Butuh E-Meterai untuk Daftar CPNS? Ini Cara Mudahnya!

  

maria-g-soemitro.com

Butuh E-Meterai  untuk Daftar CPNS? Ini Cara Mudahnya!

“Mah saya mau daftar CPNS, doain ya,” kata anak saya sambil membuka laptop dan mencari beberapa file. Selain scroll beberapa folder, dia juga mengetik dan melakukan beberapa revisi.

“Pasti nak, setiap solat mamah doain anak-anak mamah,” jawab saya sambil tersenyum dalam hati. Saya teringat, dulu ribet banget melamar kerja, mulai dari mencari lowongan kerja di surat kabar harian yang harus digunting dan dicermati, agar tidak ada ketentuan yang terlewat.

Kemudian menyiapkan berkas lamaran kerja, seperti mengumpulkan foto copy, menulis lamaran, hingga membeli meterai di kantor pos. 

Sekarang, memasuki bulan September 2023, saat pendaftaran CPNS & PPPK 2023, para pelamar kerja cukup membuka laman https://sscasn.bkn.go.id/.  Setelah itu, mempersiapkan diri untuk mengikuti ujiannya, serta menyiapkan berbagai dokumen pendukung dalam bentuk soft copy, sebagai prasyarat untuk mengikuti proses seleksi.

Nah, sebagian dari dokumen ini wajib dibubuhkan meterai elektronik atau e-meterai.

Baca juga:

Fasih Berbahasa Inggris, Bekal Meraih Sukses Masa Depan

Roboguru, Lompatan Kuantum Untuk Menyongsong Revolusi Industri 4.0

Daftar Isi:

  • Definisi e-Meterai dan Ciri-cirinya
  • Cara Mudah Membeli e-Meterai
  • Cara Penggunaan Meterai Elektronik dalam Proses SSCASN
  • Tentang Undang-undang Bea Meterai dan e-Meterai
  • Keuntungan Membeli e-Meterai dari Skill Academy

Apa itu e-Meterai? Apa fungsi e-Meterai? Bagaimana cara membeli e-Meterai? Apa saja manfaatnya? Dan yang paling penting, bagaimana membubuhkan e-meterai untuk dokumen-dokumen yang dibutuhkan di proses SSCASN? 

Apa itu e-Meterai?

E-Meterai adalah salah satu jenis meterai dalam format elektronik yang digunakan untuk dokumen elektronik. E-Meterai juga memiliki unsur pengaman dan dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah Republik Indonesia lewat Perum Peruri. 

Selain diperlukan untuk menjadikan suatu dokumen elektronik dapat digunakan sebagai alat bukti di pengadilan, e-Meterai juga merupakan cara membayar pajak atas dokumen elektronik (bea meterai).

Meterai elektronik resmi merupakan alat bukti hukum dan penggunaannya dilakukan dengan cara dibubuhkan di dokumen elektronik.

Melalui aplikasi e-Meterai yang disediakan oleh Peruri kita bisa beli e-meterai dan mencetaknya. Aplikasi ini juga menyediakan tanda tangan digital untuk dokumen elektronik.

Sebagai informasi tambahan, meterai adalah label atau carik dalam bentuk tempel dan bentuk lainnya yang memiliki ciri dan mengandung unsur pengaman. Penggunaannya dilakukan dengan cara ditempel di dokumen dan menjadi penentu sah atau tidaknya dokumen. Sedangkan meterai elektronik dibubuhkan pada dokumen melalui sistem tertentu.

Apa ciri-ciri e-Meterai?

E-Meterai adalah meterai dalam format elektronik yang memiliki ciri khusus dan mengandung unsur pengaman sebagai berikut:

  • Format Elektronik: e-Meterai merupakan meterai yang berbentuk elektronik, tidak seperti meterai fisik yang berbentuk kertas atau tempel.
  • Unsur Pengaman: e-Meterai mengandung unsur pengaman yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Unsur pengaman ini bertujuan untuk mencegah pemalsuan meterai.
  • Dimensi dan Warna: e-Meterai memiliki dimensi berbentuk persegi dan dominan warna merah muda.
  • Penggunaan untuk Pembayaran Pajak: e-Meterai digunakan untuk membayar pajak atas dokumen elektronik tertentu.

     
maria-g-soemitro.com

Cara Mudah Membeli e-Meterai

Pembelian meterai elektronik bisa dilakukan lewat situs resmi e-meterai.co.id, melalui kantor cabang bank BUMN dan bank Swasta, atau melalui mitra-mitra resminya seperti Skill Academy.

Berikut adalah cara beli e-meterai dari Skill Academy:

  • Buka laman e-Meterai Skill Academy atau klik bit.ly/materaicasn.
  • Pilih “Beli e-Meterai”.
  • Masuk ke akun Skill Academy Anda, jika belum punya, daftar terlebih dahulu.
  • Upload dokumen yang memerlukan meterai atau gunakan template yang tersedia.
  • Pilih posisi pembubuhan e-Meterai.
  • Isi PIN akun e-Meterai Anda.
  • Lakukan pembubuhan e-Meterai.
  • Download dokumen yang sudah dibubuhi e-Meterai.

Skill Academy adalah distributor resmi e-Meterai yang diakui dan dipercaya oleh Peruri. Setelah melakukan pembayaran, kuota e-Meterai Anda akan bertambah dan Anda dapat langsung melakukan pembubuhan e-Meterai pada dokumen yang memerlukannya.

Cara Penggunaan Meterai Elektronik dalam Proses SSCASN

Dalam proses SSCASN (Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara), penggunaan e-meterai telah diterapkan untuk dokumen pendaftaran. Tujuannya adalah untuk menghindari pemakaian meterai palsu dan memastikan keabsahan dokumen pendaftaran.

Berikut adalah langkah-langkah pembubuhan e-meterai ke dalam dokumen untuk proses SSCASN:

  • Unggah dokumen dalam format PDF.
  • Posisikan meterai elektronik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Klik ‘Bubuhkan Meterai’, kemudian ‘Yes’.
  • Masukkan PIN.
  • Isi PIN yang sesuai.
  • Dokumen pendaftaran telah berhasil dibubuhi e-meterai.

     
maria-g-soemitro.com
sumber: skillacademy.com

Tentang Undang-undang Bea Meterai dan e-Meterai

Pada tanggal 26 Oktober tahun 2020, Presiden Joko Widodo menetapkan Undang-undang No 10 Tahun 2020 tentang Bea Meterai.

Undang-undang ini mengatur tentang pengenaan dan pembayaran Bea Meterai di Indonesia. Bea Meterai adalah pajak yang dikenakan pada dokumen-dokumen tertentu, seperti surat-surat perjanjian, akta, dan dokumen-dokumen lainnya. 

Undang-undang ini juga mengatur mengenai tata cara pembayaran Bea Meterai dengan tarif tertentu dan ketentuan pidana terkait pelanggaran terhadap Undang-undang ini.

Pada tahun 2021, Kementerian Keuangan secara resmi meluncurkan meterai elektronik. Tarif bea meterai elektronik ini ditetapkan dengan nominal sebesar Rp 10000 dan sudah berlaku mulai 1 Januari 2021.

Berikut adalah rincian lengkap dokumen elektronik (dalam bentuk PDF atau format lainnya) yang terkena bea meterai sepuluh ribu rupiah:

  • Dokumen yang dijadikan alat untuk menerangkan kejadian (bersifat perdata)
  • Dokumen yang digunakan sebagai alat bukti di muka pengadilan
  • Dokumen transaksi surat berharga seperti kontrak berjangka atau surat berharga dengan nama dan bentuk apapun

Keuntungan Membeli e-Meterai dari Skill Academy

Berikut adalah beberapa alasan kenapa beli e-Meterai dari Skill Academy lebih menguntungkan.

1. Menyediakan 500+ pilihan template dokumen resmi

Temukan lebih dari 500 pilihan template dokumen resmi, yang siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan pribadi kamu.

2. Banyak e-Meterai untuk satu dokumen

Kemudahan untuk membubuhkan beberapa meterai elektronik sekaligus pada satu dokumen yang sama.

3. Distributor resmi terpercaya

Skill Academy adalah distributor resmi e-Meterai yang diakui dan dipercaya oleh Peruri Digital Security, memberikan jaminan keaslian dalam setiap dokumen.

Pembelian e-meterai di Skill Academy juga tidak mengharuskan konsumen untuk meng-upload KTP sehingga prosesnya menjadi lebih tidak ribet dibandingkan dengan pembelian di situs e-meterai.

Kecil tapi vital, itulah e-meterai. Berkas dokumen baru bisa dinyatakan asli jika telah dibubuhkan e-meterai.

Karena itu pengadaannya harus mudah dan cepat. Agar konsumen bisa menghemat waktu dalam proses pembubuhannya ke dalam dokumen. Seperti fasilitas yang disiapkan Skill Academy agar siapapun yang membutuhkan e-meterai dapat segera mendapatkannya.

Klik e-meterai untuk pembelian.

  


Baca juga:

Ingin Sukses Dalam Bisnis UMKM? Asah Kemampuan Dulu di Skill Academy

Belajar dan Bermain Seru Bersama Hoala & Koala

25 comments

  1. wah iya ini sebentar lagi ya pembukaan tesnya.
    udah perlu persiapan tidak hanya belajarnya saja, tetapi juga urusan e-meterai.
    sehingga bisa lebih matang, apalagi ini caranya juga mudah ya

    ReplyDelete
  2. Jaman kita banget itu Mbak Maria. Semua dimintakan dalam bentuk hard-copies. Kadang juga harus bikin foto copy beberapa dokumen sebagai syarat administrasi pendukung, bahkan ada yang harus dilegalisir. Semua disiapkan, dirapihkan dalam satu jepitan besar lalu dikirim via pos. Jadul banget ya Mbak hahahaha. Sekarang semua sudah terbantukan oleh teknologi. Materai aja ada versi elektroniknya. Simpel, cepat dan fungsional.

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena apa-apa serba digital dan teknologi, jadinya ada nih versi elektroniknya ya Bu. Padahal sebelumnya lagi sesuatu banget dengan e-KTP dan kemudian akan beralih ke KTP digital hehe

      Delete
    2. Membeli e-materainya aja mudah banget. Ada templatenya dan itu bisa dibantu lewat aplikasi seperti Skill Academy. Prosesnya mudah dan dijamin keamanan transaksinya.

      Delete
  3. Bakalan berbeda yaa pendaftaran CASN tahun ini karena mesti makai materai elektronik..Bakalan heboh ni nantinya pasti. But, gpp.. Aku juga mau belajar membubuhkan e-materai ini nantinya karena juga berencana untuk ikut CASN. Moga berhasil. Aamiinn

    ReplyDelete
  4. wahahahha aku juga mengalaamiiii masa2 cari lowongan kerja di koran. semua serba manual, hard copy...kirim lwt kantor pos

    beruntungnya sekarang semua serba digital. dan baru tauu klo Skill Academy jg sedia e-materai.

    ReplyDelete
  5. Baru tahu nih kalau sekarang sudah ada e-materai. Terakhir beli materai di Indom**et untuk keperluan surat perjanjian. Lumayan sih, selisih 2K. Makasih Ambu, sudah berbagi seputar e-materai dan cara mendapatkannya. BAnyak banget ya keuntungan beli e-materai di skill academy...

    ReplyDelete
  6. Tadi siang baru saja saya membeli meterai untuk keperluan sebuah dokumen. Dicetak dokumennya, beli meterai ke toko fotocopy terus ke counter jasa pengiriman untuk mengirimkan dokumennya..panjang! Mending kalau paperless begini, dokumen bisa dibubuhi emeterai, bisa menghemat waktu dalam proses pembubuhannya ke dalam dokumen itu.

    ReplyDelete
  7. Keren inovasinya. Jadi nggak perlu lagi ya dokumen ditempel materai terus di scan dan baru dikirim. Sudah ada e-materai, jadi lebih praktis dan cepat

    ReplyDelete
  8. Jadi keinget jaman dahulu kala, ribetny yaa ngelamar kerja. Semua-semua difotokopi rangkap sekian belum lagi harus ada yang ditulis tangan terus diamplopin kemudian kirim via pos.
    Banyak biaya...

    Sekarang berkat teknologi, banyak kemudahan. Semua lebih praktiS. Eh, malah sekarang ada e-materai segala lagi ya...MasyaAllah....
    Terimakasih infonya, Ambu.

    ReplyDelete
  9. Kebetulan saya juga mau coba daftar ASN PPPK, cuma bingung mau pake e-materainya.

    ReplyDelete
  10. Terimakasih sudah membantu menjelaskan tentang cara penggunaan e-materai dalam penerimaan ASN PPPK.

    ReplyDelete
  11. Betul sekali, Mbak. Sekarang buat surat lamaran kerja, termasuk dokumen tes ini itu mudah ya, Mbak. Beda sama dulu, harus ditulis dulu, disiapkan berkasnya, kirim lewat pos atau diantar langsung.
    Dan saya baru tahu ada materi elektonik atau E-Materai, Mbak. Sekarang urusan transaksi jarak jauh, lebih mudah dengan ada E-Materai ini.

    ReplyDelete
  12. pas banget nih ambu, pas mau akhir tahun mau siapin kontrak baru dan butuh pake e-meterai ini, thanks infonya yaaa ambu

    ReplyDelete
  13. Saya beberapa kali kelabakan ketika membutuhkan materai, tapi tokonya udah tutup. Untung suami selalu menyimpan minimal 1. Sekarang enak kalau udah ada e-meterai gini. Proses pembeliannya lebih mudah.

    ReplyDelete
  14. Kemarin waktu PPDB kami masih pakai materai fisik. Kupikir penggunaan e-materai ini praktis kalau ada dadakan bikin surat, jadi gak perlu nyari ke Mini market atau tukang fotocopy dulu, apalagi kalau jauh dari mana-mana. Dari segi produksi juga menghemat bahan kertas kan?

    ReplyDelete
  15. Kalau sudah tahu caranya beli dan dimana belinya maka akan mempermudah proses daftar cpns

    ReplyDelete
  16. Wah iya, ntar lagi pembukaan tes cpns
    Perlu sedia materai
    Sekarang ada materai digital ya, lenih efisien

    ReplyDelete
  17. Ternyata meskipun E-Meterai, tapi tetap ada aturan yang mengatur kegunaan serta sekuritasnya yaa.. Soalnya segala sesuatu yang berbentuk digital masa kini tuh rawan dipalsukan banget.

    Pastinya jadi kebantu dengan adanya e-materai di zaman serba digital seperti saat ini.

    ReplyDelete
  18. OOjadi e-materai itu dijual nya online dengan distributor yng dipercaya ya Ambu? baru tau saya , tak pikir ada aplikasi khusus gitu

    ReplyDelete
  19. Saya pernah iseng cobain e-meterai ini beberapa waktu lalu, cuman ternyata harus masukin data kita secara lengkap ya.
    Bagus juga sih sebenarnya, biar terintegrasi semua datanya.
    Apalagi buat urus-urus tes cpns kan

    ReplyDelete
  20. Wah beneran baru tahu kalau sekarang sudah ada e-materai. kemana saja selama ini hehehe. biasa beli materai di kantorpos entah tahun kapan. Makasih banyak Ambu, sudah berbagi seputar e-materai dan cara mendapatkannya. bermanfaat banget nih

    ReplyDelete
  21. Sekarang materia bukan hanya bentuk fisik ya. Ada juga yang elektrik. Baru tahu loh saya. Makasih penjelasannya kak. Info baru nih. Harus diteruskan ke yang membutuhkan

    ReplyDelete
  22. bahkan materai pun sekarang sudah ada dalam bentuk digital yaa. wahh jaman semakin canggih.

    kemarin teman sempat tanya dimana tempat membeli ematerai, ternyata ada di skill academy yaa

    ReplyDelete
  23. Ternyata selain e-signature, ada e-meterai juga ya sekarang. Skill Academy memperlengkapi kebutuhan anak-anak didik dan masyarakat umum dengan penyediaan e-meterai nih.

    ReplyDelete