Wajib Punya! Dua Skin Care untuk Merawat Skin Barrier

     
maria-g-soemitro.com

Wajib Punya! Dua Skin Care untuk Merawat Skin Barrier


Pernah ada yang memuji kulit wajahmu? Baru-baru ini saya mengalaminya. Seorang tetangga berujar dalam bahasa Sunda: “Ibu, kulitnya meni limit.”

“Meni” artinya “sangat”, sedangkan “limit” artinya “ halus/rata”, sehingga kurang lebih pujian sang tetangga berarti “kulitnya sangat halus”.

Kaget dong. Bercampur senang, karena setelah dua minggu menggunakan peeling dan moisturizer berbahan ceramide, akhirnya perjuangan saya memerangi flek hitam menunjukkan hasilnya.

Proses tak mengkhianati hasil ya? Walau saya rutin melakukan serangkaian kulit wajah, namun akibat perubahan gaya hidup dan iklim, skin barrier terganggu sehingga dengan suka cita flek hitam berdatangan.

Baca juga:
Rahasia Bare Face Bintang Korea

5 Kesalahan Pemakaian Serum. Bikin Wajahmu Tetap Kusam!

Daftar Isi

  • Proses tak Mengkhianati Hasil
  • Tentang Flek Hitam yang Membuat Resah
  • Tentang Perawatan Skin Barrier Kulit Wajah
  • Sensasi Scarlett Peeling So Good
  • Merawat Skin Barrier dengan 7x Ceramide Barrier Up Moisturizer

Menurut alodokter.com,  flek hitam muncul akibat peningkatan produksi melanin di kulit, terutama setelah terpapar sinar matahari atau sinar ultraviolet, namun ,  dan enggak berbahaya bagi kesehatan.

Iya sih gak berbahaya, tapi flek hitam bikin wajah “lebih tua” dari usia aslinya. Bahkan sering muncul candaan “boros umur” pada mereka yang mempunyai kulit wajah bertabur flek hitam.

  

maria-g-soemitro.com

Tentang Flek Hitam yang Membuat Resah

Takut disebut boros umur dan ingin dipuji awet muda, saya pun googling untuk mengetahui cara menghilangkan flek hitam.

Nah, dikutip dari Harvard Health Publishing, ada 3 cara untuk menghilangkan flek hitam, yaitu:

1. Perawatan Topikal

Perawatan ini harus direkomendasikan dokter kulit yang akan meracik salep atau krim (biasanya menggunakan hydroquinone) yang dioleskan ke kulit wajah untuk menghalangi produksi melanin.

2. Pengobatan Oral

Flek hitam bisa dihilangkan dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Senyawa obat yang mengandung asam traneksamat dapat menghalangi plasminogen menjadi plasmin, serta menghambat terbentuknya melasma.

3. Peeling Wajah

Flek hitam juga bisa dihilangkan dengan chemical peeling, perawatan laser, dan skin microneedling.

Chemical peeling merupakan bagian dari skincare yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Cara kerjanya dengan mengoleskan ke kulit wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel-sel baru yang lebih sehat. Peeling sering digunakan untuk merawat keriput, perubahan warna kulit / flek wajah, dan bekas jerawat

Sedangkan perawatan laser dan skin microneedling dilakukan dengan peralatan tertentu oleh dokter bersertifikasi di klinik kecantikan. Gak heran tarifnya lumayan mahal, sekitar Rp 3.5 juta (tergantung luas/banyaknya flek hitam).

Pernah melakukan serangkaian perawatan laser dan skin microneedling, saya kapok karena menyakitkan. Proses ini kan sebetulnya menghilangkan flek hitam “secara paksa” dengan “melukai kulit wajah”. 

Tentu saja kasus per kasus ya? Kebetulan saja saya mengalami pengalaman buruk sampai meninggalkan trauma.

Karena itu senang banget ketika mengetahui Scarlett menghadirkan Peeling So Good. Sesuai campaignnya, Peeling So Good merupakan bagian perawatan eksfloiasi agar sel kulit mati terangkat dan tidak menghambat regerenasi kulit. Nutrisi yang terkandung dalam skincare pun dapat terserap dengan baik dan efektif oleh kulit.

  

maria-g-soemitro.com

Tentang Perawatan Skin Barrier Kulit Wajah

Tindakan preventif adalah yang terbaik. Hal ini berlaku dalam setiap segi kehidupan, termasuk perawatan wajah.

Daripada merogoh kocek dalam-dalam untuk perawatan wajah di klinik kecantikan. Saya kembali disiplin menggunakan skincare. Tujuannya untuk menjaga kesehatan skin barrier atau lapisan terluar kulit yang keras yang melindungi kulit dari polutan dan sinar UV.

Berikut 5 langkah yang saya lakukan:

1. Membersihkan Wajah dengan Facial Wash

Penting banget untuk tidak menggunakan sabun mandi untuk membersihkan wajah, karena kadar pH pada sabun mandi sangat tinggi dibandingkan pH pada kulit wajah. Jika keukeuh menggunakannya, maka lapisan pelindung kulit akan mudah terkikis dan keseimbangan bakteri pada kulit wajah ikut terganggu.

Secara teratur saya memakai Scarlett Brightening Face Wash untuk membersihkan wajah, reviewnya bisa dibaca di sini

2. Essence Toner untuk Efektivitas Skincare Selanjutnya

Semula mengira essence toner hanya untuk menghilangkan make-up/riasan wajah, gak nyangka manfaat essence toner sangat banyak.

Terlebih setelah cocok dengan Scarlett Toner Essence Brightly Whitening, yang tidak hanya membantu peresapan kandungan skincare selanjutnya, juga menghidrasi kulit secara maksimal, sehingga kulit wajah terasa lembap dan nyaman.

Reviewnya bisa dibaca di sini

3. Serum Sebagai Hidangan Utama

Yup, analoginya memang demikian. Dalam rangkaian skincare, serum merupakan hidangan utama karena kulit wajah membutuhkan nutrisi penting sesuai kebutuhan masing-masing.
Memahami kulit wajah setiap orang sangatlah unik, Scarlett menyediakan 7 varian serum.

Saya pernah mencoba beberapa diantaranya, dan sekarang secara rutin menggunakan 3 varian. Review tentang serum saya tulis di sini dan di sini.

4. Moisturizer untuk Menutrisi Skin Barrier

Mereka yang terbiasa menggunakan moisturizer (pelembap) pastinya tahu banget manfaatnya. Hal itu disebabkan fungsi moisturizer yang menjaga kelembapan kulit dengan menghidrasi dan menahan kandungan air di dalam lapisan kulit.

Namun, tidak cukup. Dilansir dari Medical News Today, tubuh manusia memproduksi ceramide, tetapi seiring bertambahnya usia, kadar ceramide di kulit semakin menurun. 

Karenanya Scarlett meluncurkan  7x Ceramide Barrier Up Moisturizer. Dengan menggunakan moisturizer yang mengandung ceramide , kulit wajah mendapat khasiat ganda, yaitu:

  • Terjaganya kelembapan kulit
  • Skin barrier akan terawatt
  • Kulit terawat tetap halus dan lembut.
  • Mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit

5. Gunakan Sunscreen untuk Lindungi Kulit dari Sinar UV

“Jangan tinggalkan rumah tanpa pakai sunscreen,” kata dokter beberapa kecantikan yang saya temui. Bahkan begitu pentingnya sunscreen, andai terpaksa memilih satu dari 5 rangkaian skincare, maka pilihlah sunscreen.

Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen SPF 50 PA+++ tidak hanya melindungi kulit dari sinar UV, juga berfungsi memberikan kelembapan pada kulit. 

    

maaria-g-soemitro.com

Sensasi Scarlett Peeling So Good

Happy banget sewaktu mengetahui Scarlett meluncurkan Peeling So Good, sehingga gak pakai lama langsung memesan di marketplace kesayangan. Dan gak sabar mencoba ketika akhirnya paket tiba.

Dikemas dalam box berwarna ungu yang cantik, pada bagian belakang box Peeling So Good tertera ingredients serta nomor BPOM. Di sisi kanan dan kiri box tertera informasi tentang produk, cara pemakaian dan tips penyimpanannya.

Manfaat Hero Ingredients Peeling So Good sebagai berikut:

  • AHA + BHA + PHA yang bermanfaat mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kulit tampak lembut, halus dan bercahaya. Noda hitam pada wajah tersamarkan, warna kulit wajah merata serta menyamarkan tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan
  • Galactomyces Ferment Filtrate yang membantu menyamarkan tampilan pori-pori pada wajah, mencerahkan dan meratakan warna kulit wajah serta memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan
  • Centella Asiatica Extract yang bermanfaat menenangkan kulit yang teriritasi ringan,  menjaga kelembapan dan elastisitas kulit wajah, serta membantu memperlambat tanda-tanda penuaan dini
  • Aloe Vera Extract yang bermanfaat membantu merawat elastisitas dan menjaga kelembapan kulit wajah.

Berbentuk gel, berwarna putih agak keruh dan tak beraroma, Peeling So Good dikemas dalam tube, dengan warna ungu mirip box-nya. Pada bagian depan tertera isi 100 ml, komposisi dan manfaatnya. Sedangkan di bagian belakang tercantum penjelasan produk dan cara pemakaian.

 

maria-g-soemitro.com

Sebelum peeling (kiri), memakai Peeling So Good (kanan)

Berikut cara pemakaiannya:

  • Aplikasikan Scarlett Peeling Gel secara merata pada wajah yang telah dibersihkan dan dikeringkan
  • Pijat dengan gerakan melingkar secara lembut hingga terbentuk bulir halus
  • Bilas dengan air bersih
  • Gunakan 1-2 kali dalam seminggu

Sensasi menarik muncul sesudah mengaplikasikan Scarlett Peeling So Good ke wajah dan memijatnya dengan Gerakan memutar.  Muncul “daki” atau lapisan sel-sel kulit mati yang terangkat. Dan kulit wajah siap menerima nutrisi dari Scarlett Whitening 7x Ceramide Barrier Up Moisturizer.
 

maria-g-soemitro.com
sesudah 2 minggu pemakaian

Ini hasil 2 minggu pemakaian. Flek hitam menipis, enggak langsung abra kadabra menghilang. Lha munculnya flek kan pelan-pelan. Kalau tiba-tiba lenyap malah takutnya mengandung zat berbahaya yang terlarang penggunaannya.

    

maria-g-soemitro.com

Merawat Skin Barrier dengan 7x Ceramide Barrier Up Moisturizer

Setelah eksfloiasi, kulit wajah membutuhkan nutrisi lebih dibanding moisturizer biasa, karena itu selain Scarlett Peeling So Good, saya juga memesan Scarlett 7x Ceramide Barrier Up Moisturizer. 

Gak hanya paska peeling, Scarlett 7x Ceramide Barrier Up Moisturizer juga saya butuhkan untuk perawatan sehari-hari. Karena perubahan gaya hidup dan cuaca, kulit wajah saya kering, dehidrasi dan terasa tertarik, pertanda rusaknya skin barrier. 

Dikemas dalam box hijau muda yang elegan, di bagian belakang box Scarlett 7x Ceramide Barrier Up Moisturizer tercantum ingredients serta nomor BPOM. Di sisi kanan dan kiri box tertera informasi tentang produk, cara pemakaian dan tips penyimpanannya

Manfaat hero ingredients Scarlett 7x Ceramide Barrier Up Moisturizer sebagai berikut:

  • 7x Ceramide nya berfungsi untuk menjaga kesehatan skin barrier dan kelembapan kulit, mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan kulit yang kasar.
  • 4x Hyaluronic Acid bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit, menyamarkan garis halus, membantu kulit terlihat lebih sehat, lembap, halus dan lembut.
  • Acetyl Hexapeptide-8 berfungsi untuk melembapkan dan menjaga hidrasi kulit, mengandung anti aging.
  • Camelia Leaf Extract yang bermanfaat untuk membantu melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV, mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Scarlett 7x Ceramide Barrier Up Moisturizer juga mengandung komposisi bahan Niacinamide, Panthenol, Allantoin, Annona Cherimola Fruit Extract, Caulerpa Lentillifers Extract (Green Caviar), Ceratojia Siliqua Seed Extract, Lycium Chinense FruitExtract (Goji Berry), Trehalose 100 dan Saccharomyces Ferment Filtrate.

  

maria-g-soemitro.com

Cara pemakaian:

  • Bersihkan dan keringkan wajah
  • Ambil cream dengan spatula yang disediakan, kemudian aplikasikan pada wajah.
  • Pijat lembut sampai merata ke seluruh wajah
  • Gunakan secara rutin pagi dan malam hari

Tekstur Scarlett 7x Ceramide Barrier Up Moisturizer creamy dan gak lengket di wajah. Karena gak mengandung SPF, moisturizer ini bisa dipakai pagi maupun malam hari.

Karena Scarlett 7x Ceramide Barrier Up Moisturizer bebas Merkuri & Hydroquinone, maka aman digunakan anak remaja mulai dari usia 13 tahun, serta ibu hamil dan menyusui. Walau sebaiknya tetap konsultasi dengan dokter kandungan masing-masing.

Selain cocok dan terasa manfaatnya, yang saya suka dari rangkaian perawatan ini adalah harganya yang terjangkau. Hanya IDR 75K per produk. Selama ini saya membeli di market place kesayangan. Gak takut produk palsu karena Scarlett menyediakan cara untuk memeriksa keaslian melalui https://verify.scarlettwhitening.com/ dengan mengikuti petunjuknya.

Namun, agar lebih aman dan nyaman saat memesan Scarlett Peeling So Good dan Scarlett 7x Ceramide Barrier Up Moisturizer, saya sarankan langsung ke https://linktr.ee/scarlett_whitening ya, karena banyak produk Scarlett skincare lainnya yang mungkin kamu butuhkan.

Baca juga:
Flek Hitam Membandel? Hilangkan dengan Produk Berbahan Alami Brightly Ever After Serum!

5 Cara Tepat Memakai Skincare, agar Wajah Glowing Alami seperti Twice!

28 comments

  1. Saya mulai muncul flek hitam di wajah. Kokoloteun kata urang Sunda mah. Semoga bisa hilang dengan peeling so good dari Scarlett. Secara selama ini cocok juga pakai produk Scarlett

    ReplyDelete
  2. Sama mom, kemarin habis datang paket Scarlett Peeling So Good, enak buat peeling, wajah jadi bersih...

    Tinggal nyobain cream nya nih next wish list

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah, kalian udah punya dan mencobanya. Saya belum nih. Semoga bisa secepatnya mendapatkan kesempatan mencoba produk ini...

      Delete
    2. Iya mom, Scarlett Peeling So Good menurutku peelin gel ternyaman, membersihkan tapi gak bikin iritasi, Cuman gosoknya jangan kenceng-kenceng aja mom...

      Delete
  3. Setuju sih, dari pada mengeluarkan uang lebih besar untuk perawatan ke klinik kecantikan, mendingan rutin pake skincare, apalagi jika memang produknya langsung cocok kaya gini ya, kulit sehat dan terawat tapi dengan biaya yang hemat ya.

    Btw, kandunan dua produk ini bagus juga ya manfaatnya, jadi pengen cobain juga. :)

    ReplyDelete
  4. Wah.. Scarlet emang deh bisa di andalan oleh wanita dan juga banyak varian dan berkualitas

    ReplyDelete
  5. Flek hitam ini bisa dihilangkan ya dengan peeling wajah. Harga skin care scarlett ini terjangkau ya, 75k dapat menghilangkan flek hitam dan wajah lebih sehat.

    ReplyDelete
  6. Senangnya Scarlett senantiasa berinovasi dengan varian baru. Sangat mengerti dengan kebutuhan wajah wanita ya ambu. Aku juga memakai skincarenya Scarlett, hasilnya lumayan memuaskan deh

    ReplyDelete
  7. Ambu, tetangga kita beda kan ya? Hehe... Pekan lalu ada tetangga ke rumah minta belimbing buat obat. Dan beliau malah komen, "Si Eneng meni geulis. Kulitna ge alus."
    Aku bukan yang rajin skinkeran sih. Paling bersihin muka sama pakai day cream atau serum.

    Btw, Scarlett ini makin lengkap ya jenis produknya.

    ReplyDelete
  8. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam perawatan wajah memang butuh proses ya, Kak. Tentunya akan lebih baik pula hasilnya jika dalam penggunaannya diikuti dengan rangkaian perawat wajah lainnya seperti serum dsb. Info baru nih, ternyata Scarlett ada juga yang untuk mengatasi flek hitam

    ReplyDelete
  9. Baru-baru ini saya ke klinik u/ treatment yg ada dokternya. Kan dicek diamati tuh wajah saya, katanya kulit saya kusam...hiks...Tau ga, berhub ngeliat di cermin tiap hari, ternyata engga sadar kalo kulit tuh kusam dan mulai muncul flek...haha...
    Makasih reviewnya nih Ambu...Tertarik dng 7x skin barier up nya teh...

    ReplyDelete
  10. Scarlett selalu mengerti kebutuhan kulit wajah ya, seneng banget liat hasilnya sebagus itu, kusam di wajah hilang

    ReplyDelete
  11. Mau jugaaa Ambu..
    Perawatan untuk menghilangkan flek ini biasanya kalau ke klinik kecantikan butuh biaya dan waktu yang gak sebentar. Kalau bisa dirawat secara telaten dan penggunaan teratur menggunakan produk Scarlett Peeling So Good, jadi kabar gembira.

    ReplyDelete
  12. Ikut senang melihat bagian after-nya.
    Peeling memang berkhasiat biar wajah lebih sehat ya Ambu?
    Alhamdulillah ya, bisa dirutinkan nih biar mendapat hasil yang lebih optimal lagi

    ReplyDelete
  13. Peeling, satu hal yang sudah gak pernah aku lakuin setahun terakhir mungkin, ambu. Hahahaha. Aku merasa cukup pakai facial wash, kelar semua masalah. Padahal mah ya, pasti banyak banget daki bakal keluar dari wajah yg jarang peeling.

    Flek hitam memang masalah perempuan, terlebih yang sudah kepala 3. Bakal rutin datangnya. Semua rejimen perawatannya bisa pakai satu brand, Scarlett. Keren.

    ReplyDelete
  14. Moisturizer yang mengandung Ceramide juga jadi andalanku untuk memulihkan skin barrier yang rusak. Auto mulus aja kalau pake itu padahal sebelumnya gradakan.

    ReplyDelete
  15. Saya tuh belum pernah pake produk peeling makanya pas baca ini jadi penasaran sama produk Scarlett ini, apalagi bisa membuat kulit makin sehat dan mulus ya.

    Btw, produk moisturizer dari Scarlett asyik juga ya, bisa dipakai buat siang dan malam sekaligus, jadi lebih praktis.

    ReplyDelete
  16. Wah mantap banget nih. Jadi pingin nyobain. Flek emang nyebelin susah banget ilangnya

    ReplyDelete
  17. Perawatan diri termasuk perawatan wajah ahrus ekstra akhir-akhir ini. Cuaca yang tidak menentu tentunya sedikit banyak akan berpengaruh pada kondisi kulit. Beruntung ada solusi dari Scarlett nih. Scarlett sepertinya mengerti kebutuhan customernya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya kak, apalagi produknya makin beragam, sehingga bisa jadi pilihan bagi para kustomer. Apalagi dengan harga yang terjangkau juga kan?

      Delete
  18. Perawatan kulit itu berproses dan gak bisa dipaksa seperti dengan menggunakan laser, karena reaksi kulit beda-beda, kudu siapkan budget berkali-kali lipat dari harga untuk jaga2. Makanya lebih baik perawatan menggunakan produk skincare seperti Scarlett.

    ReplyDelete
  19. Eh, ternyata dokter juga menyarankan sunscreen sebagai prioritas utama ya. Aku dulu pernah abai banget dengan sunscreen ini, padahal sering panas-panasan siang hari. Hasilnya ya gitu, kulit jadi bermasalah.

    ReplyDelete
  20. Aku banget ini Mbak Maria. Perlu pertolongan untuk flek menahun yang betah nangkring di wajah. Sudah berupaya beberapa kali, hasilnya selalu gak maksimal. Cus ah cobain peeling dan moisturizernya Scarlett ini. Kalo dari Scarlett mah sudah teruji dan cocok di kulit wajah ku.

    ReplyDelete
  21. Wah keren banget scarlett sekarang udah ada 7x ceramide barrier dan peelingnya ya ambu, melihat hasil skincarean ambu pakai keduanya, jadi penasaran pengen nyobain juga biar skin barrier terawat

    ReplyDelete
  22. Dengan perawatan yang teratur dan menjaga gaya hidup sehat, dark spot bisa diatasi dengan baik yaa... Ambu.
    Sejujurnya, dark spotku uda mulai tampak, huhuhu.. sungguh butuh perawatan menggunakan produk rekomendasi Ambu, Scarlett 7x Ceramide Barrier Up Moisturizer ini..

    ReplyDelete
  23. Iya sih ya Ambu, bisa dapat predikat "awet muda" itu serasa candu makanya banyak perempuan yang gencar merawat kesehatan kulit wajahnya biar nggak disebut "boros umur". Acha baru eungruh kalay habis peeling, lebih baik pakai moisturizer yang lebih bisa melembabkan dari yang biasa kita pakai. Mantap nih Scarlett makin banyak aja variannya.

    ReplyDelete
  24. Produk Scarlett ini memang bagus. Aku kebetulan salah satu penggunanya yang cocok dengan produk ini. Ya bodycare-nya, ya skincare-nya. Udah berkali-kali repurchase nih skincare-nya. Terutama glowthening serumnya. Bikin kulit wajahku jadi lembap. Padahal sebelumnya kayak gurun sahara. Jadi kepengen nyoba nih dua produk ini. Semoga nanti bisa nyoba. :D

    ReplyDelete
  25. Produk Scarlett ini memang bagus. Aku kebetulan salah satu penggunanya yang cocok dengan produk ini. Ya bodycare-nya, ya skincare-nya. Udah berkali-kali repurchase nih skincare-nya. Terutama glowthening serumnya. Bikin kulit wajahku jadi lembap. Padahal sebelumnya kayak gurun sahara. Jadi kepengen nyoba nih dua produk ini. Semoga nanti bisa nyoba. :D

    ReplyDelete