Kulit Belang-belang Kusam? Atasi Dengan Scarlett Body Serum

    
maria-g-soemitro.com

Kulit Belang-belang Kusam? Atasi Dengan Scarlett Body Serum

“Pakai body serum,’ kata Yesi. Dia seorang beauty influencer yang kerap memberi saran jitu. Seperti saat itu, saya memperlihatkan kulit tangan yang belang-belang kusam, yang selama ini saya tutupi dengan baju lengan panjang. Padahal saya rutin pakai body lotion lho.

Bahkan saya memakai body lotion sesuai saran para ahli, yaitu dioleskan kala pori-pori terbuka, pasca mandi dan berwudu.

Demi kulit sehat dan cerah, saya juga rutin mengonsumsi sayur, buah segar dan disiplin minum air putih 2 liter per hari. Saya bela-belain beli tumbler khusus supaya gak salah hitung.

Tapi kok kulit tubuh tetap kusam? Mirip gak terawat.

Dokter bilang sih banyak penyebabnya. Mulai dari polusi (sulit dihindari untuk mereka yang tinggal di perkotaan), sinar ultraviolet, AC, pertambahan usia, bahkan air PAM. Seperti kita ketahui salah satu sumber air PAM di Indonesia adalah air sungai yang diolah dan dialirkan melalui saluran berkarat.

Akibatnya air PAM terkontaminasi kuman, logam berat, dan zat kimia berbahaya, sehingga tidak hanya gak bisa diminum langsung dari keran, juga mempengaruhi kesehatan kulit.

Jadi, gak cukup body lotion untuk perawatan sehari-hari ya?

Baca juga:

Wajib Punya! Dua Skin Care untuk Merawat Skin Barrier

5 Kesalahan Pemakaian Serum. Bikin Wajahmu Tetap Kusam!

Daftar Isi

  • Kulit Kusam dan Belang-belang, Gak Cukup Hanya Body Lotion
  • Ini Perbedaan Body Serum dan Body Lotion 
  • Scarlett Body Serum & Body Lotion Loving Series

Sebetulnya saya sudah memakai rangkaian body care lho. Body lotion, body scrub dan body mask yang saya gunakan sudah saya tulis di sini:

10 Step Korean Skincare, Rahasia Bare Face Bintang Korea

Rahasia Noda Hitam Bekas Luka Bakar Kembali Mulus

Sedangkan body serum, saya baru denger dari Yesi. Selama ini hanya tahu serum untuk skincare, baru sekarang tahu ternyata menjadi bagian body care juga. 

Jadi penasaran, apa sih body serum, apa bedanya dengan body lotion?  Dari hasil googling, saya mendapat penjelasan  sebagai berikut:

    

maria-g-soemitro.com

Perbedaan Body Serum dengan Body Lotion

Dari hasil penelitian yang dilakukan BMI Research, ternyata banyak orang mengalami masalah kulit kusam, bahkan 93 persen responden mengatakan bahwa mereka membutuhkan perawatan kulit lebih dari body lotion. 

Karena gak paham, 7 dari 10 wanita hanya mengganti merek lotion, atau cuma 33% responden mengetahui dirinya butuh produk perawatan selain lotion.

Fakta tersebut mendorong para ahli meracik nutrisi kulit yang mengandung molekul aktif dengan konsentrasi lebih tinggi.  Berikut perbedaan body serum dengan body lotion

Komposisi 

Body lotion memiliki kandungan minyak bumi, minyak mineral, sedangkan body serum tidak memiliki kandungan minyak bumi maupun mineral.

Sama-sama mengandung bahan pelumas dan pengental, jumlah kandungannya lebih banyak pada body lotion dibanding body serum.

Tekstur

Kandungan minyak body lotion lebih rendah dibandingkan produk perawatan kulit lainnya, sehingga teksturnya lebih cair. 

Menitik beratkan pada kandungan nutrisi (terdiri dari antioksidan, vitamin, glycolic acid, dan lactic acid), tekstur body serum lebih ringan, formulanya berbasis air (water based) agar lebih cepat meresap ke kulit. Jika kulit terkena air, body serum tidak menimbulkan sensasi licin seperti body lotion.

Cara Kerja

Body lotion terasa lengket di permukaan kulit, karena bekerja dengan membentuk lapisan pelindung di atas kulit. Tujuannya untuk menjaga lapisan pelindung alami kulit (protective barrier) supaya tetap lembap. 

Sedangkan body serum bertujuan melindungi dan menghidrasi kulit pada lapisan yang lebih dalam. Berbagai jenis serum seperti pro-retinol, niacinamide, AHA, dan CLA, diformulasikan lebih mudah diserap kulit bagian dalam untuk merangsang pembentukan lapisan pelindung alami kulit.

Manfaat

Kandungan ringan pada body lotion membuatnya dapat digunakan sebagai perawatan sehari-hari dan cocok untuk semua jenis kulit, khususnya kulit normal.

Sementara body serum diracik untuk mengatasi masalah tertentu, seperti noda hitam, belang, kulit kering serta kulit sensitive. Sun Protection Factor (SPF) juga ditambahkan pada beberapa body serum untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari. 

 

maria-g-soemitro.com


Scarlett Body Serum & Body Lotion Loving Series

Paham pentingnya pemakaian body serum, saya langsung searching, ternyata Sacrlett,  body care yang saya pakai sehari-hari punya varian Scarlett Loving Series yang terdiri dari body serum dan body lotion.

Wah seneng banget. Gak pakai lama saya langsung pesan di https://linktr.ee/scarlett_whitening 

Cuma 2 hari pasca pemesanan, petugas paket mengeluarkan suara merdunya: “Paket!” ….. hehehe kalau pesanan cepat sampai, rasanya suara mereka merdu ya?  

   

maria-g-soemitro.com

Scarlett Body Serum Loving Series

Gak sabar pingin coba, saya segera membuka kemasan dan wow, saya suka warnanya yang didominasi oleh warna pink-peach. Mood booster banget ya warna pink peach itu?

Berukuran 250 ml, penjelasan telah terdaftar BPOM termasuk barcodenya terlihat jelas. Semua produk Scarlett memang terjamin legalitasnya ya? Selain itu juga tertera kandungan utama serta cara pemakaian. 

Apa saja ingredientsnya? Ini dia:

Ingredients

"Aqua Demineralisata, Mineral Oil, Glycerin, Cetearyl Alcohol, Fragrance (Parfum) Components and Finished Fragrances, Titanium Dioxide, Propanediol, Cetyl Alcohol,  C12-15 Alkyl Benzoate, Acrylates Copolymer, Aloe Vera Leaf Extract, Shea Butter Trisopropanolamine, DMDM Hydantoin, Acrylates/C10-30, Akyl Acrylate Crosspolymer, Tocopheryl Acetate, Glutathione, Niacinamide, Ceramide NP, Ceramide NS, Ceramide AP, Ceramide EOP, Ceramide EOS, Caprooyl Phytosphingosine, Caprooyl Sphingosine, CI 16035"

Seperti disebut di atas, formula body serum berbasis air agar lebih cepat meresap ke kulit, terlihat dari adanya komponen Aqua Demineralisata. Sedangkan hero ingredients-nya sebagai berikut:

  • 7x Ceramide bermanfaat untuk melembapkan, memperkuat skin barrier, mengencangkan kulit, mencegah tanda penuaan dini, menghaluskan kulit serta melindungi kulit dari paparan luar seperti cuaca dan polusi.
  • Glutathione merupakan antioksidan terkuat yang berfungsi mencerahkan, meratakan warna kulit serta menjaga elastisitas kulit.
  • Niacinamide merupakan nutrisi penting yang berfungsi mencerahkan kulit serta memudarkan noda gelap
  • Vitamin E / Tocophero merupakan antioksidan yang berfungsi menjaga kelembaban kulit, mengatasi kulit yang teriritasi, menjaga elastisitas kulit, juga melindungi dan menangkal berbagai paparan radikal bebas di kulit.
  • Titanium Dioxide, sebagai pelindung kulit dari bahaya sinar UVA & UVB.
  • 5 Phyto Oil merupakan formula rahasia Scarlett untuk mencerahkan kulit secara intens
  • Shea Butter bermanfaat untuk melembabkan kulit secara maksimal

Cara pemakaian 

Selain cara pemakaian yang tertera dalam kemasan, saya mencoba menggunakan Body Serum Loving Series seperti kata ahli, yaitu:

  • Mengoleskan body serum sesaat setelah mandi dan berwudu, karena saat itu pori-pori kulit terbuka sehingga bisa memaksimalkan manfaat nutrisi yang terkandung dalam body serum.
  • Mengoleskan body serum dalam keadaan tubuh bersih serta kering, agar tak ada kotoran yang menyumbat pori-pori kulit dan menghalangi penyerapan body serum. 
  • Mengoleskan body serum secara merata, terutama bagian yang rentan kering seperti siku dan lutut. Agar area tubuh ini tidak mengalami perubahan warna menjadi kusam, mengendur, atau kering.
  • Pemakaian body serum dapat diulangi setiap 2 jam sekali atau saat kulit mulai terasa kering. Terutama pasca saja beraktivitas di luar ruangan atau melakukan kontak fisik dengan air, seperti berwudu.
  • Jangan lupa memijat kulit dengan gerakan memutar sewaktu menggunakan body serum, tujuannya untuk mempercepat penyerapan body serum ke pori-pori kulit. Lakukan perlahan hingga body serum terserap sempurna.
  • Memakai body serum sebelum body lotion. Keduanya tak bisa dipisahkan. Body serum berfungsi memberi nutrisi pada lapisan dalam kulit, sedangkan bagian luar terlindung lapisan yang terbentuk dari body lotion.

First impression Pemakaian Scarlett Body Serum Loving Series

Aroma mewah mewah rose dan berries muncul ketika saya mengeluarkan isi Scarlett Body Serum dari kemasan pump. Bentuk pastanya agak kental sehingga mudah diaplikasikan ke seluruh tangan dan kaki, terutama bagian yang rentan kering.

Walaupun kental, Scarlett Body Serum tidak lengket. Pasca pemakaian kulit terasa lembut dan lembap. Harumnya menetap, jadi serasa pakai parfum deh.

Sesuai petunjuk, saya juga memijat perlahan anggota tubuh hingga Scarlett Body Serum mengering, kemudian baru menggunakan Scarlett Body Lotion.

   

maria-g-soemitro.com

Scarlett Body Lotion Loving Series

Seperti telah diuraikan di atas, setelah pemakaian body serum wajib memakai body lotion, karena keduanya saling melengkapi. Body serum berfungsi memberi nutrisi pada lapisan dalam kulit, sedangkan body lotion memberi perlindungan pada bagian luar.

Tekstur Scarlett Body Lotion sedikit lebih kental dibanding body serum. Namun aromanya sama, ya iyalah supaya wanginya gak tabrakan ya? Sehingga jadilah, pemakai Scarlett Body Serum & Body Lotion Loving Series dimanjakan keharuman mewah rose dan berries yang tahan lama.

Karena saling melengkapi, cara pemakaian Scarlett Body lotion selalu bareng dengan Scarlett Body Serum. Mirip mimi dan mituno. Jika dipisah manfaatnya gak optimal.

Bagaimana hasilnya?

  

maria-g-soemitro.com

Hasil signifikan baru kelihatan sesudah 3 minggu pemakaian. Bagian siku yang semula  belang-belang kusam (dan bikin gak pede), sekarang mulai nampak mulus dan cerah.

Happy pastinya, sangat sesuai dengan claim banyak reviewer yang billang Scarlett Body Serum & Body Lotion Loving Series memberikan manfaat 3x mencerahkan dan meratakan warna kulit.

Sebagai pioneer body care pertama yang menggunakan 7X Ceramide, dan punya produk terlengkap, Scarlett membuktikan janjinya untuk merawat kulit tubuh secara menyeluruh. Selain memperbaiki skin barrier, menjaga kelembapan kulit, mencerahkan, meratakan warna kulit, Scarlett Body Serum & Body Lotion Loving Series juga menghaluskan dan menutrisi kulit secara maksimal.

Hasil akhir bisa berbeda untuk setiap pengguna ya? Paparan polutan, sinar UVA & UVB dan faktor lainnya, kan berbeda. Juga telaten enggaknya sewaktu memakai Scarlett Body Serum & Body Lotion Loving Series, tapi wajib dicoba jika kamu mengalami masalah kulit belang-belang kusam seperti yang saya alami.

Selain manfaatnya, saya pengguna fanatik Scarlett karena menyediakan https://verify.scarlettwhitening.com untuk mencek keaslian produk. Body care dan skin care kan dioleskan ke tubuh dan wajah, serem banget jika kita tidak tau asli enggaknya produk yang kita pakai, bukan?

Baca juga:

5 Cara Tepat Memakai Skincare, agar Wajah Glowing Alami seperti Twice!

Rambut Rontok dan Lepek Sesudah Berhijab? Ini Solusinya!


13 comments

  1. Ingredientnya memang ga kaleng-kaleng ya makanya hasilnya seampuh itu buat kulit 🤗

    ReplyDelete
  2. Kalo Scarlett emang kayaknya lagi naik daun dan makin populer. Apalagi body serum yang bisa atasi kulit kusam ini. Pasti ini yang ditunggu oleh masyarakat. Semangat inovasinya, Scarlett.

    ReplyDelete
  3. Ahaaa!! aku pun butuh ini ambuuu
    karena kulit tubuhku juga kusaaammm.

    warna kulit ga merata.
    apalagi bagian punggung tangan

    ReplyDelete
  4. Produk Scarlett memang mantul, progresnya terlihat dari waktu ke waktu.
    Saya belum nyoba body serum Scarlett ini, penasaran ingin menyamakan warna siku juga. Makasih infonya, Ambu.

    ReplyDelete
  5. Scarlett ini terus berinovasi. Kayaknya bisa dicoba nih, produk yang ini karena mau ada rencana main ke pantai. Kalau kulit belang-belang udah ada serum antisipasinya, deh. Makasih ambu infonya 🙂🙏🏻

    ReplyDelete
  6. Aaaah Scarlet emang ngga ada lawan, mah.
    Dari wanginya, kemasannya dan teksturnya selalu cocok
    Meski harganya rada tinggi dibanding yang lain, tp worth it karena good quality

    ReplyDelete
  7. Saya loh Mbak. Badan pada baret-baret, terutama di bagian tangan. Diajakin main sama bocah-bocah bulu di rumah. Kadang gak cuma nyakar-nyakar tapi juga gigit-gigit. Ampun banget pokoknya. Efeknya yah timbul baret-baret gini. Sembuh cepet sih tapi bekasnya itu loh. Awet banget menetap di kulit. Barangkali bisa hilang atau pudar kalo pake serum ini ya.

    ReplyDelete
  8. Saya jadi ingat iklan zaman dulu, Mbak. Stoking belang oke, kulit belang, noo....
    Dan masalah kulit kusam ini memang tidak bisa dihindari yang tinggal di perkotaan ya Mbak. pasti akan beraktivitas di luar ruangan, walau tempat kerjanya ber-AC. Misalnya pas berangkat dan pulang. asap kendaran, debu, termasuk sinar matahari jadi penyebabnya. Dan solusinya pakai body serum ya, Mbak. bukan sekadar body lotion.

    ReplyDelete
  9. Wow...sekarang body care pun ada body serumnya. Auto glowing ini mah. Kemarau kemarin ini, udah kulit kering jadi weee kusam. Cus ah...ke marketplace, check out Scarlett Body Serum

    ReplyDelete
  10. kelembaban kulit bakal berkurang kalau tidak dijaga dengan tepat apalagi seiring bertambahnya usia ya?
    sehingga memang perlu nih menjaganya mengingat cuaca juga punya pengaruh

    ReplyDelete
  11. Scarlett ini rasa-rasanya nggak pernah mengecewakan ya Mba untuk jadi sahabat perawatan kulit..
    Body Serum Loving series ini aromanya harum banget dan awet meski lagi outdoor activities..

    ReplyDelete
  12. Seru banget, Ambu..
    Perawatan maksimal menggunakan Scarlett Body Serum Loving Series dan Scarlett Scarlett Body lotion secara bersamaan setiap hari.
    Kalau Body Serumnya cepet menyerap, pastinya bikin nyaman banget mau dilayerin ama body lotion-nya jugaa..

    ReplyDelete
  13. Scarlett Body Serum ini cocok banget untuk kita-kita yang sering berada di luar ruangan sih menurutku. Soalnya aku pribadi merasakan kulit tangan makin kusam selama kerja di luar lapangan. Scarlett emang gak pernah gagal dalam memproduksi skincare

    ReplyDelete