5 Cara Tepat Memakai Skincare, agar Wajah Glowing Alami seperti Twice!

      
skincare scarlett

5 Cara Tepat Memakai Skincare, agar Wajah Glowing Maksimal seperti Twice!

Udah pakai skincare tapi wajah tetap kusam?

Saya banget nih.

Duh bikin gak percaya diri. Apalagi setiap melihat tayangan yang diperankan Tzuyu, Dahyun dan anggota girl grup Twice lainnya. Wajah mereka glowing natural.

Yang belum tahu Twice, mereka girl grup asal Korea Selatan bentukan JYP Entertainment yang terdiri dari 9 perempuan cantik: Jihyo, Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Mina, Dahyun, Chaeyoung, dan Tzuyu.

  

skincare scarlett
Tzuyu Twice (source: twiceportal.net)

Prestasi mereka sangat membanggakan. Paska debut pertamanya pada  tanggal 20 Oktober 2015, Twice berhasil meraih penghargaan Best New Female Artist pada acara Mnet Asian Music Awards 2015. Setelah itu, bagai tak tertahankan beruntun penghargaan diterima, bahkan pada tahun 2017 Twice tercatat sebagai girl group dengan rekor kemenangan terbanyak dalam setahun.

Cantik dan berhasil meraih banyak penghargaan, sungguh bikin kesengsem ya?

“Ya iyalah cantik. Mereka kan artis, banyak uang untuk operasi plastik.”

Atau ada juga yang bilang: “Ya iyalah mereka cantik, kan masih berusia muda.”

Eits justru wajah harus dirawat sejak usia dini lho. Saya pernah dimarahi seorang tante (adik almarhum ibunda) yang sangat peduli kecantikan. Dia marah karena saya hanya memakai talk baby untuk wajah. 

“Talk baby diproduksi buat bayi, bukan untuk kulit wajah gadis.”

Daftar Isi:

  • Wajah Tetap Kusam Walau Pakai Skincare
  • 5 Cara Tepat Memakai Skincare
  • Brightly Essence Toner yang Multi Manfaat
  • Glowing Berkat Serum Scarlett Glowtening

Bener juga ya? Dan sayapun hanya manggut-manggut sewaktu tante tersayang merepet tentang radiasi, debu serta masih banyak lagi, yang hanya bisa ditangkis dengan skincare. Kemudian beliau mengajari saya menggunakan pembersih wajah, moisturizer, foundation, hingga  eye shadow, eye brown dan pernak pernik kosmetik lainnya. 

Tante saya juga menekankan untuk “gak ngasal” memakai skincare. Setiap produk dirancang untuk tujuan tertentu dan dalam kondisi tertentu. Contoh kasus di malam hari wajah akan regenerasi dengan mengelupas bagian kulit. Krim malam diciptakan agar proses ini berjalan sempurna.

Jadi, untuk memperoleh hasil optimal,  krim malam (night cream) jangan digunakan di sianghari, sebaliknya day cream jangan digunakan di malam hari. 

  

skincare scarlett

5 Cara Tepat Memakai Skincare

Gunakan Skincare Harian Sesuai Urutan

Ternyata ada perbedaan pemakaian skincare di pagi hari dengan malam hari lho.

Sebelumnya saya hantam kromo aja, padahal seharusnya urutan pemakaian skincare di pagi hari adalah:  (1) sabun pencuci wajah, (2) toner (3) essence,  (4) serum, (5) krim mata  dan terakhir gunakan (6) day cream/krim siang sebelum foundation.

Sedangkan di malam hari urutannya adalah: (1) makeup remover, (2) produk pembersih wajah, (3) eksfoliasi (1 -2 kali seminggu), (4) toner, (5) essence, (6) serum, (7) krim malam

Jangan Lupa Gunakan Pelembab/Day Cream

Sering banget nih saya lupa. Sesudah memakai serum, saya melupakan pelembab/day cream sebelum foundation. Sementara serum memiliki manfaat yang berbeda dengan pelembab/day cream.

Diciptakan untuk menutrisi, melindungi, dan menghidrasi kulit, serum wajah wajib digunakan setelah membersihkan wajab dan sebelum memakai pelembab. 

Jadi beda fungsinya ya?

Serum merupakan konsentrat tinggi yang mengandung sejumlah bahan aktif yang mampu menembus permukaan kulit untuk memperoleh hasil optimal.

Sedangkan day cream dan pelembab diciptakan dan diproduksi untuk menjaga kelembaban kulit. Kulit tetap kenyal dan tidak kering. Bedanya day cream berbahan dasar oil, sementara moinsturizer/pelembab berbahan dasar air agar kadar air pada kulit tetap terjaga.

Pilih Serum sesuai Kebutuhan

Banyak yang bilang, serum adalah senjata rahasia untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, flek, perubahan warna, garis halus, kusam dan berbagai masalah kulit lainnya.

Dan saya setuju banget. Setelah menggunakan Scarlett  Brightly Ever After Serum, flek hitam yang memenuhi wajah saya perlahan memudar. Demikian pula curhat teman -teman yang berjerawat dan sembuh setelah memakai Scarlett Acne Serum.

Rutin Memakai Skincare

Mengapa sih harus pakai skincare?

Tante tersayang yang saya ceritakan di atas menjelaskan bahwa setiap hari tubuh kita tuh mengalami regenerasi, termasuk kulit wajah. Lapisan kulit terluar akan mengelupas untuk memberi kesempatan kulit baru muncul.

Nah, skincare diciptakan agar proses regenerasi berlangsung optimal, Jutaan kulit sel yang mati harus dibersihkan. Kulit yang baru muncul harus dilindungi dari radiasi dan diberi pasokan vitamin dan mineral agar tetap sehat.

Untuk membersihkan wajah di pagi dan malam hari saya menggunakan Scarlett Facial Wash yang mengandung Glutathione, Aloe Vera dan Vitamin E, dan Rose Petal (kelopak bunga mawar). Paska cuci muka, kulit wajah terasa segar, kenyal dan lembab;

Review tentang Scarlett Facial Wash saya tulis di sini:

Flek Hitam Membandel? Hilangkan dengan Produk Berbahan Alami Brightly Ever After Serum!

Paska membersihkan wajah, saya membubuhkan Scarlett Brightly Ever After Serum untuk mengunci kelembaban dari Scarlett Brightly Ever After Day & Night Cream. Reviewnya saya tulis di sini ya

Ingin Cantik? Ini 5 Tips Cantik dan Awet Muda yang Ampuh!

Jangan Salah Mengaplikasikan Serum

Duh harga serum mahal, jadi diirit-irit aja. Atau sebaliknya, karena ingin hasil optimal, serum digunakan dalam takaran yang banyak.

Apabila digunakan terlalu banyak akan mengiritasi kulit, sebaliknya takaran terlalu sedikit tidak akan memberikan hasil optimal.

Emang, berapa takaran tepat pemakaian serum? Ternyata cukup seukuran sebutir kacang polong lho.

    

skincare scarlett

Brightly Essence Toner yang Multi Manfaat

Sering malas memakai toner?

Saya banget nih. Sering banget ngelewatin toner. Padahal seperti yang kita bahas di atas, setiap produk dirancang untuk tujuan tertentu. Jika tidak digunakan, ya jangan harap punya wajah glowing seperti girl group Twice.

Toner yang juga punya sebutan: Astringent, Clarifier dan Water Refiner gak boleh dilewat karena selain berfungsi mengangkat kotoran juga menyeimbangkan PH kulit, melembabkan kulit, mencegah kulit kering, mengatasi jerawat, menghilangkan bekas jerawat dan menghilangkan minyak di kulit.

Semenjak berkenalan dengan Scarlett Brightly Essence Toner, saya gak malas lagi. Sebabnya, saya sangat suka dengan sensasinya. Dikemas dalam botol spray berwarna pink, dengan volume 100ml,  ada butiran boba didalamnya.

Kok mirip minuman?

Hihihi Felicya Angelista tau banget pemakai produknya dari generasi kekinian yang gemar sensasi unik. Selain menghadirkan boba atau beads, pemakai Scarlett  facecare gak perlu ribet memakai essence sesudah facial wash,  karena Scarlett face toner mempunyai 2 fungsi, sebagai toner dan essence. 

Bahkan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya, sesuai jenis kulit, Scarlett menyediakan 2 jenis toner, yaitu: 

Scarlett Acne Essence Toner

Dirancang untuk yang sering atau sedang berjerawat,  Scarlett Acne Essence Toner mengandung Zinc Sebum, Green Tea Water, Tea Tree Water, Phyto Squalane, Mugwort Hydrosol, Vitamin C, Ginkgo Extract, Succinic Acid, dan Gluconolactone, dengan manfaat sebagai berikut:

  • Meminimalkan kemerahan pada kulit
  • Merawat kulit berjerawat
  • Menghidrasi kulit
  • Meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas kulit
  • Mengontrol produksi sebum/minyak pada wajah
  • Mengangkat sel kulit mati Memperhalus kulit

Brightly Essence Toner 

Berfungsi untuk mencerahkan kulit. Scarlett Brightly Essence Toner mengandung Vitamin C, Glutathione, Witch Hazel Extract, Jeju Propolis Extract, Allantoin, Niacinamide dan Grape Water, dengan manfaat sebagai berkut:

  • Mencerahkan kulit
  • Menghidrasi dan melembapkan kulit
  • Menenangkan kulit dan meredakan peradangan
  • Menyamarkan pori-pori
  • Meregenerasi sel-sel kulit
  • Membuat kulit lebih halus dan kenyal

Manfaat lain terkandung pada bulatan-bulatan kecil seperti boba yang terdapat dalam toner. Di dalam beads/boba pada  Scarlett Acne Essence Toner terkandung Phyto Squalane yang berfungsi sebagai antiinflamasi atau antiperadangan yang dapat mengurangi kemerahan (redness) dan pembengkakan pada kulit yang sedang berjerawat.

Sedangkan boba pada Brightly Essence Toner mengandung Niacinamide yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit, menyamarkan noda hitam dan menyamarkan pori-pori besar.

Seperti telah disebutkan di atas, saya gak punya masalah jerawat, sebaliknya wajah saya penuh flek dan kusam. karena itu saya menggunakan Brightly Essence Toner.

  

skincare scarlett

Cara pemakaiannya mudah kok, yaitu:

Semprotkan sedikit essence toner ke telapak tangan yang bersih, kemudian aplikasikan ke wajah sambil ditepuk-tepuk perlahan agar meresap secara maksimal.

Bisa juga menggunakan kapas. Basahi kapas dengan essence toner secukupnya, kemudian aplikasikan ke wajah dengan perlahan.

Berbeda dengan toner lain yang pernah saya coba, Brightly Essence Toner memberi sensasi dingin yang menyegarkan. Ditambah kemasannya yang bikin gemes, saya gak pernah lagi melewatkan pemakaian toner.

Dan seperti produk Scarlett lainnya, Brightly Essence Toner sudah teregistrasi di BPOM dan mendapat sertifikat halal dari MUI.

  

skincare scarlett

Glowing Berkat Serum Scarlett Glowtening

Mengapa serum?

Karena serum merupakan formula yang memiliki daya kerja 10 kali lipat krim biasa. Serum mengandung banyak konsentrat yang bermanfaat untuk menutrisi dan melembapkan kulit.

Untuk memenuhi kebutuhan penggemarnya, Scarlett memberikan 3 pilihan serum, yaitu

  • Scarlett Brightly Ever After Serum
  • Scarlett Acne Serum 
  • Scarlett Glowtening Serum

Dua serum di atas, yaitu Scarlett Brightly Ever After Serum dan Scarlett Acne Serum sudah saya bahas di tulisan ini:

Flek Hitam Membandel? Hilangkan dengan Produk Berbahan Alami Brightly Ever After Serum!

Glowtening Serum merupakan produk terbaru Scarlett. Diciptakan untuk memenuhi keinginan penggemar Scarlett untuk tampil glowing bak bintang KPop atau Kdrama pujaannya.

Sedikit berbeda dengan serum lainnya, tekstur Glowtening Serum lebih kental dan berwarna putih susu. Namun daya serapnya gak kalah cepat dengan serum lainnya. Saya suka karena kulit wajah gak terasa greasy.

Kemasannya juga sama, yaitu botol akrilik berisi 15 ml. Pembedanya warna label Glowtening Serum yang didominasi warna pink, warnanya Scarlett. Tutupnya pun sama, berbentuk pipet yang berfungsi untuk memudahkan mengambil serum.

Yang menarik, untuk memperoleh hasil maksimal, Scarlett Glowtening Serum bisa dilayerkan dengan Glowtening Serum. Acne Serum ataupun Brightly Ever After Serum.

Sesuai urutannya, sesudah facial wash dan toner, aplikasikan serum yang bertekstur cair lebih dulu, baru kemudian tekstur yang kental. Jadi, aplikasikan dulu Acne Serum/ Brightly Ever After Serum, baru kemudian Glowtening Serum.

  

skincare scarlett

Gimana hasilnya? 

Memuaskan, flek perlahan menghilang, kulit teras lembab dan kenyal. Karena Glowtening Serum mengandung 16,5% bahan aktif yang terdiri dari Tranexamide Acid, Niacinamide, Aloe Vera Extract, Allantoin, Licorice Extract, Calendula Oil, Geranium Oil, dan Olive Oil, yang berfungsi untuk:

  • Memperkuat skin barrier, atau lapisan terluar kulit yang berfungsi sebagai perisai pelindung.
  • Memudarkan noda bekas jerawat, sekaligus menenangkan kulit
  • Membantu mencerahkan kulit wajah
  • Menyamarkan garis-garis halus
  • Melembapkan kulit. 

Glowtening Serum sudah mengantongi ijin dari BPOM RI dengan nomor NA 18211900313. Seperti produk lainnya, serum ini juga enggak diujicobakan ke hewan dan sudah mendapat registrasi BPOM.

Dengan hasil maksimal, berapa harga Glowtening Serum? Hanya Rp75.000, demikian juga harga Brightly Essence Toner yang saya beli melalui:

linktr.ee/scarlett_whitening

Baca juga:

Rahasia NodaHitam Bekas Luka Bakar Kembali Mulus Dengan Scarlett Whitening

Trend Kerudung, Mulai Gaya Cekek Hingga Bentuk Segi Empat


23 comments

  1. perawatan wajah penting banget, aku pun juga sekarang mulai rajin skincare an. ya buat kurangi brutusan gitu hehe.. kalau produk scarlett untuk face care ini aku belum pernah coba ambu. baru coba yang body carenya saja.

    ReplyDelete
  2. Jaman sekarang kita harus rajin merawat wajah ya ambu, bukan hanya cewek aja yang melakukan perawatan, sekarang banyak cowok2 juga udah mulai memikirkan penampilan biar nggak keliatan kucel

    ReplyDelete
  3. Ternyata rahasia kecantikan Twice ini skincare dari Scarlett Whitening ya Ambu
    Wah aku harus pake ah, aku sih baru nyoba facial wash dan serumnya saja sih
    mau nyoba paket lengkap facecare dari Scarlett Whitening ini ah

    ReplyDelete
  4. Kalau ada aktor dan aktris idola yg jadi brand ambasador-nya, makin cara kita dengan perawatan kulit, serasa ada yg nyemangatin, hehehe.
    Produk scincare memang cocok digunakan untuk kulit Asia dan harganya terjangkau. Mari kita merawat kulit.

    ReplyDelete
  5. Menggunakan skincare membutuhkan ketelatenan agar hasil sesuai harapan. Scarlet membantu mewujudkannya, jangan lupa persediaan di rumah.

    ReplyDelete
  6. Aku selama ini pake produk bodycare saja dari Scarlett Whitening
    Kalau facecare nya baru nyobain facial wash dan serumnya saja

    ReplyDelete
  7. Aku dalam memakai skincare kadang banyak yang lupa ambu.Yang sering lupa essence + serum dipakainya tidak bersamaan hanya salah satu saja.Padahal kedua-nya sama pentingnya ya.Thanks ambu untuk tipsnya

    ReplyDelete
  8. Aduh Twice, paling suka lihat Tzuyu. Udah lah yang paling tinggi, body goals banget, wajahnya juga glowing maksimal. Gak salah Scarlett jadiin cewek2 cantik ini sebagai BA terbaru.

    ReplyDelete
  9. Bener banget Ambu kalau pakai skincare harus berurutan. Saya kadang suka melewatkan pakai sunscreen nih jadi wajah kok berasa kusaaam banget. Scarlett udah paling juara menurut saya untuk menyediakan skincare bagi perempuan seusia saya

    ReplyDelete
  10. Nah ketemu nih takaran pakai serum yang tepat. Salah satu alasan aku suka nggak rajin pakai serum walaupun selalu beli nih Ambu.

    Ternyata, segede kacang polong sudah cukup. Makasih banyak, Ambu.

    ReplyDelete
  11. Ternyata ritual perawatan wajah supaya kinclong kayak girl band Twice lumayan banyak juga ya hehe. Jujur sebagai wanita saya jarang banget melakukan perawatan wajah. Banyak step=step yang saya skip.

    ReplyDelete
  12. yazzz rutin pake skincare ngefek banget hasilnya, setelah 3 tahunan rutin skincare, bareface aja aku pede hahaa, iya urutan skincare juga penting ya biar maksimal hasilnya dimuka, dimulai dari yang paling cair tuh teksturnya hihi

    ReplyDelete
  13. Bener banget mbak, kalau pake skincare harus berurutan dan rutin. Selain itu bahan aktif di skincare dan rutinnya kita pake skincare bisa berpengaruh sama kulit kita yg jadi lebih sehat ternutrisi 🥰

    ReplyDelete
  14. dari sekian produk face care Scarlet, hanya tonernya yang belum pernah aku cobain nih, ada sensasi boba-bobanya gitu kyknya lucu yaa

    ReplyDelete
  15. salah satu produk yang sampai sekarang belum pernah kucob 😱 ternyat bagus banget kandungannya

    ReplyDelete
  16. aku jadi suka banget sama skin care Scarlett, terutama serumnya yang mudah menyerap dan nggak wangi. Kalo pengen glowing 2022 kudu pakai rangkaian produk skincare Scarlett, mulai tonernya :D demi kulit wajah kenyal menggemaskan :D

    ReplyDelete
  17. aku penasaran banget sama face care ya Scarlett inii 😍, aku baru coba bodycare nya aja dan aku sukaa, jadi kepo sama face care nya 😍

    ReplyDelete
  18. Nah iya... serum dan day cream biasanya pada ngirit makenya karena isinya cendrung sedikit , tahan lama, tapi hasil gak maksimal...

    ReplyDelete
  19. Produk scarlett semakin lengkap ya, dan sesuai dengan kebutuhan, paling suka sama serum nih, dan bodycarenya juga ada efeknya di aku

    ReplyDelete
  20. Aku juga pakai produk Scarlett yang glowtening serum ini untuk mencerahkan kulit wajah, tapi aku juga mix sama acne series nya karena wajahku cenderung berjerawat & kulitnya kering

    ReplyDelete
  21. Harga serum skincare memang mahal banget, isinya dikit pula. Itu yang kadang mikir buat membelinya. Tapi kemanfaatannya emang terasa sih

    ReplyDelete
  22. Jadi ini ya rahasia kulit wajah cerah, lembut dan halus. Kayaknya perlu di coba nih rangkaian perawatan wajah dari scarlet biar maksimal hasilnya.

    ReplyDelete
  23. Wah, ternyata ada manfaatnya yaa..si bola-bola kecil mirip boba yang terdapat di Brightly Essence Toner. Kandungan Niacinamide ini sangat bermanfaat bagi yang mengidam-idamkan kulit cerah alami dan memudarnya dark spot.

    ReplyDelete