Sweet Teeth, Kisah Cinta si Gadis Gingsul

   
chinese drama


 Sweet Teeth,  Kisah Cinta si  Gadis Gingsul 


Punya teman yang giginya gingsul? 

Senyumannya nampak manis kan ya?  

Kata “gingsul” ternyata masuk ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yaitu: keadaan tumbuh tidak sejajar dengan yang lain (tentang gigi). 

Dann… yang saya baru tau, Menurut halodoc.com, gigi gingsul tidak hanya termasuk ke dalam jenis maloklusi gigi, atau kondisi ketika gigi tidak tumbuh pada tempat yang benar dan sejajar. Juga berpotensi menimbulkan masalah sebagai berikut:

  • Mengganggu proses mengunyah atau menggigit makanan.
  • Cedera gusi akibat proses mengunyah.
  • Gigi tidak berfungsi dengan baik.
  • Membersihkan sulit menjadi lebih sulit sehingga meningkatkan risiko kerusakan gigi, gigi berlubang, dan radang gusi.
  • Bicara cadel.
  • Menurunkan kepercayaan diri (untuk sebagian orang). 

Solusinya dengan dicabut atau dirapikan melalui prosedur pemakaian kawat gigi. Karena gigi gingsul membuat pemiliknya sulit membersihkan gigi dengan baik dan benar. Akibatnya gigi tetap kotor walau sudah dibersihkan, dan timbullah masalah gigi seperti gigi berlubang, radang gusi, hingga kerusakan gigi. 

Sisik melik gigi gingsul rupanya mengilhami Mu Fu Sheng untuk membuat novel yang berjudul "A Speck Amid the Dust of the World". Kemudian diadaptasi menjadi film “Sweet Teeth” yang diperankan oleh Bi Wen Jun in, anggota boygrup NEX7 yang pernah ditahbiskan Forbes China sebagai 30 orang paling berpengaruh di bawah usia 30 tahun. 

Wow banget ya? 

Harus diakui akting Bi Wen Jun dalam drama Cina “Sweet Teeth” emang keren. Bagaimana dengan tandemnya, Betty Wu yang berperan sebagai Zeng Li? 

Yuk kita kupas. 

Baca juga:
To Love (2020), Kisah Cinta Dalam Belitan Gembong Narkoba 

Be With You (2020) ; Cinta Semanis Sayur Bening

  

chinese drama


Betty Wu sebagai Zeng Li

Gadis lajang berusia 27 tahun yang sangat menikmati hidup. 

Hidup terpisah dari ibunya yang menjalani hidup pernikahan untuk ke-3 kali, Zeng Li cukup sibuk. Di pagi hari dia bekerja sebagai pustakawan. Karena tergila-gila membaca buku, tampaknya tak ada buku yang tak ada nama Zeng Li sebagai peminjam 

Sore harinya Zeng Li mengelola Carol's Café bersama 2 sahabatnya, Wu Ying dan Ma Yi Yi. Untuk tiga sahabat ini, Carol's Café tidak sekadar bisnis juga ajang mereka bertemu setiap hari untuk saling curhat. 

Tentunya selain grup WA yang  mereka namai “Grup Senang dan Susah Bersama”.

  

chinese drama



Bi Wen Jun sebagai  Ai Jing Chu

Diunggulkan sebagai sosok paling tampan di lingkungan Universitas Dong Hu, Ai Jing Chu berprofesi sebagai dokter gigi dan dosen di Universitas Dong Hu. 

Hidupnya tertib. Karirnya gemilang. Nampak tak ada yang kurang, kecuali Ai Jing Chu belum mempunyai kekasih, hingga akhirnya bertemu Zeng Li.

  

chinese drama


Baby Zhang sebagai Wu Ying

Sahabat Zeng Li yang juga pemilik Carol's Café, Wu Ying berprofesi sebagai dokter IGD. 

Wu Ying anak bungsu yang lahir saat kedua orang tuanya lanjut usia. Sehingga kerap berselisih paham dengan kedua orang tua dan kakaknya yang berusia jauh lebih tua.
Suatu kejadian membuat Wu Ying sadar, terlebih kakak satu-satunya juga meninggal. 

Namun dia tak bisa meninggalkan sifat kekanak-kanakan, makan makanan instant, dan sering begadang untuk main game. 

Pertemuan dengan Liu Yu Cheng mengubah segalanya.

chinese drama


Wan Zi Lin sebagai Ma Yi Yi

Ma Yi Yi, content creator dengan niche beauty, yang juga pemilik Carol's Cafe.

Berbanding terbalik dengan sahabatnya Zeng Li yang belum pernah berpacaran, Ma Yi Yi seorang play girl. Pacarnya banyak. Dia seperti tak betah sendirian dan selalu mengejar pria yang disukai. 

Ma Yi Yi tak menyadari, sebetulnya cintanya hanya untuk Deng Hao Ran, kakak tiri Zeng Li.

Sinopsis Sweet Teeth Chinese Drama (2021)

Lagi sayang-sayangnya, Zeng Li harus berpisah dengan Ai Jing Chu, seorang dokter gigi yang mengajukan diri untuk bergabung bersama team relawan Afrika. 

Padahal semula Zeng Li sangat membenci Ai Jing Chu. Dia mengira pria yang mendapat julukan pria paling tampan di Universitas Donghu ini, sebagai playboy. Penakluk banyak hati perempuan, termasuk sahabat Zeng Li, Dou Dou. 

Faktanya, Ai Jing Chu belum pernah pacaran. Dia diminta bantuan yuniornya yang gak berani memutus hubungan dengan Dou Dou. Ai Jing Chu hanya dijadikan tameng. 

Apes, suatu keadaan memaksa Zeng Li harus selalu berhubungan Ai Jing Chu.
Ibunya mengira, Zeng Li jauh dari jodoh disebabkan giginya gingsul. Berantakan. Dokter ahli yang menangani kebetulan cuti, digantikan dokter Ai Jing Chu. Di pihak lain sang ibu bersikukuh Zeng Li harus perawatan hari itu juga. 

Perawatan kawat gigi yang harus dilakukan berulang dan dalam jangka waktu lama, membuat Zeng Li harus sering bertemu dengan dokter Ai Jing Chu.  

Beruntung kesalahpahaman tentang kekasih Dou Dou terkuak, sehingga Zeng Li tak perlu merasa sungkan ketika akhirnya jatuh cinta pada dokter Ai Jing Chu. Demikian pula sebaliknya. 

Selain Zeng Li, sahabatnya Wu Ying juga menemukan tambatan hati. Dia adalah mahasiswa baru di Universitas Donghu bernama Liu Yu Cheng. Terpaut usia 8 tahun dari Liu Yu Cheng, membuat Wu Ying ragu-ragu, sanggupkah cinta mereka mengatasi perbedaan. 

  

chinese drama
Zhai Xiao Wen sebagai Liu Yu Cheng



Demikian pula dengan Ma Yi Yi yang terlibat hubungan putus nyambung dengan Deng Hao Ran, kakak tiri Zeng Li. Berawal dari Deng Hao Ran yang memutuskan hubungan, membuat Ma Yi Yi berpetualang cinta. 

  

chinese drama
Terry Liu sebagai Deng Hao Ran



Dilain pihak, Deng Hao Ran tanpa sadar mencari pengganti Ma Yi Yi. Hingga akhirnya sepasang merpati ini menyadari, siapa sosok yang mereka cintai.

   
chinese drama


Review Sweet Teeth Chinese Drama (2021)

Semoga, setelah makan ini
Aku tak menjadi gemuk

Demikian doa sebelum makan yang diucapkan 3 ahabat: Zeng Li, Wu Ying dan Ma Yi Yi. Doa yang tentu saja membuat penonton tersenyum. 

Persahabatan 3 perempuan cantik ini memang menjadi nilai tambah drama “Sweet Teeth”. Mungkin karena based on novel, karakter tiap personil menjadi terasa utuh. 

Score 8,4 di situs mydramalist.com, yang membuat saya menonton drama “Sweet Teeth” dan ternyata enggak mengecewakan! “Sweet Teeth” termasuk drama yang manis. 

Tidak hanya akting aktor/aktris China yang ganteng dan cantik bak candy. Penonton juga terhibur dengan rangkaian kisah yang runtut dan mengalir. Alami dan tak mengada-ada.  

Bak story telling, di episode awal penonton diajak mengikuti aktivitas harian Zeng Li yang menggunakan sepeda menuju tempat kerja, perpustakaan Universitas Dong Hu. 

Zeng Li berkisah tentang kesukaannya pada buku. kekonyolannya, serta sahabat-sahabatnya, Wu Ying dan Ma Yi Yi yang tidak saja berbagi suka maupun derita, juga mengumpulkan modal mendirikan Carol's Cafe. 

Disain interior Carol's Cafe dan pernak perniknya mengingatkan saya pada drama "To Love" dan "Dating in the Kitchen". Nampak homey dan bikin betah. 

Begitu manis dan mengalir, drama “Sweet Teeth” bisa ditonton sambil leyeh-leyeh. Makan pop corn sambil tersenyum melihat tingkah polah Zeng Li dan Ai Jing Chu. Wu Ying dan Liu Yu Cheng. Serta Ma Yi Yi dan Deng Hao Ran.

Plot oke, sinematografi juga oke, didukung soundtrack yang manis dan ceria, drama “Sweet Teeth” recommended ditonton kapanpun. Ceritanya gak ribet dan gak bikin mengernyitkan dahi. 

Ada sih yang sedikit mengganggu. Akting Wan Zi Lin sebagai Ma Yi Yi gak natural. Sesudah saya cek, di situs mydramalist.com, ternyata aktris berkulit gelap ini baru terjun ke layar kaca tahun 2020.  

Bandingkan dengan Betty Wu pemeran Zeng Li yang telah muncul di TVShow sejak usia 3 tahun. Sedangkan Bi Wen Jun pemeran Ai Jing Chu sejak bayi. Walah! 

Gangguan kedua adalah adegan kisseu yang terasa gak pas. 

Saat seorang cowok ketakutan melihat kekasihnya, takut ketabrak atau gimana, Trus bertemu di jembatan layang dalam keadaan sehat walafiat, untuk mengungkapkan kelegaan hati harusnya memeluk atau mencium? 

Harusnya memeluk kan ya? 

Hihihi …. 

Baca juga:
Love is Sweet, Perjuangan Cinta  Penderita Alergi Air Mata 

Tears in Heaven, Awas Jebakan Click Bait!

Profile (sumber)
Drama: Sweet Teeth
Native Title: 世界微尘里
Also Known As: Sweet on Series , Shi Jie Wei Chen Li , 世界微塵裡
Director: Derek Hui, Liu Han Yang
Screenwriter: Lei Xin Lin
Genres: Comedy, Romance, Drama, Medical
Country: China
Episodes: 22
Aired: Aug 16, 2021 - Aug 25, 2021
Original Network: iQiyi, iQiyi
Duration: 45 min.
Content Rating: 13+ - Teens 13 or older


12 comments

  1. Belum nonton ini. Di iQIYI ya? Cari aaah... Sesekali saya buka untuk nonton. Gigi gingsul memang sesuatu ya. Bikin maniiis.... tapi kenapa pula dijadikan alasan agar benahi gigi.

    ReplyDelete
  2. Ada Mbu yg gigi gingsul itu teman kita jua
    Dan itu bikin dia kalau tersenyum manis pisan...
    Saha cing?
    Teh Nia Haryanto, Mbu... Hehee....

    Sweet teeth gak kepikiran bisa jadi ide drama juga ya. Punya sore 8,4 di situs mydramalist.com kan bagus banget tuh

    ReplyDelete
  3. Ceritanya cukup menarik, biking penasaran untuk menonton langsung

    ReplyDelete
  4. Lucu banget nama grupnya ya. Hihihi. Bisa-bisanya ya mamanya Zeng Li punya dugaan anaknya jodohnya jauh gegara gigi gingsulnya padahal manis tau :)

    ReplyDelete
  5. Aku paling suka kalau baca ulasan ambu ttg drakor atau dracin...makanya, aku sengaja baca pelan2 biar menghayati ceritanya...
    dracin ini emang menarik, 22 eps, masih bisa nontonnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 22 Episode luar biasa, sepertinya perlu waktu santai untuk menikmati drakor bersama anak-anak atau keluarga, pastinya lebih seru ya.. atau pas selepas pulang kantor pasti bisa pas sambil rebahan. Hehe.

      Delete
  6. Ya ampun, ada-ada aja ya tema yang diangkat untuk sebuah drama. Salut bener deh untuk kemampuan penulis naskah agar memunculkan kisah yang berkualitas. Apalagi ini adaptasi dari sebuah novel. Pasti ada penyesuaian antara tulisan dan visual. Rangkaian kisahnya, seperti yang ditulis Mbak Maria, ringan, gampang dimengerti dan mudah diadaptasi. Cocoklah ya Mbak untuk menghabiskan waktu tanpa harus berpikir keras.

    ReplyDelete
  7. Wkwkwk. Doa makannya antimainstream.

    Berkat baca review ambu, saya baru tahu kalo Terry Liu alias Liu Te juga main di drama ini. Walau cuma jadi support, tapi saya yakin aktingnya keren.

    Jadi pengen mampir di Caro's cafe kalo gini mah. Mau wawancara langsung Zeng Li, gimana sih rasanya pacaran ama dokter? Hehehe

    ReplyDelete
  8. Jadi pengen nonton ini, soalnya ceritanya gemesin kayanya yah, ringan, lucu dan romantis. Ngomongin masalah gigi jadi keingetan dulu mau pasang behel gigi tertunda terus sampai sekarang wkwk..

    ReplyDelete
  9. Baru tahu ku mbak, kalau gigi gingsul itu bisa bikin cadel, padahal kan bikin penampilan makin manis ya, duh

    ReplyDelete
  10. gigi gingsul itu kayaknya pemanis deh
    konon klo ada gingsul berarti pinter nyanyi hahaha

    ReplyDelete
  11. Saya selalu suka lihat perempuan bergigi gingsul. Entah kenapa jadi manis banget. Mungkin yang dilihat jengah ya. Dan kebiasaan gini yang bikin pengen operasi gigi.
    Btw, saya penasaran dengan draama ini. kebetulan ada aplikasinya dan kuota melimpah. hihi

    ReplyDelete