ampuun, racun drakor nih. Yang kemarin saja belum sempat nonton, ini disuguhi lagi yang baru dan reviewnya menarik banget.

    ReplyDelete
  14. Gemes banget deh sama film drakor yang setting nya kerajaan gini hehe.. bajunya cakep cakeepp :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem nih dengan Mbak Atiq, selalu suka drama yang settingnya kerajaan, jalan ceritanya pasti seputar kerajaan dan costumnya itu juga yang bikin adem ya, makin cantik dan cakep semuanya. :)

      Delete
  15. Yah udah ending ya ini ambu, aku suka banget mata merahnya malah hehehe
    akhirnya terkuak yang bunuh ayahnya bukan raja.

    ReplyDelete
  16. Aku sebenernya kurang suka dan ga gitu betah nonton drama yg settingnya sejarah, tp liat ada gong myung kok jd pengen nonton yaa..

    Ada 1 drama sejarah yg aku betah nonton, yg pemeran cowoknya banyaaak bgt itu alias scarlet heart ryeo hahaha

    ReplyDelete
  17. Kisah kasih sayang kepada orang tua selalu saja menarik, apalagi dibalut drama atau film yang juga bagus jalan ceritanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul seperti aksih sayang yang dilakukan Hong Cheon-Ki kepada ayah kandungnya sebagai penyintas sakit jiwa.

      Delete
  18. wah bagus banget ya ambu maknanya nih dari drakor yang satu ini, apalagi yang soal bakti kepada orang tua terlepas dari seperti apapun sikonnya dan soal perempuan yang mengejar mimpinya walaupun ditentang banyak orang. Omoooo daebak wajib ntn nih!

    ReplyDelete
  19. Bener banget tuh, kalo plot cerita kurang greget makanya respon penonton pun kurang. Meski para pemerannya cantik, ganteng dan aktingnya mantap. Aku aja kl drakornya kebanyakan dialog dan bikin bosen akhirnya kuskip haha.

    ReplyDelete
  20. Sinopsis k drama kisahnya lumayan membuat saya sebaiknya mengulang agar nggeh chemistry nya. Sejauh ini saya menikmati sebatas tulisan filmnya klo ada kesempatan baru melihat visualnya.

    ReplyDelete
  21. Ceritanya lumayan rumit ya,dan bikin penasaran. Dan senangnya setiap drakor tu ada pasti ada moral cerita bagus yang ingin disampaikan.

    ReplyDelete
  22. Pengen nonton drama ini karena ada Kim Yoo Jung. Terakhir liat dia main sama Ji Cang Wook di Backstreet Rookie saya kesal haha kesal sama cerita ttg dua aktor tenar main di drama minimarket yang menurut saya ngeselin ditonton haha. Makanya pas ada Lovers of The Red Sky ini langsung masukin ke daftar tonton.

    ReplyDelete
  23. Meski kisah yang diceritakan tentang perseteruan hak yang tidak masuk akal buat saya, tapi tetap memiliki pelajaran hidup ya. Seperti tetap menghormati orang tua dan selalu berbakti kepada mereka, apapun kondisinya

    ReplyDelete
  24. Salah satu drama yg bikin aku mau nonton on going
    Kim You-Jung menurutku cocok banget kalau main drama saeguk
    Lawan mainnya Ahn Hyo-Seop juga kereen aktingnya suka sama dia sejak main Queen Of the Ring

    ReplyDelete
  25. Aku juga selesai nonton drama ini. cukup seru. pemainnya juga aktingnya keren.

    ReplyDelete
  26. Sceen yg mengagumkan dari drama ini adalah saat-saat Kim Yoo-jung melukis sang Kaisar. Karena obyek lukisan diletakkan di lantai, dia duduk di atas kayu yg bisa digeser lalu melukis dalam kondisi/posisi tengkurap.

    Itu kebayang bagaimana capeknya dan pegalnya saat akan kembali ke posisi duduk atau tegak

    ReplyDelete
  27. Wah akhir Oktober kemarin udah tamat ya?
    Daku ngikutin pas yang episode awal aja. Habis tuh gak nonton lagi, padahal pengen lihat si tamvan Gong Myung hehe

    ReplyDelete
  28. Kalimat terakhir bikin pengen mewek. Tujuan hidupnya hanya untuk mengupayakan kesembuhan buat ayahnya. Sungguh anak yang sangat berbakti.

    ReplyDelete
  29. Saya belum pernah nonton drama Korea tentang kerajaan, eh pokoknya yang pakai pakaian seperti ini. (((Lihat dari pakaiannya hhaahahha))). Tapi baca sinopsis di atas kayaknya menarik deh..

    ReplyDelete
  30. Nah, pantasan judulnya agak familiar gitu ternyata emang dari judulnya rada mirip dengan Love in the Moonlight. Sama2 drama saeguk tapi ratingnya gak terlalu bagus ya but pesan moralnya oke juga so jadi pengen nonton drakor Lovers of The Red Sky ini.

    ReplyDelete
  31. Lovers of red sky memang drama yang mengharu biru. Satu sisi pengen ayah sembuh. Biar bisa beli obat dengan rela curang memenangkan lomba lukis

    ReplyDelete
  32. Ambu, saya baca review ini,koq jadi pingin nonton "Love In The Moonlight", ya.
    Sepertinya seru, dengan pemain yang sama recomended dengan film ini beserta cerita yang bikin spot jantung dan penasaran bagaimana ngemasnya.

    ReplyDelete