Now, We Are Breaking Up, Emak Berulah Anak Kena Tulah

       
maria-g-soemitro.com

Now, We Are Breaking Up, Emak Berulah Anak Kena Tulah

Orang yang bilang uang tak dapat membeli kebahagiaan

Adalah orang yang tak tahu harus belanja di mana (Gertrude Stein)

Pernah dengar mitos: perempuan suku Jawa dilarang menikah dengan pria Sunda? Bukan rasis lho. Mereka yang melarang, sangat percaya bahwa trah orang Jawa ‘lebih tua’ dibanding ‘orang Sunda. Mereka takut rumah tangga bakal jomplang dan hancur karena si istri bakal mendominasi.

Almarhum ibunda termasuk golongan ini, demikian pula keluarga besarnya. Sehingga saya menarik kesimpulan bahwa mitos hanya dipercaya golongan bangsawan yang masih memegang teguh tradisi.

Dan saya pilih nurut aja deh. Toh gak punya gebetan urang Sunda yang bikin saya bucin dan tergila-gila. 😀😀

Mungkin mitos ada benernya jika melihat adik saya yang menikahi perempuan Sunda, Adik ipar saya punya karir bagus, gaji gede, tapi selalu respek pada suaminya. Gak bossy dan bertingkah seenaknya pada suami.

Kisah ibu yang melarang hubungan asmara anaknya, muncul dalam drama Korea “Now, We Are Breaking Up”. Ibu tiri Yoon Jae-Guk yang diperankan Jang Ki-Yong, melarang anaknya pacaran dengan Ha Young-Eun (diperankan Song Hye-Kyo).

Alasannya? Karena Ha Young-Eun pernah pacaran dengan kakak Yoon Jae-Guk! 

Aneh banget ya? Di Indonesia malah ada budaya turun ranjang. Jika istri seseorang meninggal, dia diperbolehkan, malah dianjurkan, menikahi adik almarhum istrinya.

Yah lain ladang lain ilalang. Namanya juga drama. Suka-suka penulis scenario aja deh. 😂😂

Baca juga:

Chocolate, Tontonan Rekomendasi Saat Pandemi Covid-19

Oh My Baby, Pilih Anak Atau Suami?

  

maria-g-soemitro.com

Song Hye-Kyo sebagai Ha Young-Eun

Ini adalah majalah Korea yang dicetak dalam bahasa Korea, tapi selalu bersikap kebarat-baratan.

Tanpa rasa bangga akan karya dalam negeri dan promosikan karya dalam negeri.

Hanya karena kami tertinggal, bukan berarti kami kurang berharga

Demikian argument Ha Young-Eun kala menolak wawancara dengan Nouvelle Vague, sebuah majalah internasional. Ha Young-Eun menolak wawancara yang tidak menguntungkan namanya. brand-nya, terlebih negaranya.

Penolakan yang menunjukkan bahwa tidak hanya cantik, Ha Young Eun juga berprinsip dan professional. 

Selain itu, dia juga perempuan lajang di usia yang tidak muda lagi. Sepuluh tahun silam, demi kekasihnya Yoon Soo-Wan, Ha Young-Eun rela mengubur impian, mempunyai brand pakaiannya di Paris, dan ikut pulang ke Korea Selatan. Pengorbanan yang harus dibayar mahal. Yoon Soo-Wan tak menepati janji kencan mereka, bahkan hilang bak ditelan bumi.

Kini, sesudah 10 tahun tanpa seorangpun mengisi hatinya, Ha Young-Eun berkenalan bahkan melakukan one night stand dengan Yoon Jae-Guk. Pemuda yang kemudian mengisi hatinya tersebut ternyata adalah adik Yoon Soo-Wan.

   

maria-g-soemitro.com

Jang Ki-Yong sebagai Yoon Jae-Guk

Yoon Jae-Guk lahir dari hubungan terlarang ayahnya. Namun dia harus bersyukur ibu tiri serta kakak tirinya, Yoon Jae-Guk, memperlakukannya dengan baik.

Bersekolah di Paris, Yoon Jae-Guk terhubung secara aneh dengan Ha Young-Eun. Hasil foto amatirnya dibeli oleh sang gadis. Dia juga yang merancang brand ‘Sono” yang berarti gema, bagi Ha Young Eun.

Namun takdir belum berpihak. Kala itu, kakak Yoon Jae Guk, Yoon Soo-Wan lah yang bertemu dan akhirnya menjalin kasih dengan Ha Young Eun.

Kini, sepuluh tahun kemudian, Yoon Soo-Wan sudah meninggal dalam kecelakaan mobil. Yoon Jae Guk juga sudah menjadi fotografer professional yang sangat dihormati di kalangan internasional. Yoon Jae-Guk bertemu dengan Ha Young Eun dan saling jatuh cinta. 

Haruskah mereka berpisah?

  

maria-g-soemitro.com

Choi Hee-Seo sebagai Director Hwang Chi-Sook

Bagaimana hidup Hwang Chi-Sook tanpa keberadaan sahabatnya, Ha Young Eun? 

Mungkin bakal berantakan. Sebagai anak perempuan satu-satunya dari pemilik grup The One, Hwang Chi-Sook selalu dibantu Ha Young Eun, mulai dari tugasnya sebagai direktur hingga menyelesaikan masalah pacar Hwang Chi-Sook yang gemar selingkuh.

Ayah Hwang Chi-Sook paham akan hal tersebut. Dengan uang yang dimiliki, sang ayah membiayai sekolah mode Ha Young Eun di Paris, sebetulnya sekaligus untuk membantu Hwang Chi-Sook yang payah dalam belajar dan bekerja.

Hingga mereka berada di persimpangan, Mr. J. atau Yoon Jae-Guk yang dijodohkan dengan Hwang Chi-Sook ternyata memilih Ha Young Eun. Dan sayangnya, cinta tak bisa dibayar agar berbelok arah.

   

maria-g-soemitro.com

Park Hyo-Joo sebagai  Jeon Mi-Sook

Jeon Mi-Sook, satu-satunya dari 3 sahabat yang telah menikah dan memiliki anak.

Jeon Mi-Sook selalu merasa hidupnya sangat membosankan. Tak bermakna seperti hidup sahabat-sahabatnya, Ha Young Eun  dan Hwang Chi-Sook. Mereka perempuan karir yang super duper sibuk. Jeon Mi-Sook semakin galau ketika mengetahui suaminya selingkuh.

Tapi yang membuat Jeon Mi-Sook di titik nadir adalah saat dokter mengetok palu, memberi vonis dirinya mengidap kanker stadium lanjut.

Jeon Mi-Sook mengambil keputusan, di akhir hidupnya dia harus berubah. Tak lagi memaksakan hidup ngirit. Dan yang terpenting, dia harus menyiapkan anak semata wayangnya agar bisa hidup tanpa dirinya.

   

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama Now We Are Breaking Up

Aku tidak mengikuti mode

Akulah mode (Coco Chanel)

Sebuah foto tergantung di dinding apartemen Ha Young-Eun. Hasil karya fotografer amatir. Harganya cuma 20 euro, Dibeli Young Eun sewaktu masih kuliah mode di Paris, 10 tahun silam.

Ha Young-Eun  kerap memandangi foto tentang ujung jalan yang lengang, dan basah oleh hujan. Dia bertanya-tanya, adakah sosok di penghujung jalan? Secara aneh, foto monokrom itu juga menemani Ha Young-Eun kala merasa buntu, butuh ide dan inspirasi.

Sepuluh tahun kemudian Ha Young-Eun tak menyadari telah bertemu sang fotografer, malah melakukan one night stand bersamanya. Dia adalah Yoon Jae-Guk, fotografer ternama yang kerap dipanggil sebagai Mr. J. Tidak sembarang orang bisa menjalin kerja sama dengan Mr. J.

Takdir membuat Ha Young-Eun mendapat bantuan dari Yoon Jae-Guk. Tidak sekali tapi berulangkali, sehingga tak terelakkan, benih asmara pun muncul.

Benih asmara yang tidak disukai banyak orang ketika identitas keduanya terbongkar. Yoon Jae-Guk  ternyata adalah adik tiri Yoon Soo-Wan, mantan pacar Ha Young-Eun. Disebut mantan karena selama 10 tahun Yoon Soo-Wan menghilang, dan menggantung status Ha Young Eun.

Yoon Soo-Wan ternyata tewas dalam kecelakaan mobil, tanpa sempat memberitahu Ha Young-Eun. Namun berbeda dengan Ha Young-Eun serta Yoon Jae Guk yang bisa menerima kematian tersebut, orang-orang disekeliling keduanya menunjukkan rasa tidak suka secara terang-terangan.

Mereka adalah mantan pacar Yoon Soo-Wan yang bernama, Shin Yoo-Jung. 

Ya, Yoon Soo-Wan ternyata menduakan Ha Young Eun, dan kini sesudah 10 tahun Yoon Soo Wan tewas, Shin Yoo-Jung yang kebetulan adalah direktur toserba, dengan demonstrative menurunkan baju rancangan Ha Young-Eun. Dengan terang-terangan dia menunjukkan kebencian pada Ha Young Eun.

Namun yang paling menyulitkan mereka adalah ibu kandung Yoon Soo-Wan atau ibu tiri Joon Jae Guk. Tidak sekadar membenci, dia mengancam akan bunuh diri jika sejoli ini nekad berpacaran. Dia juga memprovokasi ibu dari Ha Young-Eun agar menyudahi hubungan dengan Joon Jae Guk.

Tidak hanya urusan cinta, Ha Young-Eun juga dipusingkan urusan rumah tangga ayah ibunya. Sang ibu meminta cerai setelah 40 tahun pernikahan. Alasannya, dia merasa gak dianggap, dia merasa dilecehkan sepanjang pernikahan.

Lelah dengan urusan kerja dan asmara yang begitu rumit, Ha Young-Eun tak bisa meminta tolong pada karibnya, Jeon Mi-Sook dan Hwang Chi-Sook. Selama ini Ha Young-Eun lah yang kerap membantu mereka, bukan sebaliknya.

Terlebih kini Jeon Mi-Sook divonis kanker stadium lanjut, hanya Ha Young-Eun dan Hwang Chi-Sook yang bisa memberi support.

Di tengah kegalauan Joon Jae Guk muncul, mengajaknya untuk melepas semua dan mulai berkarir di Paris. Karir yang pernah diimpikannya 10 tahun silam. Karir yang dulu harus dihempaskan demi menjadi kekasih penurut yang baik hati bagi Yoon Soo-Wan, kakak Joon Jae Guk.

Haruskah dia menerima tawaran tersebut?

   

maria-g-soemitro.com

Review Drama Now We Are Breaking Up

Berpakaianlah seperti akan bertemu musuh terburukmu hari ini (Coco Chanel)

Tidak ada yang spesial dari drama Korea 'Now, We Are Breaking Up'.

Adegan seks di episode awal hanya gimmick agar penonton penasaran dengan episode berikutnya, namun berakhir kecewa karena tidak ada yang spesial.

Penggemar Song Hye-Kyo (seperti saya 😄😄 ) dan penggemar Jang Ki-Yong mungkin akan bersuka ria melihat penampilan aktris dan actor idola yang cantik dan ganteng. Tapi penikmat drama sejati akan mengernyitkan dahi sesudah puzzle kisah menyatu dan berbentuk.

“Hari gini, ada gitu ibu yang melarang anaknya berpacaran dengan mantan pacar kakaknya? 

Lagian sang kakak kan udah meninggal? Ngapain diributin?

Bertambah aneh melihat ibu dari Ha Young-Eun ikut melarang hubungan asmara sang anak. Percayalah, di muka bumi ini tidak ada seorang pun ibu yang tidak risau melihat anaknya beranjak senja tanpa pendamping. 

Terlebih ibu dari Ha Young-Eun mempunyai pendapat yang out the box. Dia mengajukan cerai sesudah mengarungi 40 tahun pernikahan. Alasannya dia merasa dilecehkan, perannya sebagai istri sekaligus ibu, tidak pernah dihargai suaminya.

Perempuan seperti ini seharusnya tidak mudah terprovokasi argument receh seperti yang dimiliki ibu tiri Yoon Jae-Guk. Dia akan mengutamakan kebahagiaan anaknya, bukan kebahagiaan perempuan lain.

Untunglah drama Now, We Are Breaking Up mengupas banyak kisah. Tentang industry fashion, misalnya. Selain harus berurusan dengan plagiat desain dan pemasok bahan baku, sebagai desainer, Ha Young-Eun yang diperankan Song Hye Kyo harus bekerja keras demi fast fashion. Pembeli selalu membutuhkan baju model terbaru untuk melepaskan diri dari tekanan hidup.

(Dari channelnya Korea Reomit, kita bakal tahu bahwa faktanya masyarakat Korsel memang demikian. Mereka bekerja keras demi membeli baju dan tas branded).

Percik masalah yang timbul dari orangtua juga muncul di drama ini. Bukan tentang penolakan ekstrim orangtuanya terhadap pacar Ha Young Eun, melainkan pertengkaran pasangan lanjut usia yang tidak menyelesaikan masalahnya sejak dini.

Namun yang paling co cweet adalah hubungan dengan 2 karibnya, Director Hwang Chi-Sook dan Jeon Mi-Sook yang menderita kanker. Huhuhu sebagai atasan Ha Young-Eun, Director Hwang Chi-Sook bikin emosi, kerjanya cuma dandan menor, bersenang-senang dan menekan Ha Young-Eun. Tapi dia sayang banget kok pada Ha Young-Eun.

Selebihnya adalah quotes yang bertebaran sepanjang episode. Saya suka membaca dan mencatatnya. Diantaranya ini:

Mode selalu ada zamannya

Tapi gaya bertahan selamanya (Ralp Lauren)


maria-g-soemitro.com

Baca juga:

Hometown Cha Cha Cha, Kisah Cinta Basi Pasangan Lesung Pipi

Search: WWW, Tentang 3 Perempuan Perkasa


Profile Drama: Now, We Are Breaking Up


    Drama: Now, We Are Breaking Up (literal title)

    Revised romanization: Jigeum, Heeojineun Joongibmida

    Hangul: 지금, 헤어지는 중입니다

    Director: Lee Gil-Bok

    Writer: Je-In

    Network: SBS

    Episodes: 16

    Release Date: November 12, 2021 - January 7, 2022

    Runtime: Friday & Saturday 22:00-23:10

    Language: Korean

    Country: South Korea


18 comments

  1. Masuk kategori k drama baru ya?November 2021, sepertinya akan banak cerita seru lainnya menanti

    ReplyDelete
  2. Aku sebenarnya kangen sama Song Hae Kyo. Tapi aku belum dapat feel untuk nonton dramanya yang ini. Entahlah.

    Tapi review teman-teman yang nonton sih keren. Apa coba nonton episode 1 dulu kali ya. Biasanya mah kalau suka ya bakal keterusan maraton.

    Lagian udah tamat juga kan ya. Jadi, nggak perlu penasaran dan nunggu seminggu lagi buat tahu kelanjutannya. Hehehehe

    ReplyDelete
  3. Ambu DraKor kali ini gemes-gemes dan gemes ya.Banyak kisahnya seperti ibunya si Ha Young-Eun yang minta cerai setelah 40 tahun pernikahan,kok baru sadar? kelamaan'kan.Gemes banget! Belum lagi si ibu yang keberatan melarang anaknya pacaran sama mantan pacar kakaknya, kalau aku sih sok aja atuh.Namanya pacaran'kan ya cari kecocokan.Ini ibu sepertinya ibu bawel ya

    ReplyDelete
  4. Bagi saya drama Jang kiyong dan Song Hye-kyo ini bikin geregetan. Soalnya secara usia, pekerjaan, dan penghasilan kedua tokoh utamanya sudah mapan. Kalau semisal orang tua tidak setuju, bisa dicoba untuk membuktikan kalau semisal dengan berdua berjuang itu bisa kok bahagia. Kenapa harus memilih berpisah tapi galau. Semisal memilih berpisah demi ibunya ya, sudah move on-lah, hehehe. Cuma tetap suka sama akting semua pemainnya, keren

    ReplyDelete
  5. Iya ya mitos itu kadang ada benarnya juga tapi makin ke sini makin samar sih karena kondisi yang berubah jd mitos orang Jawa begini org Sunda begitu sdh ga terlalu terlihat karena pola asuh berubah seiring dgn pemahaman juga...

    ReplyDelete
  6. Drama Korea bikin aduk aduk perasaan nih. Keren sama akting semua pemain-nya terutama Jang Kiyong dan Song Hye-kyo bikin gregetan

    ReplyDelete
  7. Duuuh... aku kok gak punya sahabat yang bapaknya tajir yaaa, yang bisa nyekolahin ke mana gitu. Aku jadi membayangkan hihihi...
    Btw soal pernikahan, aku beberapa kali menjumpai senior yang udah puluhan tahun menikah malah cerai, sepertinya ada salah satu pihak yang menahan diri. Menunggu anak anaknya dewasa dan mapan, setelah itu baru membahagiakan dirinya sendiri dengan meminta cerai. Duh, semoga kita semua terhindar dari yang demikian...

    ReplyDelete
  8. Saya baru nonton 2 episode awal belum selesai karena terdistract harus menyelesaikan berbagai pekerjaan. Sebagai penggemar Song Hye-kyo, perannya disini steorotype menurut saya. Jadi seorang perempuan yang sukses tapi tidak beruntung dalam hubungan pribadi. Ada berbagai pihak yang melarang hubungannya karena status atau oleh alasan-alasan yang sesungguh tidak masuk diakal. Seperti yang dia perankan dalam drama Encounter.

    Membaca ulasan di atas saya jadi semangat ingin meneruskan nonton drama ini. Meskipun banyak teman yang bilang bahwa conflict yang tidak begitu greget, tapi musti ada yang menarik. Misalnya tentang kehidupan dunia fashion dan kisah hidup dari para peran pendukung.

    ReplyDelete
  9. Akhirnya aku bisa menikmati review Now We Are Breaking Up yang sempat ramai dibicarakan. Aku jadi eungeuh sisi sisi logika dalam hubungan alur cerita yang ternyata kalau diperhatikan mendalam jadi ketemu bolong ceritanya.

    Terima kasih banyak Ambu.

    ReplyDelete
  10. Kalau aku sebagai Ha Young eun, bakal dilema juga sih. Antara bayang-bayang masa lalu kakaknya dengan perasaan cinta dengan sang adik. Wkwk.. Tapi kalau yakin, ya gaskeun. Meski kakak adik, belum tentu perangainya kan sama. Hehe.. Eh jadi pengen nonton langsung deh ini drama. Penasaran euy..

    ReplyDelete
  11. Tambah lagi list tontonan, yaitu Now We Are Breaking Up. Tapi selalunya hanya dicatat, nontonnya tunggu antrian hehehe. makasih reviewnya ambu

    ReplyDelete
  12. Ini udah tamat dramanya kah, Mba? Sejak awal liat trailernya udah niat mau nonton tapi nunggu tamat dulu terus kemudian lupa. Baca ini jadi ingat kembali. Mau nonton ahh kalo udah tamat

    ReplyDelete
  13. wow, setelah menikah selama 40 tahun, lalu mengajukan cerai. Selama puluhan tahun memendam kesal karena merasa tak di anggap sebagai istri. memang mungkin bakal ada yang malah bertanya, kenapa nunggu sampai selama itu, sampai puluhan tahun.

    Tapi yang kayak gini sebenarnya emang banyak sih, di Indonesia apalagi. Kenapa nunggu selama itu, biasanya alasannya adalah anak. Nunggu anak dewasa dan mandiri

    ReplyDelete
  14. wah sering lihat k darama now breaking up ini seliweran di feeds saya. ternyata ceritanya ttg tidak restu nya org tua pada hubungan cinta anaknya. memang sebenrnya bagi perempuan tergantung pada org tua. tpi utk lelaki tergantung yakan kak. penasaran lah.

    ReplyDelete
  15. Saya baru berencana menonton drakor ini Ambu, itu setelah menonton akting Jang Ki-Yong sebagai Guminho berusia hampir 1000 tahun. Hanya sebuah kebiasaan menonton, jika kepala sempat bertanya2 dengan seorang aktor lewat karakter yg dimainkannya, biasanya lanjut mencari film atau drama lain yg dimainkan. Penasaran melihat aktingnya dengan karakter lain. Membaca review ini, semakin yakin sebagai list tontonan ini.

    ReplyDelete
  16. Jadi dirimu lebih suka bagian persahabatannya dari drakor ini, ya. Sayang banget kalau alur utamanya justru kurang mencuri hati.

    ReplyDelete
  17. Aku nonton ini tapi ga sampai habis. Cuma sampai ep 13 habis itu males banget Uda ga seru lagi. Padahal aku suka banget sama Hye Kyo dan Jang ki yong. Awalnya aku kira., Ini bakalan seru banget. Tapi tetep di lihat karena ada fashion nya wkwkkwkw

    ReplyDelete
  18. Kalau drakor nih harus lihat cerita awalnya baru saya paham heheh kalau baca sinopsis drakor ini mengingatkan saya atas persoalan sepupu yang lama berumah tangga eh memutuskan berpisah ga ada angin ga ada hujan alasannya juga ga jelas lieur deh hehehe

    ReplyDelete