10 Inspirasi Updo Rambut Pendek Untuk Perempuan Berhijab

source: vickvanlia.com


Saya bete!

Bete berat bahkan! Penyebabnya, hairdresser memotong rambut saya terlalu pendek. Sebagai pengguna hijab, rambut pendek merepotkan, karena tidak bisa ditarik ke belakang, membentuk sanggul. Akhirnya anak rambut tampak menari-nari keluar rambut. Belepotan dan nggak rapi.

Tapi si hairdresser nggak peduli argumen saya. Dia malah ngotot: “Saya udah puluhan tahun jadi hairdresser, bu”. Sesudah itu dia ngeloyor pergi tanpa satu kata maaf. Meninggalkan saya yang kebingungan sendiri.  Masa mau komplain agar rambut panjang saya dikembalikan seperti semula? Kan ngga mungkin. 

Hihihi jadi inget film Mr Bean yang salah motong rambut. 😀😀

Ini pelajaran buat saya, agar jangan sembarangan potong rambut. Karena jangankan orang awam, ternyata nggak semua hairdresser paham kebutuhan potongan rambut untuk perempuan berhijab.

Agar nampak rapi, setiap perempuan berhijab mempunyai cara tersendiri membenahi rambutnya.  Ada yang menggunakan bando, atau ciput bermacam gaya. Kecuali membutuhkan aksen tertentu, saya jarang  menggunakan inner. Inner seperti ciput membuat kulit kepala tertekan, sakit. Nah bayangin betapa tersiksanya jika harus menggunakan inner selama 12 jam atau lebih.

Harus cari solusi!
Daripada manyun dan bete sendiri, akhirnya, seperti biasa, saya bertanya pada mbah Google untuk menanyakan jalan keluarnya.

Ternyata banyak!!! Bahkan beberapa tatanan rambut yang direkomendasikan beauty blogger nampak keren dan sexy.  Wow ternyata saya termasuk manusia jadul tingkat tinggi. Ngeributin rambut pendek. Padahal nggak perlu rambut panjang agar bisa menata rambut. Mungkin ini juga solusi untuk rambut panjang yang mengalami kerontokan. Rambut panjang kan mudah rontok.

Tatanan rambut yang dimaksud adalah “updo” atau hair styling dengan mengangkat seluruh atau sebagian besar rambut, ke atas. Membuat area samping kepala dan area leher,  bebas dari rambut yang bersliweran. 

Nah nggak pake lama lagi, yuk kita bereksperimen ...

10 Inspirasi Updo Rambut Pendek Untuk Rambut Berhijab




source: styleinterest.com

1.       Sweet styles

Buat kepangan  rambut di  samping telinga  kiri dan kanan, dari arah depan ke belakang.   Ikat.  Buat gelungan dengan sisa rambut/ kucir/ponny tail, arah keluar. Gunakan jepit untuk merapikan.

source: styleinterest.com

2.      Sweet steps

Dinamakan juga 9 steps karena ada 9 langkah pengerjaannya. Pertama ambil seuntai rambut di kanan dan kiri, tarik  ke belakang, satukan dan ikat. Sisa rambut di bagian kiri masukkan dalam untaian kiri, tarik sisanya. Demikian juga untaian kanan, sisa rambut dibagian kanan satukan dengan bagian kiri, kemudian gelung ke atas.  Agar rambut tidak berhamburan, gunakan jepit.

source: styleinterest.com

3.      Twisty Braids

Ambil seuntai rambut dari belakang telinga sebelah kiri, pilin hingga ke belakang kepala. Demikian juga rambut di belakang telinga kanan. Pilin hingga bertemu pilinan bagian kiri, satukan dengan jepit.

Kemudian ambil lagi seuntai rambut dibagian kiri dan kanan, pilin hingga bagian kepala, satukan. Rambut yang tersisa, pilin dan masukkan diantara jalinan rambut. Rapikan dengan jepit.

source: styleinterest.com

4.      Tight Braids

Gaya rambut ini emang nggak membentuk gelung atau sanggul, tapi membantu agar rambut rapi karena rambut di area belakang  wajah ditarik ke belakang.

Ambil seuntai rambut di kanan, kiri dan atas area ubun-ubun, untuk memulai mengepang. Setelah membentuk kepangan awal, ambil seuntai lagi rambut dari kanan, kiri dan atas. Setiap untaian baru, satukan dengan untaian lama. Lakukan hingga area belakang kepala sejajar dengan telinga. Ikat,  rapikan sisa rambut.

source: styleinterest.com

5.      Partial Styles

Mirip tight braids, bedanya kepangan  rambut dibuat dari 2 untaian rambut, bukan 3 seperti tight braids. Dimulai dari area atas kanan dan kiri wajah, . Terus menurun  hingga bagian belakang kepala. Satukan dengan ikat  rambut.

source: styleinterest.com

6.      A Sweet Look

Mirip tight braids dan partial styles. Kepangannya erat seperti tight braids, namun rambut yang dikepang  dari arah samping kanan dan kiri wajah seperti partial styles.
Sentuhan terakhir, jalinan kepang, kiri dan kanan, disambung dengan kepangan juga. Bukan tali.
source: styleinterest.com

7.      Cool Braided Styles

Dikepang namun tak tuntas. Hanya agar rambut  di belakang wajah tidak berhamburan ke depan. Gaya rambut yang nampak sassy dan sexy.
source: hairideaspic.com

8.      Deceptive Bun

Rambut pendek juga bisa ditata hingga membentuk sanggul. Pertama ambil rambut bagian belakang untuk dibuat ikatan. Kemudian rambut disanggul dengan bantuan jepit rambut/bobby pins agar kuat dan rapi.

Bagi rambut di kanan dan kiri hingga beberapa untaian. Setiap untaian dipilin ke arah sanggul, melingkari sanggul, sisa rambut selipkan dalam sanggul. Demikian seterusnya hingga semua rambut ditarik ke belakang.
source: pinterest.com

9.      Messy Low Bun

Membuat sanggul ternyata oke saja untuk rambut pendek. Kuncinya adalah kreativitas dan jepit rambut :D Seperti Deceptive Bun, Messy Low Bun juga mengikat rambut bagian untuk dibuat sanggul. Bedanya sanggul dibuat dengan cara memasukkan kuncir ke bagian tengah hingga membentuk gelungan ke arah luar.

Sisa rambut di bagian kanan dan kiri wajah dipilin ke arah sanggul, melingkari sanggul dan selipkan sisanya kedalam gelungan.


10.    Gorgeous  styles

Menurut saya ini styles paling cantik dan keren. Awalnya nampak sulit, padahal jika sudah terbiasa, kamu akan ketagihan.

Ambil untaian rambut di bagian kanan dan kiri,pilin arah ke luar,  tarik ke belakang, ikat dengan tali rambut. Renggangkan bagian tengah agar bisa memasukkan kucir rambut.

Teruskan dengan untaian-untaian rambut di bawah untaian pertama. Begitu seterusnya.
Buat pilinan dengan kuncir terakhir, selipkan dalam ukatan diatasnya. Rapikan denagn jepit.

source: instagram.com/ataliapr

Gimana? Ada yang kamu sukai dan coba? Saya sudah coba semuanya dan paling suka dengan nomor 10: Georgeous styles. Penampilan gambar nampak acak-acakan karena dimaksudkan oleh si model agar nampak sexy.

Sementara untuk mereka yang berhijab, model ini mudah dan mengikat erat rambut agar tidak berterbangan ke arah  depan.

Selain 10 styles yang saya tulis si atas, masih banyak styles lainnya. Hingga puluhan jumlahnya. Saya hanya mencantumkan gaya rambut yang sering saya gunakan, minimal pernah saya praktekkan.

Jadi jika kurang puas, silakan browsing.  Dijamin bakal betah berlama-lama, untuk  trial and error gaya rambut yang bersliweran dan gemesin.

Tapiii.... tetep, saya lebih suka rambut panjang agar bisa dicepol seperti ibu Atalia Praratya. 

Keren ya?


10 comments

  1. Bagus-bagus banget. Tapi kalau saya gak telaten bebikinan model macam-macam gutu. Keburu mau ngacir aja.. Hahahaha..

    ReplyDelete
  2. Bagus-bagus ini. Ya ampun, rasanya nggak sabar pengen saya praktekin buat menata rambut si kakak. Eh, tapi si kakak masih di Klaten nemani neneknya.

    ReplyDelete
  3. Beberapa model sering saya praktekkan ke rambut anak cewek saya, dan dia suka-suka aja karena kalau pergi ke sekolah jadi rapi dan nyaman di dalam kerudung. Sejak pandemi di rumah aja, malah minta dipotong pendek rambutnya haha. Saya potong aja ala-ala anak KPOP :))

    Ohya bu, saya juga suka pusing kalau pakai inner kelamaan. Tapi kalau ga pakai malah berantakan. Serba salah :))

    ReplyDelete
  4. Bagus bagus mbak..
    Sayangnya aq g bisa tu gituin ramnutku....
    Aq pilih praktis, di potong cepak, hehe

    ReplyDelete
  5. Aku sebenernya lebih suka rambut pendek, kayak Demi Moore di pilem GHOST gitu lho *ya ampuun referensinya jadul amaaattt*
    Tapi belakangan ini blum sempat ke salon. Kapan2 mau potong rambut kayak di artikel ini, ahhh

    ReplyDelete
  6. Dulu ada alat buat nyepol rambut gitu ya Bu, lupa apa itu istilahnya. Jaman jadul... Waktu saya kerja di majikan, setiap hari rambut saya jadi bahan praktik anak majikan diuntun kaya gitu tuh. Hehehe

    ReplyDelete
  7. Style-style rambut semua ini aku belum ada coba Ambu. Agak bingung kalau sendiri gitu. Hebat Ambu bisa sering menggunakan gaya rambut gini. Mau nyobain style detective bun kayaknya mudah

    ReplyDelete
  8. Kalo bisa digelung-gelung gitu berarti masih panjang itu Mbak. Setidaknya adalah sedagu itu panjangnya ya. Kalo aku asli cepak (crew cut) yang ujungnya di atas kuping dan rambutnya gak bisa digenggam. Bangun tidur gak perlu sisiran hahahaha. Tapi rambut seaku ini juga nyaman buat jibab-an karena gak panas/gerah

    ReplyDelete
  9. Ini bagus-bagus bangets sih inspirasi updo rambut pendeknya. Kirain yang bisa dimodel begini rambut panjang aja. Ternyata dengan trik tertentu rambut pendek bisa oke banget gitu
    Selalu suka rambut yang dimodel bagi yang non-hijab, kayak pramugari biasa updo rambutnya. Atau yang kerja di bank..kayaknya rapi jali, cantik...
    Kalau berhijab memang kalau panjang memudahkan bikin cepolan jadi waktu pakai hijab jadi cantik dilihat bentuknya ya ...
    Dan kita sama Mbak, inner bikin tersiksa...ga kuat juga saya, pusing kepala

    ReplyDelete
  10. Seperti yang cepat dilakukan,menata rambut gaya Twisty Braids. Apalagi hampir semua orang suka dengan model seperti ini.
    Jadi pilihan saat menggunakan hijab biar lebih simpel, apalagi kan gak semua orang suka menggunakan ciput.

    ReplyDelete