Why Her? (Drama Korea), Karena Hanya Noona yang Percaya!

        

review drama korea

Why Her? (Drama Korea), Karena Hanya Noona yang Percaya!


Percayakah  Putri Candrawathi (PC) mengalami pelecehan seksual?

Hehehe, masih tentang kasus pembunuhan Brigadir J nih, yang merambah kemana-mana, dan berakhir blunder, bahkan terasa konyol. 

Gara-gara salah ngambil keputusan, sang jendral bintang dua, Ferdy Sambo (FS) yang ingin menjaga marwah keluarga, setelah mendengar istrinya, PC dilecehkan ajudannya, FS nekad memindahkan TKP (tempat kejadian perkara) dari Magelang ke Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan.

TKP pelecehan seksual pun berubah menjadi TKP pembunuhan. Tak mau mengotori tangannya dengan darah, FS memerintah Bharada E, ajudan FS dengan pangkat terendah, untuk menghabisi Yosua (Brigadir J)

Akibatnya? Tak ada yang percaya! Tak ada yang percaya skenario FS bahwa terjadi baku tembak setelah Yosua melecehkan PC. Bagaimana mungkin seorang ajudan berani melecehkan istri atasannya? Pemilihan waktunya gak masuk akal, hanya beberapa menit  sepulang dari bepergian.

Kondisinya juga di luar nalar. Sang jendral ada di dalam kota. Di rumah ada anak-anak, beberapa ajudan lain serta sederet pembantu rumah tangga yang bisa menggagalkan rencana Yoshua.

Beda halnya dengan TKP Magelang. PC hanya sendirian. Selain Yosua, cuma ada 2 ajudan dan 2 pembantu. 

Oh, jadi percaya PC alami pelecehan seksual?

Yup saya percaya. Kondisi dan pemicunya cocok. Yosua salah menafsirkan kebaikan-kebaikan PC sebagai tanda cinta atau semacamnya, sehingga dia berusaha meniduri PC. 

Instruksi FS agar istrinya pulang dengan kawalan patwal juga mengindikasikan ada hal yang gak beres, karena sebelumnya PC gak pernah bepergian dengan kawalan patwal.

Hal yang perlu digaris bawahi adalah: "FS tuh seorang jendral, bukan orang bodoh! Kecil kemungkinan dia membunuh gara-gara punya gendakan perempuan cantik dan membekingin judi. Beda halnya dengan kehormatan keluarga. Siapapun gelap mata!"

Dan FS punya kekuasaan itu, membela marwah keluarga dengan cara primitif, yaitu: Membunuh!

Bisa dibayangkan betapa pedihnya hati PC. Gara-gara ulah suami yang salah mengambil keputusan, posisinya sebagai korban, berubah menjadi pelaku kejahatan! Tambah pedih ketika pengacara keluarga Yosua menuduh justru PC lah yang kecentilan merayu Yosua! Duh!

Betapa mahalnya kepercayaan, dan betapa korban membutuhkan ‘dipercaya’ menjadi penyebab keterikatan batin Gong Chan pada seorang noona dalam drama Korea “Why Her?”

Noona yang menjadi pengacaranya, dan dikemudian hari menjadi dosennya, berhasil mengukir jurnal syukur Gong Chan dalam bentuk rasa. Sensasi rasa yang di kemudian hari berubah menjadi  cinta pada sang  pujaan hati.

Baca juga:
The Devil Judge, Mahalnya Harga Keadilan!

Diary of Prosecutor, Karena Jaksa Juga Manusia

    
review drama Korea

Seo Hyun-Jin sebagai Oh Soo-Jae

Oh Soo-Jae anak perempuan satu-satunya keluarga Oh. Pasca kematian ayahnya, dia harus berjuang memenuhi kebutuhan finansial, tidak hanya untuk dirinya tapi juga ibu dan kedua kakak lelakinya.

Dia berhasil. Karir Oh Soo Jae merangkak dari pekerja magang di TK  Law Firm menjadi  calon mitra. 

Tidak mudah, jalannya berliku dan terjal. Oh Soo Jae harus merasakan kepahitan tergelincir dalam rayuan hidung belang Choi Joo-Wan, anak sulung pemimpin TK Law Firm hingga hamil, dan dicampakkan.

Keterpurukan membuat Oh Soo Jae bangkit. Dia bertekad memegang kekuasaan. Tanpa tahu Choi Tae-Guk, pimpinannya di TK Law Firm menggenggam senjata pamungkas: “Kenyataan bahwa dia memiliki anak. Anaknya masih hidup dan dia mengenalnya!”

  

review drama Korea

Hwang In-Yeop sebagai Gong Chan

Aku tak peduli
Jika dia harus menyerah denganku demi menyelamatkan keluarganya
Dia membuat keputusan yang tepat karena akupun akan melakukannya
Professor Oh satu-satunya yang mempercayaiku
Kala seluruh dunia menganggap aku pelaku pembunuhan
Bahkan ayahku tidak mempercayaiku

Demikian jawaban Kim Dong Gu sewaktu diberitahu bahwa 10 tahun lalu, dia dijebloskan ke belakang terali besi akibat kelemahan pengacaranya, Oh Soo-Jae. Sang pengacara lebih  memilih keluarganya yang tengah ditahan, dibanding memenangkan perkara.

Sebagai orang miskin, Kim Dong Gu tahu, sangat sulit memenangkan perkara. Dia diketemukan terbaring di samping jasad adik tirinya. Terdapat sidik jarinya pada senjata pembunuh. Sehingga rasanya hanya keajaiban yang bisa membantunya.

Buat Kim Dong Gu, cukuplah Oh Soo Jae mempercayai bahwa bukan dia pembunuh adiknya. Terlebih 3 tahun kemudian ada yang mengaku sebagai pembunuh asli adik tirinya.

Anehnya, si pembunuh mati saat hendak menghirup udara kebebasan. Membuat Kim Dong Gu yakin bahwa hidupnya dihancurkan oleh tangan orang yang berkuasa. Sehingga Kim Dong Gu yang mengubah namanya menjadi Gong Chan, bertekad  menjadi ahli hukum untuk menemukan pembunuh adik tirinya.

 

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama Korea: Why Her?

Pelan tapi pasti, negara dikuasai 3 orang, yaitu Choi Tae-Guk pemilik TK Law Firm yang menguasai dunia peradilan. Han Sung-Beom, konglomerat yang menguasai proyek-proyek strategis negara. Serta anggota DPR Lee In-Soo, yang sedang berancang-ancang merebut kursi presiden dan melenggang masuk Rumah Biru, 

Tentu saja perjalanan ketiganya tidak mudah. Berbagai halangan menghadang, yang diatasi dengan berbagai macam cara licik, termasuk melakukan tindakan illegal. 

Salah satunya ketika sepuluh tahun silam, ketiga anak mereka melakukan perbuatan keji. Yaitu bermabuk-mabukan dan merudapaksa seorang gadis. Seolah tak cukup, ketiganya membunuh gadis lain yang menyaksikan tingkah mereka mengejar korban.
Berkat kekuasaan, jejaring dan algojo yang dimiliki Choi Tae-Guk, kasus ditutup dengan mulus.

Sebagai pemilik TK Law Firm, Choi Tae-Guk memiliki ratusan lawyer, namun hanya satu yang menonjol. Dia adalah Oh Soo-Jae, pengacara yang pernah dikorbankan kala terjadi pembunuhan 10 tahun silam.

Berkat kegigihannya, Oh Soo-Jae berhasil menjadi kandidat mitra TK Law Firm.  Naas,  menjelang pengukuhannya, seorang gadis tewas dan jatuh dari ketinggian gedung kantor, tepat di depan matanya. Oh Soo-Jae dituduh sebagai pelaku karena tersiar video pertemuannya dengan sang gadis.

Oh Soo-Jae terpaksa mengubur impiannya menjadi mitra, dan menuruti perintah Choi Tae-Guk menjadi dosen Seojung University Law School. Tempat dia bertemu dengan Kim Dong Gu yang telah berganti nama menjadi Gong Chan. Sosok yang mengingatkannya pada kejadian memalukan: “Sebagai pengacara yunior, dia kalah perkara!”

    

maria-g-soemitro.com


Review Drama Korea:  Why Her?

Apa kelebihan drama Korea ‘Why Her?’

Mmm…….kayanya gak ada deh…… 😀😀

Anehnya drama Korea berjudul ‘Why Her?’ atau ‘Why Oh Soo-Jae?’ ini berhasil menyabet rating 6 persen di episode pertama dan kisaran 11 persen di akhir periode. Padahal ide ceritanya udah usang, tentang intrik keluarga berlatar dunia hukum.

Kemungkinan  besar orang Korea sangat suka ide kisah si gadis miskin yang termarjinalkan, dijadikan bulan-bulanan, namun kemudian sanggup bangkit menjadi orang nomor satu, serta mengalahkan komplotan yang pernah menjungkir-balikan hidupnya..

Pemeran utama, Seo Hyun-Jin bukan aktris spesial, dia bisa saja diganti oleh Song Hye-Kyo, Moon Chae-Won, Kong Hyo-Jin atau ratu romcom lainnya. Dunia K-drama dipenuhi banyak aktris dengan akting memukau yang dibuktikan dengan deretan penghargaan yang berhasil mereka raih.

Beberapa adegan dalam drama Korea ‘Why Her?’  terkesan dipaksakan, seperti ketika Park So-Young, perempuan simpanan Choi Tae-Guk mengancam bunuh diri. Dia memanjat batas pengaman sehingga dengan mudah didorong jatuh. Mungkin ingin memberi efek dramatis, mayat Park So-Young jatuh ketika Oh Soo-Jae (Seo Hyun-Jin) melintas pulang.

Hal lain yang dipertanyakan adalah penentuan 2 pemeran Gong Chan, sewaktu remaja (SMA) dan masih bernama Kim Dong Gu diperankan Lee Yoo-Jin. Sepuluh tahun kemudian, atau masa kuliah, Kim Dong Gu yang berubah nama menjadi Gong Chan diperankan Hwang In-Yeop, tanpa penjelasan apakah dulu pernah operasi plastik atau tidak.

Pertanyaan tersebut muncul karena peran-peran lain dibawakan aktor dan aktris yang sama. Walaupun kelahiran 1991, Hwang In-Yeop kan masih pantes berperan sebagai anak SMA. Bisa dilihat dalam penampilannya di drama Korea True Beauty (2020-2021).

Masa sih gak ada nilai plus drama Korea ‘Why Her?’ 

Ada dong. Berasal dari aktor-aktor senior yang mendapat peran antagonis, dan yang paling menonjol adalah Heo Jun-Ho yang memerankan Choi Tae-Guk. Aktingnya sangat mumpuni. Perannya  sebagai Yoon Hee-Jae, seorang pembunuh berantai dalam drama Korea “Come and Hug Me” tak terlupakan hingga kini.

   

review drama korea

Tapi… ini soal selera ya? Penilaian saya seperti di atas. Penilaian orang lain bisa berbeda. Rating 11 persen yang berhasil diraup drama Korea Why Her? membuktikan drama ini bukan karya ecek-ecek.

Baca juga:
True Beauty, Ada Apa Dengan Wajah Jelek?

5 Alasan Mengapa Wajib Nonton "Come and Hug Me"

Profile

    Drama: Why Her? (English title) / Why Oh Soo-Jae? (literal title)
    Revised romanization: Wae Ohsoojaeinga
    Hangul: 왜 오수재인가
    Director: Park Soo-Jin
    Writer: Kim Ji-Eun
    Network: SBS
    Episodes: 16
    Release Date: June 3 - July 23, 2022
    Runtime: Friday & Saturday 22:00-23:10
    Language: Korean
    Country: South Korea

26 comments

  1. Rating 11 persen ini termasak tinggi, Ambu. Kalau di Korea agak susah naik rating biarpun yang main artis ternama. Kalau ceritanya biasa aja, ya kemungkinan rating bisa turun drastis. Mungkin karena drama tema hukum lagi banyak yang suka ya, jadi makin rame aja. Hehe

    ReplyDelete
  2. Aku belum nonton ini. Tapi melihat beberapa cuplikan yang tersebar di tiktok rasanya aku penasaran
    Apalagi aku suka tema drama korea yang begini. Tentang hukum atau detektif-detektifan. Udah tamat belum ya. Kalau udah, biar aku mau nonton maraton. Ehehehe

    ReplyDelete
  3. Jujur saya sulit percaya Ambu kalau si PC mengalami pelecehan seksual dari B J.
    Namun nggak tahu juga sih ya, karena hanya Tuhan dan B J dan beberapa yang tahu tapi mungkin takut mengungkapkan kebenaran yang tahu, hehehehe.

    Yang nggak masuk akal itu adalah, bagaimana bisa seorang jendral membunuh orang yang melecehlkan istrinya melalui pembunuhan berencana, ampun deh.

    Mana dibunuhnya di rumah pulak, kenapa nggak nyuruh para bawahannya aja pakai taktik kayak orba dulu.

    Ah sudahlah, saya kemaren sempat melihat tayangan di medsos tentang ART si Susi bersaksi, baru liat beberapa menit, kepala saya pusing Ambu, wakakakak.
    Kebayang dah para hakim dan jaksa di sana yang nanya si Susi itu, wakakakkaka

    Btw kayaknya drakor Why Her ini temannya lumayan berat ya, saingan ama kasus Sambo :D

    ReplyDelete
  4. Kaget waktu Ambu bilang kelebihannya ga ada tapi kok disukai hihi..memang sebuah tema yang diangkat dan masyarakat klik dan merasa relate dengannya bakal mendongkrak rating ya. Seperti kisah Why Her yang menangkat kisah gadis miskin yang termarjinalkan ini. Apalagi dituntang akting artis senior yang mumpuni. Tertolong deh jadinya...

    ReplyDelete
  5. Makin seru ya mbak mengikuti kasusnya Sambo ini.

    Drakor Why Her, walau menurut mbak Maria nggak ada yang istimewa, tapi nyatanya menarik minat banyak orang untuk menontonnya. Kisah "sinetron" banget ya mbak, gadis miskin yang "tersingkirkan" lalu akhirnya bisa bangkit dan jadi orang kaya/sukses

    ReplyDelete
  6. Tadi pagi lagi ngomongin Sambo juga. Pelecehan seksual memang kasus yg sulit ya, apalagi kalau nggak ada saksi mata. Tapi aku nggak mau berpihak sih. Soalnya kalau ngomongin judi, ya bisa aja. I don't trust the police, apparently. Semoga kebenaran yg menang :)

    ReplyDelete
  7. Drama Korea selalu tegas mengisahkan orang nomor 1 sampai sekian dengan segala powernya. Mungkin semacam kritik sosial di sana, ya. Bahwa negara dipegang segelintir orang. Mereka yang di bawahnya harus bisa tegar dan merangkak naik untuk bertahan.

    ReplyDelete
  8. Wah drama terbarunya Seo Hyun-Jin ya..
    Sepertinya seru juga ini.
    Apalagi daku baru kelar nonton filmnya tadi, jadi mau coba ceki-ceki ah dramanya ini di layanan streaming

    ReplyDelete
  9. Aku nonton drama ini Ambu
    Aku suka dengan sosok oh Soo jae
    Pengacara andalan kantor hukum TK
    Ajaibnya dia hanya lulusan SMA ya
    Meski endingnya kurang suka

    ReplyDelete
  10. Akutu agak mempertanyakan karakter Seo Hyun-Jin di sini, Ambu..
    Aku tau sih, dia penuh percaya diri dan jadi terpuruk karena kasus awal yang bikin trauma. Tapi menurutku bisa jadi mengubah seluruh karakternya tuh rasanya konsistensi sang penulis agak aku pertanyakan.

    Terlepas dari itu, aku salut totalitas Seo Hyun-Jin yang jadi super kuruuuss banget yaa.. Baju elekhan apapun yang dipake, jadi keliatan cantik di badan rampingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bagian itu juga yang jadi daya tarik banyak penonton, body goals. Karena bisa jadi inspirasi yang ingin punya tubuh ideal.

      Delete
    2. Bisa jadi sih yaa..
      Hehhe, bisa jadi karena aku belum menonton keseluruhan eps dari Why Her ini. Cuuss lanjut nonton case per-case dan menemukan jawaban siapa dalang dibalik pembunuhan pada eps 1 sampe bisa kelempar di hadapan sang pengacara. Huhu...

      Delete
  11. aku agak gimana waktu mau nonton drama ini, Ambu. Males aja dengan perbedaan umur yang terlalu jauh. hhahhaa *sungguh gak obyektif.

    Padahal sebelumnya udah nandain mau nonton dramanya Hwang In Yeop selain True Beauty, eh dia malah ambil drama hukum, drama yg gak mungkin ditonton karena bukan genreku. >.<

    ReplyDelete
  12. Hyaaa cerita pembukanya langsung seketika on mbak. Ehh ikutan nimbrung juga kasus ini
    Tapi kalau ngomongin drama hukum di Why Her ,sepertinya belum siap utk yg tema berat gini deh wkkwk
    Meski begitu, karena ada Hwang In-Yeop, ga ada salahnya untuk tahu cem mana jalan cerita langsungnya Drama Why Her ini deh

    ReplyDelete
  13. Korea memang tak pernah habis menggali ide cerita drama ya,,, dari yang romatis hingga fantasi. Semua ada, tinggal pilih genre. BAca review Ambu, saya jadi penasaran pingin nonton filmnya, walaupun saya bukan penggemar drakor

    ReplyDelete
  14. Aku belum nonton drakor ini ambu, genre model gini soalnya aku kurang suka. Lebih suka drakor ringan komedi, bucin dan gak banyak pikiran. Ahaha.

    ReplyDelete
  15. Drama pelecehan PC di dunia nyata, hanya mereka yang tau yg sebenarnya. Gak begitu mengikuti.
    Drama Korea Why Her, belum nonton, kalau menurut Ambu B aja kalau gak ditolong akting aktor senior, sepertinya nontonnya nanti2 aja. Tapi penasaran, hehehe.

    ReplyDelete
  16. Bener bnget mba... Nonton drama ini gàk Ada gregetnya ya cuma memang latar belakang kisahnya yg menarik.
    Oh Soo-Jae gadis miskin yg termarjinalkan, kemudian mampu bangkit menjadi orang nomor satu, Suka Juga tuh yg jadi org jahat keren aktingnya.

    ReplyDelete
  17. Salut sama sosok Oh Soo Jae, tidak lantas terpuruk karena kejadian buruk yang menimpanya, justru malah dijadikan pemicu untuk bangkit dan menunjukkan kemampuan dirinya

    ReplyDelete
  18. Wah, baru tahu pemeran prianya Hwang In Yeop. Jadi inget terakhir nonton dia di True Beauty. Saya inget sih nonton Why Her ini di episode awal, cuman belum dilanjutin lagi. Kauanya baru part 1 deh.

    ReplyDelete
  19. Wah drakor memang adaaaa aja ide cerita dan bahan bakar konfliknya
    Kyknya kapan² aku pantengin nih.
    Mayan buat isi waktu gabut

    ReplyDelete
  20. Nonton ini belum sama sekali, kemarin nonton Curtain Call. Tapi pad aintinya senang dengan drakor karena banyak antara satu film dengan yang lain ceritanya selalu memberikan kesan.

    ReplyDelete
  21. Drama tentang hukum memang gak semua pada suka, tapi kalau diikuti bakalan bikin nagih karena penasaran endingnya, apalagi drakor masih ketolong sama wajah-wajah yang enak dipandang hehe

    ReplyDelete
  22. Saya tidak terlalu mengikuti kasus Brigadir J, FS dan PC. Dan membaca opini Ambu, saya jadi melihat sisi sebaliknya yang mungkin saja terjadi, mengingat media dan semua mengira hal yang tak sama.
    Seperti juga drama Korea Why Her yang bukan drama ecek-ecek kalau dilihat dari rating-nya

    ReplyDelete
  23. Aku nonton drama Korea Why Her ini Ambu
    Nonton sampai tamat
    Suka dengan karakter Soo Jae
    Perempuan pintar dan tangguh

    ReplyDelete