5 Kesalahan Pemakaian Serum. Bikin Wajahmu Tetap Kusam!

      
www.maria-g-soemitro.com

5 Kesalahan Pemakaian Serum. Bikin Wajahmu Tetap Kusam!

“Udah pakai serum tapi kok wajah tetap kusam ya?” keluh Katrin, sepupu saya sambil memperhatikan wajahnya dari balik cermin. Saya mengenal Katrin nyaris sepanjang hidupnya. Dulu wajahnya putih bersih, nyaris tak mengenal jerawat.

Merasa tak punya masalah kulit, Katrin enggan mengoleskan apapun di wajahnya. Tak pelak, sinar matahari menggempur wajahnya yang tak berpelindung. Setelah menyadari kesalahannya, barulah Katrin memakai skin care.

Skin care, khususnya serum dibutuhkan untuk menjaga kebersihan kulit, memberi nutrisi, melindungi dari bahaya paparan radikal bebas, memperbaiki skin barrier dan pastinya menjaga agar kulit tidak kusam.

Baca juga:

10 Step Korean Skincare, Rahasia Bare Face Bintang Korea

Flek Hitam Membandel? Hilangkan dengan Produk Berbahan Alami Brightly Ever After Serum!

Daftar Isi

  • Mengapa Harus Memakai Serum?
  • 5 Kesalahan Pemakaian Serum  Sehingga Hasilnya Tidak Optimal
  • Pengalaman Memakai Scarlett Niacinamide 5 % Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum
  • Pengalaman Memakai Skin Smoothing Retinol Serum

Jadi, mengapa kulit wajah Katrin tetap kusam, bahkan berjerawat? 

Penasaran banget ya? Setelah googling, kami menemukan tulisan di besthealthmag.ca, yang menyebutkan hal tersebut sangat berkaitan dengan kesalahan pemakaian atau human error. 

Pemakai serum menganggap skin care sebagai zat ajaib yang bisa mengurangi bintik hitam, menyehatkan kulit, menjaga kulit tetap terhidrasi, menghilangkan bekas jerawat, mengurangi kerutan dan garis halus, serta masih banyak manfaat lainnya. 

Akibatnya mereka lalai. Seperti yang ditulis Lisa Hannam pada besthealthmag.ca, ada beberapa kesalahan pemakaian yang menyebabkan serum tidak bekerja optimal, diantaranya:

  

www.maria-g-soemitro.com

5 Kesalahan Pemakaian Serum  Sehingga Hasilnya Tidak Optimal

Tidak Menggunakan Jumlah yang Tepat

Berapa banyak harus menggunakan serum? Jumlah dan cara pemakaian sebetulnya tercantum dalam kemasan. Sayang sering terjadi, pemakai serum enggan membacanya.

Beberapa serum mencantumkan seukuran kacang polong agar serum efektif untuk wajah. Apabila ingin mengaplikasikan di leher, tambahkan seukuran kacang polong lagi. Jadi, jangan berlebihan, juga jangan kurang dengan alasan menghemat pemakaian serum.

Serum Hanya Digunakan Seminggu Sekali atau Sehari Sekali

Jangan memperlakukan serum seperti masker atau krim jerawat. Sebelum dipasarkan ke publik, serum telah melalui serangkaian penelitian dan uji klinis untuk pemakaian dua kali sehari. 

Jadi, jika hanya diaplikasikan sekali sehari atau sekali  dalam seminggu, ya jangan heran ketika hasilnya tidak signifikan.

Salah Memilih Serum

Bayangkan Anda minum obat anti diare tatkala sedang sakit kepala. Gak bakal sembuh kan? Kurang lebih itulah yang terjadi apabila salah memilih serum.

Saat diciptakan, peneliti meracik bahan-bahan tertentu untuk tujuan tertentu, seperti menghilangkan bekas jerawat, mengurangi kerutan dan masalah kulit lainnya. 

Karena itu wajib membaca kandungan serum yang tercantum di kemasannya, agar tidak salah membeli dan akhirnya menyalahkan serum yang tidak berdosa.

Menggunakan Serum Sebagai Pengganti Pelembab

Dalam tulisannya, Lisa mengutip pernyataan Dr. Mike Bell, seorang skincare scientific advisor for Boots UK:

“Banyak orang tidak memahami peran pelembab berbeda dengan serum. Waktu dan cara penggunaannya pun sangat berbeda,” kata Bell.

“Serum tidak mengandung SPF, karena penggunaan SPF bisa membuat efektivitas kandungan serum berkurang hingga 33 persen. Dibanding skin care lainnya, jumlah bahan aktif yang terkandung dalam serum merupakan yang tertinggi karena serum bertugas mengatasi masalah kulit,” lanjut Bell.

Nah, bandingkan dengan pelembab yang multiguna. Selain bertugas melembabkan kulit wajah, pelembab berfungsi sebagai perlindungan terhadap matahari.

Menggunakan Pelembab Sebelum Mengaplikasikan Serum

Gunakan serum setelah mencuci wajah hingga bersih dan kering. Sesudah itu baru memakai pelembab.

 Penggunaan pelembab sebelum serum, akan membentuk lapisan yang menyebabkan serum sulit meresap ke dalam kulit

   

www.maria-g-soemitro.com

Pengalaman Memakai Scarlett Niacinamide 5 % Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum

Katrin tertawa geli saat membaca artikel di atas, “Gue banget nih, kenapa saya kok ngawur ya?” Tertawanya baru terhenti ketika melihat saya mulai mengaplikasikan serum di wajah yang telah bersih dan kering.

“Produk baru Scarlett ya? Aku juga mau, ah. Serum yang lama kubuang.”

Lha? Sekarang giliran saya yang tertawa. Dia yang salah kok serum yang kena marah? 

Namun, dengan senang hati saya menjelaskan tentang Scarlett Niacinamide 5 % Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum yang baru beberapa minggu saya gunakan, karena sangat cocok dengan kebutuhan Katrin yang kulit wajahnya sedang kering, kusam dan penuh bercak bekas noda jerawat.

Kandungan serum yang didominasi Niacinamide 5%, Beta Glucan 7 Phyto Extract, dan Triple Ceramide Complex berfungsi:

  • Menyamarkan noda hitam dan mengurangi hiperpigmentasi
  • Memperbaiki skin barrier
  • Mencerahkan dan melembapkan kulit secara maksimal
  • Melindungi kulit dari bahaya paparan radikal bebas

Packaging 

Didominasi warna ungu yang cantik, kemasan Scarlett Niacinamide 5 % Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum sama dengan saudara-saudaranya yang menggunakan bahan frosted glass kokoh.

Logo Scarlett berwarna hitam tertera di bagian atas label. Desain botolnya berbentuk ulir dengan pipet untuk mengeluarkan isi produknya. Sehingga produk tidak mudah tumpah dan tetap steril tanpa kontaminasi dari luar.

Label botol dan boks menunjukkan  Scarlett Niacinamide 5 % Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum produk telah teregistrasi BPOM serta bebas Merkuri & Hydroquinone.

  

www.maria-g-soemitro.com

Tekstur dan Pengalaman Pemakaian 

Sesuai petunjuk pemakaian, saya meneteskan 2-3 tetes serum untuk dioleskan ke seluruh wajah, kemudian menunggu 1-3 menit sebelum membubuhkan pelembap.

Teksturnya agak kental dan jernih mirip Scarlett Brightly Ever After Serum dengan keharuman tertentu. Yang saya suka dari Scarlett serum adalah efeknya. Zat – zat aktifnya serasa masuk ke sel kulit dan menjalankan tugasnya. Saat dipegang kulit terasa lembap dan lembut.

Sesudah beberapa minggu pemakaian , flek menipis dan wajah nampak cerah. 

   

www.maria-g-soemitro.com

Pengalaman Memakai Skin Smoothing Retinol Serum

Warna Turquoise nan cantik muncul dari boks yang saya beli sekitar 2 minggu silam. Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum melengkapi kebutuhan kulit wajah saya akan serum, setelah sebelumnya memakai Scarlett Brightly Ever After Serum yang berkemasan baby pink, dan Scarlett Glowtening Serum yang berkemasan shocking pink.

Reviewnya saya tulis di sini:

Flek Hitam Membandel? Hilangkan dengan Produk Berbahan Alami Brightly Ever After Serum!

5 Cara Tepat Memakai Skincare, agar Wajah Glowing Alami seperti Twice!

Seperti yang dikatakan Dr. Mike Bell, serum diciptakan untuk mengatasi masalah kulit. Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum diciptakan untuk masalah kulit kusam, tekstur kulit kasar dan adanya tanda-tanda penuaan.

Manfaat Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum bisa diketahui dari kandungannya, yaitu: 

Retinol

Kandungan retinol dalam Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum ampuh menyamarkan garis-garis halus, meregenerasi kulit dan membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin agar kekenyalan kulit terjaga dengan baik.

Hexapeptide-8

Kandungan hexapeptide-8 dalam Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum ampuh membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti munculnya garis halus dan keriput. Manfaat lainnya, meningkatkan hidrasi kulit dan membantu menenangkan kulit iritasi. Juga berfungsi meningkatkan produksi natural hyaluronic acid dan kolagen. 

Pomegranate extract 

Pomegranate extract  kaya akan vitamin C yang mampu mencegah kerusakan kulit akibat efek radikal bebas. Juga ampuh membantu meningkatkan proses regenerasi kulit, sehingga kulit wajah nampak lebih cerah. Manfaat lain dari pomegranate extract  adalah mencegah bakteri penyebab utama munculnya jerawat di wajah.

Vitamin C

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum bersifat sebagai antioksidan sehingga mampu melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas. Noda hitam di wajah perlahan menghilang, kulit wajah pun menjadi nampak cerah. Vitamin C juga berfungsi mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dengan mencegah penurunan produksi kolagen. 

Allantoin 

Kandungan allantoin atau aluminium dihydroxy allantoinate merupakan zat yang terbuat dari ekstrak tanaman komfrey. Allantoin bermanfaat membantu menghidrasi kulit, mempercepat penyembuhan luka dan menghaluskan tekstur kulit.

  

www.maria-g-soemitro.com

Tekstur dan Cara Pemakaian

Sesuai dengan instruksi di kemasan, Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum digunakan dengan meneteskan 2-3 tetes di tangan, lalu oleskan secara merata ke wajah dan diamkan 1 sampai 3 menit hingga serum meresap.

Teksturnya mirip Scarlett Glowtening Serum, agak kental dan berwarna putih susu, dengan aroma yang agak tajam. Mungkin aroma retinol yang ampuh menipiskan flek hitam.

Serum ini juga terasa lebih ‘mantul” di kulit (hehehe gak nemu kata yang lebih tepat). Namun gak bikin kulit wajah jadi merah atau apa, karena serum ini bebas Merkuri & Hydroquinone, serta pastinya sudah teregistrasi BPOM.

Karena keampuhannya pula, Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum hanya direkomendasikan untuk usia lebih dari 18 tahun. 

Juga disarankan pemakaian 3 kali seminggu bagi pemula. Setelah terbiasa, serum boleh digunakan setiap hari.

Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam pemakaian Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum, yaitu:

  • Gunakan pelembap setelah menggunakan retinol.
  • Wajib memakai sunscreen di pagi hari
  • Jangan menggunakan serum bersamaan dengan acne Series
  • Ibu hamil dan ibu menyusui disarankan tidak memakai serum ini.

Harga dan Cek Produk Asli

Berapa harga Scarlett Niacinamide 5 % Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum dan Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum, mengingat banyaknya manfaat kedua serum?

Kedua serum berkapasitas 15 ml tiap botolnya, dibandrol Rp 75.000 saja, dan dapat dibeli di scarlettwhitening.com atau melalui https://linktr.ee/scarlett_whitening.

Tempat penjualan resmi saya cantumkan karena banyak beredar produk palsu. Ngeselin kan kalau dapat produk palsu?

Jika gak mau kejebak produk palsu yang malah bikin kulit rusak, semua produk Scarlett bisa dicek dengan membuka link https://verify.scarlettwhitening.com/, kemudian isi data yang diminta, dilanjutkan memasukkan kode dibawah barcode yang terdapat di produk untuk cek kode seri.

Mudah bukan?

Baca juga:

Ingin Cantik? Ini 5 Tips Cantik dan Awet muda yang Ampuh!

5 Cara Tepat Memakai Skincare, agar Wajah Glowing Alami seperti Twice!



34 comments

  1. aku dulu juga berpikir pake serum kayak nggak ada perubahan signifikan. Bisa jadi karena aku yang nggak sabaran juga sama prosesnya, padahal kalau telaten pasti ada hasilnya

    ReplyDelete
  2. Penggunaan serum secara teratur akan memberikan hasil nyata mengurangi kusam pada wajah.

    ReplyDelete
  3. Walaupun saya belum pernah menggunakan skincare macam serum wajah, saya bisa mengerti kenapa banyak kesalahan terjadi seputar penggunaan serum. Namanya ibu-ibu kan pinginnya irit ya... Jadi gak maksimal serumnya.Btw, skincare apa pun yang produksinya Scarlett, dijamin kualitasnya pasti jempolan. Apalagi harganya terjangkau... 

    ReplyDelete
  4. Katrin adalah saya. Setelah lewat kepala tiga baru deh ngerasa butuh bantuan skincare. Makasih tipsnya mbak

    ReplyDelete
  5. Dennise SihombingJuly 13, 2022 at 5:52 AM

    Aku memakai serum secara serius 5 tahun terakhir ini ambu. Awalnya aku memakai ambu sesukanya saja tanpa memperhatikan cara pemakaiannya dan terkadang pakai. Ya, hasilnya tentunya tidak sesuai dengan harapan. Wow, Serum dari Scarlett mengandung retinol ya? ini bagus banget memang untuk mengurangi garis halus di wajah

    ReplyDelete
  6. Kesalahan yang paling sering saya temukan adalah soal kebersihan dan kontinuitas Mbak. Padahal wajah tuh harus dalam kondisi bersih agar ingredients serum dapat terserap dengan baik. Bahkan tanganpun harus bersih. Nah tidak rutin itu juga jadi kasus. Jadi hasilnya tidak maksimal. Harus rinci dulu lihat petunjuk penggunaannya

    ReplyDelete
  7. Bener banget. Pakai serum dulu baru pelembab. Jangan kebalik dan pakainya tiap hari. Kalau seminggu sekali ya gak ngefeks. Perlu banyak edukasi sih soal perseruman karena temenku juga banyak yang tanya.

    ReplyDelete
  8. Ambu, makasih banget sharingnya ini. sy dari dulu takut banget pake serum. Pernah sekali beli, tapi gak dilanjutin. karena rasanya gak ngefek, dan lebih banyak takutnya emang. dan benar cara pakai nya aku salah, pake serumnya sekali seminggu atau dua kali seminggu. padahal harusnya dua kali sehari ya.. huhuhu noted bgt ini

    ReplyDelete
  9. Scarlett ini emang bagus sih menurutku, tapi pernah kalo berhenti pake serum, kulitnya balik lagi ke semula. Apakah pake serum ini harus suistinebel ya? gak boleh berhenti2, pantesan !!!

    ReplyDelete
  10. Daku adakalanya pakai serum sekali sehari sih, hihi. Suka lupaan.
    Kalau pun serum mau dipakai saat pagi hari, maka tata caranya serumnya dulu ya Ambu baru si pelembab.

    ReplyDelete
  11. Ahahaha mengenai pemakaian itu aku akuin buunnd, suka gak sabar gitu makai serum, apalagi malam yaa, pas dah ngantuk maunya bobooo :D
    Kudu lebih disiplin lagi nih
    Kalau soal produk biasanya sebelum beli aku cek2 dan nanya dulu kira2 sesuai apa gak ma jenis kulitku hehe

    ReplyDelete
  12. Perlu banget ya memilih serum yang cocok untuk wajah agar tidak salah kalau wajah bukannya semakin cerah tapi kusam kan sedih banget

    ReplyDelete
  13. Iya, Ambu.. ngaku banget kalau memakai serumnya masih bolong-bolong.
    Mungkin karena aku layering sama toner dan essence lalu moisturizer, rasanya kulit uda lembab banget. Jadi pemakaian serum sudah diselang-seling.
    Padahal kudu telaten agar memperoleh hasil yang sesuai dengan klaim produk.

    Kulit sehat, lembab dan cerah berseri.

    ReplyDelete
  14. nah kalo aku suka bolong bolong pakai serum hehehe jadi kurang mantul ya karena jarang pakai

    ReplyDelete
  15. Ya ampun, saya banget ini. Pakainya gak rutin, terus bingung kok hasilnya belum terlihat. Hahahahah. Pakai serum bener-bener seingatnya aja. Maunya sih rutih pagi dan malam, tapi apa daya..lebih sering lupanya. Semoga setelah baca postingan ini jadi disiplin pakai serumnya.

    ReplyDelete
  16. Percuma kalau beli serum mahal tapi salah pemakaian. Yuk kita benerin biar gak salah lagi

    ReplyDelete
  17. Serum itu rangkaian skinker yang paling saya suka, ambu...

    karna make itu kulit pasti langsung adem meresap sampe ke pori2. Apalagi yang untuk malam dibawa tidur. Paginya kerasa kenyal2.

    Pantesan serum itu paling mahal, ya sebab tugasnya paling berat

    ReplyDelete
  18. Wah thanks mbak, baru tahu kenapa selama ini penggunaan serum Saya tidak maksimal ternyata salah memakainya, thanks pencerahannya ya mbak

    ReplyDelete
  19. Asik asiikkk, selalu sukaaaa Edukasi ala Ambu.
    Tepat sasaran BANGETTTT
    MAKIN paham serba serbi serum
    Life/beauty hacks bgt iniiii

    ReplyDelete
  20. Aku liat produk scarlett ini di toko deket rumah. Udah naksir banget nih, Ambu. Kalau serum itu emang harus rajin dipake ya, bisa setiap malem sebelum tidur, jadi besoknya kulit wajah jadi lebih glowing. Hehe

    ReplyDelete
  21. Saya jarang pakai serum. Padahal serum dari Scarlett ada dua jenis juga belum habis. Iya mungkin saya tidak rutin menggunakannya ya, jadi hasilnya belum terlihat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem Teh, daku pun pakai serum gak rutin kadang inget, tapi kalau rajin, ya rajin hehe.
      Padahal harus dirutinkan ya, biar kelihatan hasilnya

      Delete
  22. Kalau usia udah kepaal 3, apalagi saya yang kurang dari 5 tahun akan segera kepala 4, tentulah serum ini kebutuhan banget. Hihihi. Zaman sekarang, alam makin ganas. Udah gak kenal ampun lagi, terlebih sinar matahari. Sudahlah pasti pakai pelindung. Komplit ya rangkaian perawatan di Scarlett.

    ReplyDelete
  23. Pemakaian serum juga ada tata caranya ya ambu agar dapat hasil yang maksimal cantik dan glowing

    ReplyDelete
  24. Kesalahan yang sering saya lihat adalah masalah KEBERSIHAN terlebih dahulu sebelum menggunakan serum. Dengan wajah yang bersih, manfaat serum akan lebih mudah terserap dan berfungsi dengan baik

    ReplyDelete
  25. aku pun sekarang sudah rutin skincare-an hihihi. dan jadi lebih sering cari2 serum yang menarik untuk dicobain. aku belum pernah cobain produk dari Scarlett, kayaknya banyak yang cocok yaa

    ReplyDelete
  26. Serum itu rangkaian skinker yang paling saya suka, ambu. Selain pasca pemakaian yang bikin kulit muka enteng juga manfaatnya paling banyak.

    Pantesan serum itu paling mahal, ya sebab tugasnya paling berat

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah,
    Dapat ilmu mengenai penggunaan serum yang tepat agar menghasilkan hasil yang diidamkan. Pingin banget mencoba Scarlett Niacinamide 5 % Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum. Tapi kembali lagi kudu paham banget mengenai kebutuhan kulit wajah saat ini.

    ReplyDelete
  28. Pakai serum juga perlu diperhatikan caranya, berapa banyak yang digunakan, kebersihan tangan dan prosesnya pasti nggak instan. Ada produk baru nih dari Scarlett. Serum Niacinamide saya belum pernah cobain soalnya

    ReplyDelete
  29. Pemakaian serum sangat penting dalam merawat wajah
    Namun kalau salah dalam penggunaannya ya ga akan berpengaruh ke wajah ya Ambu

    ReplyDelete
  30. Huhuhu baca ini aku tertohok sekali, hobi beli skincare tpi entah knapa slalu kelupaan waktunya pake, pakai sehari sekali tuh dah alhamdulillah bgt rasanya. Emang kudu konsisten yaa

    ReplyDelete
  31. Dulu saya ga mengenal serum. Lalu baca-baca di media sosial dan teman juga mulai banyak yang pakai, akhirnya saya memberanikan diri menggunakan serum. Bersyukur kulit wajah sekarang lebih segar dan gak kusam

    ReplyDelete
  32. Duh, saya termasuk nih yang melakukan salah satu kesalahan di atas. Yaitu..serum tidak rutin digunakan. Benar-benar seingatnya aja. Ya gimana bisa mendapatkan manfaatnya. Huhuhu..

    ReplyDelete
  33. Kayaknya kesalahan pemakaian serum itu hampir semua pernah aku lakukan. Nggak heran wajahku kok tetap kusam.

    ReplyDelete