Roboguru, Lompatan Kuantum Untuk Menyongsong Revolusi Industri 4.0

    
ruangguru


Roboguru, Lompatan Kuantum Untuk Menyongsong Revolusi Industri 4.0


Penemuan apa yang pernah bikin kamu terheran-heran? 

Saya sih mesin faksmile. Dulu saya terbengong-bengong melihat dokumen bisa terkirim via mesin fax yang terhubung dengan perangkat telepon. Kok kabel telepon bisa ngirim huruf dan gambar, ya? Tak kasat mata, jadinya bingung. 😀😀

Hahaha, sekarang makin canggih. Gak perlu mesin fax di lokasi pemberi dan penerima, cukup menyentuh smartphone untuk mengirim data via aplikasi, maka dalam sekejap sampai deh di tangan penerima. Si penerima bisa menyimpan, membagikan atau mencetak file tersebut. 

Sesuai salah satu keniscayaan revolusi industri 4.0 yang pernah ditulis Bill Gates:

Orang-orang akan membawa perangkat kecil yang memungkinkan mereka tetap berhubungan atau melakukan bisnis elektronik secara konstan di manapun berada. Mereka akan bisa melihat berita, jadwal penerbangan, informasi pasar keuangan dan hal-hal lainnya di perangkat itu.”
 
Baca juga:
Brain Academy, Agar Potensi Ananda Berkembang Maksimal 

Fasih Berbahasa Inggris, Bekal Meraih Sukses Masa Depan

Daftar Isi

  • Keniscayaan revolusi industri 4.0
  • Ruangguru, Lompatan Kuantum Karya Anak bangsa
  • Cara Belajar Cerdas dengan  Roboguru

Seekstrim itu perubahannya ya? 

Dulu harus bongkar buku dan surat kabar untuk mencari data/berita. Sekarang, cukup mengetik di mesin pencari, maka semua data yang dibutuhkan akan bermunculan. Bahkan kini muncul inovasi baru dalam bidang pendidikan, siswa gak harus mengetik dengan kemungkinan typho (salah ketik). Tetapi memotretnyanya dan dalam sekejap muncul  data/jawaban yang dibutuhkan. 

Terobosan tersebut dilakukan Ruangguru dengan fitur “Roboguru” yang dirilis pada tahun 2019. Seperti layaknya robot yang membantu semua tugas majikannya, “Roboguru” akan membantu siswa dalam menjawab soal dari berbagai mata pelajaran dengan memberikan pembahasan dan rekomendasi video konsep belajar. 

Sebagai perusahaan teknologi terbesar di Asia Tenggara, Ruangguru sangat paham, dibutuhkan cara yang ampuh agar generasi muda siap menyongsong revolusi industri 4.0.  Saat Indonesia diprediksi menjadi salah satu raksasa dunia, dibutuhkan lompatan quantum supaya ramalan bisa menjadi kenyataan.

 

ruangguru


Ruangguru, Lompatan Kuantum Karya Anak bangsa

Kegilaan adalah melakukan hal yang sama berulang-ulang, tapi menginginkan hasil yang berbeda” (Albert Einstein)
Dominasi Jepang di industri otomotif membuat negara lain harus berpikir keras untuk menyainginya. Jepang menganut filosofi bisnis “kaizen”, yaitu perbaikan sedikit demi sedikit, tetapi berlangsung terus menerus (continous improvement). Perbaikan ini menyangkut langkah-langkah manufaktur,  produktivitas, inventaris, hingga masalah kontrol kualitas. 

Dengan filosofi tersebut, Toyota Motor Corporation mampu menyalib Volkswagen AG asal Jerman dan General Motors (GM) dari Amerika Serikat. Korea Selatan sadar, tidak bisa melakukan cara yang sama untuk mengungguli Jepang.  “Lompatan kuantum” (quantum leap) harus dilakukan.  

Korea Selatan mematok target di depan, lalu berhitung mundur dengan menetapkan tahap-tahap apa saja yang harus dilakukan untuk membuatnya tercapai. Kunci keberhasilan strategi quantum leap terletak pada 3 langkah: memaksa diri, sinergi dan konsisten.

  • Memaksa diri. Contoh kasus suatu produk membutuhkan proses produksi selama seminggu. Pimpinan perusahaan yang menerapkan prinsip ini akan meminta bagian produksi memangkasnya menjadi 3 hari, cari caranya, pasti ada jika dipaksa.
  • Sinergi. Setiap bagian terkait harus memberikan sinergi agar proses produksi yang memangkas waktu menjadi 3 hari bisa terlaksana. Para penonton drama Korea pastinya familer dengan adegan ini. Ketika seorang teman ke Korea untuk membeli mesin tekstil, dia tercengang melihat kekompakan satu produsen dengan produsen lainnya yang menciptakan hubungan simbiose mutualisme.
  • Konsisten, harus dilakukan agar tujuan utama berhasil. “Kita harus menjadi nomor satu… Kita harus menjadi nomor satu!” begitu terus yang dilakukan pimpinan pada bawahannya, hingga mereka bosan dan akhirrnya terbiasa.

Kini, siapa yang tidak mengenal Samsung Electronics dangan produk smarphone-nya? 

Perusahaan yang berdiri pada tahun 1938 sebagai perusahaan produksi mie dan distributor bahan makanan dalam kota ini sangat memahami bahwa kekuatan mereka yang utama adalah sumber daya manusia. Samsung melakukan pelatihan terus menerus dan melibatkan setiap individu di perusahaan.  

Mereka memiliki tim internal yang dikhususkan untuk mengajar, menerapkan, dan mengembangkan kompetensi tim di masa depan. Secanggih apapun produk yang diproduksi dan dipasarkan, tidak akan berhasil tanpa teamwork yang bekerja secara disiplin, terstruktur, dan dengan tools yang dibutuhkan. 

Menghadapi Revolusi Industri 4.0, dunia pendidikan mengalami disrupsi yang sangat hebat. 

Membanjirnya informasi dari semua jurusan membuat peran guru di sekolah sebagai satu-satunya penyedia ilmu pengetahuan sedikit banyak bergeser. Untuk menyikapinya, Indonesia harus melakukan perubahan, tidak sekadar perubahan cara mengajar, tetapi menyangkut konsep pendidikan itu sendiri,

Agar siap memasuki revolusi industri 4.0, harus ada pembaruan dalam pendidikan yang menyiapkan kompetensi anak didik: 
  • Mampu bekerja pada bidang pekerjaan yang kini belum tersedia; 
  • Bisa menggunakan teknologi yang sekarang  teknologinya  belum  ditemukan

Adamas Belva Syah Devara, M.P.A., M.B.A  alumnus Harvard University dan Stanford University sangat memahami kondisi ini.  Dibutuhkan lompatan kuantum jika ingin sumber daya manusia Indonesia siap memasuki Revolusi Industri 4.0. Karena itulah Belva mendirikan Ruangguru, perusahaan teknologi terbesar di Asia Tenggara yang fokus pada layanan pendidikan.  

Tercatat  22 juta pengguna terdaftar di Ruangguru dan memberikan akses kepada lebih dari 300.000 guru privat. Melalui aplikasi Ruangguru, pengguna bisa mengakses layanan bimbingan belajar online yang mumpuni. Metode pendidikan berbasis teknologi diterapkan agar pengguna bisa mencapai tujuan dengan efektif. Paham akan materi yang tidak saja membantu siswa lolos masuk perguruan tinggi idaman, juga meningkatkan kompetensi  siswa dari segi nilai dan karakter. 

Salah satu terobosan yang disediakan Ruangguru untuk para penggunanya adalah “Roboguru”. Tersedia di dalam aplikasi Ruangguru, Roboguru merupakan kecerdasan buatan yang membantu siswa menemukan jawaban secara praktis dan efektif.

 

ruangguru


Cara Belajar Cerdas dengan  Roboguru

Bagaimana caramu mencari data? 

Membuka gadget dan menulis keyword di mesin pencari, atau membongkar buku/surat kabar? 

Semua cara itu sudah kuno, tidak praktis, tidak efektif dan tidak efisien. Bahkan kerapkali, pencari data berakhir dengan membuka banyak web yang mengandung clickbait. Sementara waktu tidak mau menunggu. Dibutuhkan terobosan agar pencari data bisa menyelesaikan tugas tepat waktu, akan lebih baik lagi jika bisa selesai sebelum waktunya.  

Inovasi  sebagai salah satu syarat lompatan kuantum itu adalah “Roboguru”, kecerdasan buatan yang tersedia di dalam aplikasi Ruangguru. Cukup mengirim foto soal-soal yang dirasa sulit untuk dikerjakan, maka dalam beberapa detik siswa akan mendapat jawaban, lengkap dengan pembahasan dan rekomendasi video konsep belajar. 

Hanya itu? 

Tentu tidak! Roboguru kini dapat diakses melalui aplikasi WhatsApp. Melalui WhatsApp, siswa mengetik “ROBOGURU” dan mengirimnya ke nomor 0815-7815-0000. 

Agar siswa memahami materi dengan utuh, Roboguru tidak sekadar membantu siswa menemukan jawaban soal, juga dapat menonton video konsep yang terkait dengan soal, sekaligus berdiskusi untuk membantu siswa lainnya yang kesulitan memahami jawaban soal.  

Pastinya bukan tanpa alasan Ruangguru menghadirkan Roboguru. Berdasar hasil survei internal Ruangguru kepada lebih dari 800 siswa di 32 provinsi, selama rentang waktu Juli hingga Agustus 2020, ditemukan fakta bahwa 

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) membuat siswa kesulitan memahami pelajaran tanpa penjelasan dari guru. Selama PJJ, siswa mendapat lebih banyak tugas tanpa ada pembelajaran yang lebih variatif dan interaktif. Sehingga siswa membutuhkan waktu yang lebih lama untuk belajar dan mengerjakan tugas. 

Jadi, walau telah diiluncurkan sejak tahun 2019, keberadaan Roboguru sangat dirasa manfaatnya selama pandemi Covid-19. PJJ membuat siswa mengalami hambatan berkomunikasi dengan guru tanpa tatap muka. 

“Selama sekolah daring, intensitas komunikasi dan konsultasi tatap muka dengan para guru menjadi langka. Saat mengerjakan PR (pekerjaan rumah), konsep pelajaran terkadang lebih sulit dipahami tanpa ada penjelasan tatap muka dari guru, “ demikian penjelasan Head of K12 Product Ruangguru, Stephanie Hardjo.(sumber

“Kami harap, inovasi terbaru Ruangguru melalui roboguru dapat menjadi salah satu solusi praktis dan efektif dalam membantu siswa untuk menyelesaikan PR di rumah, di mana siswa tetap menerima materi penjelasan konsep pelajaran dan dapat saling berdiskusi, bukan hanya sekedar menyalin jawaban saja,” lanjut Stephanie Hardjo. 

Apa saja keunggulan Pembahasan Soal di Roboguru?

  • Roboguru merupakan kombinasi teknologi Photo Search dan User Generated Content (UGC) yang memudahkan para siswa menanyakan solusi untuk soal-soal yang sulit dan berdiskusi dengan siswa lain di seluruh Indonesia.
  • Roboguru menyajikan  video-video pembelajaran untuk membantu siswa memahami konsep dengan rekomendasi solusi yang akurat.
  • Roboguru tersedia untuk semua jenjang SD (Sekolah Dasar) hingga SMA (Sekolah menengah Atas) dan sederajat dan semua mata pelajaran utama.
  • Roboguru tersedia gratis pada WhatsApp dan aplikasi Ruangguru tanpa perlu berlangganan.

Bagaimana cara menggunakan roboguru?

  

ruangguru
sumber: ruangguru.com

Kemudian pilih ingin bertanya solusi untuk soal di jenjang apa dan mata pelajaran apa.Sangat mudah. Ketik saja  "ROBOGURU" dan kirim ke Whatsapp dengan nomor 0815-7815-0000! Atau kamu bisa download aplikasi Ruangguru, lalu klik bagian Roboguru

ruangguru
sumber: ruangguru.com

 

Sesudah itu kirimkan foto soalnya. Pastikan fotonya tidak buram, ya? Dalam beberapa detik Roboguru akan mencari pembahasan dan memberikan video pembelajaran yang sesuai dengan pertanyaanmu. 


 

ruangguru

Gimana? Seru bukan? 

Seperti telah diuraikan di atas, Ruangguru selalu berinovasi agar para siswa di seluruh Indonesia bisa memperoleh solusi belajar di Roboguru. Apapun soalnya bisa ditanyakan ke Roboguru, melingkupi semua mata pelajaran, baik Saintek maupun Soshum. Jenjangnya pun mulai dari SD sampai SMA, maupun soal-soal SBMPTN. Dan pastinya, gratis! 

Baca juga:
Kabut Peradaban dan 3 Tips Berkomunikasi Dengan Generasi Z

Ruangbelajar, Bimbingan Belajar Online Terbaik untuk Ananda

10 comments

  1. Apabila quote Bill Gates ini dibaca circa thn 1990-an, rasanya agak hil yg mustahal ya Ambu.
    Orang-orang akan membawa perangkat kecil yang memungkinkan mereka tetap berhubungan atau melakukan bisnis elektronik secara konstan di manapun berada. Mereka akan bisa melihat berita, jadwal penerbangan, informasi pasar keuangan dan hal-hal lainnya di perangkat itu.”

    Tapii ternyata, semua terbukti. Visioner banget emang Bill Gates.

    Dan ini sejalan banget dgn aspirasi anak2 muda yg create RuangGuru yaaa
    Wah, mereka nih langkahnya gokilll banget, semakin maju di depan
    Ada Roboguru juga, yg sama sekali engga kebayang eksistensinya oleh generasi '90-an

    MANTUUULLL!!!

    ReplyDelete
  2. Saya juga takjub sekali dengan teknologi masa kini yang dulu rasanya mustahil banget ya tapi sekarang semua jadi serba praktis dan cepat.

    Btw baru tahu nih Ambu ternyata Ruangguru juga punya asisten virtual yang dinamakan Roboguru ini. Bahkan sudah ada sejak 2019 rupanya. Kehadirannya tentu akan sangat membantu para siswa dalam belajar.

    ReplyDelete
  3. Mantap nih, lompatan kuantum dari ruangguru. Kalau anakku malah bingung kok telepon butuh kabel. Hehehe...

    ReplyDelete
  4. Ya Ampun saya baru nyadar ternyata ROBOGURU ini keren banget ya Ambu. Beneran founder Ruangguru ini benar-benar jeli dalam melihat peluang untuk dunia pendidikan. Dan beliau peduli juga dengan kesulitan siswa dalam mengerjakan soal-soal pelajaran yang tidak dimengerti

    ReplyDelete
  5. Boleh buat anakku pas banget klau ibunya gàk bisa jawab bisa pakai fitur Roboguru apalagi bisa membantu dalam menjawab soal dari berbagai mata pelajaran

    ReplyDelete
  6. Wahh.. ternyata gratis ya, Ambu? Luar biasa RuangGuru ini, selalu berinovasi untuk memecahkan persoalan pembelajaran siswa. Dengan Roboguru ini anak-anak mestinya lebih bersemangat belajar ya. Selain memperoleh jawaban atas soal-soal, juga belajar konsep materinya. Mantap!

    ReplyDelete
  7. Ini benar-benar inovatif. Gak heran ya, ownernya lulusan Stanford. Hehehe. Saya masih ingat pas SMA dulu dekat mau EBTANAS, ngebahas soal ujian yang susah, kadang saya minta tolong sama teman teteh saya yang mahasiswa. Itu pun gak semua pertanyaan dengan tepat mereka jawab.

    Anak-anak zaman sekarang sudah lebih canggih ya. Tinggal foto soal, trus submit ke aplikasi, sudah bisa ketemu jawaban plus penjelasannya dengan sangat terperinci. Keren ih Roboguru by Ruangguru.

    ReplyDelete
  8. Aplikasi RoboGuru di Ruang Guru memberikan ruang seperti FAQ untuk sebuah aplikasi modern daring pembelajaran.

    ReplyDelete
  9. AKu setuju sih jika selama pandemi siswa-siswa seringnya mendapat tugas tanpa mendapat penjelasan yang mendetail seperti saat sekolah biasanya. Makanya, kadang banyak siswa yang tidak memahami dan akhirnya menyerah. Lalu membiarkan orang tuanya yang bersekolah. Dalam artian, orang tua yang mengerjakan tugasnya.

    RoboGuru ini bisa menjadi kabar baik untuk semua siswa dan orang tua. Kita bisa berdiskusi mengenai tugas yang tidak kita pahami. Menarik.

    ReplyDelete
  10. Aku selalu seneng lihat inovasi dari Ruangguru karena bisa diandalkan sebagai media pembelajaran apalagi di tengah pandemi seperti sekarang, para peserta didik nggak boleh ketinggalan, karena ada Roboguru yang bisa jadi solusi.

    ReplyDelete