Please Feel at Ease Mr. Ling, Kisah Cinderella dalam Kesetaraan Gender

    
maria-g-soemitro.com

Please Feel at Ease Mr. Ling (Drama Cina), Kisah Cinderella dalam Kesetaraan Gender


Apa beda drama Cina dan drama Korea, khususnya drama yang bergenre komedi romantis? Banyak sih ya, drama Korea lebih variatif dan gak ada pesan khusus yang diusung pemeran utama perempuan.

Beda halnya dengan drama Cina. Umumnya mengusung kesetaraan gender. Pemeran utama perempuan sedang mengejar karir yang sangat dibanggakan, seperti novelis, dokter, sampai  jendral yang maju ke gelanggang perang.

Termasuk andai “hanya” bekerja sebagai admin perusahaan, seperti Xue Shan Shan (Zhao Liying) dalam drama Cina “Boss & Me” menunjukkan harga dirinya dengan menolak bantuan Feng Teng, kekasihnya, seorang CEO perusahaan tempat dia bekerja, untuk membayar utang keluarganya.

Saking banyaknya drama Cina yang berkisah tentang kesetaraan gender ini, saya pernah berniat merangkumnya dalam satu blog post. Sayang tertunda. Semoga bisa segera terlaksana ya? 😊🙈

Drama China “Please Feel at Ease Mr. Ling’ juga mengusung kesetaraan gender. Gu An Xin yang diperankan Zhao Lu Si merintis karir sebagai pembuat webtoon. Ketika akhirnya Gu An Xin berpacaran dengan CEO New Way, dia tetap memberi batasan finansial. Memberi ya memberi, tapi utang harus dibayar, begitulah prinsip Gu An Xin.

Drama China “Please Feel at Ease Mr. Ling’ mendapat rating 8,0 di mydramalist, mungkin karena dibintangi Zhao Lu Si, aktris Cina papan atas yang berhasil menyabet banyak penghargaan, baik dalam maupun luar negeri, salah satunya penghargaan di the Asia Star Award at the Seoul 16th International TV Festival untuk aktingnya sebagai Princess Li Leyan di drama China “The Long Ballad”.

Sedangkan tandemnya, aktor Liu Te, walau tidak secemerlang Zhao Lu Si, namun beberapa kali didapuk sebagai pemeran utama, cukup membuktikan bahwa aktor ganteng ini gak hanya jual tampang, namun juga mampu mengimbangi kekuatan akting pemeran utama perempuan.

Baca juga:
Dating in the Kitchen, Saat Paman Jatuh Cinta Pada Keponakan

Boss & Me, Ribetnya Pacaran dengan Cinderella

   

maria-g-soemitro.com

Zhao Lu Si sebagai Gu An Xin

Berperangai hangat dan baik hati, kisah hidup Gu An Xin mirip Cinderella. Dia terusir dari rumahnya sendiri.  Biangkeroknya adalah Yang Hong, janda 2 anak yang menikah dengan ayah kandung Gu An Xin.

Dengan kejam, Yang Hong mengganti data DNA sehingga sang ayah, Yuan Chao pemilik grup Gushi, meragukan DNA anak kandungnya sendiri.

Gak berhenti sampai di situ, Yang Hong memanipulasi kejahatan anak perempuannya Gu Xin Er terhadap Yu Guo, hingga Gu An Xin menjadi tertuduh atas cacat yang diderita Yu Guo.

Dibenci sang ayah, Gu An Xin berjuang seorang diri agar bisa menjadi pembuat webtoon ternama. Untuk membiayai kehidupan sehari-hari, dia bekerja sebagai kurir. 

Tatkala pulang dari kerja lembur, dia menyelamatkan seorang pria dari kecelakaan. Pria tersebut adalah CEO New Way Bernama Ling Yue. Karena nyawanya dalam bahaya, dia mengaku bernama Xiao Ba. 

Untuk sementara waktu, Ling Yue bersembunyi di rumah Gu An Xin agar bisa membongkar kedok komplotan yang menyebabkan dia dan mobilnya masuk jurang.
  

maria-g-soemitro.com

Liu Te sebagai  Ling Yue / Xiao Ba

Arogan, dingin, tak pernah tersenyum bahkan sering kejam pada anak buahnya, Ling Yue merupakan anak angkat Ling Tian, pemilik Lingshi Group. Beruntung, sebagai anak kedua, ayahnya memperlakukan anak-anaknya dengan adil.

Ling Fang si anak sulung mendapat Fangyu Construction. Si anak bungsu, Ling Sheng mendapat Sengshi Entertainment. Sedangkan Ling Yue menjadi CEO New Way, perusahaan IT yang sedang mengembangkan industry 5 G.

Walau permukaan nampak tenang, di dalam penuh gejolak. Ling Fang berambisi menjadi penerus ayahnya, CEO Lingshi Group. Namun bukan berarti Ling Fang sosok yang kejam. Dia marah ketika ada yang membully Ling Yue:

“Hanya aku yang boleh merundung adikku,” kata Ling Fang.

Selain mendapat dukungan penuh dari kakaknya, Ling Yue juga mendapat support dari kakasihnya, Gu An Xin.

 

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama China Please Feel at Ease Mr. Ling

Kamu telah membuat tangga, yang mengirimku langsung ke puncak
Kamu telah mengabaikan semua usahaku
Kamu lupa, semakin tinggi aku terbang, semakin keras aku jatuh
Demikian kata Gu An Xin pada kekasihnya, Ling Yue, dengan penuh kemarahan. 

Walau terlahir sebagai anak konglomerat, pemilik Gushi Group, Gu An Xin rela bekerja sebagai kurir di siang hari, dan membuat webtoon di malam hari. Sayang, hasil karyanya tak kunjung menuai sukses. Penikmatnya sangat sedikit.

Hingga akhirnya muncul tawaran pekerjaan di Zhaoshi Culture, perusahaan yang membawahi pekerja kreatif di bidang webtoon. Gu An Xin melamar dan diterima, hasil karyanya mendulang sukses besar, dan mampu meraih peringkat pertama.

Ternyata semua hasil akal-akalan Ling Yue. Dialah yang memasukkan Gu An Xin ke Zhaoshi Culture. Dengan uangnya pula,  Ling Yue membuat karya kekasihnya berada di peringkat pertama. 

Tentu saja Gu An Xin  marah besar. Niat baik Ling Yue berbalik menjadi boomerang, malah melukai harga diri Gu An Xin.

Namun, pasangan kekasih ini tak bisa berlama-lama bertengkar. Banyak hal penting yang harus mereka hadapi bersama. Mulai dari serangan licik Gu Xin Er, kakak tiri Gu An Xin yang bersikukuh mendapatkan cinta Ling Yue.

Hingga serangan pada bisnis yang ditekuni Ling Yue , yaitu New Way. Gu Yuan Chao, pemilik Gushi Group atau ayah kandung Gu An Xin berambisi menjatuhkan dan menguasai New Way.

Serangan tak terduga lainnya justru muncul dari Ling Sheng. Bekerja sama dengan ibu tiri Gu An Xin, adik bungsu Ling Yue tersebut berulangkali menggunakan cara licik untuk menguasai saham Lingshi Group. Tujuannya mendapatkan cinta Gu Xin Er yang tengah tergila-gila pada Ling Yue.
 

maria-g-soemitro.com

Review  Drama China Please Feel at Ease Mr. Ling

Penuh adegan kocak dan romantic, drama China ‘Please Feel at Ease Mr. Ling’ memberi pesan kuat:  Beruntungnya Gu An Xin, punya kekasih idaman seperti Ling Yue! Gak hanya bertubuh tinggi, ganteng, kaya raya, juga setia dan perhatian banget!

Bayangin Ling Yue mau-maunya nungguin si pacar lembur hingga dini hari! Padahal dikisahkan Ling Yue adalah seorang CEO perusahaan IT yang pastinya sibuk banget.

Keunggulan drama China ‘Please Feel at Ease Mr. Ling’ memang terletak dalam kisah kasih Ling Yue - Gu An Xin yang bak bunga berwarna-warni, beraroma harum, mendominasi keseluruhan kisah.

Zhao Lu Si sebagai Gu An Xin gak pernah gagal berperan sebagai kekasih yang manis dan bikin pasangannya bucin bukan kepayang. Siapa pun pasangannya, Zhao Lu Si selalu sukses menyajikan akting dengan chemistry yang bikin meleleh.

Selebihnya, enggak banget! Walau dibuat berdasarkan the web novel "I Accidentally Picked Up a President" (一不小心捡到个总裁) by Chun Feng Yi Du (纯风一度), drama China ‘Please Feel at Ease Mr. Ling’ gagal menyajikan kisah yang nyaman ditonton.

Mungkin maunya bikin penasaran penonton, tapi malah jadi menyebalkan. Seperti kisah Gu An Xin yang diseblok air oleh Yu Guo saat menghadiri pesta ulang tahun ayahnya. Penonton tidak mendapat penjelasan: Siapa sih Yu Guo? Kok bisa leluasa masuk pesta kelas atas?

Di akhir drama barulah semuanya terkuak, tapi malesin banget ya? Rangkaian kisah jadi terasa berlubang-lubang, enggak runut dan bikin gak nyaman.

Selain rangkaian kisah yang bolong-bolong, detail kostum pemain kerap terabaikan. Seperti baju Gu Xin Er (lengkap dengan tas dan anting Chanel) yang itu-itu aja. Sementara dikisahkan Gu Xin Er adalah anak orang kaya raya, pemilik Gushi Group.

Akting second lead yang payah menambah deretan nilai minus. Beruntung drama China ‘Please Feel at Ease Mr. Ling’ didukung music yang mengingatkan pada ost drama Taiwan “Meteor Graden”-nya Jerry Yan (Dao Ming Shi).

Serta pastinya kecemerlangan pasangan Zhao Lu Si (Gu An Xin) dan Liu Te (Yue / Xiao Ba) yang memberi cahaya hangat dan rona ceria di sepanjang drama. Bikin penonton terbius hingga episode akhir.

Baca juga:
Love Like the Galaxy, Kala Cinta Harus Memilih

Sweet Teeth, Kisah Cinta si Gadis Gingsul

 

Profile
Drama: Please Feel at Ease Mr. Ling
Native Title: 一不小心捡到爱
Also Known As: I Accidentally Found Love , I Accidentally Picked Up Love , You Succeeded in Attracting My Attention , Yi Bu Xiao Xin Jian Dao Ai , Yat Bat Siu Sam Gim Dou Ngoi , 一不小心撿到愛
Director: Zhong Qing
Screenwriter: Dai Qi, Daisy Yan
Genres: Comedy, Romance, Drama
Country: China
Episodes: 24
Aired: May 20, 2021 - Jun 9, 2021
Aired On: Wednesday
Original Network: Youku
Duration: 45 min.


15 comments

  1. Penuh kisah kasih kocak dan romantis meski ada bolongnya cukup menghibur sepertinya 'Please Feel At Ease Mr. Ling' ini..
    Oia, ditunggu rangkuman blogpost tentang drama Cina yang banyak mengusung tema Kesetaraan gender ya, Ambu

    ReplyDelete
  2. Pemainnya cantik ganteng ya Ambu. Kalau alur cerita kek gini emang kadang bikin nggak ngantuk, soalnya bikin penonton mikir.
    Tapi kalau yang pengen nonton drama biar santai gitu, malah bikin sebel nontonnya ya hahaha

    ReplyDelete
  3. Ada adegan kocaknya bakal menghibur nih buat disimak ya?

    Apalagi juga karakter para pemainnya bikin tambah menarik

    ReplyDelete
  4. Genrenya romcom sepertinya emang seru yaa Ambu..
    Drama cina sering aku liat beberapa cuplikannya di tiktok

    Belum pernah nonton full coba masukin ini ke list tonton nanti ahh...

    ReplyDelete
  5. Klo liat posternya aja sepertinya aku masih belum bisa bedain drakor atau drama china. Kecuali yg pemainnya bener2 udah terkenal, hehehhe. Sayang yaa masalah wardrobe krg OK, pdahal penting bgt yaa

    ReplyDelete
  6. Beberapa waktu lalu sempat baca ulasan ringkas draCin ini di IGS seorang selebgram, jd pengen nonton tp setelah baca lebih detil ulasan ambu, kayaknya saya jadi skip hehe.. Maklum waktu buat nonton makin minim. Makasih ulasannya ambu.. Ditunggu rangkuman draCin yg girl powernya kerasa banget buat referensi nonton berikutnya

    ReplyDelete
  7. iya, sih, Kalau jalan ceritanya bolong-bolong gitu malah jadi suka bikin mikir dan gregetan. Tapi, untung aja sisi plusnya bisa bikin betah nonton sampai akhir, ya

    ReplyDelete
  8. Saya itu suka banget nonton drama kalau pemeran wanitanya punya karakter yang "superior", nggak mudah ditindas gitu. Dan sepertinya drachin Please Feel at Ease Mr. Ling ini wajib masuk watching list deh. Btw kalau drachin gini lebih prefer nonton pakai aplikasi apa ya, Ambu?

    ReplyDelete
  9. Cinta, perebutan kekuasaan dan kekayaan, sering banget jadi topik hangat untuk sebuah drama ya Mbak. Bonus nya lagi ada aspek kesetaraan gender. Olahan tokohnya jadi lebih asik dan menantang buat kita tonton.

    ReplyDelete
  10. Drama China sepertinya kalah populer ya sama drama Korea tetapi sekalinya dapat selalu kasih value yg bagus buat penontonnya. Drama China favoritku.when we were young tapi Drakor Feel at Ease bisa juga nih di buat list. Thank ya sudah share

    ReplyDelete
  11. Iya ya, isu kesetaraan gender kadang kurang diangkat dalam drama Korea
    Hebat sineas cina, bisa mengangkat isu berat menjadi cerita menarik

    ReplyDelete
  12. Wah Cinderella versi china ya. Penasaran sama filmnya. Dr sinopsisnya kelihatan kalau filmnya unik dan gemesin. Aiiih...

    ReplyDelete
  13. Pemain drama Please Feel at Ease Mr. Ling cakep dan cantik, hehehe. Rasanya bisa auto bahagia plus tersenyum hangat ketika drama romcom yang ditonton sesuai ekspektasi.

    ReplyDelete
  14. Yups, betul ambu. Drachin itu buanyakkkk pesan moralnya, dan umumnya tentang kesetaraan gender. tim kreatifnya juga lebih piawai memilih berbagai profesi dan mengeksplornya begitu detail. Sesederhana seorang komikus atau ilustrator seperti Gu An Xin ini.

    ReplyDelete
  15. di tiktok banyak yang rekomenin kalau drama Please feel ini bagusss, dan aku cuman nonton sekilas aja. Belum sempet nonton full
    malah drama cina yang lain yang aku tonton
    selama nonton drama cina akhir akhir ini, ceritanya bagus bagus, malah aku jadi ga apdet dengan drama korea.

    ReplyDelete