Reborn Rich, Pembalasan Cucu Bungsu Sang Chaebol

    
maria-g-soemitro.com

Reborn Rich, Pembalasan Cucu Bungsu Sang Chaebol


Song Joong Ki menikah lagi ya? Hehehe saya tahu berita gak penting ini dari Jang Hansol, YouTuber pemilik channel Korea Reomit. Mungkin, karena sebelumnya Song Joong Ki menikahi seorang diva, bahkan di profile asianwiki.com masih tercantum: Family: Song Hye-Kyo (ex-wife), maka netizen kurang peduli pada pernikahan kedua Song Joong Ki.

Dibanding pernikahannya, perbincangan tentang karya Song Joong Ki tentunya lebih menarik. Dia pandai memilih drama, rating dramanya selalu tinggi. Termasuk drama Korea Reborn Rich yang berhasil menutup episode terakhir dengan rating 30.101% (Seoul) dan rating 26.948% untuk nationwide, padahal di episode awal ratingnya cuma sekitar 6 %. 

Menurut Jang Hansol hal ini merupakan pencapaian fantastis, mengingat kini masyarakat Korea gak hanya menonton televisi, tapi juga streaming via ponselnya.

Dalam kupasannya, YouTuber yang punya logat medok Jawa Timur ini berkisah bahwa drama Korea Reborn Rich mengambil latar belakang konglomerat Samsung Group.

Kemiripan terlihat dari beberapa hal, seperti silsilah keluarga, patung pendiri Samsung serta betapa grup ini menguasai hampir semua lini perekonomian Korea Selatan. 

Jang Hansol juga bercerita tentang betapa humblenya Lee Jaeyong, CEO Samsung saat ini. Lee Jae Yong merupakan cucu bungsu pendiri Samsung, Lee Byung Chull. Atau dengan kata lain, mirip banget dengan kisah cucu bungsu chaebol Soonyang,  Jin Do-Jun dalam drama Korea Reborn Rich.

Bikin penasaran ya?Terlebih drama Korea Reborn Rich mengambil cara penuturan yang memikat, serta membuat ending yang diluar dugaan. 

Seperti apa? Yuk, kita kupas:

Baca juga:
Why Her? (Drama Korea), Karena Hanya Noona yang Percaya!

Somewhere Between Loaf & Bun, Drakor Komedi Romantis yang Shooting di Jakarta
  

maria-g-soemitro.com

Lee Sung-Min sebagai Jin Yang-Cheol

Apakah kamu tahu,
Siapa anak ayah yang paling disayang?
Itu adalah Soonyang!
Berawal dari pengemudi truk beras, Jin Yang-Cheol berhasil masuk pemasaran gandum, dan akhirnya membangun gurita bisnis yang menguasai berbagai sektor perekonomian, yaitu: construction, asuransi, electronics, toserba, rumah sakit, dan lainnya. 

Namun, dari sekian banyak anak cabang,  Soonyang Motors lah yang paling membuatnya berambisi. Jin Yang-Cheol harus gigit jari ketika berulang kali Soonyang Motors dikalahkan oleh Deyoung Motors.

Mengetahui ambisi Jin Yang-Cheol, cucu bungsunya berusaha mewujudkan dengan menggunakan peluang gelaran Olimpiade Seoul 1988 untuk mempromosikan dan memasarkan Apollo, produk terbaru Soonyang Motors. Hasilnya sukses besar!

Sayang tak lama setelah euforia kemenangan, Jin Yang-Cheol menghembuskan nafas terakhir. Jin Yang-Cheol meninggalkan pesan tentang manajemen keadilan pada sang cucu, Jin Do-Jun

Saat membesarkan pelayan
Jangan memberinya rumah bagus dan perut kenyang
Kelak dia akan berpikir, dialah majikannya.
Manajemen yang adil?
Untuk kakek, uanglah keadilan
Pesan yang tentu saja tak disetujui cucunya.

   
maria-g-soemitro.com

Song Joong-Ki sebagai Jin Do-Jun

Aku tak memulai pertengkaran
yang sudah memiiki akhir
Demikian kata Jin Do-Jun saat terjadi perselisihan antara dirinya dan Jin Seong-Jun.
Sebagai cucu kedua dari pemilik Soonyang Group, Jin Do-Jun mendapat huruf sandi 4-2, sangat jauh dari Jin Seong-Jun (1-1), sang pewaris Soonyang Group yang sudah ditentukan sejak awal oleh kakek mereka. Apapun argument Jin Do-Jun tak akan berarti saat berhadapan dengan Jin Seong-Jun.

Jin Do-Jun juga kerap mendapat hinaan. Ayahnya, Jin Yoon-Ki tidak terlahir dari istri sah sang kakek. Jin Yoon-Ki  dan  keturunannya diharapkan tahu diri, tidak boleh bermimpi mendapat warisan sang kakek.

Ibu kandung Jin Do-Jun terkena imbasnya. Sebagai mantan aktris, ibu Jin Do-Jun yang bernama Lee Hae-In kerap dilecehkan oleh keluarga besar sang ayah.

Menolak diperlakukan semena-mena, Jin Do-Jun melakukan serangkaian pembalasan. Terlebih dalam raga Jin Do-Jun menitis  Yoon Hyeon-Woo, sosok yang hidup di masa 20 tahun yang akan datang.

 

maria-g-soemitro.com

Shin Hyun-Bin sebagai Seo Min-Yeong

Seo Min-Yeong anak jaksa yang menolak fasilitas beasiswa dan memilih bekerja paruh waktu sebagai pelayan café.

Pendapatnya tentang orang kaya yang arogan, berubah sejak bertemu Jin Do-Jun dan jatuh cinta padanya.
 

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama Korea Reborn Rich

“Apa? Kau ingin membeli Soonyang? Kamu pikir Soonyang hanyalah permen yang bisa kau beli di supermarket?” tanya Jin Yang-Cheol, pemilik Soonyang Group pada cucu bungsunya, Jin Do-Jun.

Jin Yang-Cheol penganut primogenitas. Untuk menghindari perselisihan diantara anak cucunya, sejak awal Jin Yang-Cheol sudah menentukan pewaris utama Soonyang Group adalah anak sulung, setelah itu warisan akan dilimpahkan pada cucu sulung. 

Jin Do-Jun sebagai cucu bungsu atau anak kedua dari putra bungsunya, jelas berada jauh dari hierarki warisan. Kok berani-beraninya dia menyatakan hendak membeli Soonyang?

Namun Jin Yang-Cheol harus mengakui, cucu bungsunya, Jin Do-Jun paling mirip dirinya. Jin Do-Jun sangat paham bisnis dan bisa “mengendus” aliran uang. Sangat berbeda dengan anak sulung dan cucu sulungnya yang kerap gagal di bisnis.

Bak raja Midas, Jin Do-Jun mampu menciptakan uang. Dia jeli menangkap peluang. Tanah dari sang kakek dengan cepat mampu membuatnya kaya raya, setelah pemerintah menetapkan pengembangan kota di lokasi tersebut.

Jin Do-Jun juga menjadi miliader setelah uang yang 24 juta won dari sang kakek, dia tukar menjadi dollar. Ketika Korea terkena krisis moneter, maka boom! kekayaan Jin Do-Jun menjadi berlipat ganda.

Sang kakek, Jin Yang-Cheol tak tahu bahwa dalam raga cucunya, ada sosok Yoon Hyeon-Woo, karyawan Soonyang Group dari masa 20 tahun yang akan datang. Dia dibunuh ketika sedang melaksanakan tugas dari wakil presiden direktur Soonyang, Jin Seong-Jun.

Arwah Yoon Hyeon-Woo yang penasaran menitis pada Jin Do-Jun. Dia ingin mengetahui dalang pembunuhan terhadap dirinya. Peristiwa dalam rentang waktu 20 tahun digunakan Jin Do-Jun sebaik mungkin untuk mendapat peluang membeli Soonyang Group.
 

maria-g-soemitro.com

Review Drama Korea Reborn Rich

“Jika seorang pengusaha lebih mengutamakan orangtua dan saudara-saudara-nya
Dia tak akan pernah mendapat keuntungan (Jin Yang-Cheol)”
Wow, recommended banget nih drama!

Ide cerita drama Korea Reborn Rich sangat jitu, yaitu tentang chaebol Samsung yang pastinya lekat dengan kehidupan masyarakat Korea. 

Adalah San Kyeong yang menangkap ide dan menyusunnya dalam kisah memukau melalui web novel "Chaeboljib Maknaeadeul” published from February 20, 2017 to January 11, 2018 via Kakao. Kemudian divisualkan secara runtut hingga tersaji drama Korea Reborn Rich yang mampu menghipnotis penonton.

Walau ada beberapa adegan bolong sih. Seperti kecelakaan yang menimpa Jin Yang-Cheol. Masa iya seorang chaebol melakukan perjalanan dinas tanpa pengawalan? Dia menguasai perekonomian Korea lho. Kematiannya bisa membuat gonjang ganjing pasar saham Korea.

Adegan yang serba kebetulan juga cukup mengganggu. Salah satunya sewaktu Jin Do-Jun sedang tarik menarik penawaran perusahaan  Soonyang Card dengan Jin Dong-Ki, paman nomor 2.

Lha waktu nelpon paman nomor 2 ini kok pas banget dengan keberadaan Jin Do-Jun bertamu di paman nomor 1?  Sehingga Jin Do-Jun bisa manas-manasin dan mendapat nilai jual tinggi untuk Soonyang Card.

Tapi ya sudah lah ya? Namanya juga drama. Dibutuhkan faktor kebetulan untuk menciptakan kisah yang seru. Karena acting Lee Sung-Min sebagai pemilik Soonyang, bisa menutupi semua kekuarangan drama Korea Reborn Rich.

Yup, Lee Sung-Min menjadi bintang drama Korea Reborn Rich! Aktingnya sebagai sang maharaja kekaisaran Soonyang harus diacungi jempol. Mulai dari akting marah, sedih, tertawa senang, dan mimik bangga melihat kesuksesan cucunya.

Adegan terepik adalah wajah marah bercampur malu Lee Sung-Min saat berada di lift dan gak sadar kencing di celana akibat penyakitnya. Bak kalah berperang pasca mengucapkan:

Mengelola perusahaan seperti perang tanpa akhir
Tempat dia harus membunuh dulu
Untuk bertahan hidup

Berharap banget Lee Sung-Min mendapat Baeksang Arts Awards 2023, melengkapi raihan awards-nya di tahun-tahun sebelumnya seperti Baeksang Arts Awards 2019, Daejong Film Awards 2018, dan masih banyak lagi.

Bagaimana dengan Song Joong-Ki? Mmmm…..saya masih gak nyaman dengan riasannya yang ketebalan sampai pingin ngeletek karena seperti kulit kedua. Hahaha ….😀😀

Kisah cinta Jin Do-Jun (Song Joong-Ki) dan Seo Min-Yeong (Shin Hyun-Bin) juga mengganggu. Mirip potongan kisah yang ditempelkan pada keseluruhan drama Korea Reborn Rich. Gak ngaruh. Gak berkesan, dan lemah banget chemistry-nya.

Namun, terlepas dari kisah cinta yang seharusnya menjadi pemanis drama Korea Reborn Rich, drama ini recommended banget. Kekuatannya justru terletak pada kemampuan aktor gaek, Lee Sung-Min menerjemahkan karakter pemilik kerajaan Soonyang. 

Serta hubungan kakek – cucu yang bikin hati meleleh.

Baca juga:
Twenty Five Twenty One, Semua Gara-gara Krismon!

Now, We Are Breaking Up, Emak Berulah Anak Kena Tulah

Profile

    Drama: Reborn Rich (English title) / The Chaebol's Youngest Son (literal title)
    Revised romanization: Chaeboljib Maknaeadeul
    Hangul: 재벌집 막내아들
    Director: Jung Dae-Yoon
    Writer: San Kyeong (web novel), Kim Tae-Hee
    Network: JTBC
    Episodes: 16
    Release Date: November 18 - December 25, 2022
    Runtime: Friday-Sunday 22:30
    Language: Korean
    Country: South Korea

26 comments

  1. wakakakkaak, padahal di Song Joong-ki ini, meski nggak dikasih make up, wajahnya tuh udah keliatan pakai make up, saking imut kek anak kecil :D
    Tinggal dipakein lipbalm aja sebenarnya, udah kece :D

    Drakor ini banyak yang rekomendasikan loh, emang bagus ya ternyata :)

    ReplyDelete
  2. Setuju Mbak. Kekuatan dari drama ini terletak pada Lee Sung-min. Totalitas dan senioritasnya kelihatan banget. Meski banyak adegan tegangan tinggi, Sung-min di beberapa shoot bisa mewakili betapa cintanya seorang pria terhadap cucu nya. Yang menurut pendapat banyak orang, lelaki tuh lebih sayang kepada cucu ketimbang anak sendiri.

    Saya baru tahu loh ratingnya setinggi itu. Istimewa itu sih.

    ReplyDelete
  3. Yang aku denger katanya reborn rich itu visualisasi dari kisah hidup pemilik samsung. Wahhh... aku penasaran siapa cucu bungsunya di real life hehe..

    Tapi aku sepakat sama ambu kalo chemistry Do-Jun dan Min-Yeong lemah banget kaya kurang bumbu hihi mungkin karena ini based on real.life jadi writernimnya sungkan berekspresi hehe

    ReplyDelete
  4. Untung beberapa scene yang bolong tertutupi dengan akting Lee Sung-Min yang mumpuni. Btw, saya fokus ke mak up Song Joong-ki yang kek topeng kwkwk. Iya, ya jadi pengin ngeletek lihatnya

    ReplyDelete
  5. Aku udah nonton juga nih, bagus banget. Tiap episodenya bikin geregetan. Sekarang lanjut mau nonton Glory drakor mantan istrinya ahaha

    ReplyDelete
  6. Daku belum pernah nonton dramanya Joong Ki. Entah kenapa kurang gereget aja hehe
    Mungkin dwngan akting yang berbeda nantinya baru tertarik :)

    ReplyDelete
  7. Udah nonton juga bund dan menurutku endingnya masuk akal, walau sebagai penonton ya kuciwaaaa knp karakter penting malah mati haha. Suka liat bertema keluarga konglomerat ini krn jd terpacu juga termotivasi, mikirin gmn caranya duit nih bisa berbuah, diinvestasikan ke mana nih hahahaha

    ReplyDelete
  8. reborn rich ini happening banget yaa beberapa waktu lalu dan saya belum nonton huhuhu, padahal penasaran banget dengan akting lee sung min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daku juga belum nonton kak.
      Padahal di judul artikelnya Ambu ada kata "Bungsu" nya kan membuat daku jadi terpanggil. Eh apaan dah, haha

      Delete
    2. Yups, saya pun pengen nonton film2 rekomedasi dari kak Maria dan Kak Lendy yang masha Allah ulasannya lengkap banget...

      Delete
  9. Drama CEO nih. Kekuasaan yang membangkitkan perang saudara. Berat menurutku. Tapi kalau akting aktif aktornya mumpuni, ya harus tetap wajib ditonton. Jadi penasaran

    ReplyDelete
  10. Yang saya suka dari drakor adalah akting para pemainnya yang natural, sama ending cerita yang suka ada gimmick plot twist. Semoga di Reborn Rich ini saya bisa mendapatkan keduanya. Gak sabar nih pingin nonton... Tunggu habis lebara ya...

    ReplyDelete
  11. Drama yang ini mah penuh pelajaran dunia bisnis ya. Saya malah suka kalau adegan atau kisah percintaannya diminimalkan seperti itu. Haha... Karena emang suka ke inti cerita aja dimana saudara dan satu keturunan darah terus berkonflik

    ReplyDelete
  12. Saya suka banget nonton Reborn Rich ini. Apalagi banyak pemeran di drakor itu sudah saya tonton di beberapa drama lainnya Konfliknya menarik sih, bagaimana perebutan kekuasaan antara adik kakak gitu ya Ambu.

    ReplyDelete
  13. Setahuku waktu scene tarik menarik penawaran perusahaan Soonyang Card dengan Jin Dong-Ki, paman nomor 2 - ini ceritanya mau agak mirip sama Pretty Woman - waktu si CEO ganteng Richard Gere tawar menawar yah...

    ha aku salfok sama make up SOng Jong Ki , coba nanti tak perhatiin lagi hihihi

    ReplyDelete
  14. Ulasan Jang Han-sol sepertinya tepat ya Mbak. Drama ini menjadikan Samsung sebagai ide. Banyak kesamaan yang terjadi. Dan itu menurut saya sangat menginspirasi.

    ReplyDelete
  15. Suka banget deh dengan tema bisnis. Quote2nya khas pebisnis yang kadang dianggap orang ga humanis

    ReplyDelete
  16. ini sih kereeennn bgt.
    banyak yg gagal move on dari drakor ciamik ini yah.

    ReplyDelete
  17. Drama yang seru. Salah satu drama bagus menurut aku. Mana yang mainnya juga Akang Jong Ki. Kayaknya aku mau nonton ulang deh, Ambu. Seru sambil ngabuburit.

    ReplyDelete
  18. ini kalau ibarat buku novel, bikin penasaran dari awal, yang serasa membacanya jadi terhipnotis ingin menuntaskan sampai selesai lembar terakhir. Drakor Reborn rich drakor ini, karakterpenokohannya kuat

    ReplyDelete
  19. Adengan bolong kalau aktornya keren ganteng dimaafkan, endingnya gimana terjawab siapa pembunuhnya kisah 20 tahun lalu?

    ReplyDelete
  20. Apa yang dikatakan Jin Yang-Cheol tentahg bisnis dan keluarga memang relate sekali. Kalau bisnis dengan hitungan keluarga tidak akan pernah mendapatkan keuntungan.

    ReplyDelete
  21. Umm, Song Joong Ki sekarang mainnya drama berat-berat terus ya..
    Abis mas Vinz, skarang cucu konglomerat. Mantap!
    Uda anti-romantic.
    Seneng banget kalo aktor bisa memanjangkan range aktingnya sehingga gak berada di zona nyaman terus.

    ReplyDelete
  22. Jadi inget waktu krismon banyak yang kaya raya mendadak karena pada punya simpanan dollar. Btw walau Joong ki jadi ambassador Scarlett aku tetep aja belum nemu gantengnya dimana wkwk, aduh maaf jadi oot, jujurly belum sama sekali nonton film or drakor yang dibintanginnya. Tapi baca sinopsisnya emang seru juga ceritanya

    ReplyDelete
  23. Drama ini bagus meski banyak yang kecewa dengan endingnya
    Lee Sung Ming masuk nominasi Baeksang award tahun ini
    Bravo haraboji

    ReplyDelete
  24. Aku belum nonton Reborn Rich ini karena lagi ngikutin webtoonya. Seru sekali! Terus takutnya ekspektasiku ketinggian jadinya mau menunggu webtoonnya selesai dulu baru mencoba menonton dramanya.

    ReplyDelete