Fasih Berbahasa Inggris, Bekal Meraih Sukses Masa Depan

    

Ruangguru


Fasih Berbahasa Inggris, Bekal Meraih Sukses Masa Depan


“Udah bertahun-tahun les, Dennis gak bisa ngomong Bahasa Inggris” 

Mia bercerita tentang Dennis putranya sambil tertawa. Tawa Mia bercampur rasa mangkel 

Berharap anaknya bisa cas cis cus berbahasa Inggris, Mia memasukkan Dennis ke les Bahasa Inggris sejak kelas 1 SD. Bisa dibayangkan besarnya energi (waktu, tenaga) mengantar jemput sang buah hati, ditambah biaya les yang tentunya sangat besar.  

Padahal saya sempat merasa iri pada sahabat saya ini lho. Gara-gara mengidap epilepsi,  saya dilarang menyetir mobil sehingga tidak bisa leluasa mengantar jemput anak untuk les. Saya hanya bisa memasukkan anak-anak ke tempat les yang jaraknya dekat. Seperti les musik di seberang sekolah. Les kumon dengan menitipkan pada tukang becak. 

Sesudah menginjak bangku SMA, barulah mereka ikut les Bahasa Inggris. Rasanya hati jadi ciut. Namun akhirnya bersyukur, anak-anak menguasai Bahasa Inggris. Bahkan anak saya di kisah ini, mendapatkan penghasilan dari kemampuan berbahasa Inggris, sambil  menyelesaikan S3 di Ehime University Jepang. 

Baca juga:
Brain Academy, Agar Potensi Ananda Berkembang Maksimal
Kabut Peradaban dan 3 Tips Berkomunikasi Dengan Generasi Z

Daftar Isi

  • Fasih Bahasa Inggris, Bekal Meraih Sukses di Masa Depan
  • 4 Program di English Academy Membantu Anak Berprestasi
  • Mengapa Kursus Bahasa Inggris Online di English Academy?   

English Academy by Ruangguru paham banget bahwa seorang siswa yang ingin berprestasi membutuhkan Bahasa Inggris sebagai ketrampilan dasar. Terlebih siswa yang mempunyai target masuk perguruan tinggi ternama di Indonesia. Mereka yang telah berhasil diterima di PTN ternama, memiliki peluang lebih tinggi untuk menerima beasiswa ke perguruan tinggi luar negeri. 

Namun, tanpa ketrampilan berbahasa Inggris, semua itu hanya angan. Secara global,  kecepatan perkembangan teknologi melaju lebih cepat dibanding penerbitan literatur/buku berbahasa Indonesia. Tak heran literatur/textbook di perguruan tinggi ternama didominasi teks bahasa Inggris.

 

Ruangguru


4 Program di English Academy Membantu Anak Berprestasi

Fasih berbahasa Inggris menjadi dambaan setiap siswa yang ingin berprestasi. Tapi bagaimana caranya? Sangat mudah, tim English Academy menyusun 4 program yang dapat diikuti sesuai usia dan kemampuan, yaitu:

Program Runner (7-10 tahun)

Saat seorang anak belajar bahasa asing di usia muda, maka kreativitas, keterampilan, kemampuan berpikir kritis dan fleksibilitas pola berpikir akan lebih baik, demikian hasil penelitian Harvard University yang dilansir Mother (sumber) 

Karena itu, agar potensi anak usia 7-10 tahun bisa berkembang maksimal, kursus bahasa Inggris English Academy menyusun program Runner yang mempunyai keunggulan:

  • Pengenalan grammar dan vocabulary yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, dan terfokus pada kemampuan aktif siswa. 
  • Metode belajar yang komunikatif. Kegiatan belajar bahasa Inggris dikemas dan disajikan secara komunikatif. Siswa diajak berpartisipasi dalam permainan dan kegiatan kelompok seru lainnya, agar efektivitas pembelajaran dapat meningkat. 
  • Master Teacher berpengalaman dan kurikulum berstandar internasional mendukung pembelajaran siswa pada Program Runner, sehingga proses belajar tidak saja menyenangkan, tetapi juga efektif dan tepat sasaran.

Program Sprinter (11-14 tahun)

Cara belajar yang unik dan kreatif sangat dibutuhkan anak yang telah masuk jejak SMP. Untuk memenuhinya, kursus bahasa Inggris English Academy menyusun program Sprinter yang unggul dalam: 

  • Kegiatan belajar bahasa Inggris melalui flash cards, peragaan benda-benda nyata, juga media audio dan visual. Dengan cara ini siswa akan memahami materi pelajaran dengan mudah
  • Bersama dengan siswa lain dan Master Teacher, siswa diajak aktif berkomunikasi dengan kosakata yang telah dipelajari

Program Ranger(15-18 tahun)

Seperti di jenjang SMP, anak di usia SMA membutuhkan cara unik dan kreatif dalam belajar. 

Siswa juga harus menyiapkan diri masuk perguruan tinggi. Sehingga diharapkan siswa sudah fasih berbicara dan menulis saat lulus SMA.  Karena itu, setelah melakukan riset yang panjang, disusun program Ranger yang memiliki keunggulan:

  • Siswa trampil dalam penggunaan grammar dan mempunyai perbendaharaan kata yang luas. Serta mahir mengaplikasikan keduanya; terutama dalam konteks dan lingkungan akademis.
  • Metode belajar interaktif berbasis teknologi. Siswa di English Academy mendapat live teaching dari pengajar internasional. Juga memperoleh kemudahan mengakses dan menyerap materi pembelajaran.
  • Metode belajar yang komunikatif. Untuk meningkatkan efektivitas dan terciptanya suasana menyenangkan, siswa diajak berpartisipasi dalam permainan dan kegiatan kelompok,
  • Didukung  Master Teacher berpengalaman serta kurikulum berstandar internasional, ketrampilan/potensi siswa dalam berbahasa Inggris berkembang maksimal, sehingga siswa siap masuk ke perguruan tinggi idaman.

Program Explorer (di atas 18 tahun)

Untuk masuk perguruan tinggi dan bekerja, dibutuhkan ketrampilan berbahasa Inggris yang mumpuni, terlebih tantangan global menanti. 

Karena itu English Academy menyusun program Explorer yang dirancang untuk mempertajam kefasihan berbahasa Inggris bagi tingkat SMA dan umum. Keunggulan Program Explorer oleh English Academy sebagai berikut:

  • Siswa trampil mengaplikasikan kaidah penggunaan tata bahasa dengan perbendaharaan kata yang luas. Flash cards, peragaan benda-benda nyata, juga media audio dan visual digunakan untuk mempermudah siswa mempelajari kosakata baru sehingga materi belajar dapat dipahami dengan lebih mudah.
  • Metode belajar yang komunikatif. Tidak hanya mempelajari kosakata baru, siswa juga diajak aktif dalam diskusi kelompok, role-play, dan simulasi menarik lainnya.
  • Kurikulum berstandar internasional dan Master Teacher berpengalaman siap membantu siswa Program Explorer agar pembelajaran bahasa Inggris efektif dan tepat sasaran.

 
Ruangguru


Mengapa Kursus Bahasa Inggris Online di English Academy?    

Kursus bahasa Inggris online bertebaran. Dibutuhkan kehati-hatian dalam memilih agar tidak menghabiskan waktu, tenaga dan biaya, tapi hasilnya gak sesuai harapan. Terlebih kondisi pelajaran jarak jauh (PJJ) seperti saat ini menyulitkan orang tua/calon siswa mengecek langsung ke tempat kursus bahasa Inggris. 

English Academy merupakan salah satu produk Ruangguru, dan pastinya siapapun tahu founder Ruangguru bukan kaleng-kaleng. Dia adalah Adamas Belva Syah Devara, M.P.A., M.B.A.lulusan Harvard University yang terpilih sebagai salah satu dari 30 pengusaha muda paling berpengaruh di Asia oleh Forbes Magazine pada 2017. 

Nah keunggulan apa saja yang dipunyai English Academy?

Ruangguru


Didukung Pengajar Professional Berstandar Internasional

Berpengalaman dan tersertifikasi menjadi ciri para pengajar English Academy by Ruangguru. Karena merupakan kelas live teaching bahasa Inggris berbasis online, maka harus dilakukan oleh pengajar yang berpengalaman dan ahli meliputi pengajar internasional (native speakers) dan pengajar lokal dari Indonesia yang mahir dalam bahasa Inggris. 

Para pengajar English Academy ini membantu siswa meningkatkan penguasaan bahasa Inggris dan mempersiapkan mereka agar lebih memenuhi syarat untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi terbaik, menambah kesiapan kerja jangka panjang, dan memperoleh pengetahuan lebih luas tentang bahasa Inggris untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Agar belajar bahasa Inggris menjadi pengalaman yang menyenangkan, English Academy by Ruangguru terintegrasi dengan super app Ruangguru. Sehingga  siswa dapat mengatur jadwal dengan fleksibel, siswa juga dapat mempelajari konten bahasa Inggris dan pedagogi berkualitas tinggi, dimana pun dan kapan pun.

 

Ruangguru


Kurikulum Berstandar  Internasional

Kurikulum berstandar internasional, yaitu kurikulum Cambridge menjadi pijakan para pengajar English Academy dalam menyampaikan pelajaran bahasa Inggris secara interaktif dan efektif.  

Emangnya beda ya kurikulum Indonesia dengan kurikulum internasional Cambridge? 

Tentu saja, berikut ini kelebihan kurikulum internasional Cambridge:

  • Kurikulum internasional Cambridge terpercaya dan digunakan oleh kursus-kursus Bahasa Inggris dunia
  • Kurikulum internasional Cambridge memberikan mata pelajaran yang diminati oleh anak, hal sebaliknya dengan kurikulum di Indonesia.
  • Cara pandang internasional digunakan dalam kurikulum Cambridge, sehingga siswa mengetahui perbedaan di tiap negara.
  • Konten pendidikan dalam kurikulum Cambridge lebih menarik sehingga membuat para siswa menjadi lebih mudah dalam proses pembelajaran.
  • Kurikulum Cambridge membantu anak mempersiapkan diri mengikuti pelajaran/sekolah di luar negeri.
  • Agar kelak siswa bisa menjadi future leader, kurikulum Cambridge digunakan pada sistem pendidikan modern dan selalu up to date
  • Kefasihan bahasa Inggris siswa lebih terlatih dengan penggunaan kurikulum Cambridge

   
Ruangguru


Les Bahasa Inggris Terbaik dan Termurah

Tidak hanya terbaik, les bahasa Inggris di English Academy juga sangat terjangkau. Ini sesuai dengan semangat pendiri Ruangguru memberikan yang terbaik bagi anak Indonesia agar berprestasi di kancah internasional.  

Placement test gratis, taburan promo dan hadiah dapat dinikmati siswa English Academy.  Siswa bisa mengambil kursus online komprehensif dengan harga 1,5 juta rupiah untuk paket 3 bulan dan 5 juta rupiah untuk paket 1 tahun. Harga ini lebih hemat hingga 50% dibandingkan dengan kursus bahasa Inggris konvensional. 

 

Ruangguru


Toefl iBT Preparation

Nilai TOEFL iBT yang bagus menjadi idaman setiap siswa. Khususnya mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Sayang banyak yang gagal, padahal biaya test TOEFL iBT lumayan besar. 

English Academy by Ruangguru sangat memahami hal tersebut. Dibutuhkan persiapan yang matang, agar biaya yang dikeluarkan tidak terbuang sia-sia. Untuk itu tersedia TOEFL iBT Complete Preparation, suatu program kursus yang sangat cocok untuk siswa yang sedang melakukan persiapan mengikuti ujian TOEFL iBT. 

Menggunakan metode belajar yang interaktif dan intensif dengan 26 pertemuan selama 2 bulan,  TOEFL iBT Complete Preparation mempunyai beberapa keunggulan:

  • Acuan pembelajaran menggunakan kurikulum berstandar internasional Cambridge, serta layanan yang terintegrasi langsung ke dalam aplikasi Ruangguru
  • Didukung tenaga pengajar yang berpengalaman dan ahli meliputi pengajar internasional (native speakers) dan pengajar lokal dari Indonesia yang mahir dalam bahasa Inggris.
  • Metode belajar dengan mengoptimalkan teknologi. Siswa mendapat live teaching dari pengajar internasional, dan diberi kemudahan dalam mengakses dan menyerap pembelajaran, sehingga dapat mencapai tujuan belajar.
  • Kemampuan berbahasa Inggris seperti speaking, listening, writing, dan reading yang akan diuji di TOEFL iBT diberikan pada siswa, dengan latihan melalui soal-soal ujian praktek, kunci-kunci rahasia, serta tes simulasi online.

Belajar itu harus menyenangkan, demikian kurang lebih yang dilakukan English Academy by Ruangguru dengan terobosan dalam bidang pendidikan dan perkembangan teknologi belajar khususnya belajar Bahasa Inggris. Banyak terjadi, hanya orang tua yang memahami pentingnya bahasa Inggris. Anak  sih nurut aja, dan terpaksa belajar. Akhirnya, anak bertahun-tahun belajar bahasa Inggris tanpa hasil yang memuaskan. 

Jadi, daripada hanya mengeluh, yuk titipkan anak-anak kita pada ahlinya, agar anak-anak mendapat pelajaran bahasa Inggris secara efektif dan bikin happy.

Setuju?
 

Sumber data dan gambar: english-academy.id 

Baca juga:
Ruangbelajar, Bimbingan Belajar Online Terbaik untuk Ananda
Indonesia, Menuju 5 Raksasa Dunia Dengan GESID




29 comments

  1. Kalau ada yang aku sesalin dari zaman sekolah itu ya karena aku nggak jago bahasa Inggris. Sebab, peluang banyak banget kalau bisa bahasa Inggris, misalnya kesempatan sekolah di luar negeri atau minimal kalau ketemu warga asing ya bisa berkomunikasi. Bagus banget program English Academy ini. Ternyata masih bagian dari Ruangguru pula. Mantuuul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun begitu, bahas Inggris lemah banget. beberapa kali dapat tawaran beasiswa maupun magang ke luar negeri, tapi selalu mentok, terganjal nilai tes TOEFL yang tak memenuhi syarat.

      English academy bisa membantu anak-anak belajar bahasa Inggris sedari kecil, biar nggak nyesel kayak kita ini

      Delete
  2. English Academy by Ruangguru paham banget dengan kebutuhan tiap orang untuk bisa menguasai Bahasa Inggris sebagai paspor berkiprah di era yg kian mengglobal ini ya.
    Kurikulum dan deretan pengajarnya luar biasa.
    Wah, ini mah recommended banget!
    Mana rate-nya juga affordable ye kan

    ReplyDelete
  3. English Academy menawarkan pembelajaran bahasa Inggris dengan kurikulum internasional dan metode belajar yang disukai anak2 kekinian, materi yg diberikan sesuai kemampuan anak juga. Bahasa Inggris jadi terkesan tidak sebelibet kalau belajar dgn kurikulum umum. Semoga anak yang ikut kelas semakin lancar bahasa Inggris-nya.

    ReplyDelete
  4. Bahasa inggris memang sudah jadi kebutuhan semua orang ya jika ingin go global. Belajar bahasa inggris tentunya semakin gampang karena sudah ada ruang guru yang menyediakan english academy. Biayanya juga terjangkau dan sangat recommended nih :)

    ReplyDelete
  5. Speak english fluently wajib buat kehidupan kita dimasa ini dan masa depan. Di masa pandemi bgini tantangannya mengupgrade skill berbahasa sudah pasti gabisa tatap muka sementara belajar bahasa adalah praktek...

    English academy ternyata solusinya.. efektif dan sudah pasti safety. Satu lagi lebihnya adalah affordable cost.
    Recomended 👍

    ReplyDelete
  6. Sekarang kebutuhan dan skill dalam berbahasa Inggris itu sudah jadi requirement primer ya Mbak. Pengetahuan juga jadi lebih luas karena mampu membaca informasi-informasi berkualitas lewat buku-buku, tulisan ilmiah (jurnal dsb) yang diterbitkan dalam bahasa Inggris.

    Saya jadi pengen nilik English Academy yang ada di Ruang Guru nih. Pengen lihat program-program terbarunya Cambridge yang memang paling banyak dijadikan acuan dalam pengajaran.

    ReplyDelete
  7. Biar makin mahir bahwa inggris, banyak jalannya selain denger musik dan baca buku, belajar dengan English Academy juga jadi solusinya buat anak-anak. Apalagi bisa via online balajarnya

    ReplyDelete
  8. Jujur baru tau ada program English Academy by Ruangguru ini mbak, dan kalo dibaca-baca lengkap banget ya fasilitasnya. Jadi inget dulu impianku pas kecil pengen bisa lancar ngomong bahasa inggris

    ReplyDelete
  9. Belajar bahasa Inggris menjadi bagian kebutuhan di era globalisasi, English Academy membantu menjadi pilihanm

    ReplyDelete
  10. Wah kalau bagian program ruang guru mah nggak usah diragukan lagi pasti lancar cas cis cus bahasa Inggris, aku juga jadi ingin daftar ..

    ReplyDelete
  11. Wah kalau bagian program ruang guru mah nggak usah diragukan lagi pasti lancar cas cis cus bahasa Inggris, aku juga jadi ingin daftar ..biar bhs inggrisku mantul

    ReplyDelete
  12. Penting sekali menguasai bahasa Inggris sejak dini biar lebih siap menghadapi tantangan global. Sebaiknya terus belajar sesuai jenjang usia dan kelas ya ambu.

    Hebat English Academy menggunakan Kurikulum berstandar internasional. Dengan kelebihan yang ada bisa jadi pertimbangan untuk nggak ragu mendaftarkan anak ikut kelasnya.

    Tfs infonya ambu 🙏

    ReplyDelete
  13. Keren ya Ruangguru. Inovasinya keren-keren dan banyak. Jadi banyak pilihan buat anak. Bisa fokus di mana yang ingin dibagusin. Dan English ini penting juga buat anak. Kepengen ih masukin anak ke sini. Biar English-nya makin bagus.

    ReplyDelete
  14. Wuih lengkap banget Ruangguru mengadakan kursus Inggris online. Mulai dari usia peserta sampai kepada TOEFL. Penting banget buat menguasai bahasa Inggris, selain text book juga utk komunikasi.

    ReplyDelete
  15. Nah, Ambuu ku butuh banget buat anakku, mau kepoin yang program Explorer untuk menunjang kerjaannya. Udah ga bisa dipungkiri ya, kalo jaman sekarang mah harus menguasai beberapa bahasa, terutama bahasa inggris ini.
    Makin lengkap deh Ruangguru dan English Academy bisa menjadi pilihan sesuai dengan kebutuhan ya.

    ReplyDelete
  16. Beneer banget kursus bahasa Inggris online zaman sekarang mudah dan banyak. Aku setuju kita butuh kehati-hatian dalam memilih agar tidak menghabiskan waktu, tenaga dan biaya. I was there :D

    ReplyDelete
  17. Sepertinya aku harus ikut dan ambil yang Explorer nih mba hehe. Baca ini jadi flashback ke masa-masa ingin menggapai mimpih bisa kuliah di luar negeri hehe. Menyadari betapa pentingnya Bahasa Inggris, kursus, belajar, dan praktek ada kunci. Semoga bisa melanjutkan belajar Bahasa Inggris lagi aamiin. Makasih Mba Maria atas info nya ;)

    ReplyDelete
  18. Ini program baru ya mbak dari Ruang Guru, aku kok baru tau ya. Enak nih, bagus untuk si kecil. Sepertinya boleh dicobain daftar buat si kecil

    ReplyDelete
  19. Betul banget , fasih berbahasa Inggris saat ini penting banget,makasih banyak infonya mba,jadi punya pilihan nih untuk anak-anak aku, dan berharap juga ada kelas untuk emak-emak juga hehehe.

    ReplyDelete
  20. wah aku baru tahu lho Kak, ternayata English Academy bagian dari ruangguru, keren sih. Iya, belajar bahasa asing, terutama Bahasa Inggris penting banget, baik tulisan maupun berbicara, karena iya itu kita dituntut untuk bisa dan benar karena arus globalisasi dan perkembangan jaman juga ya.

    ReplyDelete
  21. Setuju nih bahasa inggris emang harus dipelajari dan dikenalkan sejak dini ya karena kemampuan memori si anak kan masih segar ya ..Untung ada Ruang Guru dan English Academy

    ReplyDelete
  22. Aku salah fokus sama cerita putraPutra ambu skrg udah s3 di Jepang Masya Allah.. Ambu awet muda sekali.. *eh

    Bener nih, kebutuhan anak menguasak bahas asing skrg ini emang perlu bgt ya. Suka iri sendiri aku kalau liat anak org udah cas cis cus gitu. Untungnya skrg ada engkish academy dr ruangguru nih.. Murah dan berkualitas euy

    ReplyDelete
  23. kemampuan bahasa inggris memang sangat penting untuk saat ini ya Ambu
    Karena sekarang sudah termasuk era global
    klo blm mahir, bisa belajar di English Academy ini

    ReplyDelete
  24. Belajar bahasa Inggris dengan pengajar yang mumpuni di English Academy jadi menyenangkan karena bisa via online. Apalagi lengkap ada TOEFL iBT nya juga

    ReplyDelete
  25. Bahasa inggris bisa sampai ke tahap mahir rasanya bukan hanya dengan les namun pasif berbicara atau menggunakannya, latihan dan punya teman mengobrol itu serupa hal mutlak. Sudah begitu, bahasa dunia begini kan mau nggak mau kalau mau beradaptasi dengan jaman ya perlu. Salah satunya dengan mengikuti kursus bahasa inggris melalui Ruangguru.

    ReplyDelete
  26. Setuju! Belajar itu memang harus menyenangkan ya, Mbak. Apalagi belajar bahasa yang harus aktif digunakan, aktif dipraktekkan, dan aktif dipelajari. Keren nih, English Academy, membantu emak-emak nggak pusing ngajarin bahasa Inggris anaknya.

    ReplyDelete
  27. Seneng ya Mbu anak bisa casciscus ngenglish hehe bekal banget. Berdasarkan pengalaman masa kuliahku juga masa sekolah. Bahasa Inggris perlu banget. Btw ada program dewasa juga ga ini Mbu?

    ReplyDelete
  28. oh english academy ini salah satu produknya ruangguru ya? kalo ruangguru sih aku gak ragu ya, pasti terpercaya dan kualitas pengajarnya gak main-main. aku setuju sih membekali anak sedini mungkin dengan skill bahasa inggris, karena dunianya kelak sudah bener-bener masuk dunia globalisasi dan part of citizen of the world, eh bener gak ya bahasa inggris aku? jangan-jangan butuh kursus juga di english academy, hihihi

    ReplyDelete