10 Step Korean Skincare, Rahasia Bare Face Bintang Korea

    
maria-g-soemitro.com


10 Step Korean Skincare, Rahasia Bare Face Bintang Korea

Berani mengunggah foto selfie tanpa riasan?

Unggahan foto wajah tanpa riasan atau no makeup look disebut juga “bare face”. Kerap dilakukan bintang Korea serta bintang Indonesia seperti Tara Basro, foto yang mereka unggah biasanya sedang olahraga, bangun tidur atau selesai solat.

Bukan karena sangat mulus hingga tanpa flek, tapi lebih disebabkan tampilan wajah yang sehat. Sehingga tanpa riasan pun mereka sangat percaya diri.

Jujur saya suka banget melihatnya. Sebaliknya malesin banget melihat banyak seleb yang memakai riasan tebal saat solat atau bangun tidur. Gak alami. Walau paham, jangankan seleb, non seleb pun mati-matian memakai filter agar unggahan di Instagram nampak cantik glowing.

Daftar Isi:

  • Bare Face, Wajah Tanpa Riasan yang Bikin Iri
  • 10 Step Korean Skincare agar Wajah Cantik Tanpa Riasan
  • Pengalaman Memakai Scarlett Herbalism Mugwort Mask
  • Pengalaman Memakai Seriously Soothing Hydrating Gel Mask

Tapi ….

Sebetulnya siapapun bisa lho percaya diri tampil tanpa make-up. Caranya dengan perawatan dari dalam dan luar tubuh.

Perawatan dari dalam tubuh yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat. Selalu mengonsumsi buah dan sayur, sebisa mungkin sayuran mentah yang kandungan vitamin serta mineralnya masih utuh.

Serta rajin olahraga  agar sirkulasi darah lancar, produksi kolagen meningkat dan kotoran yang terkunci dalam kulit akan keluar bersama keringat. Jangan lupa cukup mengonsumsi air dan cukup istirahat tidur 6-8 jam setiap harinya.

Sedangkan perawatan dari luar dikenal dengan 10 Step Korean Skincare. 

Apa saja?

  

maria-g-soemitro.com



10 Step Korean Skincare agar Wajah Cantik Tanpa Riasan

“Glass skin” atau kulit sehat, glowing serta mulus seperti kaca menjadi dambaan, sebab mereka yang memiliki glass skin bakal pede abis kala berhadapan dengan kamera, walau tanpa riasan.

Untuk memperolehnya ternyata bukan hal mustahil. Cukup melakukan 10 step Korean skincare yang meliputi:

Disiplin membersihkan wajah dengan Makeup Remover

Malas membersihkan riasan wajah? Penyakit banget ya? Biasanya tubuh lelah sesudah bepergian membuat malas membersihkan wajah setelah mengaplikasikan riasan make up.

Nah, jika serius ingin memiliki glass skin, jangan lupa membersihkan riasan wajah dengan produk cleanser yang sesuai dengan jenis kulit, seperti cleansing oil ataupun cleansing balm. Agar tidak ada kotoran tertinggal sebelum mengaplikasikan produk selanjutnya.

Double Cleansing dengan Facial Wash.

Agar wajah bersih maksimal, lakukan double cleansing dengan facial wash. Karena seperti yang dikatakan para ahli, tidaklah cukup membersihkan wajah dengan produk cleanser. Harus dilanjutkan dengan teknik double cleansing atau memakai face wash/produk pencuci muka,

Dengan double cleansing, kulit menjadi lebih bersih dan terhindar dari breakout. Saya biasa memakai Scarlett Brightening Face Wash yang saya review di sini:

Scarlett Whitening Facial Wash yang Melembabkan

Exfoliate Toner untuk Mengangkat Kulit Mati

Setiap hari kulit meluruhkan sel-sel kulit matinya, serta ditempeli berbagai kotoran, mulai debu rumah hingga polutan. Karena itu wajah harus dieksfoliasi secara rutin agar terlihat bersih, cerah dan meminimalkan munculnya kerutan halus.

Eksfoliasi wajah juga membantu penyerapan produk kecantikan, sehingga hasil proses perawatan wajah akan maksimal.

Hydrating Toner untuk Menghidrasi Kulit

Setelah proses eksfoliasi penting banget memakai hydrating toner agar kulit wajah siap menerima sentuhan produk skincare berikutnya.

Cara memakai hydrating toner dengan menuangkannya ke tangan kemudian ditepuk-tepuk ke wajah. Tulisan tentang hydrating toner saya tulis di sini:

Scarlett Brightly Essence Toner yang Multi Manfaat

Mengaplikasikan Essence untuk Memanjakan Kulit

Untuk memperoleh kulit wajah glowing hingga mirip glass, perempuan Korea tak pernah meninggalkan essence yang berfungsi melembabkan wajah serta memberi nutrisi agar kulit kenyal dan halus.

Serum untuk Menutrisi Wajah Secara Maksimal

Layaknya tubuh membutuhkan vitamin, kulit membutuhkan serum agar selalu sehat. Serum berperan mirip essence yang berfungsi sebagai booster yang melembabkan kulit.

Bedanya kandungan aktif serum lebih tinggi sehingga bisa bekerja lebih cepat dan hasilnya lebih terasa dibanding essence. Agar hasilnya maksimal, pemakaian serum harus dilakukan secara teratur dan dengan dengan dosis yang tepat.

Tulisan saya tentang serum saya tulis di sini:

Glowing Berkat Serum Scarlett Glowtening

      
maria-g-soemitro.com

Kulit Sehat dan Glowing dengan Pemakaian Masker

Masker mungkin merupakan salah satu item yang selalu ada dalam daftar belanjaan warga Korea. Terlihat dari para YouTuber Korea yang rajin menggunakannya. Jadi gak hanya ada dalam scene drama Korea.

Hal tersebut disebabkan kandungan zat aktif pada masker tidak hanya mampu memberikan nutrisi untuk meremajakan kulit. Juga membersihkan kulit dari racun-racun radikal bebas, serta mengeksfoliasi kulit/mengangkat sel-sel kulit mati (keratin)

Eye Cream untuk Perawatan daerah Mata

Sebelum tidur, perempuan Korea tak pernah lupa mengaplikasikan eye cream pada malam hari. Eye cream berfungsi menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata, dan dapat mengencangkan otot-otot di bawah mata agar tidak cepat turun. 

Moisturizer untuk Mengunci Kelembapan wajah

Gunakan produk yang “berat” untuk mengunci manfaat essence serta serum, demikian kata para ahli. Moisturizer bermanfaat menjaga kelembapan dan meningkatkan kadar air di wajah.

Moisturizer dibutuhkan semua jenis kulit. Pada kulit kering, wajah memproduksi minyak secara berlebihan dan berpotensi menimbulkan jerawat. Sehingga dibutuhkan moisturizer untuk menjaga keseimbangan. Tulisan saya tentang moisturizer bisa dibaca di sini:

Scarlett Brightly Ever After Day & Night Cream untuk Kulit Cantik dan Awet Muda

Sunscreen untuk Melindungi Wajah dari Sinar Matahari

Perempuan Korea pantang menutup perawatan tanpa sunscreen, walau hari itu mereka tidak keluar rumah.

Terkait sunscreen ini, Dokter Anggi yang saya temui sewaktu perawatan di Zap Clinic menegaskan pentingnya pemakaian sunscreen. Malah secara ekstrim bilang, mending gak pakai produk yang lain asalkan tetap memakai sunscreen. Begitu pentingnya ya?

Nah, sebagian besar step di atas sudah saya praktikan dengan skincare andalan, Scarlett by Felicya Angelista. Gak langsung glowing. Kerusakan wajah kan berlangsung bertahun-tahun, jadi recovery-nya juga butuh waktu.

Tapi ada satu yang masih saya lewatkan, yaitu pemakaian masker!

Dulu sering sih saya nempelin berbagai masker ke wajah, mulai mentimun, telur hingga madu. Saya hentikan karena repot dan bau. Yang paling nyebelin, jika kurang hati-hati, sisa masker belepotan ke penjuru rumah. Malesin ya?

Scarlett Herbalism Mugwort Mask & Seriously Soothing Hydrating Gel Mask untuk Perawatan Wajah Optimal

Beruntung, melalui instagramnya Scarlett memberitahu produk terbaru yang sangat saya tunggu-tunggu: masker! Lebih tepatnya 2 varian masker, yaitu Scarlett Herbalism Mugwort Mask, dan Scarlett Seriously Soothing Hydrating Gel Mask.

Langsung pesen deh dua-duanya di https://linktr.ee/scarlett_whitening

Hihihi, iya sekaligus dua. Khasiat kedua masker ini kan berbeda, teksturnya juga berbeda. Jadi saya butuh keduanya.

Bagaimana hasilnya? 

Yuk kita review:

  

maria-g-soemitro.com

Pengalaman Memakai Scarlett Herbalism Mugwort Mask

Warna hijau tanaman Mugwort atau Artemisia vulgaris menyapa saya ketika paket datang dan saya buka. Wow, hijau mewah yang saya suka.

Scarlett juga mencantumkan Scarlett Herbalism Mugwort Mask dalam kemasannya:

  • Telah teregistrasi BPOM
  • Tidak diuji cobakan pada binatang.
  • Teruji bebas Merkuri & Hydroquinone. Ini penting banget ya. Merkuri jelas merupakan zat kimia berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan, sedangkan Hydroquinone bisa membuat pemakainya ketagihan/kecanduan.

Isi pot Scarlett Herbalism Mugwort Mask 100 gram. Cukup banyak ya? 

Ketika membuka tutup pot, nampak spatula kecil untuk mengaplikasikan Scarlett Herbalism Mugwort Mask. Bikin gak sabar ingin segera pakai dan menikmati hasilnya. 

Sayang, virus Covid-19 rupanya gak suka melihat saya bersenang-senang. Virus ini sukses membuat saya tergeletak lemas selama seminggu lebih. Kejam banget ya?

  

maria-g-soemitro.com

Minggu pagi yang lalu, barulah kondisi tubuh saya membaik, dan langsung nyobain pakai masker dong. Gak sabar! ^^  Berikut ini step by step yang saya lakukan.

  • Bersihkan wajah dengan double cleansing.
  • Dengan menggunakan spatula, apikasikan Scarlett Herbalism Mugwort Mask ke seluruh wajah dan sekitar leher.
  • Biarkan nutrisi yang dikandung Scarlett Herbalism Mugwort Mask meresap selama 20 menit.
  • Bilas dengan air hangat dengan memijat wajah perlahan hingga bersih.

Bagaimana hasilnya?

Kulit wajah terasa lembut, lembap dan kencang! Sensasinya saya suka. 

Uniknya, Scarlett Herbalism Mugwort Mask bukan berwarna hijau, tapi hijau keabu-abuan. Setelah saya baca containsnya, saya baru tau penyebabnya, yaitu keberadaan bamboo charcoal dalam komposisi.

Lebih lengkapnya sebagai berikut:

Mugwort extract, vitamin C, glutathione, niacimide, bamboo charcoal, allantoin, chlorophyllin, green tea powder.

Komposisi yang membuat Scarlett Herbalism Mugwort Mask memiliki manfaat lengkap ya? Gak hanya mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit serta membersihkan pori-pori sehingga wajah menjadi lebih cerah.

Juga kaya akan Vitamin E yang membantu menghidrasi dan menenangkan kulit. Anti-inflamasinya membantu meredakan peradangan pada kulit berjerawat. Sedangkan vitamin C menyamarkan hiperpigmentasi sehingga dapat mencerahkan  kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan, dapat melawan radikal bebas, serta manfaat lain yang dibutuhkan untuk menyehatkan kulit wajah.

   

maria-g-soemitro.com



Pengalaman Memakai Seriously Soothing Hydrating Gel Mask

Seriously Soothing Hydrating Gel Mask baru saya coba tadi pagi. Berbeda kemasannya dengan Herbalism Mugwort Mask yang berwarna hijau, kemasan Seriously Soothing Hydrating Gel Mask berwarna pink cerah.

Setiap pot Seriously Soothing Hydrating Gel Mask berisi 100 gram dengan spatula mungil di bagian tutupnya. Ketika tutup pot dibuka, oh lala muncul masker dengan tekstur menggoda mirip jelly kuning.

Saya membayangkan rasanya manis. Ternyata containsnya sebagai berikut:

Niacinamide, vitamin C, grape fruit water, seven berry extract, ginseng extract, centella asiatica, rose flower water dan allantoin.

Kandungan grape fruit water dan seven berry extract serta tampilan Seriously Soothing Hydrating Gel Mask membuat penasaran pingin menjilatnya, hihihi. 

Seperti diketahui seven berry extract kaya akan anti oksidan yang bermanfaat melawan radikal bebas, membantu meningkatkan produksi kolagen, meredakan peradangan dan membantu meningkatkan produksi kolagen.

Sehingga Seriously Soothing Hydrating Gel Mask gak hanya membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, juga mengangkat sel-sel kulit mati. Hasilnya kulit tampak cerah dan lebih bersinar.

  

maria-g-soemitro.com

Pemakaiannya sama dengan Herbalism Mugwort Mask, yaitu membersihkan wajah dengan double cleansing sebelum mengaplikasikan Seriously Soothing Hydrating Gel Mask selama 20 menit.

Setelah dibersihkan dengan pijatan lembut, kulit terasa halus, lembap dan nampak cerah. Happy banget lihat hasilnya.

Karena puas dengan hasilnya, saya rekomendasikan Scarlett Herbalism Mugwort Mask & Seriously Soothing Hydrating Gel Mask yang harga setiap potnya sangat terjangkau, yaitu Rp 75.000/pot.

Sebaiknya beli di tempat yang terpercaya, yaitu melalui https://linktr.ee/scarlett_whitening

Jika membeli di tempat lain, jangan lupa cek keaslian produk. Ya maklum deh brand terkenal sering ditiru. Produk palsu berpotensi merusak wajah, jadi cek keaslian produk dengan membuka link https://verify.scarlettwhitening.com/,  lalu isi data yang diminta. 

Kemudian masukkan kode dibawah barcode yang  terdapat di produk untuk cek kode seri. Hanya produk asli yang tercantum kode serinya di web.

Dari webnya juga didapat keterangan, masker produksi Scarlett by Felicya Angelista bisa digunakan perempuan maupun pria usia 13 tahun keatas. Juga aman digunakan ibu hamil dan menyusui, namun dianjurkan melewati trimester kedua atau konsultasi dulu dengan dokter kandungan masing-masing

Baca juga

Pilih Mana? Tunik Cleopatra atau Gamis Ashanty?

10 Inspirasi Updo Rambut Pendek Untuk Perempuan Berhijab

21 comments

  1. dulu aku ga pernah nerapin double cleansing, karena aku kira sama aja mbak
    ehh ternyata dengan double cleansing justru lebih bersih buat kulit ya
    akhirnya beberapa bulan terakhir ini aku coba terapin double cleansing juga

    masker scarlett belum pernah aku cobain, jadi penasaran

    ReplyDelete
  2. Saya salut yang berani bare face, artinya sangat percaya diri.
    Dan sungguh membuat saya pengen mencoba...bagaimana rasanya masker scarlett ini...noted!!!

    ReplyDelete
  3. Aku g pernah double cleansing heheh. Makanya jd berasa agak greget2 gt kulitku. Br tahu kalau kita perlu double cleansing.

    Aku jd penasaran sm masker seriously shootingnya, Ambu. Pas banget aku lg cari masker yang oke untuk membuat kulitku bercahaya.

    ReplyDelete
  4. Ternyata ini juga disediakan sama Scarlett ya, bisa dicoba sekaligus sambil menerapkan double cleansing ini. Biar wajah makin terawat

    ReplyDelete
  5. wah ini aku pengen coba deh gel mask yang gambar semangka kebayang seger banget pasti di wajah pas diaplikasiin, enak pakai maskernya sambil rebahan dan merem tipis-tipis yaa

    ReplyDelete
  6. Wah, mau jugalah pqkai Scarlett Herbalism Mugwort Mask & Seriously Soothing Hydrating Gel Mask, harganya juga terjangkau, yaitu cuma Rp 75.000/pot, murah hehe

    ReplyDelete
  7. Wah, harganya terjangkau banget Mbak, 75.000/pot. Tiap membaca ukasan pengguna tentang scarlett selalu ada yang baru ya.

    ReplyDelete
  8. Saya impressed dengan kata SERIOUSLY di setiap produk maskernya. Seperti menyatakan keseriusan SCARLETT dalam memproduksi dan menjamin kualitas dari kedua produk skincare ini.

    BTW, saya juga pengen loh Mbak punya BARE FACE yang bersih, sehat dan tampak berkualitas. Kita jadi hanya perlu bedakan tipis, lipstikan natural dan alisan aja. Saya tipe orang yang mementingkan perawatan ketimbang dempulan soalnya.

    ReplyDelete
  9. Aku juga merasa aneh Ambu kalau lihat seleb bangun tidur dah makeup an aja..jarang mau pose bare face, jadi ga ketahuan kulit wajah aslinya ya..
    Duh ngiri sekali sama bintang Korea dengan bare face-nya, kulit terlihat sehat terawat.
    Sepertinya saya juga butuh Scarlett Herbalism Mugwort Mask, dan Scarlett Seriously Soothing Hydrating Gel Mask nih yang khasiatnya saling melengkapi.

    ReplyDelete
  10. Aduh mesti 10 tahap ya, dan itu dilakukan tiap hari? Kalau saya nggak telaten mbak. Jadi tampil bare face ya biasa aja, karena emang udah kebiasaannya gitu.

    Scarlett mengeluarkan produk baru lagi, masker. Pelan-pelan makin komplit ya produk skincare scarlett ini

    ReplyDelete
  11. berani nggak yaaa.. spot2 di pipiku paraaaah. belum tahu ini kudu diapain. cobain perawatan dengan bener dulu aja kali ya. soalnya bersihin muka aja sering kelewat. padahal kudu double clenasing ya..

    ReplyDelete
  12. Scarlett Herbalism Mugwort Mask penggunaan teratur akan hasilkan kulit terawat dalam jangka panjang

    ReplyDelete
  13. Pakai masker jadi salah satu langkah untuk kulit wajah sehat dan cerah.
    Namun ya kudu rutin digunakan, biar hasilnya sesuai ekspektasi

    ReplyDelete
  14. wahh ini produk barunya Scarlett yaa, Mba? Duh jadi mupeng ingin coba karena selama ini selalu cocok pakai produk-produknya Scarlett

    ReplyDelete
  15. aku sih berani foto bar face Ambu, dari dulu malahan. nggak ada habisnya ya scarllet ini terus in ditengah merebaknya prodak skincare yg lain

    ReplyDelete
  16. Eh Scarlett mengeluarkan produk baru ya? Aduh baru tahu nih
    Jadi pengen mencoba Scarlett Herbalism Mugwort Mask juga nih Mbu...
    Hasilnya pasti tidak mengecewakan

    ReplyDelete
  17. Sampai 10 langkah ya Mbak. Wuhui.... panjang juga ya proses untuk menjadi cantik.
    Saya sedang senang pakai masker, nih. ya, masih seminggu dua kkali dan semacam jawaban dari kulit yang terasa kering jika kelewat banyak di depan laptop. Pengen nyoba dua masker scarlett ini...

    ReplyDelete
  18. Harga serum2 dari toko online resmi Scarlett emang terjangkau ya, harga serum2nya cenderung ke harga 75K an..skrg malah ada masker dari scarlett keren banget, harga terjangkau banget dan sering banget mereka kasih diskon2 khusus di marketplace seperti shopee.

    ReplyDelete
  19. Eksfoliasi kulit ini ternyata harus dibantu dengan penggunaan masker ya Ambu , saya baru ngeh lho..saya tadinya fikir manfaat masker spya bikin glowing saja

    ReplyDelete
  20. Asik, asiikk, aku pun mupeng buat coba produk ini, Ambu.

    Semoga cocok d kulitku.
    Bikin sehat berseri.
    Karena pingin bgt punya kulit wajah yg ttp sehat, walo usia bertambah.

    ReplyDelete
  21. Harganya cakeep banget, Ambu..
    Bikin pengen cobain produk rekomendasi Ambu, Scarlett Herbalism Mugwort Mask & Seriously Soothing Hydrating Gel Mask.

    Aku suka banget sama masker.
    Rasanya memang lebih percaya diri ketika bare face ditunjukkan meski banyak kekurangan di sana-sini tapi abi pakai masker, rasanya segar dan lembut.

    ReplyDelete