Forbidden Flower, Kisah Cinta Jerry Yan, Sang Paman yang Awet Muda

    
maria-g-soemitro.com

Forbidden Flower (Chinese Drama) Kisah Cinta Jerry Yan, Sang Paman yang Awet Muda

Kenal Jerry Yan?  Hehehe nama ini memang lebih diakrabi generasi jadul. Doi pernah mempesona penonton dengan aktingnya yang fenomenal sebagai Dao Ming Si dalam serial drama Taiwan “Meteor Garden” (2001)

Setelah drama Taiwan Meteor Garden, Jerry Yan yang bernama asli bernama asli Liao Yang Zhen,  sempat membetot perhatian publik Indonesia dengan kerja bareng Agnes Monica (pemeran pendukung) dalam drama “The Hospital”.

Sesudah itu sepi. Gak ada yang spesial kecuali wajahnya yang awet muda di usia 46 tahun (lahir 1 Januari 1977). Konon rahasia awet muda disebabkan Jerry gak pakai smartphone. Dia hanya menggunakan ponsel yang fungsinya hanya sekadar menelepon.

Film dan dramanya juga gak ada yang booming, rating di mydramalist.com hanya sekitar 7, bahkan ada yang hanya 6,6. Baru bikin penasaran lagi setelah tandem dengan Shen Yue, dalam drama Cina “Count Your Lucky Stars”,  pemeran Dong Shan Cai dalam drama Meteor Garden besutan 2018.

Beda usia 20 tahun, Shen Yue kelahiran 1997, drama Cina “Count Your Lucky Stars” jadi mirip kisah cinta  paman dan keponakan.

(Asal bukan pamanku dari MK ya?) 😀😀

Mungkin, penampilan Jerry Yan yang awet muda membuat banyak sutradara ingin menyandingkannya dengan aktris muda belia. Seperti  dalam drama Cina “The Forbidden Flower”, aktris Xu Ruo Han yang masih berusia 25 tahun (lahir 1998) menjadi lawan main Jerry Yan.

Bedanya, kali ini Mydramalist memberi rating 8,3. Angka yang sangat lumayan.

Tapi apakah sebagus itu?

Yuk ah kita review …

Baca juga

Count Your Lucky Stars, Saat Tao Ming She Gemar Menangis

Please Be My Family, Cinta Hadir Gara-gara si Kembar

The Love you Give Me, Karena Panah Cupid tak Pernah Salah!

  

maria-g-soemitro.com

Jerry Yan sebagai  Xiao Han

Tinggal di desa kecil Xiaozhou, hidup Xiao Han sangatlah bebas. Dia bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuat kandang. Atau merawat tanaman langkanya. Atau bisa juga bepergian mengunjungi ibunya, yang berasal dari suku Qiang.

Keahlian lainnya adalah menjadi hairdresser. Xiao Han menerima pelanggan salon di rumahnya, atau terkadang menggantikan teman yang cuti di salon JY Jangnam.

Tak terduga, suatu kali aktivitasnya sebagai hairdresser membuatnya bertemu dengan seorang perempuan yang berhasil mengubah hidupnya.

  

maria-g-soemitro.com

Xu Ruo Han sebagai  He Ran

Punya hobi melukis, hidup He Ran sangat berkecukupan. Namun dia merasa sangat merana. Bak terpenjara, He Ran dilarang keluar rumah. Seorang ART dipekerjakan ibunya untuk mengawasi dan melapor. Apakah He Ran telah makan? Apakah sudah minum obat? Apakah  tidur siang?  dan seterusnya.

Bukan tanpa sebab, setelah suaminya meninggal, ibu He Ran takut anak semata wayangnya pun meninggalkannya. He Ran baru berhasil sembuh dari penyakit kanker, sang ibu takut kemungkinan-kemungkinan terburuk menimpa He Ran.

Sementara He Ran ingin sekali keluar rumah. Dia ingin bertemu dengan pujaan hati yang ditemuinya pada pandangan pertama: Xiao Han!

  

maria-g-soemitro.com

Sinopsis The Forbidden Flower Chinese Drama (2023)

Tanda pertama cinta sejati muncul:

Pria akan menjadi pemalu, Perempuan akan jadi berani 

Kutipan novel Les Misérables karangan Victor Hugo ini mengilhami He Ran. Dia jatuh cinta pada pandangan pertama, namun bukan pada wajah tampan Xiao Han, melainkan pada suaranya!

Padahal Xiao Han hanya melontarkan pertanyaan sepele: “Apakah suhu airnya telah pas?” sambil mengeramas rambut He Ran. Ketika itu Xiao Han sedang menggantikan temannya, seorang hairdresser di JY Salon.

Pertemuan pertama membuat He Ran ingin lagi bertemu Xiao Han. Dia kembali ke JY Salon, dan untunglah akhirnya berhasil menemukan rumah Xiao Han di desa Xiaozhou.

Berbagai cara dilakukan He Ran untuk mendapatkan cinta pria yang telah menancapkan panah cupidnya tersebut. Jalannya tak mudah. Banyak penghalang merintangi, diantaranya Xiao Han pernah patah hati pada kekasih yang menipunya.

Profesi Xiao Han pun unik. Dia hidup bebas, selain memiliki salon sendiri di rumah, Xiao Han banyak menghabiskan waktu dengan koleksi tanaman langka. Tak tahu apakah ibu He Ran mau menerimanya?

Kendala lainnya, He Ran merupakan survivor leukemia. Ibunya sangat takut sesuatu terjadi pada putrinya, sehingga dia melarang He Ran keluar rumah. Serangkaian peraturan diterapkan, dan seorang ART diperkerjakan sang ibu untuk mengawasi He Ran.

Hidup bak dipenjara membuat He Ran bosan. Dia mewarisi darah seniman ayahnya yang bebas berkarya dan berkelana. Berbagai cara pun dilakukan He Ran agar bisa berhasil meloloskan diri dari pengawasan dan pergi ke desa Xiaozhou untuk menemui Xiao Han.

Namun ketika akhirnya He Ran berhasil mendapatkan cinta Xiao Han, dia sadar harga yang harus dibayar adalah kesehatannya. Dia harus memilih.

 

maria-g-soemitro.com

Review The Forbidden Flower Chinese Drama (2023)

Beautiful love story. The music, the art, the locations, the culture all beautiful.

Duh, andai masih remaja mungkin saya ikut termehek-mehek selama menonton drama Cina “The Forbidden Flower”, kisah cinta mereka indah bangettt…!

Berbeda dengan drama Cina “Count Your Lucky Stars” yang juga menampilkan adegan Jerry Yan menangis, dalam drama Cina “The Forbidden Flower”  tangisan Jerry Yan yang berperan sebagai  Xiao Han, terasa pas banget. Bikin penonton terharu dan pengen ikutan nangis juga.

Saking sedihnya, drama ini mengingatkan saya pada drama Korea “Stairway to Heaven” Chemistry kedua pemeran utama (di kedua drama) kuat banget. 

maria-g-soemitro.com

Saya suka ide He Ran (Xu Ruo Han) yang duluan ngebet dan bilang cinta pada Xiao Han (Jerry Yan). Gapapa kan perempuan bilang cinta duluan? Paling juga ditolak. Jika ditolak, kedua gender ini sama-sama sakit hati, kadarnya aja yang beda. 😁😁

Karena premisnya sederhana, kekuatan drama Cina “The Forbidden Flower” ini memang terletak pada akting aktor/aktrisnya. Adegan klise, seperti gak sengaja jatuh, kemudian ditangkap pasangannya, berakhir lucu. Bikin penonton senyam-senyum. Perbedaan usia 21 tahun, Jerry Yan (1977) dan Xu Ruo Han (1998) menjadi tak berarti.

Jika mau dicari hal yang bikin jengkel, itu terletak pada rambut Jerry Yan yang sering banget terjurai ke depan. Kesannya jadi bloon gitu. Hahaha.

Serta kisah cinta Chou Jia Rong (ibu He Ran) dengan Zhang Yuan Qi, mantan murid suaminya. Mungkin maunya sutradara, kisah cinta pasangan ini sangatlah indah. Sayang kedua pemeran gak berhasil menampilkan chemistry yang kuat. Akhirnya malah menjengkelkan.

Namun itu soal selera ya? Secara keseluruhan drama Cina “The Forbidden Flower” recommended kok. Original soundtrack-nya keren. Terlebih sinematografinya, bikin mata termanja-manja.

Rumah tua Xiao Han di desa Xiaozhou nampak unik dan indah. Walau cat temboknya telah mengelupas, tirai dan perabotan nya jadul, namun ketika berkelindan dengan warna warni mural, gulungan ombak dan birunya laut, wuih cantik banget!

Sutradara juga mengeksploitasi setiap gerak tubuh Jerry Yan dan Xu Ruo Han yang catchy banget baju-bajunya. Seolah belum cukup, dikisahkan Jerry Yan punya ibu berasal dari suku Qiang, jadi ada secuil kisah tentang ritual suku Qiang di sini. 

Penasaran tentang suku Qiang  membuat saya bertanya pada Paman Google. Salah satu jawabannya dikutip dari misionaris Skotlandia Thomas Torrance yang menulis bahwa suku Qiang adalah suku minoritas di Tiongkok yang merupakan keturunan Israel kuno.

Walah jadi nyambung kondisi terkini: Tragedy genosida Palestina yang sedang dilakukan Israel ya?

Penasaran ingin nonton? Saya nonton di WeTV. Bukan paid post lho ya ini. 😊😊

Baca juga:

Ini Perbedaan Drama Korea dengan Drama Cina

Here We Meet Again, Kala Cinta Lama Berbunga Kembali

Profile

Drama: The Forbidden Flower

Native Title: 夏花

Also Known As: Summer Flowers , Xia Hua

Screenwriter & Director: Zhao Xiao Lei

Director: Chen Zhou Fei

Country: China

    Episodes: 24

Genres: Romance, Melodrama

    Aired: Feb 13, 2023 - Feb 28, 2023

    Aired On: Monday, Tuesday, Wednesday, Thursday, Friday, Saturday, Sunday

    Original Network: Tencent Video

    Duration: 35 min.

    


16 comments

  1. Belum nonton tapi sempet liat trailer nya, Asli ya..tuh Jerry yan udh berusia tp masih awet muda bgt. Ditutup dengan jumlah episode 24 kabarnya akhir kisah cinta He Ran dan Xiao Han open ending, duuh semakin penasaran sama kisah lengkapnya

    ReplyDelete
  2. Wow ada Jerry yan si Tao Ming Tse.... Jadi penasaran nih, seperti apa ya doi sekarang... Makasih ya AMbu, baca sinopsis nya malah bikin makin penasaran. Weekend besok bisa jalternatif nobar bareng istri nih,,,

    ReplyDelete
  3. Aku juga suka nonton Drama China dan drama ini sebenarnya sudah masuk list yang mau aku tonton tapi belum sempat nonton.
    Btw Jerry Yan ini memang awet muda banget ya. Sejak jaman meteor garden sampai sekarang wajahnya juga gak banyak berubah.

    ReplyDelete
  4. Jadi ga pegang smartphone juga bikin awet muda ya? Kayaknya seru nih DraCin terbaru Jerry. Masukin list aah penasaran akting teranyar uncle kece ini🤩

    ReplyDelete
  5. Wah, ada Jerry Yan, meteor Garden. Dulu zaman saya kuliah ngehits banget dia. Sekarang ternyata usianya udah 46 tahun tapi tetep karismatik, ya. Seawet muda itukah Jerry Yan? Penasara deh pengen lihat actingnya lagi di Forbidden Flower, apalagi dia dipasangkan dengan artis muda.

    ReplyDelete
  6. Ingatan jadi kembali saat Jerry Yan main di Meteor Garden. Drama fenomenal yang seru, lucu, dan menggemaskan. Melihat dia masih konsisten di dunia sinema, buat saya penasaran untuk nonton Forbidden Flower ini. Apalagi Jerry berkolaborasi dengan artis yang puluhan tahun lebih muda dengan jalan cerita romansa yang menarik. Duh pasti seru banget ini untuk ditonton. Uniknya lagi Jerry Yan memerankan seorang lelaki dengan bisnis salon dan hidup dengan suasana bebas di sebuah desa. Ketemu seorang perempuan yang sedang berjuang menikmati sisa-sisa hidupnya. Premis yang apik banget.

    ReplyDelete
  7. Ceritanya menarik nih drama The Forbidden Flower ini, saya jadi penasaran pengen nonton juga, apalagi ini para pemeran utamanya jauh juga ya beda umurnya, tapi bisa bangun chemistry yang solid.

    ReplyDelete
  8. Haaah?? serius ga pake smartphone bikin awet muda??
    Tapi apa aku tahan / sanggup ya hidup tanpa smartphone.
    Masuk akal sih yaa, sebab sudah terbukti hp pintar itu sering bikin huru hara kalau penggunaannya ngga disesuaikan.

    Btw, emang beneran awet muda bangeet itu Jerry Yan. Mukanya masih sama kaya duluu.

    ReplyDelete
  9. Wow so sweet banget ya ambu ceritanya. Dan tentunya penuh tangisan. Btw cerita ini berakhir dengan happy/ bad ending ambu? sedih ya kisah He Ran. Berkecukupan namun penyakit mengintai di belakangnya

    ReplyDelete
  10. Jerry Yan pertama daku tahu pas sekolah ya si MG itu dengan khas kaos tanpa lengan.
    Eh di sini pun ternyata juga masih dengan kaus yang sama ya hehe

    ReplyDelete
  11. Jerry Yan hadir kembali... Bener ya aweet banget .. kebayang perannya dulu smp bbrp kali diputar..

    Mau juga nih nonton The Forbidden Flower alurnya bagus ya kak penasaran sama aktingnya dulu kan jadi orang kaya banget

    ReplyDelete
  12. Wah, baru kali ini ada dracin yang Aku langsung klik setelah baca review Ambu. Serasa "Ini nih...yang Aku suka.."

    Tipikal cewe jatuh cinta ama cowonya dulu tapi sakit gini..bikin penonton baper siih..

    ReplyDelete
  13. Wow Jerry Yan yang penampakannya tak berubah sejak dulu, idola gadis yang menjadi remaja tahun 90-an hehe.
    Owalah Mbak He Ran kyknya kurang kasih sayang jadi begitu ada yang ngremes rambutnya langsung deh jatuh cinta hehe, penasaran endingnya :D

    ReplyDelete
  14. Wah paman dari MK eh salah Paman Jerry Yan idola saya zaman Meteor Garden booming di Indonesia. Asliii awet muda banget, dari dulu sampai kini perasaan segini aja dia, huwa, apakah memnag ga pakai smarphone sengefek itu ya Hmmm

    ReplyDelete
  15. Wow ada artis senior yang sudah tidak diragukan lagi kemampuan seni perannya, Tao Ming Tze. Gimana yah tanggapan publik nanti. Saya sih sudah pasti posthink ini akan jadi film yang keren banget. Jarang nonton film Cina tapi cukup tertarik juga setelah baca artikel ini.

    ReplyDelete
  16. saya juga masih inget sama jerry yan si pemain utama lawan mainnya sancai di meteor garden. ih ketahuan deh anak jadul hehehe...

    ReplyDelete