Kembali dari Mudik? Cek Rumah dengan 7 Langkah ini!

  
maria-g-soemitro.com
sumber: canva

Kembali dari Mudik? Cek Rumah dengan 7 Langkah ini!

Tahun ini mudik?  Selamat! Hati senang, walau badan terasa capek karena mungkin terjebak macet dan harus melewati waktu hingga berjam-jam di perjalanan. Tuntas sudah lampias kerinduan pada orangtua, sanak saudara dan handai tolan.

Sayang, sesampainya di rumah enggak bisa langsung rebahan. Lantai kotor. Debu menyelimuti peralatan rumah tangga. Tanaman hias layu dan daunnya berguguran. Peralatan elektronik atau sistem keamanan harus dicek ulang.

Gak hanya itu, perjalanan mudik dengan segala kehebohannya, seringkali menyisakan kondisi rumah dalam keadaan berantakan. Bagasi, malah mungkin jok mobil dibongkar demi kenyamanan dalam perjalanan.

Kekacauan bertambah dengan koper-koper dan peralatan yang baru diturunkan dari kendaraan. Makanan dan minuman selama dalam perjalanan menumpuk bersama sisa makanan pra berangkat mudik, seperti nasi dalam rice cooker, sayuran dan buah busuk serta hal lain yang membuat rumah bau, berantakan dan tidak sehat.

Jadi, sebelum rebahan dengan aman dan nyaman, wajib banget membersihkan rumah dan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh agar terhindar dari ancaman keamanan dan gangguan kesehatan

Baca juga::

10 Hal Suka Duka Tinggal di Apartemen Indonesia

7 Suka Duka Tinggal di Kampung

Langkah apa  saja yang harus dilakukan sekembalinya dari mudik? Paling tidak 7 langkah berikut ini

7 Langkah Cek Rumah, Pasca Mudik

1. Membersihkan Lantai dan Peralatan Rumah

Menyapu dan mengepel lantai merupakan langkah pertama yang wajib dilakukan. Terlebih jika ada anggota keluarga yang mengidap alergi debu. Lakukan secara menyeluruh di setiap ruangan. Jangan lupa mencuci perlengkapan dapur yang pastinya telah diselimuti debu pula.

Buang makanan yang telah kedaluwarsa, baik dari dalam maupun luar lemari pendingin, untuk mencegah anggota keluarga lain tanpa sengaja mengonsumsinya, serta mencegah pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan.

Atur kembali barang-barang yang porak poranda akibat persiapan berangkat mudik, sehingga lebih rapi dan teratur.  Susun buku, pakaian, dan barang-barang lainnya sesuai dengan tempatnya masing-masing untuk menciptakan lingkungan yang menyenangkan dan produktif.

Jangan lupa untuk memeriksa apakah alat-alat rumah tangga seperti lampu, kipas angin, dan peralatan elektronik lainnya masih berfungsi dengan baik. Pastikan juga bahwa persediaan bahan pokok seperti deterjen, sabun, dan bahan makanan lainnya mencukupi. 

2. Mencuci Sprei

Sprei menjadi sasaran empuk lain dari alergen yang terdapat dalam debu, seperti serangga atau jamur. Karena itu, wajib mengangkat semua sprei dan mencucinya.

Perhatikan petunjuk label perawatan sprei yang meliputi penggunaan air, deterjen yang sesuai serta aturan perawatan lainnya. Usai dicuci, pastikan sprei benar-benar kering sebelum dipasang kembali di tempat tidur. 

Jangan lupa, periksalah keadaan sprei untuk memastikan tidak ada kerusakan atau keausan yang perlu diperbaiki. Jika ada lubang atau koyak, segera lakukan perbaikan atau pertukaran dengan sprei yang baru. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan estetika tempat tidur Anda, tetapi juga menghindari terjadinya masalah seperti kelembaban yang berlebihan atau penumpukan kotoran di tempat tidur. 

3. Memeriksa Keamanan Rumah

Bukan tak mungkin rumah Anda pernah mau dibobol maling, namun gagal.  Jadi, wajib banget memeriksa semua pintu dan jendela untuk memastikan bahwa mereka terkunci dengan baik. 

Periksa sistem keamanan seperti alarm atau kamera CCTV, pastikan semuanya berfungsi dengan baik dan tidak mengalami gangguan. 

Perhatikan juga lingkungan sekitar rumah, termasuk pencahayaan luar rumah dan halaman, untuk mencegah masuknya pencuri atau orang asing yang tidak diinginkan. Pastikan bahwa pagar atau tembok sekitar rumah Anda dalam kondisi baik dan tidak rusak. 

Jangan lupa untuk menyimpan barang berharga dan dokumen penting Anda dengan aman. Gunakan brankas atau tempat penyimpanan yang terkunci untuk menyimpan perhiasan, uang tunai, dan dokumen seperti paspor atau sertifikat kepemilikan rumah.

Apabila  Anda memiliki sistem keamanan rumah yang terhubung dengan aplikasi ponsel pintar, pastikan untuk memeriksanya secara berkala dan memperbarui pengaturan yang diperlukan. 

maria-g-soemitro.com
sumber: canva

4. Memeriksa AC

Debu dan kotoran pastinya menumpuk pada AC selama rumah ditinggal mudik. Filter yang kotor dapat mengurangi efisiensi pendinginan AC dan bahkan menyebabkan kerusakan pada unit.

Periksa kondisi kondensor dan evaporator AC, pastikan tidak ada kotoran atau hambatan yang menghalangi aliran udara. 

Segera hubungi jasa servise AC jika merasa ada masalah dengan performa AC, seperti suhu ruangan yang tidak nyaman atau suara yang tidak biasa. Juga untuk pemeriksaan dan perbaikan lebih lanjut. 

Pastikan bahwa rumah Anda tetap sejuk dan nyaman setelah kembali dari perjalanan mudik, dengan memeriksa dan merawat AC secara rutin.

maria-g-soemitro.com
sumber: canva

5. Membersihkan Lemari Es

Bak dua mata pisau, lemari es berfungsi menjaga  makanan dalam kondisi yang optimal, sekaligus menjadi sasaran empuk berkembangnya bakteri berbahaya.

Mulailah dengan membersihkan bagian dalam dan luar lemari es untuk menghilangkan debu, kotoran, dan sisa makanan yang mungkin menempel selama Anda pergi. Cek suhu dalam lemari es untuk memastikan bahwa makanan tetap terjaga kesegarannya. 

Periksa juga kondisi segel pintu lemari es untuk memastikan tidak ada kebocoran udara yang dapat mengakibatkan meningkatnya konsumsi energi dan penurunan efisiensi pendinginan.

Andai  Anda menemukan segel yang aus atau rusak, segera ganti untuk mencegah masalah lebih lanjut. Selalu pastikan bahwa lemari es Anda memiliki cukup sirkulasi udara di sekitarnya untuk mencegah penumpukan panas yang berlebihan. 

maria-g-soemitro.com
sumber: canva

6. Menyiram Tanaman

Tanaman adalah mahluk hidup yang membutuhkan air dan nutrisi. Kepergian pemiliknya untuk jangka waktu lama berpotensi menyebabkan pertumbuhannya terganggu.

Segera siram tanaman dan periksa satu persatu, apakah tanah di dalam pot tidak terlalu kering atau terlalu basah. Sirami tanaman secara perlahan-lahan, hindari penyiraman berlebih yang bisa menyebabkan akumulasi air di dalam pot. 

Selain menyiram tanaman, pastikan juga untuk memberikan pupuk atau nutrisi tambahan sesuai kebutuhan tanaman Anda. Jika Anda meninggalkan tanaman untuk waktu yang lama, mereka mungkin membutuhkan suplemen nutrisi untuk tetap tumbuh dengan baik. Periksa label pada pupuk dan ikuti petunjuk penggunaan yang dianjurkan. 

maria-g-soemitro.com
sumber:canva

7. Menjaga Kebersihan Bantal

Bantal seringkali menjadi tempat penumpukan debu, keringat, dan kotoran lainnya, yang dapat mengganggu kenyamanan tidur dan menyebabkan masalah kesehatan seperti alergi atau infeksi kulit. 

Mulailah dengan membersihkan penutup bantal secara menyeluruh, baik dengan mencucinya secara berkala atau menggantinya dengan yang baru jika diperlukan. Periksa juga isi bantal, apakah sudah mulai menggumpal atau kehilangan keempukan. 

Penting untuk tidak melewatkan kebersihan bantal outdoor. Outdoor cushion atau bantal outdoor seringkali rentan terhadap debu, kotoran, dan serangga karena terpapar langsung dengan elemen luar ruangan seperti sinar matahari, angin, dan hujan. 

Mulailah dengan membersihkan bantal outdoor secara menyeluruh dengan menyikatnya atau menggunakan penyedot debu untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel. 

Pasca mudik pastinya badan terasa sangat  penat. Lalu lintas padat merayap sangat menguras fisik dan psikis. Namun percayalah  “proses tak mengkhianati hasil”, setelah  melakukan 7 langkah di atas, maka rumah kembali terasa aman, nyaman dan menyenangkan. 

7 langkah membersihkan dan memeriksa kondisi rumah secara detail tidak hanya dapat menjaga kondisi fisik rumah tetap baik, tetapi juga menciptakan lingkungan yang menyenangkan dan nyaman bagi kita dan keluarga. 

Kembali dari mudik harus menjadi momen yang menyenangkan dan bebas stress. Sebelum istirahat, sempurnakan dengan membersihkan dan memeriksa kondisi rumah. Sehingga kita dapat memastikan bahwa kembali ke rumah adalah pengalaman yang menyenangkan dan tanpa kekhawatiran.

Baca juga:


9 comments

  1. Memang kalau pulang dari bepergian ke luar kota, aku selalu ganti seprei sih. Kebayang misalnya seminggu ditinggal pergi, debu udah nempel. Baru lanjut besok-besok bertahap bersihkan rumah. Soalnya engga ada ART, beres-beresnya bertahap...hehe

    ReplyDelete
  2. Bebersih memang jadi kegiatan yang pertama kali dilakukan. Apalagi saya punya alergi debu. Jadi memang harus langsung dilakukan bebersihnya. Karena kalau sampai terpicu alerginya, suka lama redanya.

    ReplyDelete
  3. Aku kok ga kepikiran bersihin kulkas yaa mbak habis mudik. Tapi bener, penting jugaa. Apalagi kalau ternyata ada makanan2 yg udah ga layak makan.

    ReplyDelete
  4. Ih bener banget Mbak Maria. Poin-poin di atas tuh wajib banget kita lakukan sebelum meninggalkan dan kembali ke rumah. Saya malah mewajibkan diri bebersih lengkap (keseluruhan rumah) sebelum berangkat biar pas pulang hati gak kemerungsung ngeliat rumah berantakan. Kalau rombongan anak bulu tuh biasanya saya titipkan di klinik. Lebih aman dan terjaga. Tapi kalau perginya cuma semalam, saya tinggalkan mereka di rumah dengan stok makanan yang banyak.

    ReplyDelete
  5. waduh, spreiku belum saya ganti. Bener juga ya, debu memang berserakan dimanapun tempat. Next, weekand langsung mau ganti sprei ah. Karena memang, anak juga pergantian musim ini sempet kena gatel. Selesai mudik, justru bersih-bersihnya double ya

    ReplyDelete
  6. Saya kalau mau ke rumah yang di Cianjur, kan suka nginap tuh, tanaman yg di Pagelaran suka saya keluarkan semua. Kalau hujan biar tersiram air hujan.
    Kalau gak hujan, biasanya ada anak santri yang suka rajin menyiram tanpa kami suruh. Hehe...
    Jadi pas pulang ga ada tanaman yang kekeringan

    ReplyDelete
  7. Nah iya, balik lagi ke rumah jangan langsung tidur aja berarti, bebenah rumah dulu ya meski sebelum mudik udah dibersihkan karena memang debu ini mudah masuknya ya?

    ReplyDelete
  8. Pulang dari mudik mulai mencicil beberapa pekerjaan lagi yaa, Ambu.
    Tapi seneng sih.. menikmati banget masa-masa seperti ini. Capek, tapi seneng.
    Tipsnya bisa segera diterapkan mengingat anak-anak balik sekolah tanggal 22 April besok.

    ReplyDelete
  9. kalau aku yang paling penting sprei sih, karena ada baby. yang bikin sedih itu taneman pada layu dan ada yang mati juga huhuhu

    ReplyDelete