Belajar dan Bermain Seru Bersama Hoala & Koala

    
maria-g-soemitro.com

Belajar dan Bermain dengan Hoala & Koala

World Health Organization (WHO) memperkirakan sekitar 300 juta orang mengidap depresi di seluruh dunia, dan akibat depresi setiap 40 detik terjadi kasus bunuh diri di seluruh dunia 

Serem ya?

Beberapa tahun lalu saya mengalami depresi berkepanjangan. Anehnya, tiba-tiba saya mendengar lagu-lagu gereja, khususnya lagu-lagu Natal.

Psikolog  (bukan psikiater ya 😀) yang saya kunjungi memberi jawaban atas pertanyaan saya:

“Tubuh ibu mencari keseimbangan. Ketika ibu merasa sedih luar biasa, otomatis otak akan mencari saat saat bahagia, yang wujudnya suasana Natal yang penuh lagu-lagu gembira”

Gak terduga ya? Ternyata lagu-lagu yang yang saya dengar semasa kanak-kanak akan tersimpan, dan menjadi terapi kala saya mengalami depresi berat.

Mengapa lagu Natal? 

Mungkin karena yang terekam adalah lagu-lagu tersebut, yang diputar saat perayaan Natal yang meriah, penuh makanan dan hadiah.

Baca juga:

Doa Terdalam untuk  Anakku, Kekasihku, Pahlawanku

Optimalisasi Gizi, Kunci Sukses Tumbuh Kembang Anak dengan Penyakit Jantung Bawaan

Daftar Isi:

  • Manfaat Lagu Saat Saya Mengalami Depresi
  • Anak Membutuhkan Lagu untuk Optimalisasi Tumbuh Kembang
  • Hoala & Koala, Channel Lagu Anak untuk Belajar dan Bermain

Saya sering berandai-andai, semisal saya tak memiliki kenangan indah penuh lagu-lagu ceria, apakah dari depresi, saya akan mengalami sakit mental parah seperti schizophrenia?

Sangat mungkin terjadi ya?

Karena itu saya sangat setuju pendapat para pakar yang melakukan penelitian dan menemukan fakta bahwa lagu/musik sangat  bermanfaat bagi tumbuh kembang anak.

Apa saja?

    

maria g soemitro

Anak Membutuhkan Lagu untuk Optimalisasi Tumbuh Kembang

Banyak artikel tentang manfaat lagu dan music untuk tumbuh kembang anak. Salah satunya dari klikdokter.com berikut ini:

Membantu Anak Mengembangkan Berbagai Ketrampilan

“Isamat inaun”

Bisa menebak lagu apa di atas?

Ternyataaa……anak bungsu saya yang kala itu baru berumur 1,5 tahun, sedang menyanyi “selamat ulang tahun”. Namun, berhubung dia belum fasih berbicara, syair lagu yang terucap adalah “isamat..inaun”

Ya ampun, lucu banget ya?

Lagu dan music emang membantu mengembangkan area otak anak yang mencakup keterampilan berbahasa, matematika dan berlogika, serta kemampuan visuospasial

Jadi yang harus kita lakukan adalah merangsang perkembangan otak dengan memutarkan lagu atau ikut bernyanyi untuk menciptakan suasana yang menyenangkan. Sehingga anak belajar kosa kata baru dan cara pengucapannya.

Ketika anak sedang suka mengoceh, mengajarkan hal kecil seperti menyanyi kepada anak merupakan aktivitas menyenangkan. Di saat bersamaan bisa mengajarkannya konsep atau kosakata baru, serta cara mengucapkannya.

Lagu Meningkatkan Kemampuan Calistung

Pernah mendengar ada orang tua yang memasukkan anak balitanya ke kursus calistung (membaca, menulis, berhitung)? Mahal lho biayanya. Minimal Rp 1.000.000/paket.

Saya cuma bisa geleng-geleng kepala mendengarnya. Karena lewat lagu, orang tua dengan mudah bisa mengajarkan ketrampilan membaca, menulis dan berhitung.

Lagu yang didengar anak sejak masih bayi akan meningkatkan kemampuannya memecahkan kode suara atau kata.

Melalui lagu, anak belajar pengulangan, akrab dengan irama lagu dan paham pola urutannya, kemampuan dasar untuk mengembangkan keterampilan berhitung dan mengenal huruf.

Lagu Meningkatkan Kerja Otak, Daya Ingat, dan Kemampuan Berpikir

Banyak hasil penelitian yang telah membuktikan manfaat lagu dalam meningkatkan hubungan antar sel otak

Terdapat perbedaan antara anak yang mendapat stimulasi lagu/music sejak dini dengan yang tidak. Jumlah sinaps, yaitu tempat persambungan antar sel-sel saraf dan dilepasnya neurotransmitter akan meningkat, sehingga kerja otak menjadi lebih cepat, efektif, dan kreatif.

Lagu Mengembangkan Karakter dan Keterampilan Sosial

Pernah memperhatikan anak-anak yang belajar di madrasah/TPA? Mereka mengucapkan Al Fatihah barengan bukan?

Ini memang cara paling primitive untuk mengajarkan anak mempelajari sesuatu. Nah, lagu-lagu anak selalu mempunyai syair positif. Ketika mereka mengulang-ulang lagu maka akan terbenam dalam ingatan tentang keterampilan sosial yang harus dimiliki.

Lagu juga membantu pengembangan karakter anak, karena lagu-lagu anak mengandung syair tentang pengendalian diri, kesabaran, dan ketekunan, dan reward atas semua tindakan baik.

Lagu Sebagai Media Quality Time yang Menyenangkan

Sering jalan-jalan ke luar kota bareng anak-anak?

Alih-alih sibuk dengan gadget, cobalah bernyanyi bareng anak-anak. Rasanya happy banget. Apalagi jika ada yang salah melafalkan lagu, bakal tertawa bareng deh. Sehingga ikatan batin serta emosi antara orangtua dan anak akan terjalin lebih kuat dan intens.

Anak yang mendapat cukup kasih sayang akan tumbuh dan berkembang optimal.

   

maria g soemitro.com

Hoala & Koala, Channel Lagu Anak untuk Belajar dan Bermain

Beruntung, kemajuan teknologi informasi membantu orang tua memperoleh lagu-lagu anak yang mengedukasi, yang membantu orang tua dalam meningkatkan tumbuh kembang anak.

Seperti lagu berikut:

Sehabis pergi, sebelum makan

Sehabis pegang benda di luar

Sebelum tidur, jangan lah lupa

Harus mencuci tangan

Syair lagu yang sangat mengedukasi bukan? Dengan adanya lagu tersebut, orang tua gak perlu teriak-teriak menyuruh anaknya mencuci tangan. Terlebih di masa pandemi Covid-19 yang mensyaratkan agar selalu mencuci tangan.

Cukup senandungkan atau putar lagunya, maka anak akan terbiasa mencuci tangan.

Saya menemukan channel Hoala & Koala yang penuh lagu anak-anak terbaru ini, ketika sedang searching bareng keponakan-keponakan saya.

Yup, daripada asyik gak jelas dengan gadget, saya arahkan mereka untuk menonton channel yang mengedukasi, Hoala & Koala.

Diceritakan Hoala adalah anak berusia 3 tahun yang senang bernyanyi bersama temannya, Koala. Selain Koala, ada beberapa tokoh animasi 3D yang lucu dan cocok banget ditonton anak-anak, dari usia bayi hingga sekolah dasar. 

Terasa semarak karena disajikan dengan beragam genre, seperti pop (mayoritas lagu), jazz, big band, elektronik dan lainnya.

Contohnya di bawah ini:

Ini adalah ibu jari. Ini adalah jari telunjuk

Ini adalah jari tengah, jari manis dan jari kelingking

Ku sudah tahu, nama ke lima jari di kedua tanganku

Sangat membantu anak mengenal tubuhnya bukan? Keterampilan ini akan sangat bermanfaat ketika mereka mulai masuk Play Group atau Taman Kanak Kanak. 

Ketika guru bertanya, anak akan segera mengangkat jari dan menjawab. Terbayang bangganya mereka, kepercayaan diri pun tumbuh.

Karena sebagai orangtua, kita kerap lupa mengejarkan hal-hal mendasar.

Pernah terjadi sewaktu saya akan memasukkan Mabelle ke Taman Kanak, salah satu syaratnya adalah hasil psikotest dari psikolog. Dan Mabelle nyaris gagal dong, anak bungsu tersayang ini tidak bisa membedakan warna.

Huhuhu rasanya ingin nangis kenceng. Sendirian merawat 4 orang anak, membuat saya keteteran. Untung psikolog memberikan sejumlah tips agar Mabelle dapat lulus psikotest.

Perutku sudah keroncongan. Kuingin menyantap kudapan

Namun sayangnya Kutak punya. Kumau susu stroberiku

Di saat ku sedang gembira, sedang sedih, sedang marah, sedang lelah, sedang jenuh

Susu stroberi selalu setia menemaniku

Lagu yang sangat tepat untuk anak-anak yang merengek minta jajan gak jelas kan? Daripada makan ciki-cikian, anak diarahkan untuk memilih susu saja, bisa susu coklat atau susu stroberi.

Ingin “mengomeli” anak sambal bernyanyi?

Bisa banget menirukan lagu yang dinyanyikan Hoala dan ibunya, salah satunya sebagai berikut:

   


Ibu:

Mengapa ini berantakan

Ingat apa yang ibu ajarkan

Habis main dibereskan

Hoala:

Maaf ibu aku lupa

Ketika main aku ingin gambar

Langsung kuambil krayonku

Corat caret asyik menggambar

Gimana? Ini cara asyik mengingatkan anak agar mau membereskan mainan, mau menghabiskan makanan, gak corat coret tembok dan sebagainya.

Silakan cekidot ke channel Hoala & Koala, dan nikmati bonding bareng buah hati tercinta.

Baca juga:

Anak Rewel?  Deteksi Penyebabnya dengan Allergy Tummy Checker!

Camping Dalam Rumah? Mengapa Tidak? Yuk, Lakukan 5 Kegiatan Seru Ini Bareng Keluar


17 comments

  1. Ini favorit anak-anak saya Ambu, lucu soalnya, dan lagunya juga bagus ya, jadi kayak mendidik dengan lagu.
    Senang banget Hoala dan Koala hadir di tengah dunia digital, yang jadinya anak-anak pengennya ngeYutub lah, main game lah.
    Saya bolehin nonton YouTube yang penting nonton Hoala dan Koala, eh anak-anak malah suka loh :)

    ReplyDelete
  2. Iya nih sekarang ada les calistung juga buat anak usia dini. Padahal lewat lagu anak juga bisa membantu belajar calistung seperti lagu A B C D gitu kann. Apalagi di Hoala Koala juga banyak banget pilihan lagu anak-anak yang bisa membantu proses belajar sambil bermain.

    ReplyDelete
  3. Animasi sekarang makin bagus ya bun...lagu lagunya juga enak didengar sama kita orangtua apalagi sama anak2..mudah difahami kata katanya, sehingga kita pun mudah mengajak anak bernyanyi sambil mempraktekannya

    ReplyDelete
  4. Yap, setuju bangeett Ambu
    Lagu dan musik yg ceria tuh bisa memengaruhi mood banget
    ga cuma utk anak2, utk orang dewasa juga.

    ReplyDelete
  5. Hoala Koala ini sangat bermanfaat untuk perkembangan kognitif anak, karena dengan mendengarkan lagu sekaligus menonton videonya akan mengasah kreativitas anak juga

    ReplyDelete
  6. Aku merasakan bangetlah efek lagu dalam pembelajaran anak. Aku kepo mo buka yutupnya
    hoala koala juga ah

    ReplyDelete
  7. Hwakkakaa kok samaan anakkupun usia 1.5 tahun mbak
    .udah bisa menriukan berbagai lagu dg versi dia .

    Dannkami akan menebak dia nyanyiin lagu apa hahaha


    Nah, hoala koala ini jadi salahs atu list lagu buat anak pertama saya

    Mgkin karena nada dan liriknya related dan easy lintening ya

    Anakku cepat banget hapal.
    Itu lagu yg minum susu hehhee dia seneng banget sampai kalo lagi main gtu dia smabil bersenanndung

    Sama yg "kuman kuman" auto anakku skrg rajin mandi dan gosok gigi

    ReplyDelete
  8. Lagu anak-anak itu mengasah motorik mereka untuk berkembang menjadi lebih baik itu sebabnya dibutuhkan lagu yang sesuai dengan usia mereka dan pesan lagu tersebut membawa perkembangan ke arah yang lebih baik

    ReplyDelete
  9. Hoala Koala lirik lagu dan tontonan baru buat anak nih, jadi ortu nggak khawatir lagi.

    ReplyDelete
  10. Lagu anak Indonesia bisa dibilang kering kerontang ya ambu. Sejak saya jadi anak-anak sampai saya punya anak lagi, lagunya masih sama. Kayak ngewarisin cerita2 dongeng Bawang Putih Bawang Merah, atau Pinokio ya ambu. Wkwkwk. Keren nih Hoala koala, lagu anak Indonesia jadi update.

    ReplyDelete
  11. Iya nih saya dah buka di yt dan ternyata bagus lagu2nya

    ReplyDelete
  12. Anak2 memang perlu nih channel musik seperti Hoala Koala ini

    ReplyDelete
  13. Mudah2an pas lagi hoala dan koala ini bangkit dan banyak di dengar lagi . Lagu anak2 indonesia berjaya lagi ya mba dinyanyikan anak2 seusianya apaly kemasannya video 3D ini bikin anak betah nonyonnya

    ReplyDelete
  14. Sekarang ni lagu anak2 kalau didengerin nyandu bangeet, dan animasi2nya kan bagus dan lucu ya jadi anak2 jg hapal jadinya mau sama lagu ataupun gambarnya.

    Menyenangkan banget memang belajar sambil nyanyi tuh :)

    ReplyDelete
  15. Suka banget dengan desain karakternnya si Hoala & Koala. Seneng ya kalau nak-nak kecil punya konten edukatifnya sendiri. Boleh dong yang dewasa ikutan nonton haha

    ReplyDelete
  16. Aku salut sama yang menciptakan Hoala dan Koala ini, berarti peduli dengan perkembangan anak-anak. Sajian Hoala Koala juga asyik dan menarik, pasti anak-anak nggak akan bosan.

    ReplyDelete
  17. ponakanku baru berumur 2tahun udah sering banget nonton youtube tapi ya itu tentang nyayian anak",sambil ngikutin nyanyi girang banget sambil ikutin gerakannya juga

    ReplyDelete