Ingin Sukses Dalam Bisnis UMKM? Asah Kemampuan Dulu di Skill Academy

 
freepik.com

Ingin Sukses Dalam Bisnis UMKM? Asah Kemampuan Dulu di Skill Academy


Pernah lihat UMKM yang baru berdagang beberapa bulan, eh tutup? 

Tetangga rumah saya mengalaminya. Dia menutup usaha es kopi kekinian karena terjangan Covid 19. Padahal lumayan rame lho, maklum jalan depan rumah menjadi lalu lintas kendaraan yang mengambil jalan pintas, sesudah keluar dari jalan protokol. 

Namun ada juga usaha yang tutup dengan alasan pribadi. Tetangga depan rumah berhenti berjualan milkshake, jus buah serta minuman lain. Sayang banget peralatannya yang mangkrak ya? 

Anehnya…….
Tetangga satunya lagi, beberapa rumah dari tempat tinggal saya tinggal, justru moncer. Hanya berjualan bakso siap seduh dalam kemasan, dia nggak hanya menangguk untung besar. Tapi untung gede! 

Saking gede keuntungannya, selama pandemi dia bisa merenovasi rumahnya menjadi 2 lantai. Lantai pertama berisi tetek bengek barang dagangan. Lantai atas untuk mereka tinggal.

Isi
Bukan Tuyul, Penyebab UMKM Sukses Saat Pandemi Covid 19
Kartu Prakerja, Pintu Sukses Bersama Skill Academy
Meraih Sukses Dengan Pelatihan Online UMKM Skill Academy


Kok bisa? 

Tentu saja bukan karena mereka memelihara tuyul seperti tudingan banyak orang jika melihat orang lain sukses. Juga bukan faktor keberuntungan. 

Sadar produknya mudah ditiru, tetangga tadi menggunakan ketrampilan marketing, mempercantik kemasan, serta memperhitungkan kemasan yang tepat untuk pengiriman luar kota, bahkan luar negeri. 

Banyak calon konsumen terpikat 'godaan marketing". Mereka tertarik kata-kata promosi “tulang rangu”, “halal”, “gurih tanpa micin” ditambah harga yang murah. Mereka tanpa ragu membeli. Kemudian membeli lagi dan lagi.

Konsumen adalah raja, menjadi kunci. Konsumen harus dilayani dengan baik agar dia membeli lagi dan lagi. Apalagi jika konsumen mau merekomendasikan produk dalam bentuk unggahan di media sosial (YouTube, Instagram, Twitter, Facebook dan lain lain), maka pintu sukses terbuka di depan mata. 

Baca juga:
Mau Bisnis Kuliner Secara Online? Pahami Dulu 5 Manfaat Kemasan Ini!
Mau Usaha Kuliner di Masa Pandemi Covid 19? Simak 5 Langkah Awalnya!

sumber: skill academy

 

Kartu Prakerja, Pintu Sukses Bersama Skill Academy

“Duh sepi’” kata seorang saudara sepupu yang terpaksa banting stir menjadi driver transportasi online. Padahal dia lulusan S1 universitas ternama di tanah air lho. 

Sebagai karyawan baru, dia terkena kebijakan pengurangan jam kerja dan berakhir dengan pemutusan hubungan kerja. Di tengah kebingungan memilih antara melamar kerja ke kantor lain, atau menerima ajakan sepupu lain untuk membangun usaha frozen foods, dia mencoba peruntungan sebagai driver ojek online. 

Tampak mudah. Namun ternyata …..     

Banyak yang berpikiran sama. Asalkan bisa mengendarai kendaraan dan memilikinya, maka berbondong-bondonglah mereka melamar sebagai driver transportasi online. Akibatnya ceruk ini melimpah bak gelas kosong yang diisi begitu banyak air. 

Sementara lowongan kerja lain kekurangan tenaga kerja. Lapangan tenaga kerja yang harusnya bisa menampung 9,77 juta orang pengangguran terbuka seperti yang dikatakan Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah. (sumber

Menyikapi kesenjangan tersebut, Pemerintah Indonesia meluncurkan Kartu Prakerja. Tidak hanya sebagai bentuk pertanggung jawaban, berkurangnya pengangguran berarti meningkatnya daya beli masyarakat yang bisa menggerakkan perekonomian secara menyeluruh. 

Bagaimana mendapatkan kartu prakerja? 

Gampang banget. Cukup penuhi syaratnya yaitu Warga Negara Indonesia (WNI), usia minimal 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Kemudian buka daftarprakerja.com, klik panduan mendaftar Kartu Prakerja, kemudian ikuti instruksinya:

Buat Akun Prakerja

  • Masuk ke situs prakerja.go.id, pilih daftar sekarang
  • Masukkan alamat email, password, konfirmasi password, dan centang “Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku” kemudian klik daftar.
  • Cek kotak masuk email Anda dari Kartu Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun email
  • Setelah konfirmasi email, klik silakan login.

Isi Data Diri

  • Tulis kembali alamat email dan password, lalu klik Login
  • Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir, lalu klik Lanjutkan.
  • Masukkan data diri dengan lengkap.
  • Masukkan nomor telepon dan dapatkan kode OTP yang dikirim melalui SMS

Ikuti Tes

  • Siapkan alat tulis dan kertas bila perlu, karena di tahap ini peserta akan mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit. Jawab setiap pertanyaan dengan sebaik mungkin. Setelah selesai, ada jeda untuk mendapat email pemberitahuan dari Kartu Prakerja.
  • Tes Minat dan Bakat dilakukan dengan membuka laman dashboard. Pelajari petunjuk dengan seksama sebelum klik Mulai Sekarang
  • Kerjakan soal Tes Minat dan Bakat sebaik dan sebenar mungkin.
  • Setelah selesai, klik Ke Dashboard
  • Kemudian pilih bergabung ke batch yang tersedia
  • Pilih salah satu mitra pelatihan (platform digital) untuk mengikuti pelatihan online

Selesai deh, silakan kunjungi situs skillacademy.com/prakerja karena Anda akan menerima saldo dari pemerintah sebesar 1 juta rupiah untuk membayar kelas pelatihan. 

Juga ada insentif dari pemerintah sebesar Rp 2.400.000 yang diberikan Rp 600.000/bulan. Asyikkan? Pencari kerja mendapat pelatihan, insentif dan ilmu baru. 

Mungkin ada yang bertanya tentang Skill Academy?
Skill Academy merupakan inovasi dari Ruang Guru, sebuah perusahaan teknologi yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan yang digawangi Adamas Belva Syah Devara. 

Pengusaha muda dan aktivis sosial Indonesia ini membuat terobosan cerdas. Tak dapat dipungkiri banyak pengangguran terbuka di Indonesia. Di lain pihak banyak perusahaan yang membutuhkan pekerja dengan skill tertentu. 

Skill Academy mengambil alih peran tersebut. Skill Academy menyediakan pelatihan bagi mahasiswa, profesional, dan umum yang ingin meningkatkan technical & soft skill di berbagai bidang. 

Termasuk pelaku UMKM, baik pemula maupun yang sudah menekuni. Mayoritas pelaku hanya berbekal kemampuan menjual jasa/ memproduksi barang. Jelas tak cukup. Tak heran, kedatangan pandemi Covid 19 memukul telak usaha mereka.

sumber; freepik.com


Meraih Sukses Dengan Pelatihan Online UMKM Skill Academy

Aplikasi kirim pesan (messenger) apa yang paling populer? 

Yep, WhatsApp Messenger! 

Isinya tentu saja beragam. Mulai dari curhat-curhatan yang serba rahasia, slengean hingga berbincang serius mengenai job/tugas yang sedang dikerjakan. 

Tak kurang dari 50 miliar pesan dihasilkan WhatsApp, dan 98 % diterima penerima dalam 3 detik dan dibaca. 

Komunikasi yang cepat ini bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan keuntungan bisnis yang cepat pula. Karena itu tersedia WhatsApp Business bagi pelaku UMKM agar bisa mengirim broadcast, baik kepada konsumen maupun calon konsumen. 

Tentu saja menggunakannya nggak boleh ngasal. Jangan sampai pelanggan merasa terganggu. Penyusunan kalimat harus dibuat berdasar kemampuan hypnowriting, hypnoselling dan copywriting agar penerima broadcast merasa nyaman. 

Nah tips dan trik serta lika liku WhatsApp Business akan dikupas tuntas oleh Karlina Kurniawati, entrepreneur dan founder Avocadron. 

 

sumber : skill academy

Kabar baiknya, jika ingin mengikuti kelas ini, Skill Academy sedang berbaik hati memberi potongan. Dari Rp 500.000, Anda cukup membayar Rp 150.000. Waktunya terbatas lho, hanya sekitar 2 minggu saja dari tulisan ini saya posting. 

Bagi yang baru memulai UMKM seperti saudara sepupu saya di atas, Skill Academy menyiapkan paket kelas online umkm skill academy, yaitu Paket Kembangkan UMKM hingga Kebanjiran Order (6 kelas) yang juga sedang memberi potongan, dari harga Rp 5.415.000, Anda cukup membayar Rp 1.000.000 saja. 

Wuih, sedap ya? Dapat ilmu dengan biaya yang ringan.
Skill apa saja yang dapat diperoleh peserta melalui paket ini?

  1. Customer Service: Menguasai Teknik Pelayanan Terbaik. Diampu oleh Putri Lisa Erdiyanti (Trainer Personal Development), peserta mendapat berbagai teknik aplikatif dalam memberi pelayanan yang terbaik, baik melalui telepon, email maupun berhadapan langsung.
  2. Strategi Efektif Menjalankan Internet Marketing. Ivan Suganda (Marketing Director at The Tukang Marketing.com) membimbing peserta mempelajari pondasi bisnis, mulai dari analisis  SWOT sampai buyer persona dengan menggunakan internet marketing strategy dan copy writing.
  3. Sukses Beriklan di Google Ads. Dibimbing oleh Ryan Batchin (Deputy Director – DGTraffic - Google AdWords Certified Expeert) peserta akan belajar mengenai Google Search Ads, Google Display Ads serta bagaimana cara kerja algoritma di berbagai platform periklanan.
  4. Sukses Bisnis Online di Instagram. Michael Sugiharto (Online Business Expert, Founder & Director Digimaru) akan membongkar rahasia menjadi pengusaha onlineshop melalui Instagram.
  5. Mudah Pahami Konten Marketing Untuk Bisnis. Astri Soeparyono (Managing Editor Gojek) akan memberitahu bagaimana content marketing berperan pada strategi pemasaran dengan tujuan meningkatkan penjualan.
  6. Copywriting. Nabila Aidid (UX Writer Gojek) akan mengungkap trik menulis iklan yang powerful dan menarik perhatian.

Lengkap bukan? Persaingan UMKM semakin ketat. Banyak yang berkecimpung dalam jasa pelayanan dan produk yang sama. Mereka yang cerdas akan menggunakan strategi marketing untuk memenangkan persaingan.

Jangan dilupakan juga pengelolaan keuangan yang tepat. Karena sangat berhubungan dengan rencana jangka panjang/rencana jangka pendek. Bagaimana bisa membuat rencana jika rugi/laba UMKM tidak diketahui?

Pelatihan pengelolan keuangan bagi UMKM di Skill Academy adalah:

  • Sukses Mengelola Keuangan UMKM  
  • Pahami UMKM dan Pajaknya

Kedua pelatihan diampu Bernard Hasiholan, dan lagi-lagi mendapat potongan. Masing-masing kelas cukup membayar Rp 150.000 untuk harga normal Rp 500.000

Wah sedang dimanja nih para pelaku UMKM.
Iya dong, karena apabila mayoritas UMKM naik kelas maka roda perekonomian Indonesia akan berputar kencang.  

Semoga.

sumber gambar cover: freepik.com

8 comments

  1. program mensupport pemulihan ekonomi nasional salah satunya mengikuti kegiatan semacam pelatihan prakerja, meningkatkan ketrampilan juga kompetensi. Keduanya simbiosis dibutuhkan dunia kerja.

    ReplyDelete
  2. Aku takjub sama yang bisa renovasi rumah 2 lantai. Udah ga masanya ya, nyalahin pandemi terus.

    ReplyDelete
  3. Kabar baiknya sangat menarik, ya ambu. Lumayan banget potongannya. Jadi hemat kalau diambil sekarang. Semoga banyak peminatnya, karena kursusnya jelas berguna banget buat meningkatkan skill yang bisa diterapkan di banyak bidang terkhusus untuk UMKM skill ya.

    ReplyDelete
  4. Wah infonya lengkap banget ya Ambu. Pastinya sangat berguna bagi orang-orang yang ingin menambah skill karena ingin membangun UMKM.

    ReplyDelete
  5. Aku sering liat dan pantengin prakerja, peminatan dan pelatihannya menarik apalagi kalau ikut bisa dapat potongan biaya.
    sayangnya Aku kurang beruntung beberapa kali daftar ga pernah lolos.
    lumayan buat menambah skill ya setiap pelatihannya

    ReplyDelete
  6. Di sini juga banyak pelaku UMKM yang gulung tikar, padahal belum lama launching warung kekiniannya. ternyata walau mengusung konsep dan menu kekinian, masih belum cukup ya kalau marketingnya nggak bagus. Kalau pengelolanya sudah kenal skill academy, mungkin akan beda ya

    ReplyDelete
  7. Ahaaa! Bener banget ini, Ambuuu
    Dibutuhkan ilmu, wawasan dan skill yg mantab jiwa kalau mau mengarungi blantika usaha, ya.
    Sip sipp, info ini aku forward ke temen2 yg lagi merintis bisnis, ahh

    ReplyDelete
  8. Wah mantap ya Skill Academy ini
    Bisa juga membantu UMKM untuk terus berkembang dgn beberapa pelatihan yg ada
    Klo aku kemarin nyoba ikutan yg kelas SEI Mbak

    ReplyDelete